Memperbaiki Keyboard Laptop Ecer dan Asus Tidak Berfungsi/Error

Cara memperbaiki keyboard laptop acer dan asus tidak berfungsi atau error baik sebagian ataupun semua tombolnya hampir sama dan untuk mengatasi kerusakan seperti ini anda bisa melakukanya sendiri tanpa harus pergi ke tukang service.Langkahnya terbilang cukup mudah dan aman,karena tidak perlu mengotak-atik mesin dari PC anda tersebut.

Langkah untuk memperbaiki laptop merk acer dan asus dengan kerusakan di bagian papan keyboardnya ini sudah saya praktekan sendiri dan terbukti berhasil mengembalikan performa dan fungsi keybordnya seperti sedia kala.



Mengatasi Keyboard Laptpo Acer dan Asus Error atau Tidak Berfungsi




keyboard-laptop-acer-dan-asus-tidak-berfungsi-atau-error




Laptop keluaran produsen acer dan asus merupakan produk yang sangat banyak dicari dan diminati oleh para pengguna perangkat keras ini.Salah satu penyebabnya adalah karena banyaknya kelebihan dan keunggulan dari 2 produsen PC tersebut.

Tetapi,walaupun dari berbagai sisi,banyaik sekali keuntungan yang bisa didapatkan penggunanya,tetap saja hal seperti " kerusakan " tidak akan bisa dihindari produsen manapun.Karena yang namanya prangkat elektronik,lambat laun pasti akan rusak juga.

Kerusakan yang sangat sering terjadi adalah tidak berfungsinya atau error yang terjadi pada bagian papan keyboardnya,dimana jika di tekan atau di pencet,tulisan atau angkanya tidak tampil di layar.Untuk mengatasi dan memperbaikinya,anda bisa melakukan beberapa langkah dibawah ini :



Langkah Perbaikan untuk Mengatasi Keyboard Laptop Acer dan Asus yang Tidak Berfungsi atau Error



Pada tahapan perbaikanya,ada bagian yang SAMA dan ada bagian yang berbeda.Kenapa bisa sama? karena komponen papan keybord kerusakanya pada bagian itu-itu saja,lalu apanya yang beda? yang beda ada di letak pengaturanya nanti,karena du merk ini berbeda sistem pengaturanya.


- Langsung saja,untuk LANGKAH PERBAIKAN pada SISTEM adalah hal yang pertama harus anda lakukan.Karena ini berhubungan dengan pengaturan sistem,jadi saya katakan berbeda.Dan 2 produsen ini memang beda dalam segi pengaturan sistemnya.


1. Periksa Kesalahan di Tombol Papanya


Makdsunya adalah : ada sebuah kombinasi tombol yang jika ditekan akan mengakibatkan tombol anda tidak berfungsi.Tombol inilah yang harus anda tekan untuk menguji cobanya.

Silahkan coba tekan tombol : NUMLCK + FN.Tombol nmlck adalah sebuah tombol yang berfungsi untuk menonaktifkan dan mengaktifkan tombol keybord.Jadi coba langkah pertama ini,siapa tahua anda tidak sengaja menekanya.


2. Lakukan Scan Virus


Anda bisa melakukan langkah penyecanan terhadapan PC anda dengan bantuan aplikasi pihak ke3,misalnya SMADAV ataupun yang lainya.Lakukan pengecekan terhadap virus ini dengan baik dan benar.Jika terdapat virus,langsung hapus saja,jika tidak ada,silahkan lakukan langkah selanjutnya.


3. Lakukan UPDATE Hardwarenya


Langkah berikutnya adalah dengan masuk ke menu pengaturan dan lakukan pembaruan pada driver anda.Langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Masuk menu " device manager "
  • Pilih " keybord "
  • Pilih " scan for hardware change "
  • Jika muncul tulisan " sedang diperbarui " berarti memang versi hardware anda adalah versi lama.Tetapi jika tidak ada tulisan atau jika yang keluar tulisan " tidak ada pembaruan hardware " berarti bukan disini letak permasalhanya.

Anda bisa lanjutkan dengan langkah berikutnya.


4. Lakukan Uninstal DRIVER dan Lakukan Instal Ulang


Driver adalah sebuah perangkat lunak yang berguna untuk membantu sebuah aplikasi atau pengaturan berjalan sebagaimana mestinya.Untuk melakukan ini,langkah yang bisa anda lakukan adalah sebagai berikut :

  • Masuk menu " device manager "
  • Klik " keybord "
  • Klik " properties "
  • Klik " driver "
  • Pilih " DISABLE " ini adalah langkah untuk meng UNINSTAL drivernya.Silahkan tunggu beberapa menit,dan lakukan INSTAL lagi drivernya dengan langkah dibawah ini
  • Setelah anda mengubahnya menjadi DISABLE selama beberapa menit,sekarang ubah lagi menjadi ENABLE
  • Tunggu prosesnya
  • Selesai

5. Lakukan Instal Ulang Windows


Langkah ini sangat jarang sekali terjadi,karena meang biasanya bukan hal inilah penyebabnya.Lalu kenapa saya masukan kedalam daftar? karena jika anda menginstal versi windows yang terlalu tinggi dan tidak sesuai spek PC anda.kinerja dari papan keybord juga akan terganggu.
Jadi saran saya,intal windows SESUAI dengan kemampuan atau spek PC anda.Jangan terlalu memaksakan,karena ini justru akan membuat laptop anda cepat bermasalah.


- Sedangkan,LANGKAH PERBAIKAN pada KOMPONEN,adalah langkah lanjutan jika perbaikan pada sistem atau softwarenya tidak membuahkan hasil.Langkahnya sebagai berikut :


1. Bersihkan Komponen Dari Debu


Pertama,yang anda harus lakukan dan berlaku untuk ke2 merk diatas adalah : membersihkan komponen keybord dari kotoran atau debu yang menempel.Dan langkah ini,kalau bisa anda terapkan untuk BAGIAN LUAR dan BAGIAN DALAM ( di bongkar ).

Alat yang perlu anda persiapkan antara lain :

  • Kuas atau Pembersih Telinga bayi
  • Sedikit cairan minyak kayu putih atau tinner
  • Lap kering

Langkahnya adalah :

  • Teteskan atau olesi kuas sengan minyak kayu putih atau tinner ( sedikit saja ) anda bisa meletakan cairanya di sebuah nampan kecil untuk mengakalinya
  • Gosok secara berlahan semua bagian sampai benar-benar bersih
  • Lap dengan kain kering 


2. Cek Arus Fleksibel dengan Multimeter


Tahukah anda jika komponen keybord bisa terhubung dengan PC itu dikarenakan adanya sebuah komponen bernama fleksibel.Jika anda buka dan bongkar komponenya,anda akan melihat kabel yang menghubungkan ke2 komponen ini,itulah yang disebut dengan fleksibel.

Jika anda seorang teknisi,langkah yang bisa anda ambil adalah dengan mengeceknya dengan alat yang bernama MULTIMETER.Jika anda bukan seorang teknisi,anda bisa mencoba langkah ini atau langsung ke langkah selanjutnya saja.

Jika memang terdapat putus arus,anda harus melakukan JUMPER kabel fleksibel dengan langkah yang baik dan benar.Dengan begitu,fungsinya akan kembali normal.Jika sudah melakukan perbaikan ini dengan benar tetapi masih belum membuahkan hasil,silahkan lanjutkan langkah berikutnya.


3. Ganti Komponen Dengan yang Baru


Langkah ini anda lakukan JIKA anda sudah melakukan semua tahapan baik yang SAMA ataupun yang  BERBEDA.Karena ini merupakan tahapan paling terahir untuk langkah perbaikanya.


Dengan melakukan tahapan-tahapan diatas dengan baik dan benar,saya harapkan performa keybord anda akan kembali normal seperti sediakala.Untuk permasalahan hardisk yang berbunyi ( krek-krek ) juga sudah saya tuliskan.

Demikian pembahasan tentang bagaimana cara untuk memperbaiki dan mengatasi kerusakan keyboard pada laptop acer dan asus yang tidak berfungsi baik di sebagin tombolnya ataupun semua tombolnya.Semoga bisa membantu anda.Terimakasih telah membaca,see uu.


8/27/2018 - tanpa komentar

0 komentar untuk Memperbaiki Keyboard Laptop Ecer dan Asus Tidak Berfungsi/Error.

Jika komentar tidak terlihat,klik - perlihatkan semua komentar - dibawah,tunggu beberapa saat kemudian kembali ke halaman ini.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar

Advertaismente