6 Cara Supaya Video Direkomendasikan Youtube

Ada beberapa cara agar supaya video anda bisa direkomendasikan youtube dan berada pada halaman utama/awal beranda yutube.Tetapi hal utama yang menjadikan hal ini adalah query atau kesamaan jenis content yang sering dilihat seseorang dengan ketersediaan vidio yang ada di yutube.

Jika anda ingin video yang anda upload di youtube mendapatkan rekomendasi dan tayang di halaman depan atau halaman utama,anda harus melakukan beberapa langkah yang benar.Tetapi ini hanya sebatas usaha saja ya,karena algoritma dari yutube belum saya kuasai sepenuhnya.



Bagaimana Supaya Video Mendapat Rekomendasi Youtube dan Tampil di Halaman Utama



cara-supaya-video-direkomendasikan-youtube




Sebagai seorang kreator video di youtube,tentunya hal yang menjadi dambaan adalah ketika vidio yang di share langsung mendapatkan recomend dari pihak yutube.Jika anda mendapatkanya,saat seseorang membuka beranda yutube miliknya,secara otomatis vidio anda akan terlihat di beranda mereka.

Hal ini sangat menguntungkan seorang creator vidio,karena kemungkinan untuk menambah viewer atau  visitor juga akan semakin besar.Tetapi untuk mendapatkanya bukanlah perkara mudah,karena anda akan bersaing dengan JUTAAN pengguna lain di seluruh dunia.


Kenapa Vidio Seseorang Bisa Tampil di Halaman Beranda Youtube?

Inilah hal paling utama yang harus anda fahami,karena pada bagian ini masih banyak sekali yang salah mengerti.Hal utama yang menyebabkan vidio muncul di halaman beranda atau halaman utama yutube adalah :

--> Kesamaan atau kemiripan query pencarian tarahir dari orang tersebut <--

Maksudnya bagaimana? Saya akan jelaskan : jika anda selama beberapa hari terahir selalau melihat vidio tentang MASAKAN,maka vidio yang akan direkomendasikan atau yang muncul di beranda utama adalah vidio tentang masakan.Begitupun untuk kategori lainya.

Banyak yang salah mengartikanya,dimana banyak sekali yang beranggapan bahwa untuk bisa muncul di halaman utama adalah vidio atau chanel yang subscribnya jutaan atau viewnya harus jutaan.Saya tekankan bahwa itu SALAH.Bukan seperti yutube dalam memberikan recomend sebuah vidio.


Lalu apa saja syarat dan hal yang harus dilakukan untuk mendapatkan rekomendasi dari pihak yutube? berikut langkah yang bisa anda ambil :


1. Jangan Menduplikat Vidio Orang


Anda pernah mendengar istilah REupload? ini adalah suatu tindakan dimana seseorang mengupload vidio orang lain DENGAN MENGUBAH isi ( suara,grafis,dan durasi ) vidio tersebut.Inilah yang harus anda lakukan jika ingin mengupload ulang vidio orang lain,TETAPI tentunya anda harus mendapatkan izin dulu dari pemilik aslinya.

Jika anda mengCOPYnya mentah-mentah alias langsung mengupload vidio yang sama persis dengan milik orang lain,jangan recomend,bisa-bisa vidio tersebut langsung dicekal oleh pihak yutube karena pelanggaran HAK CIPTA.Lalu harus bagaimana? Lanjutkan langkah dibawah.


2. Selalu Usahakan Membuat Video Original


Sebenarnya untuk ini,saya pribadi KURANG setuju,karena masih sangat banyak video hasil REupload yang mendapatkan recomend dan tampil di halaman utama.Hanya saja,jika anda ingin serius untuk berkecimpung dan menjadi seorang youtuber,anda harus mempertimbangkan hal ini.
Dengan mengupload vidio original milik anda sendiri,selain akan lebih aman dari pelanggaran hak cipta,anda juga tidak akan khawatir dan was-was terkena banned dari pihak yutube.Sangat tidak lucu saya rasa,jika vidio yang susah payah anda buat dan upload,tau-tau langsung kena banned dari yutube.


3. Buatlah Vidio yang Berkualitas


Tahukah anda jika yutube menilai sebuah kualitas sebelum menampilkanya sebagai vidio recomend? Jadi yutube juga tidak sembarangan menampilkan vidio recomend untuk dilihat para penggunanya.Anda harus membuatnya dengan kualitas yang bagus.

Vidio dikatakan berkualitas jika :
  • Kualitas gambarnya jelas ( tidak blur )
  • Isinya jelas ( tidak ngawur )
  • Tidak ada unsur kekerasan atau por**grafi
  • Contentnya menarik

Kenapa harus demikian? ini berkaitan dengan langkah berikutnya yang akan saya bahas.


3. Usahakan Penonton Menonton Vidio Anda Dari Awal sampai Selesai


Pernahkah anda baca jika kebijakan yutube yang baru ketika anda ingin me monetisasinya dengan iklan harus mendapatkan jumlah waktu view sampai 4.000 jam? Inilah kenapa saya katakan anda harus membuat vidio dimana seseorang yang melihatnya,akan betah berlama-lama bahkan dari awal mulai sampai selesai.

Selain untuk memonetisasi,dengan vidio anda dilihat dari awal sampai akhir,ini menunjukan bahwa vidio anda memang bermanfaat dan menghibur.Ini sangat bagus dan kemungkinan besar mendapatkan recomend akan sangat besar.


4. Jumlah Share yang Banyak


Sebuah video jika mendapatkan jumlah share yang banyak,selain akan menambah view,hal ini akan membuat sebuah vidio mendapatkan reputasi yang baik.Yutube akan selalu merecomendkan vidio-vidio dengan reputasi seperti itu untuk para penggunanya.


5. Jumlah View yang Banyak Dalam Waktu Singkat


Kesimpulan ini sya ambil karena dari beberapa vidio recomend yang muncul di beranda yutube saya,banyak sekali vidio-vidio yang baru dibuat ( baru 1 hari sampai 1 bulan ) tetapi sudah banyak sekali dilihat dan ditonton.

Oleh karena itu,saya sarankan untuk anda supaya mengusahakan vidio anda bisa ditonton banyak orang dalam waktu singkat.Anda bisa memanfaatkan media sosial lain untuk itu,bisa menggunakan FB,IG atau TWITTER untuk mempromosikan vidio anda.


6. Maksimalkan Penulisan Kata dan Kalimat dengan Baik


Maksudnya adalah : anda harus pandai-pandai menuliskan JUDUL dan DESKRIPSI dari vidio anda.Karena algoritma yutube menampilkan vidio yang relevam dengan melihat kata-kata dan kalimat baik dalam judul maupun dalam deskripsi.

Contohnya : jika anda membuat vidio tentang memasak nasi goreng,tetapi anda menulis judulnya membuat sarapan,ketika seseorang menuliskan " nasi goreng " vidio anda tidak akan keluar.Justru ketika seseorang menuliskan " membuat sarapan " vidio anda akan ditayangkan.

JANGAN SEPELEKAN hal ini,karena menurut saya,ini masuk FAKTOR UTAMA vidio anda bisa mendapatkan recomend dari yutube.


CATATAN PENTING!


a. Untuk mengecek apakah vidio anda tampil sebagai vidio yang direcomendasikan,silahkan anda coba dengan melihat vidio YANG MIRIP dengan vidio yang anda optimasi selama beberapa hari.Karena seperti yang diawal saya katakan,bahwa query atau kemiripan jenis vidio yang sering anda lihatlah yang akan muncul sebagai video recomendasi.

b. Algoritma yutube salah penentu utamanya,anda dan saya hanya bertugas untuk berusaha saja,toh jika nanti vidio anda tidak dapat recomend,anda sudah berusaha.Ingat baik-baik,jika anda mengharapkan HASIL,anda juga WAJIB untuk berusaha.


Demikian pembahasan tentang bagaimana cara agar supaya video yang diupload bisa mendapatkan rekomendasi dari youtube dan muncul dihalaman utama atau beranda yutube.Semoga bisa bermanfaat untuk anda.Terimakasih telah membaca,see uu.

8/28/2018 - tanpa komentar

0 komentar untuk 6 Cara Supaya Video Direkomendasikan Youtube.

Jika komentar tidak terlihat,klik - perlihatkan semua komentar - dibawah,tunggu beberapa saat kemudian kembali ke halaman ini.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar

Advertaismente