Cara Membuka File RAR/ZIP di Laptop dan Android

Cara membuka atau meng extrak file RAR/ZIP di laptop atau PC dan di android bisa dilakukan tanpa menggunakan aplikasi ataupun menggunakan apps pihak ke3.Karena memang untuk bisa memecah berkas yang terbungkus seperti itu,harus dilakukan dengan beberapa langkah khusus.

Cara membuka file RAR di laptop atau android sebenarnya langkahnya hampir sama hanya perangkatnya yang berbeda.Mulai dari langkah sampai hasil extract juga tidak akan berbeda jika menggunakan 2 perangkat tersebut.


Cara Extrak File RAR dan ZIP




Saya sangat yakin kalau anda sering menjumpai berkas yang terbungkus oleh extensi seperti ini,biasanya yang sering di " ringkas " dengan langkah ini adalah sebuah aplikasi.Karena memang selain ada banyak bagian yang diperlukan ( biasanya ) untuk bisa mengaksesnya,dengan " membungkusnya " seperti itu,akan mempermudah si pemilik berkas dalam mengolahnya untuk berbagai keperluan.


Kelebihan atau Keunggulan File RAR atau ZIP?


Ada beberapa alasan atau penyebab seseorang mengubah sebuah berkas menjadi extensi seperti ini,antara lain :

  • Ukuran bisa lebih kecil


Dengan meringkasnya menjadi extensi ini,beberapa dokumen yang memiliki ukuran besar,bisa menjadi lebih kecil.Contohnya begini :

- Ada 5 dokument yang masing-masing memiliki besar 10 mega byte,ketika ke5 dokument tersebut diringkas menjadi extensi ini,ukuranya BUKAN menjadi 50 mb ( 5 x 10 mb ),melainkan bisa hanya menjadi 15 mb saja.

  • Lebih ringkas jika terdapat banyak bagian


Ketika anda memiliki 10 berkas yang harus diberikan kepada orang lain,jika meng uploadnya satu persatu,selain memerlukan waktu yang lama,anda juga akan kehilangan kuota internet yang banyak juga bukan?

Dengan meringkasnya,anda hanya perlu 1 kali melakukan upload/kirim berkasnya saja.Lebih hemat waktu dan hemat biaya.

  • Mempermudah ketika proses upload


Silahkan anda coba melakukan upload 10 berkas satu persatu.Kemudian lakukan peringkasan menjadi extensi ini,rasakan perbedaan saat meng uploadnya.

  • Mempermudah user ketika ingin mendownloadnya


Anda juga akan mempermudah orang lain yang ingin mengambil dan menggunakan berkas yang anda kirimkan.Jika anda seorang " uploader " yang sering membagikan berkas entah itu : video,aplikasi,mp3 atau  apapun,cobalah menguploadnya satu persatu.

Kemudian coba lagi meng uploadnya dengan meringkasnya terlebih dahulu.User yang anda tergetkan akan meresakan perbedaanya.


  • Mencegah " tertinggalnya " suatu bagian dari sebuah berkas



Jika anda hendak memberikan 10 berkas yang berbeda,tetapi anda tidak membungkusnya menjadi extensi ini,kemungkinan berkas ada yang tertinggal akan sangat besar.Selain ini bisa merugikan diri anda sendiri,orang lain yang anda kirimkan juga akan merasa rugi,karena mereka jadi tidak bisa mengakses atau memproses berkasnya gara-gara ada berkas yang tertinggal.




Cara Membuka/Mengextrak RAR atau ZIP di Laptop



Untuk anda yang ingin " membongkar " sebuah dokumen atau berkas yang berextensikan seperti ini,langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan menggunakan bantuan APLIKASI PIHAK KE3.


Anda harus membukanya menggunakan aplikasi lain,karena jika tanpa itu,anda tidak akan bisa melakukanya.Lalu aplikasi yang bisa untuk membuka file RAR atau ZIP apa saja? diantaranya adalah :
  1. WINRAR
  2. 7ZIP
  3. WINZIP

Dan masih banyak lagi aplikasi yang bisa anda gunakan.Silahkan anda pilih mana yang paling sesuai.Dalam kasus kali ini,saya akan memberikan contoh jika menggunakan WINRAR,karena ini adalah aplikasi vavorit saya untuk membongkar extensi tersebut.


Langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. Anda harus download winrar full version yang gratis terlebih dahulu ( jika anda kesulitan mencari yang pas dengan windows yang anda gunakan,gunakanlah seadanya dulu untuk " tes " siapa tahu bisa berjalan dengan baik
  2. Setelah 100% terinstal pada laptop atau PC anda,langkah selanjutnya adalah : langsung pilih berkas yang ingin anda bongkar
  3. Klik kanan pada berkasnya
  4. Pilih " winrar "
  5. Pilih " extrac here " 
  6. Selesai,silahkan lihat gambar


membuka-file-RAR-di-laptop



Kenapa harus pilih " extrack here "? kan ada banyak pilihan disana? memang benar,dan anda juga sebenarnya bebas untuk memilih yang mana,hanya saja,dengan memilih " extract here " hasil " pembongkaran " terhadap berkas yang anda inginkan,LETAKNYA akan mudah dicari,karena akan tersimpan DI FOLDER YANG SAMA.

Jika anda memilih yang lain,hasilnya akan tersimpan di tempat yang berbeda.Jika anda sudah biasa,mungkin hal ini tidak terlalu bermasalah.Tetapi untuk anda yang masih awam,anda akan kesulitan mencari hasil extractnya nanti.
Lalu untuk penggunaan 7ZIP atau WINZIPnya bagaimana? langkahnya HAMPIR SAMA SAJA,hanya berbeda nama aplikasinya saja.


Membuka/Mengextrak RAR/ZIP di Smartphone Android


Untuk anda yang menggunakan HP smartphone untuk mengolah file ini,ada 2 langkah yang bisa anda lakukan,yaitu :


1. Tanpa Menggunakan Aplikasi ( pakai bawaan HPnya saja )


Sebenarnya anda tetap harus melakukanya menggunakan bantuan aplikasi lain,lalu kenapa saya katakan tanpa aplikasi? karena secara harfiah,anda tidak perlu mendownload dan menginstalnya,karena sudah terpasang otomatis di dalam HP anda.

Tidak semua dilengkapi fitur ini,tetapi jika HP yang anda gunakan sudah dilengkapi,anda bisa melakukan langkah dibawah.Anda juga melakukan langkah ini untuk mengetes apakah HP yang anda gunakan sudah suport untuk mengextrax berkas seperti ini atau belum.

Langkahnya adalah :

  1. Langsung menuju ke berkas yang ingin anda " bongkar " ( rar atau zip ) yang biasanya ada di dalam folder DOWNLOAD
  2. Anda bisa langsung klik berkasnya,atau klik icon " titik tiga " dibagian bawah berkas tersebut 
  3. Jika HP anda sudah suport,anda akan LANGSUNG dibawa ke halaman untuk melakukan extrack
  4. Jika HP anda belum suport,akan ada notifikasi " can't open this file "
  5. Jika HP anda sudah suport,akan muncul halaman seperti di gambar ini :


membuka-format-rar-atau-zip-di-android



Tulisanya TIDAK SELALU EKSTRAK,tetapi bisa saja UNZIP atau yang lainya.jadi anda tidak perlu bingung jika tulisan yang muncul tidak seperti itu.Lalu setelah muncul tulisan seperti itu,bagaimana lagi?
  1. Pilih ekstak atau unzip ( seperti digambar atas )
  2. Isikan nama berkasnya ( bebas,yang penting nanti anda tahu kalau itu adalah hasil ekstraknya )
  3. Pilih " ok "
  4. Selesai

Secara otomatis,berkas anda akan diekstrak oleh sistem bawaan HP,tunggu sampai selesai dan berkasnya sudah siap digunakan.


2. Menggunakan Aplikasi Pihak ke3


Ini adalah opsi yang diperlukan untuk anda yang HPnya belum suport untuk mengekstrak format rar/zipnya.Ada banyak sekali aplikasi yang bisa anda pilig dan gunakan.Anda bisa akses playstore atau market store sesuai HP yang anda gunakan.

Aplikasi yang bisa anda gunakan antara lain :
  1. Winrar
  2. Easy Unrar
  3. Simple Unrar
  4. Zarchiver
  5. Unzip File Extractor
  6. Winzip Tool
  7. 7zipper
  8. Androzip

Dan masih sangat banyak lagi aplikasi yang bisa anda pilih.Anda cukup memilihnya di playstore saja.Apapun aplikasinya,PENGGUNAANYA AKAN SAMA SAJA.Langkah detailnya sebagai berikut :

  1. Instal aplikasinya
  2. Masuk aplikasinya dan pilih " dokumen saya " atau " file saya "
  3. Akan terlihat banyak filenya,TETAPI hanya yang formatnya RAR atau ZIP saja yang akan terlihat
  4. Pilih yang mana yang akan anda ekstrak
  5. Klik icon " titik 3 " atau langsung di berkas tersebut
  6. Halaman selanjutnya yang keluar,anda pilih " unzip " atau ekstrack atau apapun namanya sesuai dengan aplikasis yang anda gunakan
  7. Pilih " EXTRACK HERE "
  8. Isikan nama berkasnya ( bebas )
  9. Tunggu proses selesai
  10. Selesai

Apapun aplikasi yang anda pilih atau gunakan,prosesnya tidak akan jauh berbeda dengan langkah diatas.Jadi anda tidak perlu bingung harus memilih yang mana atau menggunakan yang mana.Semuanya sama saja.

Demikian pembahasan mengenai bagaimana cara untuk membuka atau keng ekstrak file format RAR atau ZIP baik di laptop atau PC dan di HP Smartphone android.Semoga bisa membantu anda semua.Terimakasih telah membaca,see uu.

8/19/2018 - tanpa komentar

0 komentar untuk Cara Membuka File RAR/ZIP di Laptop dan Android .

Harus terdaftar sebagai member di GOOGLE PLUS jika ingin berkomentar,karena ini akan membantu yang lainya terkoneksi dengan anda.Terimakasih.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar

Advertaismente