Tugas dan Pekerjaan karyawan di Indomaret Lengkap!

Apa saja tugas dan pekerjaan karyawan di indomaret dibagi berdasarkan jabatan dari masing-masing personil baik itu kasir kemudian pramuniaga lalu MD ataupun kepala toko dan supervisor yang ada di dalam toko tersebut.Dalam artikel ini akan saya jelaskan secara lengkap apa saja jobdesk mereka supaya anda mengerti.

Sebenarnya untuk tugas dan pekerjaan mereka sudah dibagi-bagi menurut jabatan masing-masing.Tetapi pada kenyataan dan realitasnya tidaklah se simple itu.Apalagi jika dalam hari itu ada anggota yang tidak masuk,kerja akan menumpuk dan biasanya kerja petugas akan lebih capek dan melelahkan.



Pekerjaan dan Tugas Dari Karyawan Indomaret Berdasarkan jabatan Masing-Masing




tugas-karyawan-indomaret



Apakah kerja di ondomaret berat dan capek? sebenarnya tidak,jika antar sesama personilnya saling kerjasama dan tidak ada yang inginya menang sendiri.Hal tercela ini sangat sering terjadi terutama untuk mereka yang memiliki jabatan lebih tinggi dan lebih senior.

Masih ada dan banyak para senior yang memiliki tanggung jawab besar,dimana mereka tidak menggunakan senioritas mereka sebagai alat untuk menindas para junior dan anak baru di sana.Jika anda berminat mendaftar kerja di indomaret,silahkan fahami beberapa hal penting dibawah ini supaya anda jauh lebih faham san mengerti :


Apa saja jabatan yang ada di Indomaret?


Dalam satu toko indomart,terbagi dari beberapa posisi jabatan yang berbeda dengan tugas yang berbeda-beda pula.berikut saya urutkan mulai dari yang paling tinggi kedudukanya sampai yang paling bawah :

  1. Manager toko
  2. Supervisor toko
  3. Kepala toko
  4. Asisten kepala toko
  5. MD ( marchentdaisher )
  6. Kasir toko
  7. Pramuniaga toko


Ini adalah pembagian posisi yang ada di toko tersebut.Seperti yang saya katakan sebelumnya,tanggung jawab dari masing-masing posisi ini juga berbeda.Silahkan lanjutkan membaca untuk penjelasan lebih rinci.


Tugasnya Pramuniaga apa?


Pembahasan pertama adalah pramuniaga atau lebih dikenal dengan istilah " pramu " saja.Anda yang mungkin ingin melamar untuk posisi ini tidak perlu takut dan gengsi.Walaupun ini merupakan posisi paling awal,tetapi kenyataanya mereka-mereka para pramu adalah UJUNG TOMBAK dari sebuah toko.

Kenapa bisa seperti itu? ini berkaitan dengan tanggung jawab yang mereka emban.Bisa dibilang sangat banyak,tetapi tidak seberat yang anda bayangkan jika anda melakukanya dengan penuh tanggung jawab.

Kemudian,jobdesk mereka apa saja? kurang lebih seperti berikut :
  1. Kebersihan toko ( teras,halaman,kamar mandi,ruang utama,gudang )
  2. Kelengkapan alat promosi ( pernah lihat baliho-baliho atau papan promosi di depan toko,itu yang masang pramunya )
  3. Menukarkan uang recehan untuk kembalian kasir
  4. Kebersihan rak-rak produk yang ada di dalam ( biasanya ini dibagi-bagi )
  5. Membantu kasir saat pembeli membludak
  6. Mengasawai pembeli ( pencegahan terhadap maling barang )
  7. Melayani pembeli
  8. Mengecek produk expired atau kadaluarsa


Ya TUHAN,kok banyak sekali mas? memang banyak,itu saja belum semuanya.Tetapi seperti yang saya katakan sebelumnya,anda tidak perlu khawatir,karena selain pekerjaan itu ada beberapa yang dibagi,para senior pasti akan membantu anda jika memang nasib anda baik.


Tugasnya kasir apa?


Posisi yang mayoritas didominasi perempuan ini jobdesknya memang terlihat ringan dan tidak capek.Tapi tanggung jawab mereka sangat besar khususnya perihal selisih uang yang terjadi saat perhitungan di akhir sift.

Jadi ketika pergantian shift,personil pada sshift sebelumnya akan menghitung jumlah uang yang ada dan dicocokan dengan jumlah barang yang terjual.Jika terjadi uang kurang disana,kasirlah yang bertanggung jawab menggantinya ( tapi biasanya mereka patungan ) sebagai bentuk kerjasama.

Selain itu,jobdesk mereka sebagai berikut :
  1. Menawarkan promosi yang berlangsung kepada pembeli ( wajib )
  2. Menjaga kebersihan area kasir
  3. Meneliti uang untuk mencegah uang palsu masuk
  4. Bertanggung jawab atas selisish uang ( seperti yang sudah saya jelaskan diatas )
  5. Rokok biasanya juga diserahkan ke kasir tanggung jawabnya
  6. Harus ramah kepada pembeli


Memang jika dilihat sekilas,kerjanya cuma berdiri saja di meja kasiran,tetapi nyatanya tidaklah semudah dan seenak itu.Untuk anda calon kasir,tidak perlu khawatir,biasanya anda adalah orang yang paling disayang di sebuah toko ( kalau personil lainya laki-laki ) hehe.Jadi saat anda kesulitan,pramunya dan MDnya akan membantu kok.


Tugasnya MD apa?


MD adalah jabatan yang diperoleh ketika anda diangkat menjadi karyawan tetap.Jika anda diangkat karyawan tetap,secara otomatis anda akan menjabat sebagai MD.Bisa dibilang,ini meruapakan posisi awal untuk mereka pada kartap.

Jobdesk mereka antara lain :
  1. Bertanggung jawab pada shift dimana mereka masuk saat itu ( jika ada masalah apapun entah itu shift pagi,siang,malam ) orang pertama yang akan dicari kepala toko dan supervisor adalah MDnya.
  2. Menggantikan personil lainya saat mereka istirahat shift
  3. Membantu personel lain saat keteteran


Saya berani katakan jika posisi ini kerjanya tidak berat,tetapi tanggung jawabnya sangat besar.Pokoknya jika ada masalah apapun itu,anda para MD,siap-siap dapat ceramah tambahan dari supervisor atau bahkan meneger anda,hehe.


Tuganya asisten kepala toko apa?


Saat anda menjadi MD,lambat laun anda akan diangkat ke posisi yang lebih tinggi yaitu asisten kepala toko.Dari namanya saja tentunya anda sudah ada sedikit gambaran ya,intinya posisi ini sebagai pengganti kepala toko jika orangnya sedang tidak ada.

Untuk jobdesknya kurang lebih seperti ini :
  1. Pengganti rapat kepala toko jika orangnya tidak bisa hadir
  2. Penanggung jawab brangkas toko ( orang kedua setelah kepala toko )


Posisi ini lebih sedikit enak dari pada posisi sebelum-sebelumnya.Tetapi lagi-lagi,merekalah yang memiliki tanggung jawab besar,khususnya ketika ada masalah.Anda para asisten kepala toko harus siap badan jika kepala toko anda tidak ada.


Tugasnya kepala toko apa?


Sebenarnya bisa dikatakan jika posisi ini merupakan posisi paling tinggi di toko ( di toko saja,bukan keseluruhan perusahaan ) karena diatasnya masih ada supervisornya dan yang lainya.Untuk jobdesknya adalah :
  1. Membuat jadwal shift personil
  2. Membuat jadwal libur personil
  3. Mengatur cuti personil
  4. Menjaga target penjualan toko
  5. Meminimalisir NKL toko


Didalam sebuah toko,posisi ini mungkin yang kerjanya paling enak ( dalam artian segi fisik ) tidak capek.Tapi sangat pusing memikirkan terget-terget yang diberikan.Anda jangan salah,di masing-masing toko dibebankan TERGET penjualan yang harus tercapai lohh.Jadi kalau tidak terget,kepala toko yang bakal kena kepret supervisor.


Tugasnya supervisor apa?


Ini adalah salah satu orang yang mungkin mempunyai wewenang untuk memarahi kepala toko.Jadi jika anda ada masalah denga kepala toko atau senior yang lain,adukan saja ke mereka yang berada di posisi ini,hehe.

Untuk jobdesknya sangat banyak dan saya tidak bisa sebutkan semua disini.Intinya,satu orang supervisor memiliki tanggung jawab setidaknya 5 sampai 10 toko.Yaa,jika kepala toko adalah ketua dari 1 toko,maka supervisor adalah ketua dari 5 sampai 10 kepala toko ( tergantung pembagian dari pusatnya ).


Tugasnya manager apa?


Secara sederhana,satu orang manager biasanya memegang 3 sampai 5 supervisor.Silahkan anda hitung sendiri,jika satu supervisor saja memegang 5 sampai 10 toko,lah ini manager bertanggung jawab atas 3 sampai 5 supervisor.

Lebih jelasnya lagi,jobdesk 1 orang manager adalah memegang tanggung jawab sampai 50 toko,dimana dibawah mereka ada posisi suprvisor,dibawah suprvsor ada kpala toko,dan seterusnya.Dan mungkin artikel berikut juga bisa sedikit membantu anda :


- Tips supaya diterima kerja dan lolos tes di indomart


- Cara melamar kerja di alfamart


Saya harap dengan sedikit penjelasan diatas,anda ada sedikit gambaran mengenai hal apa saja yang harus dilakukan untuk masing-masing posisi yang ada di sebuah toko.Jika ada yang ingin ditanyakan,silahkan tanyakan lewat komentar.

Demikian pembahasan mengenai tugas dan apa yang harus dikerjakan oleh karyawan atau personil indomaret.Semoga bisa membantu anda.Terimakasih telah membaca,see uu.

7/10/2018 - 2 komentar

2 komentar untuk Tugas dan Pekerjaan karyawan di Indomaret Lengkap!.

Jika komentar tidak terlihat,klik - perlihatkan semua komentar - dibawah,tunggu beberapa saat kemudian kembali ke halaman ini.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar
.

Alhamsmdulillah paham

Balas Hapus
.

Alhamdulilah,berarti pahala saya bertambah,hehe.

Balas Hapus

Advertaismente