Advertisement

Tips Diterima Kerja di Indomaret Berdasarkan Pengalaman Pribadi

Ada beberapa tips diterima kerja di indomaret yang harus anda lakukan supaya bisa lolos tes seleksi dan dapat tanda tangan kontrak di perusahaan ritel tersebut.Ini merupakan pengalaman pribadi saya sendiri saat mendaftar dan bisa lulus dan bekerja disana.

Langkah yang bisa anda lakukan supaya bisa diterima bekerja di indomaret tidaklah terlalu sulit karena memang test yang diberikan tidak susah.terlebih lagi mungkin persainganya juga tidak terlalu banyak dibandingkan dengan persaingan masuk perusahaan sekelas astra group.Silahkan disimak baik-baik untuk penjelasanya.



Cara Supaya Bisa Diterima Bekerja di Indomaret




tips-diterima-kerja-di-indomaret




Salah satu perusahaan ritel terbesar di indonesia ini selain memiliki banyak cabang,tentunya membutuhkan banyak karyawan untuk keberlangsungan produktivitasnya bukan? inilah mungkin yang mebuat lowongan disini sering sekali dibuka.

Hal utama yang menjadi tolak ukur apakah anda berhak lolos bekerja atau tidak adalah HASIL TESnya.Saya akan jelaskan secara detail prosesnya untuk anda,silahkan disimak baik-baik :


Pakaian saat melamar kerja di indomaret harus rapih


Langkah awal tentunya adalah mendaftarkan diri.Jika anda datang untuk melamar di tempat ini,pakaian yang perlu anda gunakan adalah :
  • Sepatu hitam polos
  • Celana panjang hitam bahan
  • Baju putih berkerah ( bisa lengan panjang bisa pendek )
  • Rambut dan kumis jenggot dicukur rapih


Ini adalah pakaian yang umumnya dikenakan.karena saya dulu juga deperti itu.Jangan coba-coba iseng dengan tidak mematuhinya ya,walaupun nama perusahaan ini tidak sebesar ASTRA,tetapi jika anda tidak mematuhi peraturan,petugas tidak segan mengusir anda keluar loh,jadi ikuti aturanya saja ya.

Kemudian jika anda sudah mendaftarkan diri anda,tentunya anda akan menunggu panggilan mengikuti tesnya.Jika anda beruntung dan memang TUHAN memberikan rezeki untuk anda,anda akan mendapatkan penggilan tes itu.Langkah selanjutnya bagaimana?

Selanjutnya adalah anda harus mengikuti  tahapan seleksi prosesnya.Ada beberapa tes dan training yang harus anda lalui,berikut saya jelakan rincinya :


Pertanyaan dan jawaban tes indomaret harus memenuhi nilai minimal


Saat anda sudah mendapatkan panggilan seleksi awal,silahkan pergi menuju tempat yang ditentukan dengan menggunakan pakaiaan seperti yang saya tuliskan diatas.Tapi biasanya semuanya akan tertulis lengkap di SMS yang anda terima.Ikuti semua perintah dan petunjuknya.

Untuk alurnya kurang lebih seperti ini :


1. matematika dasar


Soal pertama adalah matematika dasar.Bentuknya hitung-hitungan uang hampir seluruh soal,paling beberapa yang hanya berupa kilogram dan meter sentimeter saja.Saya masih ingta beberapa soalnya,anggap saja ini bocoran soal untuk anda,hehe.Kurang lebih seperti ini :
  • Budi membawa uang 75.000.Dia membeli buku seharga 5.000 sebanyak 3 buah.blpoint seharga 2.500 1 buah dan 3 buah pensil seharga 1.500.Berapa uang kembalianya?
  • Jika 1 ons harganya 3.500,berapa harga untuk 2.5 kilogram?


Untuk menjawab matematika dasar,tipsnya adalah :

Sebagian besar soalnya memang tidak jauh--jauh dari uang,mungkin karena ini meruapakan toko jual beli kali ya.Soal yang kilogram dan sentimeter hanya beberapa saja,tetapi untuk persiapan,saya sarankan anda untuk belajar sebanyak-banyaknya supaya jika bentuknya nanti lain dari pengalaman saya dulu,anda tidak kaget.


2. Interview atau wawancara


Percaya atau tidak,pengumuman yang lolos dengan yang tidak langsung hari itu juga.Dan jika lolos,anda akan dipersilahkan mengikuti wawancara pada hari berikutnya sesuai dengan yang telah diitentukan.

Pertanyaanya sederhana dan tidak terlalu sulit,saya ingat beberapa saja,kurang lebih seperti ini :
  • Perkenalan diri ( nama,lulusan,pekerjaan orangtua,jumlah saudara ) ya perkenalan biasa saja
  • Hobi
  • Kegiatan sehari-hari
  • Alasan mencari kerjaan


Seingat hanya seperti itu saja.Mungkin karena kubutuhan yang mendesak,jadi prosesnya seperti itu.Tetapi saya tidak tahu apakah memang seperti itu atau seperti yang saya katakan.

Saat menjawab wawancaranya,tipsnya adalah :
  • Harus tegas
  • Jangan bertele-tele jika menjawab ( kalau memang pas,jawab saja dengan siap/ya saja )
  • Gunakan pakaian rapih sesuai panduan yang ada di panggilan SMSnya ( karena sebelum mulai anda akan disuruh berdiri dan HRD akan melihat pakaian anda )
  • Duduk tegap jangan bersender kursi


Pengumumanya tidak hari itu juga,melainkan beberapa hari setelahnya melalui SMS.Jika memang rezeki anda.anda akan dipanggil untuk mengikuti training di DC/TC pusatnya.Ingat,ini belum selesai yaa,masih ada tahapan selanjutnya.


Ikuti training dengan baik sesuai peraturan


Seperti yang saya katakan sebelumnya,jika anda beruntung,anda akan dipersilhakan mengikuti proses ini.Saya akan jelaskan untuk anda sedetail mungkin.

Training ini adalah semacam kegiatan pemberian materi terkait apa saja yang harus dilakukan di toko nantinya dan hal apa yang tidak boleh dilakukan.Waktunya bermacam-macam,untuk pramuniaga biasanya 10 hari,untuk kasir biasanya 15 hari tetapi bisa berubah sesuai kebutuhan.

Yang menjadi point disini bukan hanya MATERI TRAINING DI INDOMARETnya saja,melainkan ada yang tidak kalah penting yaitu : peraturan!

Supaya bisa lolos,tipsnya adalah sebagai berikut :
  • Selalu ikuti peraturan yang berlaku ( apapun itu baik pakaian,rambut,sepatu,sabuk,dll )
  • Jaga kesopanan ( tutur kata dan perilaku )
  • Jaga tatakrama saat dikelas
  • Selalu ikuti perintah pemberi materi,jangan dilawan dan patuhi saja
  • Jangan sampai telat apalagi tidak masuk ( jika sakit,masuk saja,nanti izin ke klinik )
  • Jika anda salah dan mendapat hukuman,jangan dibantah,ikuti saja


Kenapa saya katakan seperti itu,karena pemberi materi training punya kuasa penuh untuk menggagalkan anda dan menyuruh anda pulang.Jadi saat anda sudah pada tahapan ini,anda harus dana wajib tidak melakukan kesalahan ( yang fatal ).

Saat saya dulu,ada 4 anak yang gagal disini,kesemuanya itu dikarenakan tidak bisa mejaga sopan santun.Mereka yang gagal tersebut memang kalau bicara seperti tidak ada saringanya,asal ceplos saja.Saya sempat tidak percaya kalau mereka disuruh pulang dan gagal,tetapi kenyataanya memang seperti itu.


Lalaui masa percobaan di toko dengan baik


Masa percobaan? apa ini? ini adalah tahapan terahir anda untuk bisa tanda tangan kontrak selama kurang lebih 1 tahun.Jadi sebelum itu,anda akan diberikan masa percobaan,waktu saya dulu,lamanya adalah 3 bulan.Jika dalam 3 bulan anda bisa melaluinya dengan baik,anda akan ditawari tandatangan kontrak selama 1 tahun kedepan.

Supaya tahapan terahir ini sukses,tipsnya adalah :
  • Jangan sampai telat datang
  • Lakukan tugas sesuai dengan perintah senior dengan baik ( jika beruntuk anda akan mendapati senior yang baik,tapi begitupun sebaliknya ) tidak usah takut,karena senior yang tidak baik,bisa dilaporkan ke supervisor atau pertugas di DC/TC nanti
  • Usahakan memang terlihat anda niat bekerja dan jangan sampai terlihat anda itu pemalas
  • Jaga tatakrama dengan personil yang lain


Setelah 3 bulan,pihak pusat akan meminta kepala toko anda untuk memberikan penilaian tentang diri anda.Jika nilainya baik,seperti yang saya katakan,anda bisa TTD kontrak untuk 1 tahun kedepan.Dan secara resmi anda sudah diterimaa bekerja di toko indomaret,selamat.

Ada beberapa artikel lain yang mungkin bisa sedikit membantu anda :


- Jenis tes matematika yang sering membuat gagal para calon karyawan baru

- Tugas atau jobdesk karyawan indomart sesuai dengan jabatan masing-masing

- Cara menjadi karyawan tetap di indomartt


Demikian pembahasan mengenai tips diterima bekerja di indomaret yang saya tuliskan berdasarkan apa yang saya alami sendiri.Semoga bisa sedikti membantu anda yang ingin melamar pekerjaan di ritel ini.Terimakasih telah membaca,see uu.

7/20/2018 - 2 komentar

2 komentar untuk Tips Diterima Kerja di Indomaret Berdasarkan Pengalaman Pribadi.

Jika komentar anda tidak kunjung saya balas ( mohon maaf ) mungkin saya sedang ada keperluan.Silahkan tinggalkan email atau telepon di kolom komentar + pertanyaan anda.Saya akan balas ke alamat tersebut,terimakasih.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar
.

udh interview dan isi bioadata terus kita harus nunggu panggilan gitu mas katanya disuruh nunggu 2 minggu ?

Balas Hapus
.

Iya,memang harus menunggu.Tetapi jika sampai 2 minggu belum ada pemanggilan,saya harap anda TANYAKAN ke DC pusatnya perihal kejelasan statusnya.

Banyak sekali para pelamar yang " acuh " saat tidak ada kejelasan status kelulusan mereka.Saya harap anda AKTIF dan tidaka acuh seperti yang lainya.Semoga membantu.

Balas Hapus

Kumpulan Soal Psikotes Kerja dan Jawabanya

Soal Tes Psikotes Kerja

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja