Cara Mengerjakan Tes Psikotes Matematika,Gambar,Wartegg dan Kepribadian

Cara mengerjakan tes psikotes matematika,gambar,wartegg dan kepribadian harus anda pelajari supaya bisa menjawab dan lulus karena hampir semua perusahaan menjadikan soal ini sebagai materi yang sering sekali keluar dan diujikan pada saat seleksi pekerjaan di sebuah perusahaan.Tetapi selain itu,masih ada soal yang lainya seperti kraeplin/pauli yang juga harus anda perhatikan.

Untuk bisa menyelesaikan dan menjawab tes psikotes seperti soal matematika,gambar dan wartegg adalah dengan mempelajarinya kemudian mulai berlatih mengerjakan contoh-contoh soal sesering mungkin sampai anda benar-benar faham dan mengerti.Berikut saya akan jelaskan kepada anda,bagaimana langkah-langkahnya.



Contoh dan Langkah Mengerjakan Tes Psikotes Matematika,Gambar,Wartegg dan Kepribadian yang Sering Keluar Saat Ujian Seleksi Perusahaan




Psikotes adalah sebuah tes yang diadakan baik oleh perusahaan swasta ataupun BUMN dengan tujuan untuk menyaring dan memilih pelamar manakah yang sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan perusahaan tersebut.Soal yang diberikan pastinya akan berbeda antara satu PT dengan PT yang lain,tetapi secara garis besar atau yang umum digunakan adalah yang seperti saya sebutkan diatas.

Jika anda belum mendapatkan pekerjaan dan sedang mencarinya atu bahkan mungkin akan mengikuti seleksi ini dalam waktu dekat ini,ada beberapa hal penting yang harus anda pelajari supaya bisa berhasil menyelesaikan soal-soal seleksinya dan bisa diterima bekerja pada perusahaan yang anda incar.


Adapun jenis soal-soal yangs sering keluar dan diujikan oleh perusahaan saat seleksi antara lain :


Contoh Soal Psikotes Matematika 


Biasanya,soal inilah yang pertama kali diberikan kepada anda.Ada beberpa contoh dan jenis yang sering diberikan,jadi bentuknya tidak hanya satu tapi ada banyak,antara lain :


1. Deret Angka ( 5,10,15,20,..... angka berapa yang tepat untuk bagian yang kosong? )


Solanya berupa Deretan angka dimana kunci jawabanya adalah menggunakan " pola " yang ada dibaris angka tersebut.Supaya anda lebih faham,silahkan lihat gambar dibawah :


matematika-deret-angka



Untuk cara menjawab dan mengerjakanya adalah :

Silahkan anda lihat baik-baik pada gambar,dengan hanya melihat gambar,saya yakin anda sudah mengerti.Jika belum,saya akan jelaskan untuk anda.

Jika anda perhatikan,terlihat " pola " dasar yang ada dimana angka nomor 1 adalah pasanganya angka nomor 3,dan angka nomor tiga adalah pasanganya nomor 5,selang-seling seperti itu seterusnya.Kemudian angka ke2 adalah pasanganya nomor 4,kemudian nomor 4 adalah pasanganya nomor 6,selang-seling seperti itu seterusnya.

Dari pola selang-seling tersebut,didapati rumus : setiap pasangan DITAMBAH 1.Jadi jawabanya adalah : 8 dan 15.Dimana 8 adalah hasil DITAMBAH 1 dari angka 7,dan 15 adalah hasil DITAMBAH 1 dari angka 14.

Kemudian,apakah semuanya polanya selang seling dan ditambah 1? jawabanya tidak.Untuk pola selang selingnya tidak selalu seperti itu,penambahanya juga tidak hanya ditambah 1,bisa dikalikan dengan 1,bisa dikalikan 2 dan sebagainya.Saya berikan contohnya yang lain,silahkan lihat gambar dibawah :


matematika-deret-angka


Dari contoh kedua ini,cara menjawabnya sudah tertera pada gambar.Ini berbeda " polanya " dengan contoh yang pertama,dan ada banyak sekali pola yang bisa saja digunakan.Silahkan anda cari bentuk gambar seperti ini di google dan mulailah berlatih.Tetapi untuk anda yang tergolong jenius,saya rasa dengan hanya melihat gambarnya saja anda sudah mengerti.


2. Kraplein atau Pauli


Pernahkah anda lihat ada satu lembar kertas dengan ukuran cukup lebar berisi angka-angka dasar 0 sampai 9 dengan instruksi mengerjakanya dari bawah ke atas atau dari kiri ke kanan? inilah yang dinamakan tes kraeplin.Jika anda belum pernah melihatnya,silahkan perhatikan gambar dibawah :


tes-kraepelin



Untuk cara mengerjakan dan menjawabnya adalah hanya dengan menambahkanya saja sesuai dengan " instruksi waktu " yang diberikan.Jadi satu baris itu,anda akan diberikan waktu sekitar 20 detik ( sesuka HRDnya saja ) kemudian setelah selesai waktu,anda bergeser untuk mengerjakan baris selanjutnya sampai selesai.

Inti atau yang dinilai dalam hal ini adalah " grafik ".Jika anda lihat garis merah yang saya berikan,itulah yang dinamakan GRAFIK.Semakin maju,grafiknya haruslah semakin tinggi atau sama datarnya.Jangan sampai grafiknya turun.Pembahasan lengkapnya ada pada link yang ada di bawah artikel ini.


3. Matematik Dasar dan Soal Cerita


Untuk jenis yang satu ini,bisa dibilang tidak terlalu sulit dibandingkan dengan beberapa contoh sebelumnya.Yang saya maksudkan DASAR disini adalah :
  • Pecahan Desimal
  • Rumus Bangun Ruang ( Kubus,Prisma,dll )
  • Rumus Bangun Datar ( Kotak,Segitiga,dll )
  • Kilogram,ons
  • Kilometer,meter
  • Perkalian,pembagian,pertambahan,pengurangan


Anda hanya perlu menghafalkan rumus-rumusnya saja.Untuk yang berbentuk cerita contohnya seperti ini :

" Adi pergi selama 2,5 jam dan menempuh jarak 250 kilometer.Berapa meter jarak yang adi tempuh selama satu menit? "

Inti mengerjakanya ya hanya rumus-rumusnya saja,tetapi dibungkus menjadi soal cerita yang panjang dan sekilas seperti sangat susah.Tapi jika anda mengerti rumusnya,semua itu mudah saja.


Contoh Soal Psikotes Gambar


Ini adalah test dimana anda akan diperintahkan untuk menggambar beberapa objek sesuai dengan instruksi dari HRDnya.Ada beberapa objek yang sering diberikan sebagai objek anda nantinya,antara lain :


1. Gambar Pohon


Untuk bisa mendapatkan nilai yang bagus saat menggambar objek pohon adalah : intinya sesuai dengan instruksi saja,jika HRD katakan menggambar pohon cabe,ya gambarlah pohon cabe.Jika HRD katakan gambar pohon mentimun,gambarlah pohon mentimun.

Tetapi jika HRDnya hanya mengatakan : gambarlah pohon saja.Ada beberapa point penting supaya anda mendapatkan nilai yang baik,cara mengerjakanya yaitu :
  • Gambarlah pohon berakar tunggang ( pohon mangga,pohon rambutan ) pokoknya yang akarnya besar jangan yang berakar serabut ( rumput dan sejenisnya )
  • Gambar lengkap bagianya ( tanah,akar,daun,buah ) selengkap mungkin
  • Tidak perlu bagus,yang penting jelas bedanya mana akar,mana daun,mana ranting dan seterusnya


Supaya anda lebih jelas,silahkan lihatlah gambar dibawah :



tes-gambar


Mungkin gambarnya tidak sebagus pelukis ya,pokoknya intinya adalah : jelas pohon apa dan perhatikan point pentingnya dipenjelasan atas gambar.


2. Gambar Orang


Hampir sedikit sama dengan penjelasan diatas,hanya jika anda ingin mendapatkan nilai yang bagus,ketika mendapatkan instruksi menggambar orang,cara mengerjakanya dan point penting supaya penilaianya sempurna adalah :
  • Gambarlah bagian tubuh utuh dan jelas ( tangan,kaki,mata ),pastikan gambar kaki dan tanganya beda ya,hehe
  • Gambarlah orang yang sedang melakukan aktivitas ( olahraga,bertani,memperbaiki motor,dsb )
  • Usahakan menggambar orang yang usianya sama dengan anda atau mungkin lebih tua


Itu adalah point yang harus anda perhatikan.Untuk lebih jelasnya,saya berikan contoh gambar orang untuk anda :


gambar-orang


Kenapa harus yang sedang beraktivitas? karena akan terlihat bahwa anda seseorang yang sering bekerja dan beraktivitas,bukan orang pemalas.Kalau tidak percaya,silahkan gambar orang sedang tidur,tapi jika gagal,itu bukan tanggung jawab saya ya.


Contoh Soal Psikotes Warteg 


Ini adalah dimana anda diberikan beberapa kotak kosong dengan berisi " gambar permulaan " dan harus meneruskanya menjadi gambar yang utuh.Disini supaya anda bisa mengerjakanya adalah dengan menggunakan imajinasi anda.

Tetapi jika anda kesulitan berimajinasi,saya berikan contoh sebagai bahan belajar anda,silahkan lihat dibawah ini :


psikotes-wartegg
gambar awal




psikotes-wartegg
hasil akhir




Contoh Psikotes Kepribadian


Untuk jenis yang satu ini tidak ada rumusnya dan triknya.Ini adalah murni dari hasil pemikiran anda sendiri.Maksudnya adalah : jawaban yang ada adalah hasil dari kesesuaian kepribadian anda masing-masing.Saya akan berikan contohnya :

- Ketika ada waktu senggang,saya biasanya melakukan :

a. Membaca buku
b. Olahraga
c. Membantu orang tua
d. Bertani


- Saat saya mulai suatu pekerjaan,biasanya saya :

a. Menyelesaikanya sesegera mungkin
b. Menyelesaikanya dengan teliti walaupun memakan waktu lama
c. Menyelesaikanya dengan cepat ( yang penting cepat selesai )
d. Meminta kerjasama teman


Jika anda perhatikan,akan sangat sulit menentukan mana yang salah dan mena yang benar karena memang BUKAN seperti itu sistemnya.Untuk cara mengerjakanya,anda hanya perlu memilih sesuai dengan apa yang kira-kira akan anda lakukan,hanya seperti itu saja.

Jika informasi diatas masih dirasa kurang,berikut sudah saya tuliskan beberapa artikel yang mungkin bisa mempermudah anda :

- Langkah mengerjakan KRAEPLIN/PAULI dengan benar

- Penjelasan lengkap matematik deret angka

- Penjelasan lain tentang test di perusahaan ( Jika anda merasa artikel ini masih kurang )


Demikian penjelasan cara mengerjakan dan menjawab tes psikotes seperti matematika,gambar,wartegg dan kepribadian.Semoga bisa membantu anda dalam menyelesaikan soal-soal yang keluar saat seleksi perusahaan.Terimakasih telah membaca,see uu.

7/27/2018 - tanpa komentar

0 komentar untuk Cara Mengerjakan Tes Psikotes Matematika,Gambar,Wartegg dan Kepribadian.

Jika komentar tidak terlihat,klik - perlihatkan semua komentar - dibawah,tunggu beberapa saat kemudian kembali ke halaman ini.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar

Advertaismente