Contoh Soal Tes Matematika Melamar Kerja [ Deret Angka dan Logika ]

Ada beberapa contoh soal tes matematika melamar kerja seperti deret angka dan logika harus anda pelajari karena banyak sekali para pelamar yang tidak mengerti bagaimana cara mengerjakanya.Dengan mempelajarinya,diharapkan nanti anda tidak kesulitan dan bisa menjawab dan mengisi semua jawaban dengan benar.

Kumpulan soal tes matematika baik yang berbentuk deretb angka ataupun logika ini saya kumpulkan berdasarkan pengalaman pribadi selama beberapa tahun lalu kurang lebih sekitar 8 tahun merantau di cikarang,karawang,cikampek,bekasi dan beberapa daerah lain untuk bekerja.Silahkan disimak baik-baik penjelasan dibawah ini.



Kumpulan Soal Tes Matematika Perusahaan Deret Angka dan Logika




Psikotest adalah sebuah nama istilah yang digunakan untuk proses awal seleksi calon karyawan pada sebuah perusahaan,atau  dalam bahasa saya,ini adalah proses penyaringan para pelamar pekerjaan.Maksudnya adalah,jika ada sebuah lowongan,hampir dipastikan jumlah yang mendaftar akan 3 atau 5 kali lebih banyak dari kuota yang dibutuhkan.Inilah kenapa sistem psikotest ada.

Akan saya perjelas,contohnya jika ada perusahaan A membuka lowongan teknisi untuk 100 orang.Saya yakin yang akan mendaftar lebih dari itu,bisa 200,300,atau bahkan 1000 orang.Inilah kenapa proses penyaringan atau seleksi diperlukan.Tidak mungkin akan diterima semuanya.

Salah satu jenis test yang paling sering digunakan bahkan hampir diseluruh perusahaan adalah " matematika ".Ini bertujuan untuk melihat tingkat kecerdasaan seseorang,tentunya selain jenis test yang lainya.Tetapi untuk proses awalnya,biasanya adalah hitung-hitungan matematik.

Lalu apa saja dan bagaimana bentuk pertanyaanya? berikut akan saya jelaskan



Contoh soal psikotes matematika deret angka


Ada beberapa jenis bentuk pertanyaan yang harus anda ketahui.Jika anda belum pernah menjumpainya,saya harap anda tidak membayangkan ini hanya berupa hitung-hitungan biasa yaa.Ini adalah pertanyaan yang bertujuan melihat " daya nalar " anda,atau bahasa sekarangnya " logika anda ".

Kalau menurut saya,ini lebih seperti pertanyaan menjebak.Karena tidak mengikuti rumus yang benar,melainkan seperti jabakan.Kenapa saya katakan seperti itu? karena kalau hanya dilihat sekilas,ini bukanlah matematik melainkan tebak-tebakan.Untuk lebih jelasnya,silahkan lihat gambar dibawah :


contoh-psikotes-matematika-deret-angka



Akan saya jelaskan cara mengerjakanya,caranya adalah :

  • Lihat nomor 1,disana ada deretan angka : 100-4-90-7-80 ......
  • Yang harus anda lakukan adalah melihat dan memikirkan POLAnya,anda harus gunakan LOGIKA anda dan memikirkan semua kemungkinan yang ada,lalu kenapa dikunci jawabanya adalah C/10? begini logikanya,lihat gambar









Cobalah anda perhatikan dengan baik gambar cara mengerjakanya diatas.Sebenarnya inti dari mengerjakan ini adalah membuat PASANGAN ANGKAnya.

Jadi angka pertama pasanganya dengan angka yang keberapa,dan seterusnya.Jika melihat soal yang pertama ini,bentuk pasanganya begini : angka pertama pasangan selanjutnya adalah angka ketiga,selanjutnya adalah angka kelima,sedangkan angka kedua pasanganya adalah angka keempat dan selanjutnya angkka ke enam.

Apa model pasanganya harus seperti itu? angka pertama dengan angka ketiga,angka kedua dengan angka ke empat? jawabanya : TIDAK SELALU.

Tetapi yang paling sering yang seperti ini.Bisa juga pasanganya langsung atau berurutan,saya berikan contohnya untuk anda,yang pasangan angkanya tidak seperti diatas,silahkan disimak :

soalnya begini :  1,3,5,7,9,11,13,15,.......

Ini menghitungnya langsung saja,diurutkan dari angka pertama,ke angka kedua,ke angka ketiga dan selanjutnya.Hanya dilihat saja kita sudah bisa menentukan bahwa ini adalah bentuk ( ditambah 2 ) saja.Hasil akhirnya,ya 15 ditambah dengan 2,hasilnya : 17.

Untuk melatih dan supaya anda tidak kebingungan,silahkan anda belajar dengan sebanyak-banyaknya contoh soalnya.Anda bisa dapatkan di google.Silahkan cetak dan mulailah mengerjakan sampai benar-benar mahir.


Contoh tes psikotes matematika logika


Banyak yang mengatakan bahwa jenis logika adalah seperti yang diatas itu.Memang tidak salah jika mengatakanya sebagai test logika,memang mengerjakanya menggunakan logika/nalar.Tetapi saya pribadi lebih condong untuk mendefinisikan ini untuk jenis soall yang menggunakan gambar.


Jadi ada bentuk soall,dimana terdapat gambar dengan pertanyaan yang menyuruh kita menggunakan daya nalar dan logika.Ini kenapa saya lebih condong menggolongkan jenis soall ini sebagai soall logika.

Bentuk gambarnya kurang lebih seperti ini :


Contoh-tes-psikotes-matematika-logika



Contoh-tes-psikotes-matematika



Saya ambilkan contohnya 2 buah.Kita bahas satu persatu :


  • Gambar kotak dengan simbol didalamnya


Untuk gambar pertama,ini adalah gambar " berkelanjutan ".Artinya,mengerjakanya seperti ini : gambar pertama berubagh menjadi gambar kedua ( apa yang ditambahkan? ) kemudian gambar kedua berubah lagi menjadi gambar ketiga ( apa lagi yang bertambah? ).

Gambar pertama adalah kotak dengan 1 titik.Kemudian berubah menjadi gambar kedua dengan 2 titik.Kemudian berubah menjadi gambar ketiga dengan 3 titik,kemudian berubah menjadi gambar keempat dengan 4 titik.

Jadi jawaban untuk nomor 1 ( gambar atas ) adalah : 5

Seperti itulah langkah mengerjakanya.Anda hanya perlu melihat gambar pertama,kemudian gambar keduanya,bagian apa yang ditambah atau dikurangi,dan lanjutkan sampai gambar terahir.Jika memang logika anda bagus,seharusnya dengan melihat gambar saja anda sudah faham harus bagaimana.Tetapi jika anda bingung melihat gambar,semoga penjelasan saya bisa dimengerti.


  • Gambar gir atau roda gigi


Gambar yang kedua adalah roda gigi atau gir roda.Bagaimana langkah mengerjakanya?

Kuncinya adalah : anda lihat 2 ujungnya saja.Tetapi JANGAN dan TIDAK BOLEH berfikir kalau roda awal ke kiri berarti roda terahir ya ke kanan,itu SALAH.

Jalan satu-satunya,anda harus mengurutkanya dengan baik dan benar.Untuk mengurutkanya begini caranya : jika roda yang yang berputar ke kanan,maka roda gigi yang menempel pada roda tersebut pasti ke kiri,begitupun sebaliknya.

Jadi anda bisa hanya melakukanya seperti ini : kanan,kiri,kanan,kiri,kanan,kiri,sampai ujung ( dengan menunjuk gambar satu persatu sampai ujung ).


Matematik dasar


Disini akan berisi beberapa soal matik dasar.Maksudnya dasar yaitu : hal yang sering ditemui dan sering diajarkan baik di SD,SMP,atau SMA,seperti :
  • Pecahan desimal
  • Luas bangun datar
  • Luas bangun ruang
  • Jarak ( kilometer,meter,sentimeter,dsb )
  • Berat ( kilogram,ons,dsb )


Untuk mengerjakanya,anda hanya perlu menghafalkan rumus-rumusnya saja.Jika anda hafal rumusnya,kemungkinan besar anda akan mudah mengerjakanya.

Kalau matik dasar,saya yakin sebagian besar dari anda tidak akan terlalu kesulitan mengerjakanya.Yang sering gagal dan sering kesulitan adalah yang diatas.Sebagian besar inilah yang sering saya temui saat menjalani seleksi di sebuah perusahaan.Mungkin artikel berikut bisa membantu anda juga :

- Menulis surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar

- Daftar perusahaan yang bisa mengirim lamaran via EMAIL

- Membedakan panggilan kerja yang asli dan palsu ( mencegah penipuan )


Demikian penjelasan tentang soal tes matematika saat melamar kerja pada sebuah perusahaan yang sering keluar dan diujikan disana.Semoga bisa membanru anda.Terimakasih telah membaca,see uu.

7/23/2018 - tanpa komentar

0 komentar untuk Contoh Soal Tes Matematika Melamar Kerja [ Deret Angka dan Logika ].

Jika komentar tidak terlihat,klik - perlihatkan semua komentar - dibawah,tunggu beberapa saat kemudian kembali ke halaman ini.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar

Advertaismente