Cara Mengatasi Modem Tidak Terdeteksi dan Konek di Laptop

Cara mengatasi modem tidak terdeteksi dan tak konek di laptop ini bisa anda gunakan untuk memperbaiki masalah dan kerusakan yang sama untuk semua versi windows baik 7 8 ataupun win 10.Bisa juga anda gunakan untuk permasalahan mifi yang tidak bisa diinstal sama sekali.

Cara memperbaiki modem yang tidak terdeteksi sama sekali dan menjadikan koneksi internet anda terganggu bisa anda lakukan sendiri tanpa  harus membawanya ke tukang service.Silahkan disimak baik-baik langkahnya dibawah ini.

Penyebab dan Cara Memperbaiki Modem Tidak Terdeteksi di Laptop




modem-laptop-tidak-konek-dan-tidak-terdeteksi



Modem adalah sebuah perangkat keras yang berfungsi untuk menghubungkan koneksi internet ke sebuah perangkat keras lainya seperti laptop atau PC dan bisa juga smartphone.Dengan bantuan alat ini,sebuah perangkat keras bisa terhubung ke jaringan internet dengan lebih praktis.Untuk anda para pengguna PC,anda hanya perlu colokan modemnya ke parangkat anda dan andapun sudah bisa menikmati internetnya.

Tetapi ada permasalahan yang sering sekali dialami oleh para pengguna alat ini yaitu modeem yang mereka gunakan tidak bisa terdetek di PC mereka,ada pula yang sudah terdeteksi,tetapi sinyalnya tidak muncul alias tidak konek internetnya.Untuk mengatasinya,anda wajib tahu beberapa faktor yang menyebabkanya sebelum mencari jalan keluar menagani masalah tersebut.


Penyebab modem tidak terdeteksi dilaptop atau PC


Sebelum memutuskan untuk membeli modeem 3G atau 4G yang bagus,anda harus lihat terlebih dahulu,kesalahanya terletak dimana.Jangan sampai uang anda hilang dengan sia-sia.Adapun beberapa faktor yang menjadi sebab antara lain :
  1. Modemnya memang sudah rusak
  2. Laptop/PC anda yang rusak
  3. Sinyal kartu yang anda gunakan memang sedang gangguan
  4. Ada kesalahan aplikasi dan settingan


Hal ini sangat wajib dan sangat saya sarankan untuk anda melakukan pengecekanya terlebih dahulu.Setelah dirasa yakin bagian mana yang rusak,barulah anda memutuskan untuk melakukan apa selanjutnya.


Langkah pengecekan untuk mengetahui bagian mana yang bermasalah


Seperti yang saya katakan diatas,silahkan lakukan pengecekan terlebih dahulu sebelum bertindak.Ada beberapa langkah mengecek komponen apa yang rusak yang menyebabkan modem tidak bisa konek internet bahkan tidak terdeteksi di laptop anda,antara lain :
  1. Silahkan coba dengan modeem yang lain dan lihat apakah ada perbedaanya.
  2. Silahkan gunakan modeem anda ke PC teman atau orang lain dan lihat apakah berfungsi atau tidak
  3. Coba gunakan kartu GSM lain jika anda menggunakan yang GSM
  4. Jika kedua langkkah diatas normal dan tidak ada masalah baik modeem dan PC anda,kemungkinan besar salah pada settingannya


Setelah melakukan pengecekan awal dan terlihat letak masalahnya dimana,sekarang waktunya anda melakukan perbaikanya.


Cara memperbaiki modem yang tidak terdeteksi dan tak bisa connect internet


Untuk langkah perbaikanya adalah sebagai berikut :


1. Ganti kartu GSM anda


Silahkan coba dengan mengganti kartu perdana dengan operator yang lainya.Dan pastikan kartu perdananya work dan sudah diregistrasi dengan langkah registrasi perdana yang benar ya.Karena kalau belum registrasi,sinyal memang tidak akan muncul.


2. Ganti dengan modeem yang lain ( bisa baru bisa second )


Langkah ini anda lakukan jika memang sudah yakin dan merasa mantap bahwa letak masalahnya ada pada modeemnya.Inilah kenapa langkah pengecekan sangat saya anjurkan untuk dilakukan.Untuk tatacara memilih modeem yang bagus dan berkualitas sudah saya tuliskan pada artikel tersebut.


3. Perbaiki laptop anda


Biasanya letak masalahnya ada pada kerusakan colokan USBnya saja.Jika memang ini yang terjadi,saya sarankan untuk memanggil ahlinya saja,karena untuk mengatasinya tidaklah mudah,butuh alat dan ketrampilan khusus  untuk menggantinya.


4. Lakukan setting yang benar


Jika memang ternyata ini masalahnya,silahkan lakukan pengaturan yang benar.Untuk langkah-langkah yanag bisa anda lakukan adalah sebagai berikut :


a. Uninstal drivernya dan instal lagi

Langkah awal,silahkan coba dengan melakukan uninstal pada drivernya.Setelah itu lakukan instal ulang.Untuk menguninstalnya,silahkan ikuti panduan berikut :
  • Masuk data " C " atau local disk C
  • Klik program file
  • Carilah driver modem anda disana.Tulisanya biasanya sama dengan MERK yang anda gunakan,jadi cukup mudah untuk mencarinya
  • Klik kanan dan pilih " uninstal "
  • Setelah itu,cobalah restart laptopnya
  • Lihat hasilnya


Jika belum berhasil,lakukan langkah selanjutnya dengan posisi driver di instal ya.Jangan lakukan langkah selanjutnya jika driver belum anda instal kembali.


b. Mengganti APN dengan yang seharusnya

Langkah selanjutnya,silahkan ganti APN dari perdana yang anda gunakan.Untuk pengaturan APN yang sesuai dengan provider adalah sebagai berikut :

Klik pada bagian : SETTING -> SETTING PREFERENCES -> PROFIL MANAGEMENT dan lakukan pengaturan seperti dibawah ini :


- INDOSAT

Profil Name : Indosat GPRS
Username : Indosatgprs
APN : Indosat
Pasword : Indosatgprs


- XL

Profil Name : XL GPRS
Username : www.xlgprs.net
APN : xlgprs
Pasword : xlgprs


- 3 ( tri )

Profil Name : 3gprs
Username : 3gprs
APN : 3data
Pasword : 3data


- Axis

Profil Name : axis
Username : axis
APN : axis
Pasword : axis


- Telkomsel

Profil Name : Telkomselgprs
Username : Telkomselgprs
APN : Telkomselgprs
Pasword : Telkomselgprs


Silahkan anda pilih yang sesuai dengan provider anda.Anda juga bisa mengganti APNnya dengan yang lain ( tidak harus sama persis ).Anda bisa mencarinya di google,tetapi saya biasanya menggunakan itu dan berhasil.


c. Membuat DIAL UP manual

langkah lain yang bisa anda lakukan adalah dengan membuat dial-up secara manual.Silahkan ikuti langkahnya pembuatanya sebagai berikut :

  1. Pastikan modemnya sudah terpasang yaa
  2. Klik gambar windows di pojok kiri
  3. Klik " kontrol panel "
  4. Pilih " network dan internet "
  5. Pilih " network and sharing centre "
  6. Pada pop up yang keluar,pilih " set up a new connection "
  7. Pop up berikutnya,pilih " connected to the internet "
  8. Klik " next "
  9. Selanjutnya pilih " no,create new connection "
  10. Klik " next " 
  11. Pilih yang " DIAL UP "
  12. Isikan kolom yang kosong seperti ini : dial numbernya *99#,lainya kosongkan saja dan untuk nama koneksinya silahkan isi bebas
  13. Klik " connectt " jangan lupa anda ceklis atau centang pada kotak kecil yang tersedia di pojok kiri pop up
  14. Klik " conect now "
  15. Selesai


Anda sudah berhasil membuat DIAL UP secara manual.Silahkan cek pada pojok kanan bawah,akan muncul gambar telepon dengan nama seperti yang anda isikan sebelumnya.Itulah dial up nya,silahkan koneksikan dengan itu.


d. Instal ulang

Langkah terahir yang bisa saya sarankan adalah dengan melakukan instal ulang pada perangkat anda.Saya berharap langkah ini tidak sampai anda lakukan,tetapi jika memang sangat tepaksa harus anda lakukan,saran saya serahkan saja kepada yang ahli karena jika sampai salah dalam prosesnya,perangkat anda bisa mati total nanti.

Silahkan cari tukang seervice PC yang terpercaya dikota anda,dan tunggu sampai selesai perbaikanya.


Dengan melakukan beberapa langkah diatas,saya harapkan permasalahan anda sekarang sudah bisa terselesaikan.Mungkin beberapa artikel berikut ini bisa membantu permasalahan anda yang lainya :




Demikian pembahasan mengenai cara mengatasi atau memperbaiki modem laptop yang tidak terdeteksi dan gagal connect ke internet dengan langkah yang aman.Semoga bisa membantu anda.Terimakasih telah membaca,see uu.



7/11/2018 - tanpa komentar

0 komentar untuk Cara Mengatasi Modem Tidak Terdeteksi dan Konek di Laptop.

Harus terdaftar sebagai member di GOOGLE PLUS jika ingin berkomentar,karena ini akan membantu yang lainya terkoneksi dengan anda.Terimakasih.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar

Advertaismente