7 Jawaban Interview Motivasi Kerja Yang Baik dan Benar untuk HRD

Jawaban interview motivasi kerja harus anda berikan dengan baik dan benar ketika HRD memberikan pertanyaan tersebut saat melakukan wawancara kepada seseorang dalam proses seleksi calon karyawan mereka.Anda harus dan wajib mengerti bagaimana cara menjawab hal tersebut supaya perusahaan bisa yakin bahwa anda adalah kandidat yang tepat untuk bekerja dan menempati posisi kosong yang ada.

Saat anda melakukian tes wawancara pekerjaan,saya yakin pasti pertanyaan mengenai motifasi ini akan ditanyakan oleh pihak penyeleksi.Ini meruapakan salah satu cara untuk mengetahui tekad dan kesungguhan anda dalam melakukan tugas anda nantinya.



Motivasi Seseorang Dalam Bekerja




motivasi-kerja


Pengertian motivasi adalah : sebuah alasan atau tujuan yang dimiliki seseorang sebagai acuan dalam melakukan sesuatu hal.Semakin penting motifasinya,akan membuat orang tersebbut semakin bersemangat dalam melakukan hal atau pekerjaan karena dalam benak orang tersebut,ada hal yang harus mereka capai dan harus mereka perjuangkan.


Kenapa pertanyaan motifasi dalam bekerja pasti ditanyakan?

Sebelum menjawabnya,saya ingin bertanya kepada anda terlebih dahulu : Jika ada 2 orang pelamar di sebuah perusahaan ( kita anggap saja si A dan si B ) dan anda adalah HRDnya.Ketika ditanya mengenai motifasi ( apa motifasi anda melamar dan ingin bekerja di PT ini? ) :

- Si A menjawab : Saya ingin merasakan dapat uang
- Si B menjawab : Saya harus membahagiakan orang tua karena mereka orang yang kurang mampu

Dari kedua ilustrasi diatas,jika anda adalah seorang HRD perusahaan,siapa yang akan anda pilih? tentu saja Si B,iya kan? dalam pikiran anda,pasti akan berfikir bahwa alasan Si B akan jauh lebih sungguh-sungguh dalam bekerja nanti,karena ada orang tuanya yang harus digahagiakan.

Kenapa bukan Si A? karena jawabanya terkesan main-main.Buat apa capek-capek bekerja kalau hanya ingin merasakan dapat uang,jualan saja juga bisa,buka jasa pijat juga bisa.Dan pasti nanti jika bekerja,orangnya juga akan main-main dan tidak sungguh-sungguh.


Apa tujuan dari pertanyaan tentang motifasi bekerja?

Seperti yang saya jelaskan sebelumnya,bahwa dengan pertanyaan ini,seorang HRD atau penyeleksi akan bisa mengetahui akan seperti apa nanti anda ketika sudah terjun langsung ke lapangan.Inilah kenapa dalam menjawabnya anda tidak boleh sembarangan dan harus memikirkanya dengan matang.

Dan dalam artikel ini saya akan menjelaskan kepada anda berdasarkan pengalaman pribadi merantau selama kurang lebih 7 tahun lebih di kota tetangga.Semoga bisa sedikit memberikan titik terang dan mempermudah anda kedepanya nanti.


Pertanyaan tentang motivasi kerja karyawan dan Jawabanya


Setelah anda mengerti hal diatas,selanjutnya adalah mempersiapkan diri untuk berjaga-jaga kalau nanti anda ditanyai dengan pertanyaan ini.Kalau bentuk pertanyaan yang diajukan kurang lebih hampir sama untuk semua perusahaan,yaitu : Apa motifasi anda melamar dan bekerja di sini?


Pertanyaanya kurang lebih hanya akan seperti itu saja,sangan simple,tetapi yang sulit itu menjawabnya.Lantas apa saja dan bagaimana menjawabnya dengan baik? berikut saya berikan contoh motivasi kerja karyawan,antara lain :


1. Untuk meringankan beban orang tua dan membahagiakanya


Ini adalah yang paling umum digunakan dan diutarakan oleh para pelamar jika mendapati pertanyaan motifasi.Karena memang inilah alasan untuk sebagian besar orang mencari pekerjaan yang layak.Tidak ada yang salah dengan ini,tetapi seperti yang saya katakan,jika anda menjawabnya seperti ini,anda akan sama saja nilainya dengan puluhan bahkan ratusan orang pesaing anda.

Lalu,apakah ada yang lain? tentu saja ada,silahkan lanjutkan membacanya.


2. Untuk membiayai anggota keluarga


Membiayai disini definisinya adalah anda sebagai tulang punggung keluarga dan ada alasan tertentu yang lain yang mengharuskan anda mencari uang dengan jumlah banyak,diantaranya :
  • Membiayai pengobatan dari anggota keluarga ( orang tua,adik,kakak )
  • Membiayai sekolah anggota keluarga ( adik atau kakak )
  • Melunasi hutang anggota keluarga yang sangat besar


Bukan berarti saya mendoakan hal tersebut ya,ini hanya sebatas memberikan masukan saja.Siapa tahu beberapa dari anda yang membaca tulisan ini memang sedang mengalami permasalahan seperti yang saya katakan diatas.


3. Ingin hidup mandiri


Ini hampir sama dengan point nomor 1.Kenapa? karena ini juga sangat umum digunakan oleh para pencari pekerjaan diluar sana.Intinya anda ingin hidup mandiri dan tidak menyusahkan kedua orang tua lagi ( makan,tidur,keperluan sehari-hari ) anda sendiri yang membiayainya.


4. Untuk membiayai sekolah ( anda sendiri )


Ini anda utarakan ketika memang anda melakukan pekerjaan tersebut berbarengan dengan menjalankan program pendidikan entah itu kuliah atau sebagainya.Tetapi jika anda ingin menggunakan alasan ini,ada CATATAN PENTING disini : anda TIDAK boleh menggunakan ini jika perusahaan yang sedang anda lamar MELARANG calon karyawan mereka untuk menjalani sebuah program pendidikan.

Percaya atau tidak,banyak sekali perusahaan yang memiliki kebijakan seperti ini.Mungkin alasan mereka supaya pekerja mereka lebih fokus dalam menjalankan tugasnya.Anda harus perhatikan ini baik-baik.


5. Untuk ikut andil memajukan perusahaan ini


Mungkin sebagian besar dari anda baru pernah membaca ini.Ini saya dapatkan dari senior HRD saya saat di PT waktu yang lalu.Di sebuah ruang istirahat,saya sedang mengobrol dengan beliau,kurang lebih seperti ini percakapanya :

- Saya : Pak,sebenarnya,jawabaan wawancara apa yang paling bagus untuk pelamar?
- Senior : Itu relatif,tergantung masing-masing HRDnya saja
- Saya : Di penilaian bapak,yang bagaimana?
- Senior : Kalau ada yang menjawab " saya ingin ikut memajukan perusahaan ini " saya langsung taken dia ( istilah beliau untuk memberikan kontrak kerja untuk karyawan baru )
- Saya : Apa iya ada yang jawab begitu?
- Senior : Kan saya bilang kalau ada,berarti ya nggak pernah ada
- Saya : ( Hanya diam sambil bicara dalam hati ) mustahil bakal ada yang seperti itu.

Dari percakapan itulah saya ambil kesimpulan seperti ini.Tetapi harus anda perhatikan jika ingin menggunakan ini sebagai alasan,yaitu : akan ada pertanyaan lain yang akan diberikan ( lebih sulit )

Jika anda menjawabnya seperti itu,HRDnya akan bertanya lagi,seperti ini :
  • Apa yang akan anda lakukan untuk memajukan perusahaan ini
  • Ide apa yang anda punya
  • Gagasan seperti apa yang anda anggap bisa memajukan perusahaan ini

Dan mungkin saja pertanyaan yang lainya.Jika anda sekiranya tidak bisa menjawabnya,saya sarankan jangan gunakan ini walaupun nilainya sangat bagus dimata HRDnya.


6. Untuk memperbaiki ekonomi hidup


Maksudnya,ingin menjadikan perekonomian hidup anda lebih baik lagi.Dengan bekerja,anda mungkin ingin semuanya jauh lebih baik,Dari semula mungkin anda tidak punya tempat tinggal,dengan bekerja anda jadi bisa memiliki hunian,dan lain sebagainya.


7. Menghidupi dan mensejahterakan keluarga ( anak dan istri anda )


Ini digunakan untuk anda yang sudah berkeluarga.Dengan bekerja,anda jadi bisa menyekolahkan anak sampai jenjang yang tinggi dan setinggi-tingginya,bisa membahagiakan istri,mencukupi kebutuhan sehari-hari dan alasan lainya.Intinya untuk anak istri anda.


Saya tidak mengharuskan anda untuk menggunakan itu semua.Mungkin jika ada alasan lain yang anda rasa lebih tepat,silahkan anda gunakan.Intinya adalah : ketika HRDnya mendengar apa yang anda utarakan ke mereka,usahakan dengan kalimat tersebut,HRD akan berfikir jika anda memang layak untuk diterima disana.


Jawabann yang tidak boleh dikatakan



Sebagai tambahan saja,selain dari hal diatas,ternyata ada beberapa alasan yang sangat tidak boleh sampai anda katakan saat proses wawancara,diantaranya :
  • Mencari pengalaman ( pengalaman kok dicari,itu akan datang sendiri )
  • Mengisi waktu luang ( kenapa harus bekerja,mancing saja kan bisa )
  • Karena sudah lulus sekolah jadi ingin bekerja ( memang ada undang-undangnya? lanjut sekolah kan bisa )
  • Ingin mencari uang ( ada banyak jalan selain bekerja untuk mencari uang )


Itu adalah hal yang tidak boleh anda utakan saat menghadapi seleksi wawancara.Jika anda tidak percaya,silahkan dibuktikan sendiri ( tapi kalau gagal.tanggung sendiri yaa ).Dan mungkin beberapa artikel ini juga bisa membantu anda :

- Jenis tes yang sering membuat pelamar gagal ( matematika deret angka dan logika )

- Membedakan panggilan pekerjaan asli dengan yang palsu

- Pertanyaan wawancara untuk yang fresh graduate


Demikian pembahasan tentang jawaban interview atau wawancara tentang motivasi kerja yang baik dan benar supaya bisa lolos dan diterima bekerja pada perusahaan incaran anda.Semoga bisa membantu anda semua.Terimakasih telah membaca,see uu.



7/24/2018 - tanpa komentar

0 komentar untuk 7 Jawaban Interview Motivasi Kerja Yang Baik dan Benar untuk HRD.

Jika komentar tidak terlihat,klik - perlihatkan semua komentar - dibawah,tunggu beberapa saat kemudian kembali ke halaman ini.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar

Advertaismente