Cara Menjadi Karyawan Tetap di Indomaret dan Persyaratanya

Bagaimana cara menjadi karyawan tetap atau di angkat menjadi kartap di indomaret dan apa saja persyaratan yang harus dipenuhi merupakan pertanyaan yang sering diajukan oleh para personil toko maupun untuk bagian yang lain.Memang ada syarat khusus yang harus dilakukan jika anda memang berniat untuk naik pangkat.

Syarat untuk menjadi kartap indomaret sebenarnya tidak terlalu sulit jika anda melakukan cara yang benar dan sesuai prosedur.Dan di artikel ini saya akan menjelaskannya secara detail kepada anda,semoga bisa membantu.


Syarat dan Cara Supaya Diangkat Menjadi Kartap ( Karyawan Tetap ) di Indomaret Bagi Pramuniaga dan Kasir





cara-jadi-kartap-indomaret



Indomart adalah sebuah perusahaan ritel yang menjalankan bisnis perdagangan mereka dalam bentuk kebutuhan sehari-hari untuk masyarakat luas.Toko cabangnya sangat banyak bahkan mungkin hampir seluruh indonesia ada toko ini.

Selain bisnis yang terorganisir,jenjang karir di tempat tersebut juga bisa dibilang bagus.Personil baru mempunyai kesempatan untuk diangkat menjadi kartap disana.Jika semua hal terpenuhi,hal ini memang bisa didapatkan dan bukan hanya sekedar penyemangat kerja saja.

Pramuniaga dan kasir mungkin adalah awal dari jenjang karir untuk mereka.Jika baru masuk,memang posisi ini yang biasanya ditempati ( untuk lulusan SMA sederajat ).Jika posisi ini bisa dijalankan dengan baik,lambat laun anda bisa naik pangkat.Adapun beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang kenaikan pangkat ini adalah :


Syarat menjadi karyawan tetap indomaret


Sebelumnya saya akan membahas faktor yang harus dipenuhi agar kenaikan pangkat menjadi kariyawan bisa anda capai,antara lain :

  • Memang sedang ada posisi kosong ( kuota kartapnya ada )
  • Absensi anda bagus
  • Kinerja anda bagus
  • Tidak pernah terlibat masalah


Itu adalah hal dasar yang harus anda penuhi.Jika hal tersebut bisa anda penuhi dan kebetulan sedang ada kuota,saya yakin anda akan terbawa untuk dijadikan personil tetapnya.Selain hal tersebut,ada juga hal yang perlu anda lakukan tentunya.


Cara jadi karyawan tetap indomaret


Kalau untuk hal jumlah kuota,itu adalah mutlak keputusan perusahaan untuk tersedia atau tidaknya,tetapi anda tidak perlu berkecil hati terlebih dahulu,karena melihat banyaknya personil yang resign,saya yakin setiap tahun pasti ada saja kuota yang tersedia.

Selain mengandalkan kuota yang ada,anda juga harus melakukan hal lain untuk membantu penialaian anda dimata atasan anda baik itu kepala toko,supervisor,bahkan manager.Hal yang perlu anda lakukan adalah :


1. Jagalah absensi sebagus mungkin


Anda harus menjaga absen anda.Jika dimungkinkan,anda harus masuk 100% baik itu hari wajibnya ataupun hari lemburanya.Jika anda sakit,usahakan tetap masuk jika memang kuat,tetapi jika tidak,gunakan ssurat keterangan dokter,jangan hanya SMS saja,takutnya ini akan dianggap ALPA oleh atasan anda.

Untuk sistem pembagian shiftnya sudah ditentukan oleh kepala toko anda.Pembagianya saya rasa cukup adil,simana dalam satu minggu anda akan diberikan libur satu hari,jadi selama satu bulan libur anda adalah selama 4 kali.

Liburnya bisa anda pilih sendiri,maksudnya anda bisa ambil sekaligus 4 hari berturut-turut,tetapi konsekuesinya setelah itu anda tidak boleh libur lagi selama 1 bulan,kan sudah diborong liburnya.Saran saya gunakan dengan bijak,walaupun itu sudah ditentukan,jika dirasa pembagianya tidak adil,anda HARUS PROTES,jika ke kapala toko tidak mempan,proteslah ke supervisor anda.


2. Kerjakan semua tugas dengan baik


Tugas dan job desknya akan diatur dan ditentukan dari pusatnya.Biasanya anda para pramuniaga dan kasir,sudah ada list tugas yang harus dikerjakan lengkap dengan tanda tangan kehadiran bukan? lakukan tugas yang ada di list dengan sebaik-baiknya.


3. Isi buku absen tugas dengan baik


Akan ada beberapa lembar buku yang berisi daftar tugas bukan? isilah semuanya dengan melakukan pekerjaanya yaa.Jadi jangan hanya diisi bukunya,ini sangat tidak bagus untuk penilaian.


4. Jadilah serba bisa


Walaupun anda hanya pramuniaga dan kasir,saya sarankan anda untuk mempelajari tugas dari personil lain.Ini sangat bagus untuk penilaian.Karena saya yakin suatu saat pasti mereka mendapatkan kesulitan,dan saat itu silahkan bantu personil lain.Ini yang disebut dengan TEAMWORK.

Jika kerja tim anda bagus dalam artian anda selalu sigap dan tanggap membantu personil lain yang sedang kesusahan seperti kasir yang keteteran menghadapi pembeli banyak dan lainya,penilaian terhadap pribadi anda juga akan bagus.


5. Jagalah profesionalitas anda


Anda harus tetap profesional dalam bekerja.Jangan sesekali membawa masalah pribadi kedalam pekerjaan anda.Saat di tempat kerja,anda harus lupakan semua masalah dan jadilah pribadi yang menyenangkan terutama untuk pelanggan.

Selain perilaku,pakaian seragam dan kelengkapan lainya juga harus anda jaga.Jangan sampai lupa mengenakan atribut seragam dan gunakan seragam yang bersih dan rapi.


6. Hindari komplain dari customer


Tahukan anda jika pelanggan diberikan hak istimewa untuk mengajukan komlain langsung ke kantor pusat? bisa menggunakan SMS atau telepon langsung.Hal ini harus sebisa mungkin anda hindari selama bertugas,terutama saat anda masih berstatus kontrak.

Karena jika ini sampai terjadi,bukan hanya kepala toko anda saja,tetapi meneger anda bisa langsung memanggil anda untuk datang ke kantornya.Layani pelanggan dengan sebaik mungkin,karena memang point utama dari semua peraturan adalah kepuasan pelanggan seperti slogan mereka.


7. Jangan melanggar peraturan


Ada beberapa peraturan yang wajib anda penuhi dan tidak boleh dilanggar,antara lain :
  • Tidak boleh minum minuman kerras saat bertugas
  • Tidak boleh berkelahi dengan personil lain
  • Tidak boleh mengecewakan pembeli
  • Tidak boleh pulang atau meninggalkan tempat kerja saat jam kerja

Dan mungkin sederet peraturan lainya yang tidak bisa saya sebutkan sampai selesai karena terlalu banyak,hehe.


Jika kesemua hal sudah anda lakukan dengan maksimal,tentu saja langkah berikutnya anda harus berdoa agar supaya ketersediaan kuota kartapnya ada.Jika memang ada,saya sangat optimis jika anda akan naik pangkatnya tidak lagi berstatus kontrak.Mungkin artikel berikut bisa menambah pengetahuan anda :

- Tugas-tugas personil indomart berdasarkan jabatanya

- Langkah resign yang benar dengan alasan yang tepat


Demikian pembahasan tentang cara jadi karyawan tetap di indomaret dan syarat yang harus dipenuhi.Semoga bisa membantu anda untuk bisa naik pangkat.Terimakasih telah membca,see uu.



7/12/2018 - tanpa komentar

0 komentar untuk Cara Menjadi Karyawan Tetap di Indomaret dan Persyaratanya.

Jika komentar tidak terlihat,klik - perlihatkan semua komentar - dibawah,tunggu beberapa saat kemudian kembali ke halaman ini.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar

Advertaismente