6 Cara Ampuh Mengatasi Aplikasi Tidak Menanggapi di Android

Cara mengatasi aplikasi tidak menanggapi di android seperti facebook ( FB ) dan app lainya bisa anda lakukan dengan beberapa langkah sederhana tanpa harus melakukan root dan langkah ini sangat ampuh untuk memperbaiki permasalahan tersebut dan bisa digunakan untuk berbagai merk HP seperti xiaomi,samsung,asus,lenovo,acer dan berbagai merek lain.Silahkan disimak baik-baik panduanya.

Memperbaiki aplikasi tidak menanggapi yang terjadi di HP anda ini sangat penting untuk dilakukan supaya performa dari appsnya bisa berfungsi kembali dengan baik sebagaimana mestinya.Langkah yang perlu anda lakukan ini sangat aman karena tidak memerlukan perlakuan khusus seperti rooting ataupun sampai membongkar mesin telepon anda.



Mengatasi notifikasi " sayangnya,aplikasi telah berhenti " di android




Aplikasi adalah sebuah piranti lunak atau software yang berfungsi untuk menjalankan suatu program tertentu pada sebuah perangkat keras.Sebagus apapun telepon yang anda miliki,jika didalamnya tidak ada aplikasinya,saya rasa itu percuma saja.

Keterkaiatan antara perangkat lunak dan perangkat keras yang saling terhubung ini tidak bisa dipisahkan.Agar sebuag gadget berfungsi dengan baik,kedua hal ini haruslah berjalan dan berfungsi dengan semestinya.

Tetapi ada sedikit masalah kecil yang kerap sekali terjadi dan dialami oleh para pengguna gadget pada zaman ini yaitu apps yang close sendiri ataupun tiba-tiba tidak merespon.Walaupun ini bukanlah masalah yang sangat serius,tetapi jika dibiarkan,akan sangat mengganggu ketika sedang asik memainkan apps tertentu.


Aplikasi yang sering tiba-tiba tidak merespon atau tak menanggapi


Ada beberapa apps yang belakangan ini sering terjadi masalah tidak mau respon secara tiba-tiba,diantaranya adalah :
  1. Facebook ( FB )

  2. Instagram ( IG )

  3. Twitter 

  4. BBM

  5. Whats App ( WA )

  6. Game

  7. Pemutar musik ( music player )

  8. Pemutar video ( video player )

  9. Youtube



Dan mungkin beberapa apps yang lain yang tidak bisa saya sebutkan semuanya disini.Jika anda kebetulan sedang mengalami masalah dengan salah satu apps yang saya sebutkan diatas,ada baiknya anda mengetahui faktor yang menimbulkan hal tersebut terlebih dahulu.


Penyebab aplikasi tidak merespon atau tak menanggapi


Ada beberapa sebab yang bisa menimbulkan masalah ini,diantaranya :
  1. RAM telepon tidak kuat
  2. Terlalu banyak apps yang dijalankan
  3. Kesalahan dari apps tersebut
  4. Crash pada sistem adroidnya

Biasanya itulah yang menjadi penyebab masalah ini timbul.Jika anda tahu letak masalahnya dimana,anda bisa langsung melakukan point perbaikanya langsung pada titik permasalahanya.Jika anda tidak tahu letak kesalahanya dimana,silahkan lakukan beberapa tips berikut :


Langkah memperbaiki aplikasi yang tidak mau menanggapi atau tak merespon


Untuk mengembalikan fungsi dari aplikasi yang tidak menanggapi,anda bisa lakukan beberapa langkah dibawah,silahkan ikuti tutorialnya dengan baik.Langkahnya adalah sebagai berikut :


1. Tutup aplikasinya sebentar dan buka kembali


Silahkan anda tutup aplikasinya secara penuh.Maksud saya adalah benar-benar di close,bukan hanya menekan tombol menu saja,melainkan tutup dengan sempurna,kemudian tunggu beberapa menit dan cobalah buka kembali.

Jika anda masih belum mengerti,silahkan lihat gambar dibawah :



aplikasi-tidak-menanggapi


Biasanya dengan menahan tombol menu atau tombol sebelah menu,maka akan keluar aplikasinya mana saja yang sedang terbuka.Silahkan klik " tutup semua aplikasi ".Ini yang saya katakan menutupnya secara penuh.


2. Restar HP anda


Jika langkah diatas masih belum menyelesaikan permasalahan anda,silahkan restart telepon anda atau matikan sebentar,tunggu 5 sampai 10 menit,kemudian nyalakan kembali.Biasanya dengan trik ini,permasalahan apps yang tak respon akan teratasi.

Jika masih belum teratasi juga,silahkan lakukan langkah selanjutnya.


3. Force stop aplikasinya


Untuk telepon dengan sistem android yang masih lama,mungkin point nomor 1 diatas tidak bisa dilakukan.Anda bisa mutup aplikasi yang berjalan di background dengan langkah berikut :

  • Masuk menu setting
  • Pilih " apps "
  • Pilih " apelikasi "
  • Tekanlah tombol force stop
  • Selesai


Atau jika menunya tidak seperti itu,anda bisa melakukan langkah dibawah :

  • Masuk menu setting
  • Pilih " developeroptions "
  • Pilih " proces stats "
  • Pilih " applikasi "
  • Tekan tombol force stop
  • Selesai


Sangat jarang terjadi,jika sudah melakukan beberapa langkah diatas,permasalahanya tidak terselesaikan.Tetapi jika memang seperti itu adanya,langsung lanjutkan ke langkah selanjutnya dan jangan menyerah,hehe.


4. Bersihkan cache atau data aplikasinya


Cache adalah sampah sisa dari proses berlangsungnya sebuah apps.Hal ini wajar dan memang pasti ada dan terjadi.Jadi anda tidak perlu khawatir akan hal ini.Anda cukup membersihkan berkas sampah dari apps yang bermasalah tersebut,langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Masuk setting
  • Pilih " aplikasii "
  • Pilihlah aplikasinya yang ingin anda bersihkan cachenya
  • Klik appsnya
  • Akan muncul pop up dan pilihlah " bersihkan cache " atau " hapus data "
  • Anda bebas mau memilih yang mana
  • Selesai


Perbedaan hapus cache dan hapus data apa? jika anda pilih hapus cache,yang terhapus hanya berkas sampahnya.Tetapi jika anda pilih hapus data,semua data yang ada di dalam appsnya akan terhapus,termasuk kata sandi.

Setelah mengerti bedanya,terserah anda ingin memilih yang mana,saya sarankan hapus cache saja,tetapi jika masih belum terselesaikan masalahnya,ulangi langkahnya dan pilih " hapus data ".Tapi anda harus dan wajib hafal kata sandi apps tersebut.Jika tidak,anda akan kesulitan sendiri nantinya.


5. Lakukan update atau uninstal dan ganti dengan yang terbaru


Jika masih saja tidak terselesaikan,periksa apakah apps tersebut memiliki versi yang terbaru.Jika memang ada,silahkan lakukan update pada apps tersebut.Memang banyak kasus dimana jika ada app versi terbaru,versi yang lama memang suka eror,mungkin ini " paksaan halus " dari pihak developer untuk menggantinya dengan yang baru,hehe.

Jika setelah dicek ternyata itu merupakan versi yang terbaru,saran saya lakukan uninstal dan unduh kembali dari awal.Langkahnya sebagai berikut :
  • Masuk setting
  • Pilih " apliikasi "
  • Klik apps yang ingin anda uninstal
  • Pilih " copot pemasangan " atau " uninstal "
  • Selesai


Sebelum menginstalnya lagi,sislahkan bersihkan file berkas sisanya dengan menggunakan apps cleaner yang banyak tersedia di playstore atau bahkan sudah ada di HP anda.Setelah bersih,matikan telepon anda,tunggu beberapa menit,nyalakan dan instal lagi appsnya dengan mengambilnya di playstore.


6. Lakukan hard reset ( flashing ) atau ganti dengan HP baru


Sampai sekarang saya belum pernah menemui hal ini.Biasanya dengan meakukan 5 hal diatas,permasalahanya akan teratasi.Tetapi jika masih belum juga,silahkan lakukan flashing terhadap telepon anda.Dengan proses ini,telepon anda akan kembali lagi seperti layaknya telepon baru beli.Jadi semuanya masih fresh.

Jika anda sudah bosan dengan telepon anda sekarang karena sering terjadi masalah,silahkan ganti dan beli saja yang baru dengan spek yang lebih bagus.


Harusnya dengan semua langkah diatas,sekarang performa HP anda sudah bisa berfungsi dengan baik khususnya saat mengoperasikan apps yang bermasalah tadi.Untuk lebih membantu anda,saya juga telah menuliskan beberapa artikel lainya,yaitu :

- Langkah instal ulang HP anderoid yang baik dan benar

- Tips memilih smartphone berkualitas sebelum membelinya

- Trik merawat baterai supaya tidak gampang ngedrop


Demikian tutorial cara untuk mengatasi aplikasi tidak menanggapi yang biasanya ditandai dengan notifikasi : sayangnya,aplikasii telah berhenti.Langkah ini bisa untuk semua merk android seperti xiaomi,samsung,asus,lenovo,acer dan merk yang lainya.Semoga bisa membantu.Terimakasih telah membaca,see uu.

7/14/2018 - tanpa komentar

0 komentar untuk 6 Cara Ampuh Mengatasi Aplikasi Tidak Menanggapi di Android.

Jika komentar tidak terlihat,klik - perlihatkan semua komentar - dibawah,tunggu beberapa saat kemudian kembali ke halaman ini.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar

Advertaismente