8 Trik Cepat Menghafal Bahasa Korea Dalam Waktu Singkat!

Ada cara dan trik bagiamana supaya bisa cepat menghafalkan kosakata bahasa korea dalam waktu yang relatif singkat tetapi bisa mahir dan menguasai banyak kata.Langkah ini sangat penting untuk anda yang mungkin belajarnya tidak bisa dalam waktu yang lama sementara test atau ujian eps topiknya akan berlangsung dalam waktu dekat.

Agar cepat hafal bahasa korea tentunya hal pertama yang harus anda miliki adalah tekad yang kuat atau kesenangan dan kecintaan pada huruf hanggeul.Tetapi ada beberapa tehnik khusus atau tips yang bisa anda lakukan untuk menguasainya.Silahkan simak pembahasan detailnya dibawah ini.



Cara Menghafal Bahasa Korea Dengan Benar Sampai Mahir




cara-menghafal-bahasa-korea-dengan-cepat




Cepat dalam menghafalkan kosakata bahasa korea memang sangat penting dikuasai untuk anda yang mungkin berencana bekerja ke ko-rea baik dengan proses resmi ataupun ilegal.Terlepas dari proses apa yang anda ambil,penguasaan kata-kata harus dan wajib anda kuasai agar komunikasi dan percakapan anda disana tidak kesulitan.

Tips ini saya khususkan untuk anda yang mungkin tidak mempunyai waktu banyak dalam menghafalkanya sementara waktu untuk ujian sudah sangat dekat.Jadi mau tidak mau anda harus ngebut dalam pembelajaranya supaya kosakata yang ratusan bahkan ribuan itu bisa anda kuasai sampai mahir.


Cara supaya menghafalkan kosakata bahasa korea cepat ingat dan tidak gampang lupa



Ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan supaya proses menghafalnya bisa berjalan sukses dan teringat serta tidak mudah melupakanya.Karena banyak sekali mungkin orang yang bisa hafal tetapi yang menjadi masalah besar adalah lupa dikemudian harinya,Silahkan lakukan hal berikut :


1. Kumpulkan kosakata sebanyak-banyaknya


Untuk langkah awalnya,anda harus mengumpulkan sebanyak-banyaknya kosa kata yang mungkin perlu untuk dihafal.Anda bisa ambil dari LPK anda,internet,teman,atau mungkin anda bisa memesanya ke saya jika bersedia ( tapi saya jual ya,hehe ).

Bentuknya bisa berupa kata plus artinya,bisa juga berupa buku paket,bisa juga berupa soal-soal latihan yang berpedoman pada soal ujian tahun-tahun berikutnya.Apapun itu,kumpulkan sebanyak-banyaknya.Tetapi saya lebih menyarankan yang berupa kata + artinya,karena itu lebih mudah.


2. Pilih kosakata yang sekiranya penting saja


Langkah kedua,silahkan anda amati dan anda bayangkan.Dari ratusan kata tersebut,silahkan anda pilih yang sekiranya akan keluar saat ujian nanti.Darmana kita tahu ujianya akan seperti apa? itulah kenapa saya di awal katakan,silahkan kumpulkan soal-soal yang bersumber dari ujian2 sebelumnya.


Ini sangat berguna untuk menentukan kata apa saja yang perlu dihafalkan dan mana saja yang tidak perlu.Tanpa menggunakan soal pun sebenarnya anda bisa menerka-nerka sendiri.Karena ini berhubungan dengan perusahaan dan percakapan,silahkan kira-kira saja yang masih berkaitan dengan hal itu.


3. Mulailah dengan ucapkan dan tuliskan


Langkah terbaik supaya mudah ingat kosakata bahasa korea adalah dengan mengucapkan dan menuliskan hurufnya.Lakukan setidaknya 5x diulang untuk satu katanya dan semakin banyak akan semakin bagus.

Jika anda mampu,lakukan untuk sebanyak-banyaknya kata sampai batas maksimal anda.Tetapi jika tidak mampu,mungkin 20 cukup.Jika satu hari 20,satu bulan anda sudah mendapatkan 600 kosa kata.Masih kurang untuk ujianya mas? silahkan fahami point nomor 2 diatas.


4. Rekam suara anda dan dengarkan berulang-ulang


Pada saat anda mengucapkanya,silahkan rekam pada HP anda.Kemudian dengarkan berulang-ulang sesering mungkin.Ini sangat membantu baik dalam proses menghafalnya ataupun saat ujian listening nanti.

Walalupun mungkin pengucapanya berbeda dengan orang asli sananya,tetapi paling tidak anda sudah sedikit membantu pendengaran anda supaya sedikit faham denga kata yang diucapkan nantinya.


5. Letakan tulisan kosakata ditempat yang sering terlihat


Langkah selanjutnya adalah silahkan anda letakan kata-kata tersebut di tempat yang sering terlihat,contohnya :
  • Jadikan walpaper HP anda
  • Letakan dekat kaca atau cermin anda
  • Letakan di kamar mandi anda
  • Letakan di sampul buku-buku penting anda
  • Jadikan walpaper laptop anda


Dan beberapa tempat lain yang sering anda lihat dan gunakan sehari-hari.


6. Menggunakan bantuan aplikasi 


Untuk anda pengguna telepon pintar atau android,mungkin bisa menambahkan aplikasi yang banyak terdapat di playstore.Sembari mengisi waktu luang anda,mungkin bisa buka-buka dan baca-baca aplikasi tersebut.Sangat banyak aplikasi untuk membantu menghafalkan banyak bahasa korea yang ada di sana.


7. Lakukan kerjasama dengan orang lain


Yang saya maksudkan disini adalah,anda bisa meminta orang lain entah itu saudara atau teman untuk membantu anda mrnghafalkanya.Suruh teman anda menyebutkan kata dalam bahasa indonesianya,kemudian anda terjemahkan.

Bisa juga dengan langkah yang lebih " extrim ".Jika anda memiliki orang dekat,suruh beliau mengagetkan anda dengan kosakata kemudian lihat apakah anda bisa menjawabnya dengan cepat atau tidak.Langkah ini bisa untuk mengukur sampai mana daya ingatan anda dalam mengingat kata-kata tersebut.


8. Buatlah kertas " ujian " sample


Lihat pada point nomor 2,silahkan tuliskan kosakata baik dalam bahasa indonesia atau koreanya tetapi tanpa artinya.Tuliskan sebanyak-banyaknya kemudian kerjakan seolah-olah anda sedang mengerjakan ujian.

Supaya langkah ini sukses,cobalah mengisinya beberapa hari setelah anda menulis soalnya,jangan langsung dijawab.Lihat kemampuan anda sampai mana.Apakah banyak yang salah atau anda sudah mahir.Anggap saja itu kisi-kisi soal ujian eps topik anda nantinya.

Baca Juga :

- Alur kerja ke korea ( resmi dan ilegal )

- Kisi-kisi ujian eps topik korea


Dengan melakukan beberepa langkah diatas,semoga anda bisa lebih siap dalam mengerjakan ujian eps topik walaupun waktu belajarnya anda terbatas dan tidak lama.Langkah yang saya berikan hanya bersifat membantu saja,tidak ada yang memastikan anda bisa lulus yaa.Karena semua itu TUHAN yang mengaturnya.

Demikian pembahasan bagaimana cara menghafal bahasa korea agar supaya bisa cepat ingat.Semoga bisa membantu anda yang ingin pergi bekerja disana.terimakasih telah membaca,see uu.

7/09/2018 - tanpa komentar

0 komentar untuk 8 Trik Cepat Menghafal Bahasa Korea Dalam Waktu Singkat!.

Harus terdaftar sebagai member di GOOGLE PLUS jika ingin berkomentar,karena ini akan membantu yang lainya terkoneksi dengan anda.Terimakasih.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar

Advertaismente