9 Cara Berjualan di Bukalapak dan Tokopedia Agar Cepat Laku

Cara berjualan di bukalapak agar cepat laku harus dilakukan baik untuk pemula maupun yang sudah lama jualan supaya barang yang tidak ada peminat jadi bisa laris manis.Tips sukses jualan bisa anda mulai dari memanfaatkan fitur push gratis kemudian promosi barang dan daftar jualan anda.

Cara berjualan di tokopedia agar cepat laku juga hampir sama dan harus anda lakukan ketika jualan anda sepi peminat.Anda tidak perlu melakukan cara curang seperti membuat banyak toko untuk meningkatkan penjualan anda,cukup lakukan promosi yang benar dan lakukan tips and trik sederhana dibawah ini.

Cara Supaya

Jualan Online Cepat Laku dan Laris Manis



cara-supaya-dagangan-cepat-laku-dan-laris-manis



Apa itu situs jual beli on-line?

Situs jual beli online adalah sebuah " tempat " yang berbasis internet yang digunakan untuk seseorang dalam menjual barang dagangan mereka menggunakan perantara internet tanpa harus memiliki toko fisik.Ada banyaki sekali website yang menyediakan fasilitas ini seperti bukalapak,tokopedia,lazada,shopee,blibli dan masih banyak lagi tempat yang bisa digunakan untuk menjual produk yang anda miliki.

Anda hanya perlu melakukan pendaftaran akun pada situs yang ingin anda gunakan.Setelah terdaftar disana,anda hanya tinggal upload foto-foto dagangan anda dan kemudian anda sudah bisa mulai berjualan lewat internet.


Apa keuntungan menjual barang via on-line?


Ada beberapa hal yang bisa anda dapatkan jika berjualan menggunakan media internet,antara lain :


a. Tidak perlu memiliki toko fisik
b. Jangkauan pembeli sangat luas ( bisa seluruh indonesia )
c. Sangat praktis dan hemat waktu serta energi
d. Bisa dilakukan berbarengan dengan bisnis yang lain tanpa harus merasa terganggu


Jualan di bukalapak atau tokopedia tidak laku bahkan sepi?


Ada beberapa faktor yang menyebabkan hal tersebut ( disamping semuanya itu sudah TUHAN atur yaa ),antara lain :
  • Harga yang anda tawarkan kurang kompetitif
  • Toko anda belum memiliki reputasi yang bagus/baik
  • Terlalu banyak feedback dan ulasan negatif di toko anda
  • Kondisi barang yang anda jual kurang baik dimata pembeli
  • Deskripsi barang yang anda jual terlalu " minim "
  • Foto yang anda berikan " kurang menarik "
  • Dan masih banyak lagi

Kenapa semua itu penting untuk diperhatikan? Karena didalam situs jual beli online tersebut " TIDAK HANYA ANDA SAJA " yang berjualan,melainkan puluhan orang lain juga berjualan dan mungkin barangnya lebih bagus dan lebih murah dari anda.

Itulah kenapa ketika anda menjual sesuatu di toko online,anda harus pintar-pintar mengatur strategi supaya bisa menjadi sukses dan kisah sukses anda mungkin akan terkenal di kemudian hari.

Langkah supaya dagangan laris dan laku keras saat berjualan via online.

1. Gunakan nama toko yang profesional


Untuk langkah awalnya,tentu saja setelah anda sudah terdaftar pada situs belanja tersebut,anda harus memikirkan NAMA TOKO yang sekiranya bagus dan sesuai dengan apa yang anda jual nantinya.Jika barang yang anda jual banyak macamnya tidak hanya satu,anda bisa memikirkan nama yang sekiranya terlihat profesional dimata calon pembeli anda.

Saya pernah menemukan satu toko yang menjual pakaian anak-anak tetapi nama tokonya menggunakan " nama alay " dengan campuran huruf dan angka.Apakah anda pikir ini hal sepele? salah besar.

Nama merupakan simbol dari sebuah toko non fisik.Jadi mulailah memikirkan nama yang memang terlihat bagus dan profesional.


2. Upload foto yang semenarik mungkin


Langkah kedua adalah mengupload barang dagangan anda dengan kualitas foto yang paling bagus,dan selengkap mungkin ( tampak depan,bellakang,samping ).Ini saya rasa masih sangat banyak juga yang melakukan kesalahan,entah karena tidak tahu atau memang sengaja.Mulai sekarang,uploadlah foto yang semenarik dan sejelas mungkin.

Silahkan anda lihat toko-toko yang sudah lama berbisnis disini,saya yakin pasti mereka mengupload dengan foto yang sangat menarik,walaupun mungkin aslinya tidaklah se " wah " itu.Tapi percayalah,ini masuk kedalam salah satu trik rahasia yang harus anda lakukan mulai sekarang.


3. Bersaing harga


Silahkan anda mulai lakukan survey harga dengan produk yang sama pada toko lain.Kecuali memang barang yang anda jual merupakan satu-satunya yang dijual,anda bebas untuk menentukan harganya.Tetapi jika banyak yang menjual barang yang sama,silahkan mulai lakukan survey harga dan mulailah bersaing harga.

Kenapa harga? karena hal utama yang dicari oleh para pembeli adalah harga yang miring tetapi dengan kualitas yang tidak buruk.Ini erat kaitanya dengan " darimana barang itu anda dapatkan " tentunya.Jika itu merupakan produk anda sendiri,ini bukanlah hal yang terlalu sulit.Tetapi jika anda merupakan reseller dari produk tertentu,mulailah mencari pusat barang dagangan yang memiliki harga saing bagus.


4. Berikan free ongkir


Ini juga meruapakan hal sepele tetapi sangat berimbas bagus untuk toko anda.Walaupun jika dihitung2 sama saja dengan yang tidak memberikanya,tetapi mata dari pembeli akan sedikit " terbius " oleh kata - kata " FREE ONGKIR ".

Kenapa saya katakan demikian? saya sedniri sangat sering mendapatkan orderan dari barang yang saya jual menggunakan embel-embel ini.Padahal postingan lainya kalau dihitung harganya sama saja ketemunya,tetapi entah kenapa jika ada kata-kata ajaib ini,orderan yang masuk jauh lebih banyak.Silahkan dicoba saja,semoga berimbas bagus juga untuk toko anda.


5. Berikan deskripsi barang yang sempurna


Saat anda menemui tahapan ini,lakukan dengan serius dan jangan asal-asalan saja.Tuliskan deskripsi dengan kata-kata yang menarik dan tidak membuat pembeli berfikir " ini apaan sih? ".Tuliskan kata-kata yang jika dibaca seolah mencerminkan anda pejual yang profesional dan tanggung jawab.

Salah satu kalimat yang sering saya gunakan seperti ini contohnya : SAYA MENERIMA KOMPLAIN DAN RETURN JIKA TIDAK SESUAI DESKRIPSI.

Percayalah,jika anda kalimat tersebut,calon pembeli akan merasa yakin dan aman membeli barang dari anda.Bentuk kalimatnya tidak harus seperti itu,yang penting calon pembeli merasa yakin saja itu sudah cukup.

Selain dari kalimat itu,anda juga harus menuliskan kondisinya sedetail mungkin,karena banyak juga pembeli yang merasa malas emnanyakan panjang lebar tentang kondisi barang.Kalau dirasa deskripsinya tidak jelas,langsung cari saja toko yang lain ( saya juga seperi ini orangnya ).


6. Tambahkan catatan toko yang profesional


Jika tahapan ini tersedia pada situs yang anda gunakan,silahkan tuliskan beberapa catatan mengenai toko anda.Bisa berupa jenis-jenis barang dagangan anda,bisa berupa visi dan misi toko atau apapun sebagai tambahan supaya toko anda terlihat lebih profesional.


7. Mulailah membangun feedback positif


Feedback adalah ulasan yang diberikan pembeli setelah bertransaksi dengan anda.Jika feedback yang mereka berikan positif,maka secara tidak langsung,reputasi toko anda juga akan terlihat sangat bagus.Hal ini bisa anda dapatkan jika melakukan sistem penjualan yang memuaskan pelanggan.

jangan anggap sepele hal ini,karena saya berkali-kali mengalami,saat akan membeli barang tetapi saya cancel dan urungkan niat saya karena banyaknya feedback negatif dari para pembeli sebelumnya.Tentunya sebagai pembeli,saya tidak ingin mengambil resiko membeli barang pada toko yang jelek.


8. Berikan jaminan untuk pembeli


Dari semua langkah,mungkin inilah yang menjadi " kartu as " anda.Anda bisa memberikan jaminan untuk pembeli supaya mereka merasa aman dan nyaman bertransaksi dengan anda.Beberapa bentuk jaminan yang bisa anda berikan antara lain :
  • Jaminan uang kembali ( jika barang tidak sesuai postingan )
  • Jaminan ganti barang dengan yang baru
  • Jaminan servis gratis ( jika terjadi kerusakan )
  • Berikan fasilitas " rekber " atau rekening bersama

Seperti yang saya katakan sebelumnya,point inilah yang paling penting untuk anda lakukan disamping beberapa point penting diatas.Karena saat calon pembeli merasa yakin dengan anda,kemungkinan mereka membeli barang dagangan anda akan bertambah besar.


9. Promosikan dengan benar


Yang terahir adalah : Anda bisa mempromosikan barang dagangan atau toko anda.Ada banyak cara untuk melakukan promosi toko online yang bisa anda lakukan,antara lain :
  • Melalui media sosial ( FB,IG,TEITTER,BBM,dll )
  • Manfaatkan fitur PUSH atau promosi gratis yang ada di aplikasinya

Dengan melakukan langkah sederhana diatas,saya harapkan performa toko online anda bisa membaik.Langkah ini tentunya tidak 100% akan membuat anda kebanjiran pembeli,tetapi paling tidak,anda sudah melakukan langkah awal untuk menjadi toko yang bagus dimata pelanggan.

Ingat baik-baik : ada banyak penjual diluaran sana selain anda!! jadi hal sekecil apapun harus anda lakukan jika ingin sukses berbisnis di dunia internet ini.Mungkin beberapa artikel berikut bisa sedikit menambah pengetahuan anda kedepanya :



Demikian pembahasan tentang bagaimana cara atau trik supaya dagangan atau produk yang dijual secara online maupun offline bisa laris manis dan cepat laku.Semoga bisa membantu anda,terimakasih sudah membaca,see uu.

 



6/29/2018 - tanpa komentar

0 komentar untuk 9 Cara Berjualan di Bukalapak dan Tokopedia Agar Cepat Laku .

Harus terdaftar sebagai member di GOOGLE PLUS jika ingin berkomentar,karena ini akan membantu yang lainya terkoneksi dengan anda.Terimakasih.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar

Advertaismente