Tips Membeli HP Smartphone Android Baru dan Bekas/Second

Tips membeli hp smartphone adnroid baru dan bekas atau secod berlaku untuk semua jenis transaksi baik via online ataupun COD karena yang terpenting adalah pengecekan bukan tempat anda belinya dimana.Dengan mengecek smartphone yang anda beli,anda bisa mendapatkan android berkualitas dan terihindar dari penipuan tentunya.

Cara yang harus anda lakukan ketika ingin membeli hp entah itu baru atau bekas ada banyak serta harus dilakukan dengan benar agar anda tidak tertipu dan tak menyesal di kemudian hari.Panduan ini berlaku untuk semua merk smartphone serperti samsung,xiaomi,asus,lenovo ataupun merk lainya.

Inti dari semua ini adalah untuk mengetahui apakah gadget tersebut masih bagus atau tidak.Hanya saja,poin-point yang harus dilakukan atau diceklah yang akan saya bahas lebih detail lagi untuk anda.Silahkan simak penjelsanya dibawah ini.


Tips Membeli HP




cara dan tips membeli hp smartphone android baru atau bekas baik via online ataupun COD



Barang elektronik second atau setengah pakai menjadi opsi pertama ketika seseorang belum memiliki dana yang cukup atau mungkin jenis gadget yang mereka incar sudah tidak keluar lagi di pasaran.Tetapi sebelum memutuskanya,ada beberapa hal penting yang harus anda fahami,antara lain :


- Keuntungan membeli hp smartphone baru
  • Kondisi ( mesin dan fisik ) masih sangat bagus dan terjaga
  • Kemungkinan tertipu kecil ( jika anda membelinya di tempat yang benar )
  • Mendapatkan garansi perbaikan kerusakan
  • Mendapatkan gadget yang up to date lebih mudah


- Kekurangan membeli hp baru
  • Harga relatif mahal
  • Jika anda TIDAK BISA MEMILIH,resiko tertipu masih tetap ada


- Keuntungan membeli hp bekas/second
  • Harganya jauh lebih murah
  • Ketersediaan dipasaran jauh lebih banyak daripada barang yang baru ( produk lama )
  • Lebih hemat pengeluaran uang
  • Jika tepat dalam memilahnya,mungkin bisa mendapatkan barang dengan kualitas seperti baru dengan harga barang setengah pakai


- Kekurangan membelli hp bekas/seccond
  • Rentan dan rawan terjadi penipuan
  • Kondisi mesin tidak jelas ( apakah pernah dibongkar sebelumnya atau belum )
  • Fisik tidak semulus kondisi new/masih gres


Dimana tempat membeli smartphone android baik kondisi baru atau bekas yang terpercaya?

Ada 3 tempat yang bisa anda kunjungi atau digunakan ketika ingin membeli telepon yaitu :
  • Situs online 
  • Gerai telepon
  • Media sosial

Untuk situs onile yang terpercaya yang bisa anda gunakan untuk berbelanja khususnya produk seperti telepon,antara lain :

  1. Bukalapak
  2. Tokopedia
  3. Blibli
  4. Shopee
  5. Lazada

Tapi sekali lagi saya tekankan : DIMANAPUN DAN DENGAN CARA APAPUN ANDA MEMBELI TELEPON,INTINYA ADA PADA POINT " PENGECEKANYA " saja.Jika anda mengerti bagaimana caranya,bagian atau point apa saja yang dicek,maka anda bisa bebas ingin menggunakan opsi yang mana saja.

Dan berikut adalah beberapahal yang bisa anda terapkan :

Lewat/Via situs atau toko online



Opsi yang akan saya bahas pertama adalah yang " menggunakan situs online ".Jika anda menggunakan opsi ini,ada sedikit kesulitan atau kekuranganya : Anda tidak bisa mengecek secara langsung barang yang anda beli,karena barang tersebut ada di pihak penjual.

Untuk itu sangat penting menggunakan atau memilih situs jual beli online yang aman dan terpercaya ( daftar situs sudah saya tuliskan diatas ).Berhubung anda tidak bisa melakukan pengecekan secara manual/langsung,langkah yang bisa anda lakukan adalah sebagai berikut :


1. Pilihlah Situs Toko Online yang Bagus


Pernahkah anda mendengar istilah REKBER?

Dalam bahasa saya,rekber adalah sebuah organisasi/orang ketiga untuk menjadi " hakim " dalam proses jual beli antara anda dan penjual.

Maksudnya seperti ini : ketika anda sepakat dengan penjual untuk membelii barang daganganya,uang yang anda transfer TIDAK LANGSUNG ke penjual,melainkan ke orang ketiga atau sering disebut REKBER.

Ketika barang sampai ditangan anda,dan anda puas dengan barang tersebut,barulah uang anda diberikan ke penjual oleh pihak rekber.

Inilah fitur yang paling populer untuk mencegah penipuan yang sering terjadi.Dengan proses yang seperti itu,jika ada orang yang berniat menipu,tidak akan berani melakukanya.Beberapa toko online yang menyediakan jasa ini dan yang paling populer adalah :

  • Bukalapak 
  • Tokopedia


Silahkan gunakan situs tersebut jika anda memutuskan untuk berbelanja menggunakan jalur internet.Ataupun jika ada situs lain yang bisa dan meyediakan layanan REKBER,anda bisa juga gunakan situs tersebut.


2. Pilih Penjual dengan Feedback Bagus


Setelah anda menemukan situs yang aman dan terpercaya,selanjutnya adalah mendari penjual yang terpercaya juga.Walaupun menggunakan situs yang sangat terkenal,masih ada beberapa penjual yang " licik " lohh.

Inilah kenapa saya katakan anda harus mencari penjual yang memiliki " FEEDBACK " yang bagus.

- Apa itu feedback?

Feedback adalah " hasil akhir penjualan seorang penjual ".Jadi setelah seorang PEMBELI menerima barang pesananya,jika dia puas maka akan memberikan feedback atau " penilaian " yang baik.

Sebaliknya,jika pembeli TIDAK PUAS,maka dia akan memberikan feedback/penilaian yang buruk.

- Cara melihat feedback penjual yang bagus bagaimana?

Silahkan lihat pada bagian PROFIL penjual/foto penjualnya,biasanya dibawah foto akan tertulis " jumlah feedbacknya.

Biasanya untuk yang memiliki feedback bagus,nilainya akan 100%.Contoh feedback bagus begini :
  • Feedback 100% dari 1000 penjualan/transaksi,ini artinya :
Dari 1000 kali transaksi penjualan,hampir semuanya PUAS dan memberikan feedback positif.Anda tidak perlu khawatir terlalu jauh jika bertransaksi dengan penjual yang memiliki feedback bagus.

Ada pula penjual yang masuk kategori jelek.Contoh feedback jelek begini :
  • Feedback 50% dari 10 penjualan/transaksi,ini artinya :
Dari 10 kali transaksi yang terjadi,setengahnya KECEWA dengan produk yang dijual dan kemudian memberikan feedback negatif.Saran saya,selalu berfikir 2 kali jika ingin bertransaksi dengan penjual yang feedbacnya seperti ini.

- Apakah penjual yang feedbacknya bagus akan selalu memuaskan para pembelinya?

Tidak juga,yang namanya manusia tidak akan pernah lepas dari yang namanya salah,lupa,khilaf dan tidak sengaja.Tetapi,penjual yang feedbacknya bagus,BIASANYA akan bertanggung jawab jika ada sesuatu terjadi terhadap produk yang mereka jual.

Bayangkan saja,fedback yang dirintis bertahun-tahun dengan usaha keras untuk membuat pelanggan puas,harus rusak karena 1 transaksi ( pedagang bodoh mana yang akan berbuat seperti itu ).


3. Baca Deskripsi dengan Baik dan Terperinci


Dalam sebuah postingan penjualan,pasti akan terdapat sebuah deskripsi atau penjelasan tentang produk yang mereka jual.Silahkan baca dengan baik dan teliti sebelum memutuskan membelinya.banyak pembeli yang gegabah dalam membelinya tanpa membaca deskripsi yang tertulis.

Alhasil,ketika barang datang,pembeli kecewa dan TIDAK BISA melakukan komplain.Ketika pembeli komplain,penjual justru akan menyalahkan pembeli karena tidak membaca deskripsi dengan baik dan pihak situs akan menganggap itu kesalahan pembeli.

- Deskripsinya kurang lengkap mas,bagaimana? Fotonya juga kurang detail?

Jika anda merasa deskripsinya kurang lengkap atau mungkiin fotonya kurang detail,anda bisa " MENGIRIMKAN PESAN " kepada penjual dan menanyakan semua hal yang perlu anda tanyakan.Minta juga foto detailnya jika perlu.

Jika penjual TIDAK MEMBALAS PESAN ANDA,tenang saja : PENJUAL ONLINE ADA BANYAK! cari saja yang lainya.


4. Tanyakan Sedetail Mungkin Keadaan Barang Tersebut


Ini lanjutan dari point sebelumnya.Silahkan tanyakan semua hal sedetail mungkin atau mungkin meminta foto produk yang ingin anda beli.

Apa saja yang perlu ditanyakan? Anda bisa menanyakan hal ini ( jika deskripsi kurang lengkap )
  • Kelengkapanya apa saja? ( anda sebagai pembeli nanti dapat apa selain produk tersebut ),bisa jadi yang dijual itu HANYA HP SAJA tanpa cherger atau tanpa headset
  • Ada garansi atau tidak? ( biasanya kalau produk memang resmi dan baru,PASTI ada garansinya
  • Minus atau ada kekurangan tidak?
  • Minta foto detail ( foto depan,belakang,samping )
  • Minta foto dalam keadaan menyala
Dan pertanyaan lain yang mungkin perlu anda tanyakan tentang smartphone yang ingin anda beli tersebut.Lakukan hal ini sampai anda benar-benar yakin seyakin-yakinya kalau produk tersebut dalam kondisi OK.


5. Screenshoot Percakapan Anda 


Pada point nomor 4 diatas,setelah semuanya anda tanyakan dan merasa yakin dengan barang yang menjadi incaran anda,silahkan screenshoot percakapan anda dengan penjual,kenapa hal ini perlu dilakukan?

Ini bisa anda jadikan bukti saat barang yang diterima ternyata tidak sesuai dengan keinginan dan tidak sesuai deskripsi.Jadikan ini sebagai bukti untuk diberikan kepada pihak admin rekber supaya uang anda bisa kembali.Inilah kenapa situs online yang menggunakan REKBER sangat saya anjurkan.

Jika semua barang sudah dianggap OK dan anda mantap membelinya,silahkan lakukan " pembelian ".

BACA :




Lewat/Via media sosial ( facebook,intagram,twitter,dll )



Ini bisa saja terjadi jika anda menemukan sebuah barang incaran di situs sosial media seperti : facebook,instagram,twitter,atau bahkan lewat situs resmi mereka yang anda temukan di google.

- Mengatahui langkah yang benar saat membeli barang via media sosial SANGAT PENTING untuk difahami,kenapa?
  • Penjual tidak tau keabsahanya
  • Praktek penipuan SANGAT SANGAT RAWAN terjadi
  • Masih banyak para pengguna medsos yang mengalami penipuan

Silahkan lakukan beberapa hal berikut untuk menghindari penipuan dan berbagai hal tidak diinginkan lainya :


1. Lihat Keaslian Akunya


Silahkan anda lihat akun sipenjual.Anda harus berhati-hati jika mendapati akun yang baru terlebih lagi didalamnya tidak ada informasi apapun ( foto tidak jelas,alamat tidak jelas,kegiatan tidak jelas ) dan berbagai keganjilan lainya.Jika anda mendapati hal seperti ini,saran saya JANGAN DITERUSKAN.

Tapi si penjual terlihat meyakinkan mas,dia juga memberikan beberapa bukti testimoni kok,gimana?

Sekarang adalah zaman yang sangat modern.Apapun hampir bisa dilakukan dengan teknologi,bahkan selembar kertas kosong bisa diubah menjadi sebuah foto yang sangat bagus.Anda tidak boleh sampai tertipu.

Intinya : Saya sarankan untuk TIDAK MELAKUKAN transaksi dengan akun media sosial YANG TIDAK JELAS.Cari saja penjual lain atau cari di situs online.


2. Kenali Penjual


Opsi ini dilakukan ketika " anda hanya mendapati 1 penjual saja " tetapi akunya TIDAK JELAS.Memang mau tidak mau anda harus membeli kepada si penjual ( dengan resiko tinggi tentunya ).Jika seperti itu,anda haru benar-benar mengenal si panjualnya.

Maksud saya disini adalah : anda harus tahu dan benar-benar mendapatkan onformasi valid tenang penjual,seperti :

  •     Foto orangnya harus asli ( minta saja lewat inbok )
  •     Alamat rumah atau toko
  •     Alamat keluarganya ( jika perlu )
  •     Latar belakangnya ( bagaimana penjualan sebelumnya apakah baik atau tidak )
  •     Jika bisa,mintalah REKBER 


Dan mungkin informasi lainya yang mungkin bisa berguna.Silahkan gali semua informasi tentang penjual sampai anda benar-benar yakin,kenapa harus seperti itu?

Ini untuk berjaga-jaga jika nantinya anda memang menagalami penipuan.Paling tidak,anda sudah memiliki data identitas penjual,jadi akan lebih mudah memprosesnya nanti.

Sekedar untuk pengingat saja yaa :
  • Banyak oknum nakal yang pandai dalam bisang teknologi yang menggunakan ilmunya untuk menipu orang
  • Kemajuan zaman makin canggih,jangan tertipu hanya karena janji atau sumpah
  • Data yang dikirmkan kepada anda bisa jadi " data yang dia ambil dari orang lain "
  • Pihak berwajib " sedikit lambat " jika mengurus kasus penipuan online,terlebih jika nominalnya hanya sedikit ( butuh korban banyak atau jumlah transaksi yang besar supaya pihak berwajib langsung turun tangan )
  • Pihak bank TIDAK BISA melakukan BLOKIR NOMOR REKENING dan MEMBERITAHUKAN ALAMAT PEMILIK REKENING kepada siapapun kalau tidak ada surat keterangan dari pihak kepolisian

Mungkin diatas adalah faktor penyebab yang menyebabkan maraknya kasus penipuan online jaman sekarang ini.Kita semua sebagai konsumen yang dituntut untuk lebih aktif dan lebih hati-hati.


3. Lihat History Penjual


Histori disini maksudnya adalah : Transaksi yang pernah terjadi.

Hal ini bisa anda lihat pada profil media sosial si penjual.Biasanya,penjual akan memposting hasil transaksi dengan seseorang dalam akun mereka ( dengan tujuan meyakinkan calon pembeli baru ).

Sebagai pembeli juga harus aktiv dan selektif,silahkan anda INBOK orang-orang yang pernah bertransaksi dengan di penjual,bagaimana transaksinya.INBOKlah beberapa orang,jangan hanya satu saja.

Semakin banyak history yang bagus,kejujuran dan keabsahan si penjual juga akan semakin baik.


4. Minta deskripsi lengkap dan foto detail


Jika anda merasa si penjual adalah memang benar-benar penjual,maka selanjutnya adalah menanyakan tentang deskripsi barang dan meminta foto detail.

- Apa saja deskripsi yang perlu ditanyakan?
  • Tanyakan minus atau kerusakanya apa saja ( mintalah informasi yang detail )
  • Tanyakan apakah pernah rusak parah atau bongkar mesin atau tidak
Untuk pertanyaan lain,bisa anda kreasikan atau kembangkan sendiri sesuai dengan informasi apa yang ingin anda dapatkan.

- Fotonya minta yang bagaimana?
  • Mintalah dalam kondis menyala ( supaya terlihat apakah sinyal dan layar masih dalam kondisi baik )
  • Mintalah foto IMEInya ( untuk melihat apakah produk tersebut asli ataupun produk tiruan )
  • Jika memang perlu,silahkan minta VIDEO SINGKAT dimana produk hp yang akan anda beli digunakan dan berfungsi dengan baik di semua komponenya


5. Mintalah REKBER


Masih ingat dengan REKBER pada pembahasan diatas? Jika memang bisa dilakukan,mintalah untuk menggunakan jasa rekber.Anda bisa mengakalinya dengan meminta si penjual memposting jualanya di BUKALAPAK atau TOKOPEDIA,dimana situs tersebut menggunakan REKBER untuk transaksinya.

- Jika penjual TIDAK MAU bagaimana?

Anda jangan berprasangka buruk terlebih dahulu,mungkin saja memang sipenjual butuh uang dengan cepat dan segera.Hanya saja,kita sebagai penjual TIDAK ADA KEWAJIBAN untuk membeli produk dengan penjual yang seperti itu,panjual kan ada banyak.

- Mas,penjual mau pakai REKBER,tapi rekbernya aneh dan seperti baru dengar saya,bagaimana?

Yang namanya REKBER itu WAJIB YANG SUDAH TERKENAL.Bukan karena yang belum terkenal menipu,hanya saja,rekber yang sudah terkenal kan sudah terbukti keaslianya.Jadi akan lebih aman untuk digunakan.

Jika penjual memberikan JASA REKBER yang mencurigakan/anda baru pernah dengar,fikirlah berkali-kali untuk menggunakanya.

Sebagai TAMBAHAN yaa :
  • Rekber itu ada banyak,bisa situs/website bisa juga orang pribadi yang membuka jasa rekber
Anda hanya perlu memastikan bahwa rekber itu memang ASLI dan bukan penipu.Hanya itu saja,jika memang REKBERnya asli,ya gunakan saja ( itu aman ).


6. Mintalah untuk bertemu langsung atau COD


Jika semua opsi diatas TIDAK BISA SILAKUKAN,maka opsi terbaiknya adalah meminta untuk bertemu langsung dengan penjual.

Untuk penjelasan lengkapnya ada pada pembahasan berikutnya.


Lewat/Via COD ( Bertemu Langsung Dengan Penjual )


Ini adalah cara lama tapi masih efektif untuk dilakukan,mungkin untuk menghemat ongkos kirim ataupun dengan alasan yang lainya.Beberapa hal yang perlu anda perhatikan,antara lain :


1. Pastikan Identitas Penjual


Ketika anda memutuskan untuk membeli HP kepada seseorang entah itu via media sosial ataupun media yang lainya,hal pertama adalah : Anda harus memastikan identitas penjualnya,kenapa?

Banyak terjadi kasus,dimana sebuah kejahatan terjadi dengan memanfaatkan proses jual beli online ( khususnya ( Via COD ) ini.Pernah ada sebuah kasus di daerah pemalang,dimana seorang pembeli bejanji untuk bertemu dengan penjual,tetapi setelah bertemu,bukan jual-beli yang terjadi,tetapi PERAMOKAN yang menimpa pembeli.

Inilah kenapa saya katakan hal ini sangat penting.Jadi sekali lagi saya tekankan : Jika anda ingin CODan dengan penjual,anda harus tahu identitasnya terlebih dahulu,seperti :
  • Meminta foto muka asli
  • Meminta foto KTP

Anda bisa " mengakalinya " dengan berpura-pura ingin membeli via transfer online.Katakan saja untuk berjaga-jaga,setelah penjual memberikan identitas lengkapnya,silahkan mintalah untuk COD.

Katakan dengan orang rumah anda jika ingin melakukan COD dengan penjual ini,dan berikan foto identitas penjual kepada orang rumah atau teman anda ( untuk berjaga-jaga saja ).


2. Pilih Lokasi COD yang Aman


Setelah anda memastikan bahwa orang tersebut memang seorang penjual dan tidak ada keanehan soal identitasnya,selanjutnya adalah : Memilih sebuah tempat untuk CODan yang aman,caranya adalah sebagai berikut :
  • Usahakan bertemu saat siang hari
  • Pilih lokasi yang RAMAI ORANG
  • Jika berkenan,silahkan pilih lokasi CODan dekat kantor polisi
  • Selalu membawa teman ( jangan datang sendiri )

Sederhana bukan? Tetapi hal sepele tersebut sering diabaikan oleh mereka yang hendak melakukan jual beli dengan CODan,dan hasilnya " kejahatan " yang terjadi.


3. Lakukan Pengecekan Dengan Teliti


Setalah bertemu,tentu saja melakukan pengecekan terhadap gadget yang ingin anda beli.Jangan langsung memberikan uang anda yaa.

- Mas,penjual berdalih " SEDANG BURU-BURU " jadi tidak punya waktu untuk saya mengeceknya,bagaimana?

LANGSUNG CANCEL dan BATALKAN!.Itu trik penipuan kelas teri ( tapi banyak yang kena lohh ).Kalau penjual tidak punya waktu,silahkan minta diundur CODanya,kalau tidak mau cancel saja.Mau jual barang kok ndak mau korban waktu,penjual macam apa itu?

- Ada opsi atau pilihan lain selain CANCEL mas?

Ada,tapi dengan RESIKO TERTIPU yang tinggi.Anda boleh melanjutkan membelinya karena anda sudah memiliki data identitas sipenjual.Jika terjadi penipuan,silahkan usut dan selesaikan dengan cara anda sendiri.

- Mas,yang datang kok BEDA dengan foto KTP yang dikirmkan?

Jika saat bertemu penjual TERNYATA ORANG LAIN yang berbeda dengan data identitas yang diberikan sebelumnya,anda bisa lakukan hal berikut ini :
  • Foto muka si penjual
  • Minta KTP dan foto KTPnya

Yang harus di cek saat beli smartphone atau gadget baru dan second apa saja?


Ada beberapa komponen yang harus anda tes terlebih dahulu,yaitu :
  • LCD ( pastikan lcd nya masih bagus )
  • Baterai ( drop atau tidak )
  • Konektor atau lubah headset
  • Konektor carger atau lubang cas nya ( bisa dicas atau tidak )
  • Memori external ( bisa baca atau tidak )
  • Fisik ( masih bagus atau tidak )
  • Fungsional mesinya ( bluetooth,suara mic,suara speaker,sinyal,dan semua yang sekiranya diperlukan )

Lakukan pengecekan sedetail dan selengkap mungkin,supaya anda mendapatkan barang yang memang masih bagus dan tidak menyesal di kemudian hari nantinya.

Cara mengecek atau tes hp android masih bagus atau tidak bagaimana?


Setelah anda tahu apa yang harus dicek,sekarang adalah bagaimana cara mengeceknya.Silahkan ikuti panduan atau turorial berikut ini :

  • LCD

Pada bagian LCD,silahkan anda goyangkan atau miringkan ke kanan atau kiri dan lihat apakah ada warna atau layar yang tampilanya " aneh " atau tidak.Jika semuanya baik dan tidak ada keanehan,bisa dikatakan LCDnya bagus.

  • Baterai

Untuk mengecek sebuah baterai,silahkan anda gunakan untuk memutar lagu atau video dan lihat BAR atau tanda baterainya.Jika kuat digunakan sampai lama,berarti masih bagus.Jika BAR batrenya langsung berkurang dengan tidak wajar,berarti itu tandanya sudah jelek.

Selain itu,fisiknya juga harus bagus ( tidak melendung atau istilahnya tidak hamil ).Silahkan letakan di lantai yang datar dan " putarlah " dengan tangan.Jika berputar terus menerus ( lama ) itu tandanya presisinya sudah tidak bagus.

  • Konektor/Lubang cas dan headset

Untuk melakukan pengetesan ini,anda harus membawa cas dari rumah atau headset.Silahkan lakukan pengetesan langsung dengan mengecas HPnya atau mendengarkan lagu dengan hedset anda.Jika semuanya bagus,berarti tahapan ini sudah selesai.

  • Memory External

Untuk mengecek bagian ini,pastikan anda sudah memasangkan memorinya yaa.Setelah itu,silahkan lihat apakah file dan data-data di memory terbaca atau tidak,caranya : masuk menu galeri--->lihat filenya ada atau tidak ( foto,video,musik,dll ).

  • Fisik

Silahkan anda lihat dengan seksama apakah kondisinya masih bagus atau banyak yang gores.Jika masih bagus,berarti tahapan ini selesai.

  • Fungsional Mesin

Ini merupakan tahapan yang paling lama,jadi anda harus sabar dan hati-hati.Pertama,anda lakukan untuk menelfon seseorang atau telpon saja operator untuk memastikan MIC dan SPEAKERnya berfungsi.

Kedua silahkan lihat sinyalnya,jika " naik turun dan sering hilang " anda harus waspada dan jangan tertipu jika penjual mengatakan itu karena perdananya yang jelek,silahkan ganti dengan kartu perdana anda.

Ketiga,silahkan lakukan untuk bermain game,ini bertujuan untuk melihat performa CPU HPnya.Jika HPnya mati-mati dan tidak lancar,itu tandanya ada masalah di mesinya,silahkan fikirkan untuk membelinya kembali.

Keempat,jika menggunakan layar sentuh : Lakukan pengetesan secara manual dengan menekan " SEMUA " bagian layar,sampai pojok-pojoknya.Karena banyak kasus,ternyata LCDnya tidak berfungsi di sebagian layarnya saja tetapi sebagian yang lain berfungsi.

Jika semuanya OK,silahkan ke tahapan selanjutnya.


4. Foto Identitas atau Wajah Penjual


Kenapa hal ini perlu dilakukan? Karena untuk berjaga-jaga,kalau-kalau ada sebuah " kerusakan " yang penjual sembunyikan.Dan jika sewaktu sampai rumah memang terlihat kerusakan tersebut " yang disembunyikan penjual ",anda bisa dengan mudah melacak dan mencari penjualnya.


5. Bayar


Setelah semua tahapan diatas anda lakukan,sekarang tinggal bayar saja dan anda bisa pulang membawa gadget incaran anda tersebut.


TAMBAHAN

Jika anda melakukan CODan,ada beberapa trik dan tips untuk mencegah terjadinya hal yang tidak dinginkan yang menyangkut keselamatan anda,antara lain :
  • DILARANG DATANG SENDIRIAN! usahakan membawa teman atau saudara
  • Pilih waktu yang tepat dan hinsdari waktu tengah malam
  • Pilih tempat yang ramai ( alun-alun,kantor polisi,dll )

Kalau membelinya di konter atau gerai ponsel bagaimana?


Pembahasan ini sudah saya tuliskan lengkap pada artikel sebelumnya.

BACA :



Dengan beberapa langkah diatas,saya harapkan anda semua terhindar dari praktek penipuan atau hal-hal yang tidak diinginkan lainya.Dan tentunya anda bisa mendapatkan barang setengah pakai yang masih bagus dengan harga yang jauh lebih murah.Mungkin beberapa artikel dibawah ini bisa sedikit membantu anda :


Demikian sedikit ulasan tentang bagaimana Tips Membeli Android BARU dan Bekas ( Second ) COD atau bertemu langsung dengan penjual ataupun via online yang sering saya praktekan sendiri dan sampai sekarang saya terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.Terimakasih telah membaca,semoga membantu,see uu.

5/28/2018 - tanpa komentar

0 komentar untuk Tips Membeli HP Smartphone Android Baru dan Bekas/Second.

Website ini terkonfigurasi dengan GOOGLE PLUS,jika komentar anda ingin TERPUBLISH dan DIJAWAB,gunakan akun G+ anda sebelum berkomentar.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar