Tips Membeli Android Baru dan Bekas ( Second ) Via Online Terlengkap

Ada beberapa cara dan tips untuk anda yang ingin membeli hp android baik kondisi baru ataupun bekas ( second ) menggunakan jalur internet atau yang sering disebut belanja via online supaya anda tidak tertipu dan menerima barang yang tidak sesuai dengan pesanan anda.Ini harus anda fahami dengan baik karena semakin maraknya penipuan yang terjadi khususnya dalam transaksi menggunakan media internet seperti ini dan ini berlaku untuk anda yang baru berbelanja onlin ataupun yang sudah terbiasa.

Berbelanja secara online memang sangat praktis dan nyaman tetapi anda tidak boleh sembarangan membelanjakan uang anda.Anda tetap harus mematuhi dan memahami bagaimana sistem transaksi dengan proses yang seperti ini,dan supaya anda bisa lebih faham lagi,silahkan simak baik-baik penjabaran lengkapnya dibawah ini.


Cara Memilih HP Android Bekas ( second ) Ketika Akan Membelinya Via Online




Tips-Membeli-Android-Via-Online



Beberapa keuntungan pembelian barang setengah pakai antara lin :
  • Harganya jauh lebih murah
  • Ketersediaan dipasaran jauh lebih banyak daripada barang yang baru ( produk lama )
  • Lebih hemat pengeluaran uang
  • Jika tepat dalam memilahnya,mungkin bisa mendapatkan barang dengan kualitas seperti baru dengan harga barang setengah pakai



Tetapi ada beberapa kekurangan yang harus anda pertimbangkan disini,antara lain :
  • Rentan dan rawan terjadi penipuan

Sebenarnya tidak hanya itu kekuranganya,tetapi satu itulah yang paling menjadi momok menakutkan untuk semua orang ketika akan membeli barang setengah pakai.Ada beberapa tempat atau media yang sering menjadi perantara jual beli barang baik baru atau setengah pakai diantaranya :
  1. Bukalapak
  2. Tokopedia
  3. Blibli
  4. Shopee
  5. Lazada
  6. Facebook
  7. Instagram

Dan masih sangat banyak lagi media atau tempay yang sering dijadikan ruang perantara untuk bertransaksi jual beli.Dan untuk mencegah mendapatkan barang rusak atau tidak sesuai dan menghindari praktek penipuan,anda bisa melakukan beberapa langkah sebagai berikut :


Cara dan Tips memilih barang lewat toko online ( bukalapak,tokopedia,,blibli,shopee,dan lazada ) yang aman



Jika anda memutuskan untuk menggunakan jalur internet untuk berbelanja,dimana anda tidak bisa bertemu langsung dengan penjual dan mengecek langsung barang yang akan anda beli,anda bisa menggunakan beberapa langkah berikut ini :

1. Pilihlah situs toko online yang bagus


Perbahkah anda mendengar istilah REKBER?

Dalam bahasa saya,rekber adalah sebuah organisasi/orang ketiga untuk menjadi " hakim " dalam proses jual beli antara anda dan penjual.

Dalam bahasa saya seperti ini : ketika anda sepakat dengan penjual untuk membelii barang daganganya,uang yang anda transfer TIDAK LANGSUNG ke penjual,melainkan ke orang ketiga atau sering disebut REKBER.

Ketika barang sampai ditangan anda,dan anda puas dengan barang tersebut,barulah uang anda diberikan ke penjual oleh pihak rekber.

Inilah fitur sekarang yang paling populer untuk mencegah penipuan yang sering terjadi.Dengan proses yang seperti itu,jika ada orang yang berniat menipu,tidak akan berani melakukanya.Beberapa toko online yang menyediakan jasa ini dan yang paling populer adalah :
  • Bukalapak 
  • Tokopedia


Silahkan gunakan situs tersebut jika anda memutuskan untuk berbelanja menggunakan jalur internet.Ataupun jika ada situs lain yang bisa dan meyediakan layanan REKBER,anda bisa juga gunakan situs tersebut.

2. Pilih penjual dengan feedback bagus


Selain barang yang mereka jual,ada fitur PENILAIAN untuk penjual dalam aplikasi tersebut.Biasanya berupa gambar bintang dan berbagai ulasan yang tertulis dibawah gambar barang dagangan mereka.Semakin banyak memiliki bintang dan feedback positif,kemungkinan besar bahwa penjual tersebut terpercaya juga semakin tinggi.Jangan asal dalam memilih penjual.

3. Baca deskripsi dengan baik dan terperinci


Dalam sebuah postingan penjualan,pasti akan terdapat sebuah deskripsi atau penjelasan tentang produk yang mereka jual.Silahkan baca dengan baik dan teliti sebelum memutuskan membelinya.banyak pembeli yang gegabah dalam membelinya tanpa membaca deskripsi yang tertulis.

Jika anda lakukan ini,saat barang datang dan ternyata tidak sesuai dengan keinginan anda,anda tidak bisa protes dan membatalkanya.

4. Tanyakan sedetail mungkin keadaan barang tersebut


Setelah anda mendapatkan barang dan penjual yang bagus,jangan langsung membelinya,tetapi silahkan inbok atau kirim pesan kepada penjual dengan menanyakan secara detail keadaan barang yang anda incar.

Tanyakan sedetail mungkin semua yang perlu anda ketahui yang mungkin tidak sempat ditulis penjual pada kolom deskripsi.

5. Screenshoot percakapan anda 


Pada point nomor 4 diatas,setelah semuanya anda tanyakan dan merasa yakin dengan barang yang menjadi incaran anda,silahkan screenshoot percakapan anda dengan penjual,kenapa?

Ini bisa anda jadikan senjata saat barang yang diterima ternyata tidak sesuai dengan keinginan dan mungkin barangkali penjual lupa menuliskanya pada kolom deskripsi.Jadikan ini sebagai bukti untuk diberikan kepada pihak admin rekber supaya uang anda bisa kembali.Inilah kenapa REKBER sangat saya anjurkan.


OK,sekarang saya anggap anda sudah faham bagaimana langkahnya,kemudian jika anda mendapati sebuah barang yang dijual oleh penjual sementara anda tidak bisa menggunakan jasa REKBER,apa yang harus dilakukan?


Tips aman saat membeli smartphone android lewat media sosial ( facebook,intagram,twitter,dll ) supaya tidak tertipu



Ini bisa saja terjadi jika anda menemukan sebuah barang incaran di situs sosial media seperti : facebook,instagram,twitter,atau bahkan lewat situs resmi mereka yang anda temukan di google.


Silahkan lakukan beberapa hal berikut untuk menghindari penipuan dan berbagai hal tidak diinginkan lainya :


6. Lihat keaslian akunya


Silahkan anda lihat akun sipenjual.Anda harus berhati-hati jika mendapati akun yang baru terlebih lagi didalamnya tidak ada informasi apapun ( foto tidak jelas,alamat tidak jelas,kegiatan tidak jelas ) dan berbagai keganjilan lainya.Jika anda mendapati hal seperti ini,saran saya JANGAN DITERUSKAN.


7. Kenali penjual


maksud saya disini adalah : anda harus tahu dan benar-benar mendapatkan onformasi valid tenang penjual,seperti :

  •     Foto orangnya harus asli
  •     Alamat rumah atau toko
  •     Alamat keluarganya ( jika perlu )
  •     Latar belakangnya ( bagaimana penjualan sebelumnya apakah baik atau tidak )


Dan mungkin informasi lainya yang mungkin bisa berguna,berguna untuk apa?


Diakrenakan REKBER tidak bisa anda gunakan,paling tidak dengan informasi yang valid ini,bisa membantu anda melacak penjual jika nantinya terjadi hal yang tidak diharapkan.


8. Lihat history penjual


Jika penjual sudah lama melakukan penjualanya,silahkan cari tahu dan selidiki bagaimana transaksi-transaksi sebelumnya apakah pelangganya puas atau tidak.Berfikirlah 2 sampai 3 kali jika mendapati penjual dengan history atau memiliki banyak komplain dari pelanggan.


9. Cek kondisi barang yang anda beli sedatail mungkin ( jika COD )


Mungkin jika anda membelinya menggunakan situs yang ada di internet,anda tidak akan bisa melakukan ini.Tetapi jika anda melakukan transaksinya menggunakan jalur COD ( Cash On Delivery ) hal ini merupakan hal paling inti dan paling wajib yang tidak boleh sampai tertinggal.

Beberapa bagian yang dicek antara lain :
  • Lcd
  • Touchscreen ( jika ada )
  • Baterai ( drop atau tidak )
  • Fisik ( lecet atau tidak )
  • Segel
  • Lubang carger
  • Kinerja ( speaker,mic,headset,getar )


Dan beberapa bagian lain yang mungkin terlewatkan oleh saya.lakukan pengecekan sedetail mungkin jangan sampai ada bagian yang tertinggal.


TAMBAHAN

Jika anda melakukan CODan,ada beberapa trik dan tips untuk mencegah terjadinya hal yang tidak dinginkan yang menyangkut keselamatan anda,antara lain :
  • DILARANG DATANG SENDIRIAN!! usahakan membawa teman atau saudara
  • Pilih waktu yang tepat dan hinsdari waktu tengah malam
  • Pilih tempat yang ramai ( alun-alun,kantor polisi,dll )

Sebenarnya dengan hanya 3 hal diatas,itu sudah sangat cukup untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan.


Dengan beberapa langkah diatas,saya harapkan anda semua terhindar dari praktek penipuan atau hal-hal yang tidak diinginkan lainya.Dan tentunya anda bisa mendapatkan barang setengah pakai yang masih bagus dengan harga yang jauh lebih murah.Mungkin beberapa artikel dibawah ini bisa sedikit membantu anda :



- Langkah membeli HP baru supaya tidak tertipu


- Mempercepat proses charger baterai HP



Demikian sedikit ulasan tentang bagaimana Tips Membeli Android Baru dan Bekas ( Second ) Via Online terlengkap yang sering saya praktekan sendiri dan sampai sekarang saya terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.Terimakasih telah membaca,semoga membantu,see uu.


5/28/2018 - tanpa komentar

0 komentar untuk Tips Membeli Android Baru dan Bekas ( Second ) Via Online Terlengkap.

Jika komentar tidak terlihat,klik - perlihatkan semua komentar - dibawah,tunggu beberapa saat kemudian kembali ke halaman ini.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar

Advertaismente