Cara Memperbaiki Laptop Bunyi Krek Krek dan Terasa Panas Work 100%

Ini merupakan pengalaman pribadi saya bagaimana cara memperbaiki laptop bunyi krek krek seperti macet macet dan kadang terasa sangat panas,yang lebih membut bingung selain berbunyi berisik,kadang kadang mati sendiri tanpa sebab yang jelas.Sempat kebingungan sebenarnya masalah apa yang terjadi pada perangkat saya,tetapi dengan beberapa langkah saja perangkat saya bisa kembali normal dan sukses seperti sediakala.Ini adalah kelanjutan dari permasalahan limited access atau tanda seru kuning pada icon wifi yang pernah saya bahas sebelumnya.

Jika anda mengalami permasalahan yang serupa yaitu PC anda mengeluarkan suara yang tidak wajar,saran saya segera diperbaiki karena jika dibiarkan,hal tersebut dapat merusak komponen hardware yang lainya.Kemungkinan yang lebih fatal adalah terjadinya mati total pada perangkat kesayangan anda tersebut.Dibawah ini saya akan ceritakan apa yang saya alami dan solusi agar permasalahan ini bisa anda atasi sendiri tanpa harus pergi ke tukang servis.

Cara Memperbaiki Laptop Bunyi Krek Krek dan Terasa Panas Sukses 100%



Laptop-Bunyi-Krek-Krek-dan-Terasa-Panas


Bunyi suara berisik pada perangkat laptop biasanya disebabkan oleh perangkat keras penyimpan data atau yang lebih familiar disebut hard disk.

Sedangakan hawa yang terasa panas biasanya dikarenakan ada perangkat yang kotor atau mungkin ada komponen yang harus diganti.

Awal mula permasalahan yang terjadi pada perangkat saya adalah suhu yang meningkat diatas normal,tetapi saya biarkan saja.Saya hanya memberikan sebuah kipas dibagian bawah perangkat saya.Memang dengan langkah tersebut bisa menurunkan suhu,tetapi permasalahan tidaklah selesai sampai disitu saja.

Lama kelamaan,keluar suara berisik.Awalnya hanya suara seperti kipas yang berputar sangat kencang.Saya hanya beranggapan itu karena sedang menjalankan aplikasi atau sedang " bekerja extra " saja.Tetapi beberapa waktu berselang,suaranya berubah menjadi seperti " jangkrik ".Disini sebenarnya saya sudah mulai curiga,tetapi lagi-lagi saya abaikan saja.

Setelah beberapa bulan berlalu,muncul masalah baru yaitu perangkat saya sering mati mendadak tanpa sebab.Padahal kipas masih saya gunakan untuk menurunkan suhu,mulailah saya mencari tahu keberbagai sumber seperti mencarinya di google search,tanya keteman,dan akhirnya saya iseng-iseng tanyakan ke tempat servis yang kebetulan merupakan tetangga rumah saya.

Dari penjelasan panjang yang saya peroleh dari tukang servis tersebut,kemudian saya lakukan beberapa langkah sendiri untuk mengatasinya,karena saya berfikir,kalau saya tangani sendiri tidak ada hasil,barulah saya bawa ke ahli reparasi.Adapun langkah yang saya ambil sepeerti berikut :

1. Mengganti hard disk dengan yang baru


Tahukah anda penyebab dari suara bising yang keluar itu adalah kerusakan pada hard disk.Sebenarnya anda bisa melakukan perbaikan seperti melakukan defrag atau semacamnya,tetapi karena saya tidak bisa melakukan itu dan suara yang keluar juga sudah sangat bising,saya putuskan untuk menggantinya.

Dan benar saja,setelah saya menggantinya dengan yang baru,suara aneh yang muncul langsung hilang dan lenyap seketika.

Anda bisa menggunakan opsi ini jika memang merasa yakin.Saran dari saya,kalau bisa anda cari dahulu teman atau saudara yang mempunya hard disk dengan kondisi yang masih bagus dan layak pakai.Silahkan anda pasangkan pada perangkat yang anda gunakan apakah membuahkan hasil atau tidak.Jika memang suaranya hilang,berarti apa yang saya jelaskan sebelumnya sedang anda alami sekarang,segera ganti dengan yang baru.

Tetapi permasalahan suhu yang sangat tinggi dan sering mati mendadak belum sembuh,saya cari informasi kesana kemari dan akhirnya menemukan satu jalan keluarnya,yaitu :

2. Membersihkan kipas yang kotor dan komponen lainya


Dari beberapa sumber yang saya tanyai dan saya baca,suhu tinggi yang terjadi pada perangkat kemungkinan besar adalah karena kipas yang tidak bekerja dengan maksimal.Tanpa basa-basi saya lakukan pembongkaran menggunakan media bantuan " youtube ".

Saya cari tutorial yang sesuai dengan merk perangkat saya,dan mulailah saya bongkar.Kemudian saya bersihkan semua komponenya,pada saat membersihkan kipas,alangkah terkejutnya saya melihat debu yang sudah sangat banyak.Dan karena sudah sekian lama tidak saya bersihkan,debunya sudah sedikit mengeras seperti sepon cuci piring.

Dalam hati saya,waahh ini dia permasalahanya.Setelah saya bersihkan dengan maksimal SEMUA komponen yang ada didalamnya,kemudian saya rakit kembali dan coba saya nyalakan.Benar sekali,suhu yang tadinya sangat tinggi sekarang sudah turun TETAPI saya merasa belum maksimal.Karena saya coba pegang perangkat saya yang satunya,suhunya masih berbeda " perangkat saya terasa masih lebih hangat ".

Saya putar otak dan mencari jalan keluar lagi dengan langkah yang sama seperti sebelumnya yaitu dengan bertanya dan membaca.lalu saya menemukan satu jalan keluar yang dalam pikiran saya masuk akal dan bisa saya lakuakan sendiri,yaitu :

3. Mengganti termal pasta pada cpu dan prosesor


Saya coba untuk bongkar kembali dan cek termal pastanya,dan benar saja,pastanya sudah kering dan keras.Untuk pengetahuan saja,termal pasta adalah : sebuah pasta " seperti pasta gigi " yang dioleskan pada prosesor dan cpu perangkat keras untuk menjaga suhu supaya tidak terlalu tinggi.

Kemudian saya pergi ke toko elektronik terdekat dan membeli termal pasta.Ada beberapa merk dan tipe yang dijual,serta warna pastanya juga berbeda-beda tetapi itu tidak masalah.Anda bebas memilih yang mana,tetapi saya sarankan pilihlah yang " mahal " karena semakin mahal,kualitasnya juga akan semakin bagus.Selain itu juga saya sarankan anda membeli yang memiliki bentuk sedikit lebih padat " seperti karet ".Karena menurut tukang servisan tetangga saya,itu lebih bagus untuk meredam suhu.

Tetapi jika di toko tidak ada,anda bisa menggunakan yang harganya sedikit menguras kantong seperti yang saya sebutkan tadi.Harga yang saya beli waktu itu adalah sebesar 150.000 rupiah untuk satu buah pasta dengan isi kurang lebih satu sendok makan.

Saya bersihkan pasta yang lama yang sudah kering dan mengerak,dan setelah benar-benar bersih,saya oleskan pasta yang barukemudian saya rakit kembali.

Percaya atau tidak,sekarang perangkat saya sudah sembuh total dan normal seperti sediakala.Sebagai catatan saja,jika dengan menggunakan langkah diatas perangakat anda sudah kembali normal,anda juga harus melakukan langkah perawatan supaya perangkat bisa awet bertahun-tahun.

TAMBAHAN :
  • Lakukan perawatan berkala setiap 3 bulan sekali untuk mencegah dari kerusakan yang terjadi.
  • Gunakan selalu dengan hati-hati
Semoga dengan melakukan seperti apa yang saya lakukan beberapa waktu yang lalu,perangkat anda bisa sembuh dari permasalahan diatas.

Demikian pembahasan tentang bagaimana cara memperbaiki laptop yang berbunyi krek krek dan terasa sangat panas sesuai dengan pengalaman pribadi saya sendiri.Semoga bisa membantu anda menyelesaikan permasalahan yang sedang anda hadapi.Terimakasih telah membaca,see uu.

4/17/2018 - tanpa komentar

0 komentar untuk Cara Memperbaiki Laptop Bunyi Krek Krek dan Terasa Panas Work 100%.

Jika komentar tidak terlihat,klik - perlihatkan semua komentar - dibawah,tunggu beberapa saat kemudian kembali ke halaman ini.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar

Advertaismente