Advertisement

Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Telepon dan SMS Semua Merk

bagaimana cara mengatasi hp tidak bisa telepon atau melakukan panggilan keluar dan tidak bisa mengirimkan sms ataupun menerima pesan ini berlaku untuk semua merk seperti samsung,asus,xiaomi,nokia,lenovo,advan,mito dan beberapa produsen lainya.Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah kecil supaya telepon anda bisa digunakan kembali dengan normal seperti sebelumnya.Ini merupakan artikel lajutan tentang tips memilih android yang murah tetapi berkualitas yang sebelumnya pernah saya tulis.

Permasalahan smarthphone yang tidak bisa digunakan untuk melakukan untuk menelepon dan tidak bisa mengirimkan pesan sering ditemui oleh para pengguna gadget,tetapi anda tidak perlu terburu-buru memutuskan untuk membawanya ke tukang reparasi elektronik.Silahkan anda coba beberapa langkah yang ada dibawah,mungkin dengan langkah sederhana ini,performa gadget anda akan bisa normal kembali.


Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Telepon dan SMS Semua Merk Sukses 100%



HP-Tidak-Bisa-Telepon-dan-SMS



Semakin majunya ilmu teknologi,sekarang masyarakat tidak perlu lagi repot-repot untuk mengirimkan surat atau mengantri di warung telekomunikasi untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain.Hanya dengan satu perangkat elektronik yang bernama ( H-P ) seseorang hanya perlu menekan beberapa tombol saja sudah bisa terhubung dan melakukan komuniaksi dengan orang lain.Bahkan selain jangkauan jaraknya yang sangat luas ( bisa menjangkau negara lain ) kecepatanya pun sangat hebat,hanya perlu waktu kurang dari satu menit,orang bisa langsung terhubung dengan orang lain tanpa harus menunggu dan mengantri.

Tetapi terkadang pengguna gadget direpotkan dengan permasalahan dimana perangkat mereka tidak bisa berfungsi dengan semestinya.Banyak faktor yang bisa menyebabkanya,dan tentunya permasalahan harus segera ditangani karena komunikasi merupakan hal yang sangat penting untuk seseorang.

Penyebab yang menjadi faktor antara lain :


  1. Pastikan pulsa anda isi.
  2. Kartu sim perdana baru.
  3. Belum melakukan registrasi.
  4. Salah dalam peletakan diposisinya.
  5. Kartu sim perdana rusak.
  6. Salah dalam melakukan setting.
  7. Terkena virus.
  8. Gangguan dari pusat providernya.
  9. Gangguan cuaca.
  10. Posisi anda berdiri.
  11. Perbaikan pemancar sinyal.
  12. Kerusakan pada perangkat keras atau mesin.


Semua hal diatas meruapakan sebab yang paling sering menyebabkan gadget tidak bisa digunakan dengan semestinya.untuk menyelesaikan permasalahan tersebut,anda bisa lakukan beberapa langkah berikut :

langkah mengatasinya :


1. Periksa pulsa anda

Hal sepele tetapi memang sering terjadi,mengira gadget rusak,tetapi ternyata pulsanya yang ternyata habis.Silahkan lakukan pengecekan sesuai dengan nomor provider apa yang anda gunakan,untuk membantu anda,berikut nomor untuk cek pulsa semua provider :
  • Telkomsel ( simpati dan AS ) : *888#
  • Tri ( 3 ) : *111#
  • Indosat ( IM 3,Mentari ) : *123#
  • Smartfren : *999#
  • XL : *123*7*1#
  • Axis : *123#
     

2. Ganti kartu dan cek ke penjual

Jika kertu sim perdana anda baru,entah itu membeli atau mendapatkan hadiah atau apapun yang penting itu pertama kalinya anda gunakan ternyata tidak bisa.Silahkan anda lakukan :
  • Cobalah mengganti dengan kartu sim perdana yang lain dan lihat hasilnya,jika dengan kartu simperdana yang lain ternyata dapat digunakan,berarti itu kesalahan terdapat pada kartu sim anda.Silahkan menuju gerai tempat anda membelinya dan mintalah pertanggung jawaban mereka.
  • Jika anda telah mencoba beberapa kartu perdana dan tetap tidak berhasil,silahkan lanjutkan ketahap berikutnya dibawah.


3. Lakukan registrasi ulang

Tahukah anda jika sekarang pemerintah mewajibkan para pengguna nomor melakukan verifikasi data sesuai dengan data kependudukan dindukcapil?

Dan tahukah anda jika sangsi yang diberikan kepada mereka yang tidak melakukanya adalah pemblokiran nomor sehingga tidak bisa digunakan?
Jika anda mengalami hal ini,mungki ada baiknya anda lakukan registrasi ulang untuk nomor anda dengan mengirimkan data diri ( NIK KTP dan NIK KK ) ke nomor 4444.Untuk kartu sim perdana yang baru langkahnya berbeda dengan kartu perdana yang sudah lama dipakai.



4. Perbaiki posisi peletakan

Ini sangat jarang sekali terjadi,tetapi tidak ada salahnya anda mengecek posisi tempat anda meletakan sim perdana pada slot yang benar.Jika memang sudah benar dan tidak terbalik,silahkan lanjutkan ke tahapan berikutnya.


5. Cek kerusakan kartu sim perdana 

Kerusakan yang saya maksudkan adalah tergoresnya kuningan yang terdapat pada sisi dalam kartu perdana.bagian berwarna kuning tersebut adalah inti dari komponen perdana.Jika rusak,akan menimbulkan berbagai masalah yang berhubungan dengan itu.

Ini sering terjadi pada mereka yang sering gonta ganti perdana,karena semakin sering dilepas dan dipasang kembali,akan membuat kuningan perdana aus dan rusak.Silahkan anda cek,jika terlihat masih bagus,silahkan anda lakukan sedikit trik dengan menggosoknya memakai penghapus ( yang bersih ) kemudian pasangkan lagi dan lihat hasilnya.

Kerusakan ini juga berlaku untuk kartu perdana yang baru anda beli,jika memang kartu itu baru tetapi bermasalah,silahkan hubungi penjual dan mintalah penukaran unit yang baru.


6. lakukan setting yang benar ( lakukan reset pengaturan pabrik )

 Ada beberapa hal yang sering terjadi kesalahan dalam settingan perangkat antara lain :
  • Tidak sengaja memblok panggilan keluar dan masuk
  • Tidak sengaja mengubah nomor pusat layanan
  • Salah dalam utak-atik menu

Saran saya silahkan anda lakukan reset ke pengaturan pabrik saja.Langkahnya cukup mudah :
  • Simpan semua nomor pada kartu sim,dan ganti kartu sim dengan kertu yang tidak terpakai saat akan di reset.
  • Simpan semua data penting kedalam memori external atau micro sd dan lepas memori tersebut saat di reset
  • Klik tanda roda gigi pada pojok kanan atas atau bukalah menu setting.
  • Pilih pada bagian security atau pengamanan.
  • Pilih " reset pengaturan pabrik ".
  • Tunggu proses selesai.


7. Bersihkan virus yang menyerang

Langkahnya adalah dengan melakukan reset pengaturan pabrik seperti langkah diatas.tetapi jika anda kurang puas jika hanya menggunakan langkah itu,anda juga bisa melakukan instal ulang secara menyeluruh pada sistem.Tetapi anda harus mengerti langkah yang benar supaya tidak membuat perangkat anda menjadi tambah rusak.

Silahkan ikuti tahapan instal ulang yang benar jika memang anda ingin menggunakan langkah ini.tetapi sekali lagi saya ingatkan,langkah ini akan beresiko memperburuk keadaan jika anda samapi salah dalam pengaplikasianya.


8. Cek ke nomor lain yang ( sama providernya )

Silahkan anda tanyakan kepada teman yang menggunakan provider sama dengan yang anda gunakan.Jika mereka megeluhkan hal yang sama,berarti mungkin memang sedang ada gangguan dari pusat atau bisa juga sedang ada perbaikan tower pemancar diwilayah anda.Untuk ini,anda tidak bisa melakukan banyak hal selain menunggu dan bersabar.


9. Perhatikan cuaca sekitar

Percaya atau tidak,di sebagian wilayah ( seperti wilayah saya ) jika sedang terjadi hujan yang sanagt lebat,pasti koneksinya terhambat.Ini membuat kemunikasi juga menjadi ikut terhambat.Jika memang permasalahan ini terjadi saat wilayah anda sedang diguyur hujan lebat,silahkan tunggu sampai cuaca membaik dan lihat apakah ada perbedaanya.



10. Pindah ke lokasi lain

Cobalah berpindah ke lokasi atau tempat lain yang sedikit agak jauh.Lihat apakah ada hasilnya atau tidak.



11. Perbaiki mesin atau komponenya

Jika semua tahapan diatas sudah anda lakukan tetapi masih tidak membuahkan hasil,barulah ada baiknya anda menuju ke tempat pusat service centre yang terpercaya untuk langkah yang lebih serius yaitu perbaikan komponen.Karena jika semua langkah diatas sudah anda coba dan tidak membuahkan hasil,ada kemungkinan kerusakan terjadi pada bagian komponen mesinya.

Baca Juga :

- Langkah registrasi yang benar untuk SEMUA PROVIDER LENGKAP

- Langkah registrasi 1 KTP untuk 10 kartu perdana




Semoga pembahasan tentang bagaimana cara mengatasi hp tidak bisa telepon dan sms yang berlaku untuk semua merk produsen ini bisa membantu permasalahan yang sedang anda hadapi,dan semoga sekarang gadget kesayangan anda sudah bisa digunakan kembali seperti sediakala.Terimakasih telah membaca,see uu.



4/13/2018 - tanpa komentar

0 komentar untuk Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Telepon dan SMS Semua Merk.

Jika komentar anda tidak kunjung saya balas ( mohon maaf ) mungkin saya sedang ada keperluan.Silahkan tinggalkan email atau telepon di kolom komentar + pertanyaan anda.Saya akan balas ke alamat tersebut,terimakasih.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar

Kumpulan Soal Psikotes Kerja dan Jawabanya

Soal Tes Psikotes Kerja

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja