Kisi-Kisi Test Psikotest dan Interview PT ADM ( Astra Daihatsu Motor )

Kisi-kisi test psikotest dan interview kerja PT ADM ( Astra Daihatsu Motor ) yang akan saya tulis adalah pengalaman pribadi dan teman sekelas dimana saya kurang beruntung sedangkan teman sekelas saya suksus lolos dan diterima bekerja pada perusahaan tersebut.Soal yang diberikan dan pertanyaan yang diajukan sebenarnya tidak jauh berbeda dengan perusahaan lain,tetapi tetap akan saya ulas berdasarkan permintaan salah satu pembaca setia website saya ini.

Tes psikotes kemudian interview dan medical chek up di PT ADM ( Astra Honda Motor ) saya jalani tanpa biaya alias tidak membayar sedikitpun karena memang resmi dari perusahaanya tetapi menggunakan perantara BKK SMK tempat saya bersekolah dahulu.Tetapi lewat jalur apapun asalkan itu resmi,kemungkinan besar alurnya akan sama,silahkan disimak baik-baik.


Kisi-Kisi Tes Psikotest dan Interview PT ADM ( Astra Daihatsu Motor )


Kisi-Kisi-Tes-Psikotest-dan-Interview-PT-ADM-Astra-Daihatsu-Motor


Daihatsu group adalah sebuah perusahaan internasional yang bergerak dibidang otomotif atau kendaraan bermotor dengan memiliki banyak anak perusahaan yang berada diberbagai negara,salah satunya indonesia.Yang akan saya bahas sekarang adalah perusahaan yang terletak di daerah jakarta atau lebih tepatnya daerah kawasan sunter.

Perusahaan dengan saragam khas berwarna putih-putih ini menjadi salah satu incaran para pencari kerja untuk melamar pekerjaan disana.Selain karena gajinya yang besar ( masuk golongan 1 ) kesejahteraanya pun tidak kalah istimewanya.Tetapi bukan itu yang akan saya bahas,melainkan seputar proses seleksi karyawan pada perusahaan tersebut.

Sebelumnya,jika anda berniat untuk melamar pekerjaan pada perusahaan tersebut,ada beberapa langkah atau cara yang bisa anda ambil,antara lain :
  • Mengirimkan berkas lamaran langsung pada alamat perusahaan ( harus mengerti cara menulis dan mengatur berkas lamaran yang baik )
  • Mengirimkan berkas lamaran melalui e-mail ( mengerti point penting saat menulis lamaran via email )
  • Mendaftarkan diri pada BKK sekolah di berbagai daerah ( tidak semua BKK sekolah ada )


Sampai disini saya harap anda sudah mengerti,untuk pembahasan inti yaitu rangkaian proses seleksi karyawanya,kurang lebih seperti ini :

1. Psikotes


Saya dan teman saya dulu mengikuti jalur mendaftar lewat BKK sekolah,kalau tidak salah ingat di SMK 2 Kebumen.Seperti prosesi perusahaan lainya,langkah pertama adalah sikotes dan soal-soal yang diberikan dan diujikan pada tahapan ini antara lain :

a. Kreaplin/pauli

Ini merupakan soal yang berbentuk deretan angka dasar yang berjejer dan berjumlah kurang lebih satu halaman besar sekitar 2 atau 3 kalinya kertas hvs biasa.Silahkan lihat gambar dibawah jika anda belum mengerti bentuknya seperti apa :

Kisi-Kisi-Tes-Psikotest-dan-Interview-PT-ADM-Astra-Daihatsu-Motor

Untuk mengerjakannya,anda hanya perlu membuat pola atau grafik yang benar.Karena yang dinilai BUKAN HANYA benar salahnya saja,tetapi point utamanya adalah grafik.Kenapa seperti itu?karena dengan grafik tersebut,kemampuan anda akan terlihat ( ketahanan mental dan pikiran saat menghadapi sebuah tekanan ).Jika anda belum mengerti cara yang benar,silahkan baca artikel saya tentang mengatasi kesulitan kreaplin stau pauli.

Jika anda merasa dengan mengerjakan apa adanya tanpa trik dan intrik lebih bagus,tidak apa-apa,memang itu yang paling bagus,tetapi jika anda selalu gagal dan dan gagal saat mengerjakan soaln seperti ini,ada baiknya anda membaca artikel diatas.

b. Pemahaman Gambar dan Menggambar

Anda akan diperintahkan untuk menggambar dengan pola yang sudah ditentukan didalam kotak yang tersedia.Kotak pertama ada sebuah titik,kotak kedua ada sebuah garis lurus,kotak ketiga ada sebuah garis melengkung dan beberapa kotak yang lain dengan pola dasar yang berbeda-beda.
Anda hanya perlu meneruskan pola dasarnya menjadi sebuah gambar ( dilarang menghapus pola gambar ) harus mmemngikutinya.Saran saya anda gambarlah objek untuk bekerja seperti : gergaji,palu,tang,cangkul dan sebagainya.Ini penting supaya anda akan terlihat sudah terbiasa dengan dunia kerja.Tidak perlu terlalu bagus,yang penting jelas itu gambar apa.

Ada juga pilihan ganda ( saya lupa jumlahnya dan lama waktu mengerjakanya berapa ),tetapi intinya akan ada beberapa puluh soal dimana anda harus " memainkan " imajinasi anda sebaik mungkin.Salah satu contoh soalnya seperti ini :

" Ada 5 roda gir yang seling berdempetan.kemudian pertanyaanya : jika roda gir paling kanan berputar kesebelah kanan,maka roda gir terahir akan berputar kemana? "

Semakin baik imajinasi dan daya nalar anda akan semakin mudah mengerjakanya.Untuk berlatih,silahkan anda cari gambar seperti itu yang banyak tersedia pada GOOGLE SEARCH dan mulailah berlatih.

c. Matematika

Sebenarnya pada bagian ini tidaklah terlalu sulit jika anda tahu dan hafal berbagai rumus matematik dasar seperti : luas bangun ruang,waktu dan jarak,desimal dan matematik dasar lainya.Jadi untuk mempoersiapkan diri silahkan hafalkan rumus sebanyak mungkin.Disini hanya seperti itu intinya.


Setelah anda selesai mengerjakan semua soalnya,pengumuman akan diberitahukan hari itu juga ( tergantung keputusan HRD kapan pengumumanya ).Dan jika anda dinyatakan lolos,anda akan mengikuti sesi selanjutnya.

2. Interview atau Wawancara


Saat itu saya dinyatakan gagal ( baru pertama ikut seleksi karyawan ) tetapi teman saya lolos,dan dari pengalaman beliaulah artikel selanjutnya ini saya tulis.Menurut beliau,pertanyaan yang diajukan saat sesi tanya jawab tidaklah susah karena sebagian besar pesertanya baru saja selesai atau lulus sekolah menegah atas,jadi belum ada pengalaman untuk ditanyakan.Bentuk pertanyaanya kurang lebih seperti ini :
  • Perkenalan
  • Ceritakan tentang keluarga ( anak keberapa,berapa saudara,pekerjaan ayah dan ibu )
  • Hobi
  • Motivasi kerja
  • Prestasi di sekolah
  • Ceritakan tentang sertifikat ( SMK ada sertifikat mesin ) harus mengerti


Untuk bisa berhasil pada tahapan ini,anda harus tahu apa saja jawaban yang benar dari pertanyaan-pertanyaan HRD.Jika anda belum tahu apa saja jawaban yang benar,silahkan cari pada artikel saya yang lain,sudah saya tuliskan semua dengan detail.Tulis saja pada kotak " search " : interview,nanti akan keluar semua artikel saya yang berkaitan dengan itu.

3. Medical Chek UP


Teman saya lolos juga pada tahapan sebelumnya dan berhak mengikuti tahapan medikal ini.menurut penuturan belaiu,pengecekanya wajar dan tidak terlalu aneh - aneh.bagian yang dicek antara lain :
  • Mata
  • Darah
  • Urine
  • Rontgen


Banyak yang gagal pada pengecekan mata ( buta warna ).Jadi anda saya sarankan mencoba mengecek mata anda apakah buta warna atau tidak.Karena untuk buta warna,memang sangat sulit bisa mesuk ke perusahaan apalagi perusahaan besar.

4. OJT dan Training


Setelah anda dinyatakan lolos,anda belum TTD kontrak,melainkan masih ada satu tahapan lagi yaitu On The Job Training selama satu minggu ( 3 hari dikelas dan 4 hari di line ).

Untuk yang dikelas,anda akan memperoleh materi seputar dunia kerja dan peraturan perusahaan,juga pengenalan semua hal tentang perusahaan.Jika sudah 3 hari,anda akan dimasukan kedalam line atau mesin bakal calon tempat anda bekerja untuk waktu kedepan.

Akan dilihat apakah anda memang layak diterima ataukah tidak.Saran saya,saat 4 hari ini,gunakan waktu dengan sebaik-baiknya.Tunjukan bahwa anda memang benar - benar berniat dan bertekad untuk bekerja.Jika sudah satu minggu,anda dan peserta lain akan dibawa kesebuah ruangan untuk pengumuman akhir siapa yang berhak TTD kontrak dan siapa yang gagal.


Catatan!

- Semua meruapakan hak penuh perusahaan dan HRD,jika nanti ada perbedaan,mohon dimaklumi,tetapi paling tidak anda sudah sedikit mengerti dan sedikit ada gambaran harus mempersiapkan apa saja.

- Tidak ada jaminan anda lulus jika mengikuti apa yang saya tuliskan karena rezeki itu TUHAN yang atur,saya hanya bercerita supaya anda tidak terlalu kebingungan akan seperti apakah nanti.

Mungkin beberapa artikel berikut ini bisa sedikit membantu anda :


- Jenis soal matematika yang membuat calon pelamar gagal ( logika dan angka berderet )

- Cara menulis surat lamaran kerja yang benar

- Menjawab pertanyaan interview tentang motivasi kerja

- DOWNLOAD SOAL-SOAL LATIHAN PESIKOTEST LENGKAP FORMAT PDF


Demikian pembahasan tentang Kisi-kisi test psikotest dan interview PT ADM ( Astra Daihatsu Motor ) yang pernah saya alami,semoga bisa sedikit membantu anda dan semoga anda bisa lolos dan diterima pada perusahaan tersebut.Terimakasih sudah membaca,see uu.

4/01/2018 - tanpa komentar

0 komentar untuk Kisi-Kisi Test Psikotest dan Interview PT ADM ( Astra Daihatsu Motor ).

Jika komentar tidak terlihat,klik - perlihatkan semua komentar - dibawah,tunggu beberapa saat kemudian kembali ke halaman ini.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar

Advertaismente