Advertisement

Android Device Manager,Antisipasi dan Solusi Android Hilang

Dengan menggunakan Android Device Manager,anda sebagai pengguna smartphone bisa melakukan antisipasi atau pencegahan awal dari kejadian android hilang bahkan jika memang sudah terjadi sekalipun,anda masih bisa mencari dengan perangkat lunak besutan google ini.Langkah ini sangat penting anda lakukan supaya anda terhindar dari dicurinya gadget yang anda pakai dan solusi dari lupa menaruh hp anda.

Aplikasi pelacak lokasi yang dirancang google ini selain bisa mencari lokasi atau letak dimana keberadaan perangkat keras anda,juga bisa melakukan berbagai hal yang dilakukan dari jarak jauh.Pengamanan data-data yang ada perangkat anda merupakan hal dapat anda manfaatkan dari fungsi aplikasi tersebut.Ini adalah artikel lanjutan dari trik menghilangkan iklan di BBM yang sebelumnya saya bahas.


Android Device Manager,Pengertian dan Cara Menggunakanya



Android-Device-Manager



Android Device Manager adalah sebuah aplikasi yang diciptakan oleh google untuk membantu para pengguna smartphone dalam mencari lokasi atau letak perangkat keras itu berada.Mungkin jika dilihat sepintas,aplikasi ini hampir sama dengan aplikasi yang dikeluarkan oleh I-phone yang bernama Find My Iphone.

Aplikasi ini sangat berguna terutama untuk anda yang sering lalai atau teledor dalam meletakan perangkat anda.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah :


1. Lock atau kunci smartphone.

Aktifkan fungsi ini,jadi nanti ketika ada seseorang yang memiliki niat tidak baik terhadap perangkat anda,selain daripada kode atau sandi yang sudah anda seting,aplikasi ini masih menjadi dinding penghalang bagi mereka dimana sistem " lock " nya pun harus dibuka supaya bisa mengakses perangkat keras tersebut.Inilah kenapa saya katakan sebagai dinding lapis kedua yang harus ditembus untuk bisa mengakses perangkat anda.

2. Menyalakan nada dering dari jarak jauh.

Pernahkah anda lupa meletakan gadget anda?atau mungkin anda termasuk orang yang pelupa sehingga sering mengalami kesulitan untuk mencarinya?

Dengan mengaktifkan fitur ini,anda bisa menyalakan bunti nada dering perangkat anda walaupun perangkat dalam kondisi " mode hening " atau " silent ".Saya teringat pada sebuah alat yang tempo hari sempat booming yaitu " gantungan kunci siul " dimana jika kita bersiul,gantungan kunci akan berbunyi dan memudahkan kita mencarinya.Hampir sama dengan fitur yang sedang kita bahas,jadi nanti jika anda mengaktifkan fitur ini,secara otomatis smartphone anda akan berbunyi kurang lebih selama 5 menit.

3. Menentukan lokasi keberadaan.

Sebagai fitur utama yang menjadi daya tarik,inilah yang mungkin bisa anda gunakan sebagai alternatif ketika anda kehilangan gadget kesayangan anda.Aplikasi ini bisa melihat dimana lokasi dimana gadget berada tentunya dengan beberapa hal yang harus dilakukan untuk mendukung berfungsinya fitur ini.

4. Menghapus data dari jarak jauh.

Fitur ini bisa anda lakukan ketika sudah benar-benar tidak tahu lagi harus melakukan apa untuk menyelamatkan gadget anda.Dengan mengaktifkanya,semua data yang ada pada memori internal atau memori telepon akan terhapus secara permanen.Hanya pada memori internal saja,untuk memori yang external tidak bisa.Mungkin anda akan teta kehilangan perangkat kesayangan anda,tetapi paling tidak,data-data pribadi yang bersifat tidak untuk publik bisa anda selamatkan supaya tidak jatuhketangan yang tidak bertanggung jawab.

Kekurangan aplikasi ini adalah :


1. Kegunaanya akan tidak bisa anda manfaatkan lagi ketika perangkat keras anda sudah dilakuakan instal ulang.

2. Jika perangkat anda dalam kondisi mati atau tidak dinyalakan,fitur ini akan tidak bisa anda gunakan.

3. Tidak bisa seperti kecanggihan di film action,dimana anda bisa meledakan perangkat atau merusaknya dari jarak jauh,aplikasi ini tidak bisa untuk melakukan hal tersebut.

4. Anda tidak bisa mentrasfer data-data yang ada dalam memori perangkat ke perangkat lain,seperti yang sudah saya sebutkan diatas,anda hanya bisa menghapusnya,itupun hanya yang tersimpan pada memori internal saja.


Walaupun belum sempurna 100%,tidak ada salahnya jika anda menginstal aplikasi ini sebagai langkah pencegahan dari hal-hal yang tidak anda inginkan.Untuk mencari smartphone yang hilangg,silahkan ikuti cara berikut :

Cara Menggunakan Android Device Manager


Ada 2 hal yang harus adna perhatikan disini yaitu :
  • Menyalakan fiturnya ( dengan masuk akun anda masing-masing ).
  • Mennggunakan fitur lengkapnya jika memang terjadi hal yang tidak diinginkan.


Untuk membuka atau menyalakan aplikasinya,alangkahnya seperti berikut :

1. Untuk anda yang perangkatnya masih menggunakan sistem operasi 2.2 atau froyo,silahkan perbarui terlebih dahulu ke sistem yang terbaru.Jika perangkat anda belum suport atau mendukung sistem operasi terbaru,anda bisa memakai yang suport tetapi versi yang paling mendekati baru.

Tetapi untuk telepon keluaran sekarang,sudah update dan tidak menggunakan sistem operasi diatas.jadi anda bisa lajutkan ketahapan berikutnya.

2. Masuk menu " setting " cari pada bagian LOKASI kemudian anda ON kan.

3. Setelah anda ON kan,silahkan pilih pada menu mode yang bertuliskan " akurasi tinggi " atau jika telepon anda menggunakan bahasa inggris,silahkan pilih yang " hig accuracy ".Ini supaya anda mendapatkan tingkat ketepatan yang paling maksimal.

4. Kembali ke menu setting dan pilih " keamanan/security ".

5. Pilih " devicee administrator ".

6. ON kan ADM nya atau pilih " temukan perangkat saya ".


Dengan langkah diatas anda sudah selesai melakukan persiapan awal untuk berjaga-jaga.Kemudian,jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,langkah yang bisa anda lakukan adalah sebagai berikut "

1. Sebelumnya,anda HARUS dan WAJIB INGAT EMAIL dan PASWORD yang anda pakai untuk log in pada perangkat smartphone anda.Saran saya gunakan hanya satu akun saja,untuk mencegah bingungnya saat akan melakukan log in.

2. Anda bisa gunakan email dan pasword untuk masuk kedalam aplikasinya,lohh kan smartphone saya tidak tahu sekarang ada dimana,masuknya bagaimana?

Anda bisa melakukanya dengan 2 alternatif,yaitu :
  • Masuk alamat website resminya di : google.com/android/devicemanager
  • Memakai smartphone lain ( saudara,teman,kekasih ) dan masuk aplikasinya


3. Setelah anda masuk kedalam aplikasinya,akan terlihat nama perangkat yang anda yang ingin dilacak.

Dalam tampilanya nanti akan ada beberapa tombol yang memiliki kegunaan yang berbeda,diantaranya yaitu :
  • RING : ini adalah fitur dimana anda bisa membunyikan nada dering seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya.Ini sangat cocok untuk anda yang memiliki daya ingat relatif kurang ( pelupa ).
  • LOCK : dalam bahasa saya,ini adalah fitur untuk mengunci smartphone anda menjadi 2 kali.jadi jika sebelumnya anda menguncinya dengan sandi atau pola yang biasa,dengan fitur ini jadi ada 2 kode atau sandi yang harus dibuka terlebih dahulu sebelum membuka data-data yang ada didalamnya.
  • ERASE : ini sebagai langkah terahir jika semua langkah tidak membuahkan hasil.Langkah ini untuk menghapus semua data pada memory internal smartphone anda secara permanent.


Dengan melakukan langkah-langkah diatas,semoga gadget kesayangan anda yang sedang anda cari dapat ditemukan dengan utuh tanpa ada kerusakan sedikitpun.Jika mencarinya,jangan pergi sendirian ya,bawa teman atau kerabat sebanyak mungkin,kenapa?karena ditakutkan orang yang membawa smartphone anda adalah orang yang berbahaya.

Demikian ulasan tentang Android Device Manager lengkap dari pengertianya,kelebihan dan kekuranganya serta tata cara menggunakanya.Semoga bisa membantu anda yang sedang mencari perangkat keras kesayangan anda.Terimakasih telah membaca,see uu.



4/10/2018 - tanpa komentar

0 komentar untuk Android Device Manager,Antisipasi dan Solusi Android Hilang.

Jika komentar anda tidak kunjung saya balas ( mohon maaf ) mungkin saya sedang ada keperluan.Silahkan tinggalkan email atau telepon di kolom komentar + pertanyaan anda.Saya akan balas ke alamat tersebut,terimakasih.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar

Kumpulan Soal Psikotes Kerja dan Jawabanya

Soal Tes Psikotes Kerja

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja