Susah Dapat Kerja? Inilah Penyebab dan Solusinya

Susah dapat kerja atau sulit mencari pekerjaan yang sesuai keinginan anda bisa jadi penyebab atau sebabnya ada di diri anda sendiri.Anda harus pandai instrospeksi diri dan jika menemukan ada yang salah,segera lakukan perbaikan untuk mendapatkan solusi atau jalan keluar yang terbaik.

Sulit mendapat pekerjaan merupakan hal yang umun dihadapi oleh masyarakat kita dewasa ini,bukan semata-mata hanya karena " takdir " saja,tetapi pasti ada faktor penyebabnya.Itulah yang akan saya bahas untuk anda,semoga dengan pembahasan kali ini,anda akan mendapatkan sedikit jalan keluar dari permasalahan tersebut.

Susah Dapat Kerja? Inilah Penyebab dan Solusi Bagaimana Mengatasinya


susah-dapat-kerja


Pekerjaan adalah sebuah aktivitas yang dilakukan seseorang untuk orang lain dengan mendapatkan upah atau imbalan setelah selesai melakukan kewajibanya,dalam bahasa modern sering disebut " gaji ".Hal ini harus dilakukan oleh setiap orang yang ada di dunia ini tanpa terkecuali jika memang menginginkan kehidupanya menjadi lebih baik dan kebutuhanya bisa terpenuhi.

Tetapi pada kenyataanya,mencari kerjaan tidaklah semudah memballikan telapak tangan.Banyak faktor penunjang munculnya permasalahan tersebut.Selain semakin sempitnya lowongan yang ada saat ini,jumlah orang yang membutuhkan pekerjaan " pengangguran " semakin hari semakin meningkat.Dan pemerintahpun seperti kualahan menangani hal tersebut.

Untuk itulah anda dituntut untuk melakukan usaha lebih extra dan lebih maksimal lagi jika tidak ingin tersingkir dari kuatnya persaingan yang ada.

Penyebab susah dapat kerja dan bagaimana solusi cara mengatasinya? 

Untuk anda yang mengalami kesulitan dalam mencari pekerjaan,silahkan fahami apa faktor yang menjadi sebab,seteh itu lakukan langkah untuk mengatasinya berikut ini :



1. Selalu gagal Dalam Mengikuti Test Seleksi Perusahaan


Ada sebagian orang diluaran sana yang mungkin mengalami hal ini yaitu : salalu gagal dalam mengikuti test seleksinya enyah itu gagal psikotest,gagal interview atau wawancara kerja bahkan selalu gagal saat menjalani medical chek up nya.
Untuk mengatasi hal tersebut,silahkan anda lakukan beberapa tips berikut :
  1. Belajar mengerjakan soal psikotest perusahaan dengan baik dan benar
  2. Latihan menjawab pertanyaan interview atau wawancara dengan benar ( ada di artikel lain )
  3. Sembuhkan sakit yang anda derita yang selalu menjadi penyebab kegagalan anda
  4. Lakukan dengan sungguh-sungguh maka kesempatan anda mendapatkanya akan lebih besar
Dalam website ini juga banyak terdapat artikel seputar " mengerjakan test perusahaan " seperti kreaplin/pauli,matematika dasar,gambar dan masih banyak lagi.Silahkan anda cari saja dalam kolom " search " dipojok kanan atas dan silahkan dipelajari.


2. Tidak pernah mendapat kesempatan ( lamaran tidak dipanggil )


Kasus ini juga sangat sering dialami oleh para pelamar ketika berkas lamaran yang dikirimkan tidak mendapatkan respon dari perusahaan yang diincar.Satu hal yang ingin saya tekankan untuk point yang kedua ini yaitu : jangan terlalu pasrah dengan keadaan ( ya sudahlah,tidak dipanggil ya bukan rejeki ).

Memang benar rezeki itu TUHAN yang atur,tetapi tanpa ada usaha maksimal,jangan harap TUHAN akan memberikan rezekinya untuk anda.Jika anda mengalami hal ini,langkah-langkah untuk mengatasinya adalah :
  1. Pastikan menulis lamaran dengan baik dan benar
  2. Pastikan anda mengirimkan lamaran pada perusahaan yang sedang membuka lowongan
  3. Jika anda mengirimkannya menggunakan email,pastikan anda mengikuti langkah yang benar mengirim lamaran menggunakan e-mail.
  4. Pastikan berkas yang anda kirim ' sesuai ' dengan kriteria atau permintaan perusahaan ( tertulis pada pengumuman lowongan )
  5. Jangan sampai telat mengirimkan berkas,karena lamaran anda akan tertumpuk dibelakakang ( kalah dengan yang lebih cepat mengirimnya )
  6. Pastikan " kriteria anda " sesuai dengan permintaan atau kebutuhan perusahaan ( perusahaan minta lulusan S1,sedangkan anda lulusan SMA ) akan kecil kemungkinan dipanggilnya
Jangan pernah asal dalam memberikan berkas dan jangan pula terlambat dalam mengirimkan lamaran anda.Ini kunci utama bisa dipanggilnya anda untuk mengikuti tahapan seleksi.


3. Karena keterbatasan pendidikan dan fisik


Jika anda tidak seberuntung dangan orang lain dimana mungkin pendidikan anda tidak tinggi bahkan jika anda mempunyai " perbedaan fisik " dengan orang lain anda tidak perlu minder,kenapa?karena MINDER itulah faktor utama terhambatnya jalan anda.Anda harus tetap maju dan berjuang,karena keterbatasan bukan penghambat untuk membahagiakan orang-orang yang anda cintai dan kasihi.

Untuk mengatasi hal ini,yang perlu anda lakukan adalah :
  1. Siapkan mental dengan baik ( semangat pantang mundur ) dan anti MINDER ini yang utama harus anda persiapkan terkebih dahulu
  2. Jika anda " kukuh " dengan pendirian harus bekerja pada perusahaan,anda harus mencari informasi lebih extra untuk mencari perusahaan mana yang bisa menerima semua keterbatasan anda
  3. Cobalah untuk kursus ketrampilan ( jahit,sopir,komputer,bahasa asing )
  4. Jangan terlalu memilih tempat ( dimana ada lowongan,ambil saja )
  5. Cobalah dengan berwirausaha ( jika mempunyai modal cukup )
  6. Ambilah pendidikan kejar paket B atau C jika memang bisa
Seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya,anda jangan sekali-kali merasa rendah diri,selalu maju dengan mental baja,tanamkan dalam hati anda ( orang-orang yang saya sayangi dan cintai akan saya bahagiakan ).


4. Kurangnya usaha yang dilakukan


Untuk point keempat ini,silahkan anda berkaca pada diri sendiri,sejauh mana usaha yang sudah anda lakukan untuk mencarinya.Karena banyak teman saya sendiri yang merasa mereka sudah melakukan usaha maksimal padahal hanya baru sebatas mengirimkan lamaran via pos saja.

Jika anda sama seperti teman-teman saya,jangan pernah harapkan hasil yang maksimal.Langkah yang mungkin bisa ambil antara lain :
  1. Mengirimkan lamaran via pos
  2. Mengirimkan lamaran via e-mail 
  3. Mendaftarkan diri pada job-fair yang sering diadakan ( cari informasinya dengan sungguh-sungguh )
  4. Mendatangi BKK sekolah-sekolah untuk menanyakan lowongan yang ada
  5. Mencari yayasan atau penyalur kerja yang resmi dan terpercaya
  6. Menitipkan informasi kepada seluruh teman jika anda sedang mencari lowongan
  7. Berkeliling daerah untuk mencari tempat yang sedang membuka lowongan
  8. Jika perlu,pergi kedaerah lain untuk mencarinya
  9. Menitipkan berkas lamaran pada perusahaan-perusahaan atau yang mungkin ada kesempatan membuka lowongan
  10. Gunakan media sosial seperti ( facebook,instagram,dll ) untuk mencari informasi atau bahkan untuk mempromosikan diri
  11. Jika memang ada orang dalam yang dipercaya dan terpercaya,bisa anda gunakan jika emang sudah sangat mendesak
  12. Mendatangi depnaker setempat bahkan jika perlu depnaker daerah lain
Itulah beberapa point yang bisa anda lakuakn untuk menambah usaha anda dalam mencarinya.Sudahkah anda lakukan?


5. faktor spiritual yang masih kurang


Yang saya maksudkan disini adalah yang berkaitan dengan restu orang tua dan TUHAN,bukan hal negatif seperti kuburan dll,jadi jangan salah mananggapinya.

Berhubung saya muslim ( belum sempurna ) dalam agama saya,penyebab susah dapat kerja menurut islam ada beberapa hal,dan mungkin secara garis besar sama saja dengan agama lain,antara lain seperti :
  • Jangan lupakan sholat ( ibadah kepada TUHAN )
  • Jangan lupakan doa
  • Mintalah maaf dan restu kedua orang tua
  • Bersedekah atau bantulah orang yang sedang kesusahan ( 1.000 rupiah ) tidak akan membuat anda miskin
  • Lakukan sholat malam ( jika anda muslim )
  • Sering2lah meminta kepada TUHAN ( sesuai kepercayaan masing-masing ) dengan mendatangi tempat ibadah sesuai kepercayaan anda

Memang sekilas tidak ada kaitanya dengan perusahaan,tetapi percaya atau tidak ini semua masih sangat erat kaitanya.Bahkan saya sangat percaya,untuk agama lain juga akan memerintahkan hal serupa diatas ( intinya jangan lupakan TUHAN ).


6. Kurang instrospeksi diri


Point terahir adalah kurangnya berkaca pada kesalahan yang dilakukan.Kenapa hal ini saya letakan pada point terahir?karena ini adalah kesalahan kecil tetapi sangat sering terlewatkan untuk anda semua.Maksudnya bagaimana?

Pernahkan anda berkata dalam hati " kok bisa gini ya,kurangnya saya dimana ya?salahnya dimana ya?pernahkah?

Alih-alih sudah melakukan yang terbaik,hal kecil ini luput dari kesadaran anda.Cobalah lakukan dan berkata dalam hati seperti yang saya tuliskan,jika ketemu kesalahan dan kekuranganya dimana,segera perbaiki.

Baca Juga :




Semoga dengan membaca beberapa point diatas,sekarang anda sudah sedikit mendapatkan titik terang untuk masalah yang sedang anda hadapi.Jika ada pertanyaan yang ingin anda ajukan,silahkan tuliskan lewat kolom komentar dibawah,sebisa mungkin akan saya jawab.

Demikian pembahasan tentang susah dapat kerja dari penyebab hingga solusinya yang mungkin bisa anda lakukan supaya jalan anda lebih terbuka.Terimakasih telah membaca,semoga bisa membantu anda,see uu.
2 komentar

2 komentar untuk Susah Dapat Kerja? Inilah Penyebab dan Solusinya.


Perlihatkan Semua Komentar

Tutup Semua Komentar

.
Unknown

Sangat membantu triknya,cuma sy masih merasa minder dgn usia saya yg kepala 4 ,saya masih merasa trauma akibat pandemi ini saya jd salah satu korbannya,sy bingung cari kerja,padalan banyak pengalaman krj saya,walaupun sdh banyak usaha yg saya lakukan...mohon pencerahannya terima kasih

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Jadi masalah utama anda itu minder karena umur yaa? Saya juga terkadang minder kalau mau daftar kerja tapi saingan saya anak-anak muda.Cuma,dalam fikiran saya itu " keluarga saya " terpenting.

Masa depan anak saya,istri saya,itu semua tergantung apa yang saya lakukan untuk mereka.Dengan fikiran seperti itu,minder ku hilang seketika.

Balas Hapus