Mengatasi Android Eror Ketika Dipasang Headset

Beberapa waktu yang lalu saya mengalami masalah yaitu smartphone android saya eror ketika dipasang atau dicolokan headset atau earphone.Suaranya ada dan terdeteksi tetapi lama-kelamaan gadget saya menjadi lemot dan akhirnya tidak bisa digunakan atau heng total.Artikel ini kelanjutan dari artikel tentang mengatasi sinyal 4G hilang pada telepon yang pernah saya tulis sebelumnya.

Jika anda mendapati masalah serupa yaitu bleng nya smartphone saat disambungkan dengan headset tidak perlu panik terlebih dahulu.Lakukan langkah-langkah perbaikan awal seperti yang saya lakukan dibawah ini,dan permasalahan teratasi dengan baik.Silahkan disimak baik-baik.



HP Android Bleng dan Heng Ketika Dipasang Headset 


HP-Android-Eror-Ketika-Dipasang-Headset



Headset adalah sebuah perangkat keras yang berfungsi sebagai penghantar suara dari sebuah gadget atau perangkat elektronik lainya dengan jenis yang berbeda-beda.Tahukah anda jika tidak semua perangkat ini suport dan bisa dipasangkan pada semua jenis hp?maksudnya yaitu ketika anda ingin membeli alat ini,jangan berfikir semua sama karena memang tidak seperti itu,anda harus membeli yang suport pada hp anda masing-masing.

Untuk pemasalahan yang akan saya bahas yaitu khusus untuk aerphone dengan cara penggunaan manual alias bukan yang dengan menggunakan bluetoth ya.Tetapi secara garis besar penangananya hampir sama jika anda mengalami hal serupa pada aerphone bluetooth anda.

Sebelumnya saya anggap masalah yang terjadi bukan karena salah dalam membeli aerphone,karena jika masalah nya itu,jalan keluarnya ya anda beli yang suport dan masalah selesai.Tetapi disini pada masa sebelumnya normal-normal saja,tetapi entah kenapa setelah beberapa lama penggunaan baru terjadi erornya,silahkan ikuti panduan dibawah :


Langkah Pertama

Jangan tergesa-gesa memvonis hp anda rusak dan membawanya ke tukang servis,cobalah dengan mencobanya dengan aerphone yang lain,bisa kalian pinjam kepada teman atau saudara anda.Dengan catatan : harus suport dan kompatibel dengan hp anda serta kondisinya masih bagus dan bukan barang rusak yang anda pinjam.Setelah memastikan alatnya berfungsi pada hp teman anda,silahkan colokan pada hp anda msing-masing.

Jika dengan langkah ini semuanya kembali normal dan tidak terjadi masalah pada hp anda,berarti fix permasalahan ada pada aerphone anda.Silahkan beli yang baru.Ini bisa saja terjadi karena memang untuk perangkat elektronik pasti memiliki masa atau umur dalam setiap pemakainanya.Semakin lama akan semakin berkurang ketahanan dan fungsinya.Merk dan harga juga memiliki peranan besar,semakin bagus dan mahal sebuah merk,akan semakin awet.


Langkah Kedua

Jika langkah pertama gagal,cobalah dengan memutar mp3 atau vidio dengan aplikasi lain contohnya : jika sebelumnya anda memutarnya dengan aplikasi bawaan hp,silahkan unduh aplikasi pemutar file yang lain.Ada banyak sekali di PLAYSTORE atau internet,silahkan di coba saja.

Karena ternyata,ada beberapa aplikasi yang memang kurang bagus dalam segi fungsinya,ada beberapa yang jika dipasangkan akan menimbulkan lemotnya perangkat hp.Ada pula jenis file ( mp3 atau vidio ) yang harus menggunakan aplikasi khusus untuk memainkanya khususnya vidio yang bersubtitle.jadi silahkan cobalah beberapa aplikasi pihak ketiga yang lain,CObalah beberapa aplikasi jangan hanya satu,dan lihat yang memberikan hasil maksimal yang mana.


Langkah Ketiga

Lihat juga apakah dalam perangkat anda terjadi " beban yang sangat berat " dimana jumlah RAM kecil tetapi  anda paksakan untuk menginstal dan menjalankan banyak aplikasi.Ini juga akan membuat kinerja gp anda berat.Bisa mengakibatkan banyak eror terjadi.

Uninstal saja aplikasi yang tidak diperlukan.Ini akan membuat perangkat anda memiliki ruang lebih untuk menjalankan fungsinya sebagaimana mestinya.Setelah anda lakukan,cobalah apakah masih terjadi masalah atau tidak,jika masih,lanjut ketahap selanjutnya.


Langkah Keempat

Jika semua langkah diatas tidak membuahkan hasil,saran saya adalah lakukan " hard riset " pada perangkat kalian.Karena mungkin ada virus yang bersarang didalamnya.Lakukan setting dengan cara sederhana saja dahulu yaitu :
  • Simpan semua data penting dalam memori atau komputer terlebih dahulu.
  • Masuk menu " setting " atau gambar roda gigi pada pojok kanan atas perangkat anda.
  • Pilih " keamanan dan setel ulang ".
  • Pilih kembalikan ke setingan pabrik.
  • Tunggu proses.
  • Selesai.

Setelah semua kembali seperti awal.cobalah anda colokan lagi aerphone dan mainkan file kesukaan anda masing-masing.Menurut apa yang saya alami,jika semua langkah sudah anda lakukan,harusnya perangkat anda sudah tidak ada masalah lagi sekarang.Tetapi jika memaang masih ada masalah serupa dan tida sembuh,anda bisa lakukan instal ulang hp dengan lebih mendalam.

Dan setelah semua langkah anda lakukan termasuk langkah tambahan diatas,tidak membuahkan hasil,barulah anda bawa ke tempat servis terbaik yang ada di daerah anda masing-masing.Dan ingat baik-baik,jangan memilih tempat servis sembarangan,kalau tidak smartphone anda yang menjadi teruhanya.

BACA JUGA :

- Mengatasi Google voice selalu muncul saat dipasang hedset

- Cara mendownload video dan gambar di instagram

- Cara mendownload video dan gambar di twitter

- Cara mendownload video dan gambar di facebook


Sekian tulisan tentang Mengatasi Android Eror Ketika Dipasang Headset yang sudah saya alami dan perbaiki dengan cara diatas dan terbukti berhasil.Semoga bisa membantu anda yang sedang mengalami masalah serupa.Terimakasih sudah membaca,see uu.

 


3/03/2018 - tanpa komentar

0 komentar untuk Mengatasi Android Eror Ketika Dipasang Headset.

Jika komentar tidak terlihat,klik - perlihatkan semua komentar - dibawah,tunggu beberapa saat kemudian kembali ke halaman ini.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar

Advertaismente