Kisi - kisi soal psikotes PT Aisin Indonesia Cikarang

Apa kisi-kisi soal tes psikotes di PT Aisin Indonesia yang terletak di kawasan EJIP cikarang saya tuliskan berdasarkan pengalaman pribadi dan bisa lulus diterima kerja disana.Sebenarnya hampir sama dengan alur seleksi pada perusahaan manufactur lain seperti di Unilever,AHM,Toyota dan masih banyak lagi.

Bagaimana bentuk soal yang diberikan dan bagaimana wawancara kerja di Pabrik Aisin ejip tidak terlalu susah,tetapi memang dibutuhkan persiapan yang matang supaya bisa sukses menjalani serangkaian alur seleksinya.Akan saya ceritakan mulai dari awal sampai ahir,silahkan disimak baik-baik.

Kisi-kisi tes psikotes PT Aisin Indonesia Cikarang

Kisi-kisi tes psikotes PT Aisin Indonesia Cikarang


Untuk bisa mendaftarkan diri kalian pada perusahaan ini,kalian bisa menggunakan 2 jalan yaitu :

- Lewat yayasan global cikarang
- Langsung mendaftarkan dengan mengirimkan surat lamaran

2 cara diatas saya coba sendiri dengan tidak sengaja,awalnya saya hanya iseng datang ke yayasan global untuk sekedar menanyakan lowongan disana,tetapi kebetulan pas ada lowongan untuk perusahaan ini,mendaftarlah saya dengan membayar uang sebesar 50.000 waktu itu.Tetapi seleksinya tidak saat itu juga,melainkan satu minggu kemudian.

Karena ketidaktahuan saya bagaimana proses seleksi pada sebuah yayasaan penyalur kerja,saya hanya modal percaya dan niat saja waktu itu.Tiba waktu seleksi,saya dan sekitar 50 orang pendaftar lainya masuk ke sebuah ruangan.Semuanya nampak lancar dan normal - normal saja,karena memang penyalur ini benar adanya dan bukan penipu yang banyak tersebar di kawasan industri ini.

Selang beberapa waktu,masuklah 1 orang perempuan dengan berseragam pabrik,saya sempat foto dan berikan kepada teman saya untuk menanyakan apakah benar orang itu orang dari perusahaan tersebut.Karena teman saya EX perusahaan itu,dia langsung balas chat saya dengan mengatakan : Benar itu ibu HRD yang rada galak.Lega rasanya tahu kalau semuanya asli dan bukan penipuan.

Perkenalan sebentar,lalu beliau memberikan beberapa soal yang harus kami isi,disinilah masalah besar saya muncul,saya tidak tahu bagaimana cara mengerjakanya,asal saja yang penting di isi semua,alhasil pada seleksi di yayasan,SAYA GAGAL.

Tidak putus asa,saya mencoba mengirimkan surat lamaran saya kesana,alhamdulilah beberapa hari kemudian saya mendapatkan SMS panggilan seleksi yang di adakan langsung di perusahaan itu.Sempat ragu,apakah ini asli,terlebih karena saya sempat gagal pada proses sebelumnya di yayasan global.Tetapi saat saya datangi sesuai jadwal memang benar adanya,ada banyak orang yang sudah berkumpul disana.

Berbekal pengalaman sebelumnya,saya jadi sedikit faham bagaimana mengerjakan soal yang diberikan,dan alhamdulilah saya bisa diterima bekerja disana setelah menjalani berbagai macam seleksi.Lalu soal-soalnya seperti apa?silahkan di simak,tetapi dengan catatan : SOAL BISA BERBEDA,JANGAN TERLALU MENGACU PADA PENGALAMAN SAYA INI :

1. Kreaplin

Mungkin karena masih pagi dan otak kami masih fresh,jadi kami diberikan pemanasan langsung dengan mengerjakan soal hitungan dasar berbaris ini.Saya yakin bagi kalian yang sudah pernah mengalami dan mengikuti sebuah seleksi perusahaan,pasti tidak asing dengan ini.

Yang menjadi masalah adalah : bagaimana cara mengerjakanya dengan benar

Karena penilaiannya adalah ukan hanya pada benar atau salahnya jawaban kalian,tetapi begaimana kepatuhan kalian terhadap perintah dan bagaimana ketahanan kalian pada sebuah tekanan akan diuji dan di nilai disini.Jadi kalian harus benar-benar faham cara mengisinya ya.


Saya tahu tips nya,jadi untuk soal yang ini,saya bisa mengerjakanya dengan lancar,setelah waktu habis,diberikanlah soal yang kedua,apa itu?

2. Matematika dasar

Total soalnya kalau saya tidak salah ingat ada 25 soal,dimana pertanyaanya adalah seputar hitung-hitungan dasar ( desimal,kg,ons,meter,km ).Sebenarnya tidak susah,jika kalian tahu apa saja rumusnya.Yang menjadi masalah adalah waktu yang diberikan sangat singkat,hanya 15 menit kalau tidak salah ingat.

Kami dipersilahkan mengisi dengan caranya ( coret-coretan ) pada lembar belakang soal,usahakan kalian isi rumusnya,karena jika lembar belakang kosong tanpa menulis tata caranya,akan terlihat aneh,malah kalian bisa dianggap mencontek nanti.

Silahkan belajar rumus matematika dasar apabila kalian ingin bisa mengerjakanya dengan baik dan benar.Setelah selesai,lalu apalagi?

3. Soal pemahaman


Kisi-kisi tes psikotes PT Aisin Indonesia Cikarang


Pernah melihat bentuk yang seperti itu?itulah yang saya maksud pemahaman,kalian harus tahu bagaimana cara mengerjakanya untuk bisa menyelesaikan soal ini.Sebenarnya sangat simpel dan sederhana,kalian hanya mengikuti polah gambar sebelumnya saja,maksudnya :

Jika gambar pertama : utuh
Gambar kedua : hilang setengahnya
Gambar ketiga : utuh
Gambar ke empat : ( berarti hilang setengahnya ) karena mengikuti pola gambar pertama

Cara ini berlaku untuk soal kedua dan seterusnya sampai selesai.Akan sangat membingungkan jika kalian baru saja mengikuti sebuah seleksi pabrik,tetapi semoga kalian membaca ini,paling tidak kalian ada sedikit gambaran nantinya.

4. Gambar

Inilah yang menurut saya pribadi sangat susah,kenapa?karena untuk ini tidak ada rumusanya,hanya HRD yang tahu bagaimana menilai sebuah gambar,kami diberikan 2 kertas soal,yang satu adalah kertas kosong,yang satu adalah kertas berisi 8 kotak yang didalam kotak itu kami harus menggambar.Akan saya jelaskan :

- Untuk kertas yang kosong dimana kami diperintahkan untuk menggambar.

Kami diperintahkan untuk menggambar sebuah pohon ber akar tunggang ( bukan serabut ) dengan lengkap.Hanya seperti itu,kalau difikir secara nalar,itu anak TK juga bisa,tetapi ternyata tidak sesederhana itu.

Kalian harus menggambar pohon ( mangga,rambutan,durian ) pokoknya yang berakar tunggang,lengkap dengan menggambar akarnya,tanahnya,buahnya.Tidak perlu menambahkan apapun,cukup gambar sesuai intsruksi,lengkap adalah terlihat semua bagianya.

- Untuk kertas berisi 8 kotak kecil

Di setiap kotak sudah berisi sebuah " pola " dari yang hanya gambar titik,gambar koma,gambar garis tegak lurus,gambar seperti huruf "J".Kami diharuskan MENERUSKAN pola tersebut,dan tidak boleh mengubah pola dasarnya.Untuk yang pola seperti huruf "J" bisa kalian teruskan menjadi gambar payung,dan seterusnya.

Saran saya adalah,gambarlah " alat untuk bekerja " entah itu gergaji,tang,martel atau apapun.Kenapa?karena kalian akan terlihat seperti orang yang terbiasa bekerja,perusahaan suka dengan itu.Jangan terlalu berimajinasi,karena bukan bagus yang dicari,tetapi karakter kalian yang terlihat dari gambar tersebut.

Setelah selesai,kami dipersilahkan pulang untuk menunggu pengumuman yang akan diumumkan via telepon.Harap-harap cemas,keesokan harinya saya mendapatkan SMS pemberitahuan bahwa saya lolos dan berhak mengikuti tahapan interview.

Tahapan interviewnya dengan seorang psikolog,yang tempatnya bukan diperusahaan,melainkan di daerah Jati Asih,tepatnya saya lupa.Jika kalian lulus,dan menjumpai ini,fahami bagaimana sikap yang benar dan apa saja yang ditanyakan beserta cara menjawabnya,silahkan kalian cari pada srtikel saya yang lain yang ada pada web ini.

Ketik saja pada kolom " serch " apa yang kalian cari.pada sebelah kanan atas atau cari saja tulisan itu.Setelah melakukan tahapan wawancara,2 hari kemudian saya di SMS lagi bahwa lolos dan berhak mengikuti tahapan medical chek up.Triknya pun sudah saya tuliskan di web ini,silahkan kalian cari sendiri.

Semua proses selesai,pengumuman terahir saya dinyatakan diterima dan berhak mengikuti proses " OJT " atau on the job training,dimana kami harus mengikuti pelajaran layaknya seorang mahasiswa selama seminggu,jika ini lulus,barulah kita tanda tangan kontrak kerja.

Saya waktu itu ditempatkan pada bagian PPIC CKD ATAS dengan nama atasan " mbah Nasiran dan bapak Roni ".Semoga mereka masih diberi kesehatan,amin.Seperti tiulah kira-kira tahapan seleksinya dan bagaimana mengerjakanya.

Mungkin beberapa artikel berikut ini bisa sedikit membantu anda :

- Cara menulis surat lamaran kerja yang benar

- Cara mengerjakan tes matematika deret angka dan logika

- SOAL-SOAL LATIHAN PSIKOTESTT LENGKAP DALAM FORMAT PDF


Demikian cerita tentang Kisi-kisi tes psikotes PT Aisin Indonesia Cikarang yang ada di kawasan EJIP,semoga bisa sedikit menambah wawasan kalian semua.Jika ada yang mau ditanyakan,silahkan bertanya pada komentar di bawah.Terimakasih sudah membaca,see uu.

2/07/2018 - tanpa komentar

0 komentar untuk Kisi - kisi soal psikotes PT Aisin Indonesia Cikarang .

Jika komentar tidak terlihat,klik - perlihatkan semua komentar - dibawah,tunggu beberapa saat kemudian kembali ke halaman ini.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar

Advertaismente