Advertisement

15 Cara Merawat Laptop Asus dan Merk Lain Dengan Baik dan Benar

Cara Merawat Laptop Asus berlaku juga untuk semua merk yang lain karena secara garis besar komponen dan langkah perawatanya hampir sama.Dalam pemeliharaanya,anda harus melakukanya dengan baik dan benar supaya PC yang anda gunakan bisa bertahan lama dan awet bahkan sampai bertahun-tahun lamanya.

Penggunaan yang sesuai prosedur sangat dianjurkan untuk anda yang berniat membuat perangkat anda bisa bertahan untuk digunakan dalam jangka waktu yang lama.Adapun beberapa langkah yang perlu anda perhatikan ketika menggunakan perangkat keras ini akan saya bahas dibawah.

Cara Merawat Laptop Asus dan Semua Merk yang Lainya ( hp,acer,dell )


Cara-Merawat-Laptop-Asus
Laptop atau disebut juga komputer jinjing adalah sebuah alat untuk mengolah berbagai file multimedia yang memiliki design lebih kecil daripada komputer tetapi memiliki komponen yang sama dengan fungsi yang sama.

Dan ASUS adalah salah satu produsen perangkat terbesar didunia.Kemampuanya dalam mengolah berbagai aplikasi merupakan salah satu para pengguna komputer sangat menyukai merk ini.Tetapi merk lain seperti : hp,acer,dell,toshiba dan lainya juga tidak kalah hebatnya.

Tetapi yang menjadi permasalahan disini adalah : ketidaktahuan para penggunanya bahwa setiap perangkat elektronik harus dirawat dan dipelihara supaya bisa bertahan dalam waktu yang lama.hal ini sangat penting dilakukan,karena dengan langkah ini,pengguna mendapatkan beberapa manfaat diantaranya :
  • Terhindar dari kerusakan perangkat dalam waktu yang relatif singkat dari pertama kali membelinya
  • Mengerti prosedur yang benar bagaimana memelihara perangkat elektronik
  • Umur perangkat bisa lebih lama dalam penggunaanya
  • Mendapatkan kinerja yang maksimal dari mesin perangkat elektronik

Ok,sekarang saya anggap anda baru saja memiliki ataupun sudah lama memilikinya tetapi ingin tahu bagaimana prosedur yang benar dalam pengoperasianya,silahkan disimak bai-baik.

Cara merawat laptop asus dan beberapa merk lain kurang lebih seperti berikut ini :

1. Jangan menggunakan Charger Secara Berlebihan


Saat penggunaanya,usahakan tidak berbarengan dengan pemakaian PC,maksud saya adalah : Gunakan alat ini HANYA UNTUK mengisi daya pada baterai saja,setelah penuh,silahkan cabut chargernya.

Jika suatu saat terjadi kerusakan,saya sarankan untuk membeli yang original,karena mau bagaimanapun,yang ori tetap memiliki kelebihan yang jauh lebih baik dalam segi apapun.Jangan mengambil resiko perangkat anda rusak dengan menggunakan pengisi daya yang abal-abal.

2. Perhatikan Penggunaan Baterai  


Jika PC anda masih memiliki baterai yang bagus,hampir sama dengan langkah diatas,yaitu gunakan pada saat baterai terisi saja.Jika sudah mulai habis,silahkan matikan perangkat anda,dan isilah baterai TANPA MENGHIDUPKAN perangkat keras anda itu.Setelah terisi penuh,cabut charger dan silahkan dinyalakan kembali.

Jika PC baterainya rusak,silahkan membeli yang original,dan jika memang terpaksa dan sangat terpaksa tidak bisa membeli,anda bisa mengoperasikan perangkat anda tanpa baterai ( langsung dengan mencolokan chargernya ).Tetapi saya sangat tidak menganjurkan cara ini,selain beresiko,jika ini diteruskan,lama-kelamaan komponen Hardware perangkat anda bisa rusak.

Gunakan seperlunya saja jika memang anda harus menggunakannya tanpa baterai,karena menurut penjelasan salah seorang teman teknisi,jika tanpa baterai,itu sama saja badan kita " ditimpa " beban yang besar tanpa " rompi " dan itulah gunanya baterai,sebagai peredam arus listrik yang menuju komponen mesin didalam.

3. Jangan Terlalu Sering Memetikan dan Menghidupkan PC  


Yang saya maksud disini adalah : penggunaan secara " berantakan " baru 15 menit,kemudian dimatikan,tidak berselang lama kemudian dihidupkan,lalu dimatikan lagi dan dihidupkan lagi.Ini banyak terjadi terutama jika anda membiarkan anak dibawah umur yang mengoperasikanya.Jadi pantaulah anak-anak disekitar anda.

Paling baik jika menggunakanya atau menghidupkanya tidak terlalu sering,3 x saya rasa sudah cukup dalam sehari.Malah kalau boleh saya katakan,mending dipakai langsung beberapa jam sekalian daripada baru sebentar lalu dimatikan tetapi dilakukan berulang - ulang.

4. Jangan Gunakan Dalam Waktu Terlalu Lama    


Apakah anda seorang gamer?atau mungkin anda pekerja yang tidak bisa lepas dari perangkat keras ini?jika memang demikian,anda harus pintar-pintar mengakali hal ini.Karena jika tidak memungkinkan memakai dalam waktu yang singkat,silahkan gunakan media lain untuk membantu kinerjanya,bisa anda gunakan ( kipas external,pendingin manual ) ataupun sebagainya.

Kenapa seperti itu?karena masalah utama yang ditimbulkan adalah " panas mesin " yang berlebihan.Jika panas ini tidak anda tangani dengan baik,itu akan merusak komponen mesin yang ada didalamnya.

Gunakan seperlunya saja,jika memang terpaksa tidak bisa seperti itu,gunakan sebuah alat untuk meminimalkan hawa panas yang keluar.

5. Jangan Instal Aplikasi Yang Berbahaya   


Untuk memaksimalkan kinerja sebuah perangkat keras ini,anda juga harus menginstal perangkat lunak bukan? Tetapi yang menjadi masalah adalah : Tempat mengambil aplikasi dan jumlah yang dipakai.


Untuk jumlah yang dipakai,anda harus melihat kapasitas RAM yang ada,karena jika kapasitasnya kecil,anda jangan mengisi dengan aplikasi terlalu banyak,itu hanya memperberat kerja RAM dan tidak bagus untuk perangkat keras anda.

Selanjutnya adalah tempat mengambil filenya,anda tidak boleh asal menyimpanya,karena tidak semua situs penyedia aplikasi menyediakan perangkat lunak dengan benar.Banyak diantara mereka yang menyediakanya asal-asalan.Yang ditakutkan adalah adanya virus yang terdapat didalamnya.Jadi berhati-hatilah dalam memilih tempat mencari aplikasi.

6. Perhatikan dan Cek Berkala Perangkat Keras    


Jika anda mahir dan mengerti bagaimana seluk beluk permesinan perangkat elektronik,setelah pemakaian beberapa bulan,silahkan bersihkan komponen komponenya,berikut yang perlu anda perhatikan :
  • Bersihkan kipas pendingin
  • Bersihkan komponen mesin dari debu
  • Cek pasta pendingin,jika sudah kering,segeralah diganti
  • Bersihkan semua slot USB yang ada
Ini hanya untuk anda yang mengerti dan faham,jika anda tidak faham,tidak perlu memaksakan diri,boleh dilakukan oleh tukang servis dengan catatan " HARUS YANG PROFESIONAL ".Jika anda tidak yakin,tidak dilakukan juga tidak apa-apa.Ini hanya saran saja menurut apa yang saya alami dan praktekan sendiri.

Hal ini merupakan salah satu penyebab PC gagal booting dan cara mengatasinya pun hampir sama dengan langkah diatas.

7. Jangan Disimpan Ditempat Yang Sembarangan    


Selalu simpan ditempat yang tidak terkena matahari langsung ( tempat yang kering dan dingin ).Kenapa? ini adalah perangkat elektronik,jika disimpan ditempat yang lembab,dikhawatirkan akan " mengembun ".Embun yang terkena listrik,bisa mengakibatkan konslet nya perangkat.Penyimpanan pada tempat yang tepat ini juga bertujuan untuk melindungi perangkat dari tangan anak-anak kecil.

8. Jangan Pernah Melepaskan Hard Disk


Ternyata hal sepele ini kadang dilakukan oleh para pengguna,alih-alih ingin membersihkanya,tindakan ini justru bisa mengakibatkan rusaknya harddisk anda.Karena sebenarnya tidak perlu membersihkanya secara manual,ini dilepas ketika ada kerusakaan saja.Jika tidak ada kerusakan,anda tidak perlu melepasnya.

Memang jika membaca buku petunjuk,tidak ada larangan keras yang menyatakan hal ini,dan banyak para pengguna yang melakukan hal ini,yang saya khawatirkan adalah : untuk anda yang kurang mahir saat melakukanya ( terlalu kasar ) bukan tidak mungkin hardisk tersebut akan tergores ( khususnya pada plat kuningan ) penghubung arus.Jika memang terkjadi seperti itu,kemungkinan hardisknya akan rusak dan andalah yang akan rugi.

Kerusakaanya bisa dideteksi dengan adanya suara yang " berisik " yang keluar saat dijalankanya perangkat keras anda.Selama masih normal,biarkan saja seperti itu.

9. Jangan Menggunakan CD Drive Abal-Abal  


Apapun alasanya,entah itu ingin memutar sebuah CD-drive player,menginstal driver atau burning film atau apapun,jangan pernah menggunakan kepingan CD-drive yang Abal-Abal.Ini bisa merusak optik yang terdapat pada komponen.Dan jika sampai rusak,memperbaikinya akan memerlukan biaya yang tidak murah.

Selalu dan harus memastikan kualitas CD-drive yang digunakan,Ini sangat wajib hukumnya.Tidak lucu rasanya jika hanya karena harga keping CD-drive yang hanya 10.000,kemudian optiknya rusak.

10. Hindari dan bersihkan Debu Yang Menempel


hal yang sangat simpel tetapi bisa berakibat fatal.Selalu bersihkan debu yang menempel pada perangkat anda menggunakan kuas yang halus.Karena debu yang dibiarkan terus-menerus lama kelamaan akan semakin banyak,dan dikhawatirkan bisa masuk kedalam optik atau port USB yang mengakibatkan tidak maksimalnya kinerjanya nanti.

11. Hindarkan dari semua benda cair


Saat anda menggunakanya,silahkan singkirkan semua benda cair apapun itu.Kenapa? dikhawatirkan tumpah dan mengenai mesinnya.Mungkin jika hanya terkena bagian casingnya saja,itu tidak masalah.Yang menjadi masalah besar ketika benda cair tersebut sampai mengenai komponen mesin.itu bisa mengakibatkan konsleting pada perangkat keras anda.Bisa-bisa gadget anda tersebut mati total.

12. jauhkan dengan medan magnet ( signal )


Pernahkah anda alami,saat menonton tv atau mendengarkan radio,kemudian di dekatnya ada telepon yang berbunyi,apa yang anda dengar dan lihat? televisi anda gambarnya akan bergoyang dan terdapat suara " aneh " pada radio,inilah yang diakibatkan medan magnet itu.Jadi jauhkan apapun yang mengandung magnet.Kalau masih tidak percaya,silahkan dibuktikan sendiri.

13. Hindari penggunaan diatas alas yang mengakibatkan panas


Selalu hindari menggunakanya diatas kursi atau beralaskan bantal dan sejenisnya? jangan pernah lakukan lagi,karena alas itu bisa menambah atau bisa menjadi pemicu hawa panas yang berlebihan pada perangkat anda.Silahkan gunakan " alas khusus " yang sudah tersedia di berbagai toko.

14. Gunakan kipas pendingin


Jika memang dirasa penggunaanya membutuhkan waktu yang lama,anda bisa menyiapkan alat ini.Setelah terasa mulai panas,gunakan pendingin untuk menurunkan suhunya.Ini bisa mempertahankan suhu perangkat anda pada skala yang normal.

15. Ikuti buku panduan penggunaan


Jika anda membeli perangkat yang baru,anda akan mendapatkan satu paket lengkap yang berisi juga buku panduan penggunaan.Silahkan dibaca dan di ikuti,karena di sana tertulis bagaimana prosedur yang benar untuk penggunaanya.Itu semua ditulis oleh perancang dan pembuat perangkat keras tersebut dengan perhitungan yang matang dan sudah diteliti sebelumnya.

Setelah mengetahui langkah diatas,saya harapkan anda bisa lebih berhati-hati dalam menggunakan perangkat elektronik ini.Karena semahal apapun harganya,tetap harus memperhatikan hal-hal penting diatas,dan semuanya memiliki aturan dalam penggunaanya.

Demikian artikel tentang Cara Merawat Laptop Asus dan merk yang lain supaya bisa awet dan bertahan dalam waktu yang lama dan tentunya bisa dipakai sampai bertahun-tahun.Semoga bisa membantu anda semua yang sedang bingung bagaimana prosedurnya,terimakasih sudah membaca,see uu.





2/10/2018 - tanpa komentar

0 komentar untuk 15 Cara Merawat Laptop Asus dan Merk Lain Dengan Baik dan Benar.

Jika komentar anda tidak kunjung saya balas ( mohon maaf ) mungkin saya sedang ada keperluan.Silahkan tinggalkan email atau telepon di kolom komentar + pertanyaan anda.Saya akan balas ke alamat tersebut,terimakasih.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar

Kumpulan Soal Psikotes Kerja dan Jawabanya

Soal Tes Psikotes Kerja

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja