Cara mengerjakan tes AVIS saat pembuatan SIM C

Cara mengerjakan tes AVIS saat anda membuat SIM C ataupun telat dalam memperpanjang sebenarnya mudah hanya saja soalnya sedikit menjebak jika kalian tidak benar-benar konsentrasi.Banyak sekali yang gagal dalam proses ini dan jika anda menginginkan bisa lulus silahkan perhatikan tahapan dibawah karena sangat penting karena kalau anda hanya asal saja,kemungkinan gagal akan sangat besar.

Trik untuk mengerjakan soal AVIS ( benar atau salah ) adalah konsentrasi tetapi pada kenyataanya banyak peserta yang terkecoh dengan bentuk soal yang disajikan bahkan banyak yang mengatakan jika soalnya " menjebak ".Tidak sepenuhnya benar jika anda tahu triknya,dan pada kesempatan kali ini saya akan membahasnya untuk anda semua.

Cara mengerjakan soal tes AVIS ( benar atau salah ) untuk SIM C menggunakan komputer


Avis atau Audio Visual Integrated System adalah suatu program yang dirancang untuk mengetahui pengetahuan seseorang dalam hal peraturan berkendara yang pengaplikasianya menggunakan teknologi komputer.Dalam bahasa saya ini semua intinya anda diharuskan menjawab beberapa pertanyaan seputar peraturan dan rambu lalu lintas menggunakan kumpiuter.

Tahapan ini dilakukan untuk anda yang baru akan membuat Surat Ijin Mengemudi ataupun untuk anda yang telat dalam memperpanjang.Karena telat satu hari saja,anda harus melakukan tahapan seperti layaknya baru membuatnya.Perhatikan baik-baik masa berlaku surat ijin anda.

Ada nilai minimal yang harus dicapai jika anda menginginkan bisa lulus dalam tahapan ini yaitu sekitar 75%.Tetapi yang jelas semakin mendekati angka 100 itu akan lebih baik.Jumlah soal yang diberikan ada sekitar 30 soal dengan waktu kurang lebih 30 menit.Jadi anda hanya diberikan waktu menjawab rata-rata 1 menit tiap soalnya.

Lalu bagaimana tahapan dan langkah mengerjakanya?silahkan disimak baik-baik :

Setelah anda melakukan pendaftaran awal dan melakukan sesi foto,anda akan diarahkan untuk memasuki ruangan khusus untuk proses pengetesanya.Kurang lebih tahapanya sepeerti ini :


Tahap Pertama

Anda akan dipersilahkan duduk pada sebuah bilik khusus dimana terdapat satu perangkat kampiuter lengkap dengan headset yang harus kalian pakai.Fungsi headset ini adalah untuk mendengarkan soal yang akan dibacakan oleh mesin secara otomatis.
Memilih jawabanya sangat mudah,anda hanya diperintahkan untuk meng " klik " tulisan ( BENAR dan SALAH ) yang ada pada layar setelah soal selesai dibacakan.Jadi siapkan telinga anda dengan benar dan pastikan perangkat headset yang diberikan mempunyai suara yang jelas.Jika kurang jelas suaranya,langsung minta ke petugas untuk menggantinya.


Tahap Kedua

Setelah anda siap,petugas akan mulai menyalakan layar dan anda mulailah mengerjakan.Bagaimana bentuk simulasinya,bisa kalian lihat pada gambar dibawah :

Cara-mengerjakan-soal tes-AVIS-SIM-C

 
Kurang lebih nanti tampilan animasinya seperti ini,ini hanya saya ambilkan contoh dari salah satu soal saja,karena dari ke 30 soal,akan berbeda-beda nantinya animasinya.

Kita anggap saja ini soal nomer satu.



Pada lingkaran yang saya beri nomer 1 pada gambar adalah KATA-KATA yang " menjebak " kalian tidak perlu hiraukan itu,yang terpenting adalah apa yang kalian dengar dan bagaimana animasinya berjalan ( nomer 2 ),apakah sesuai dengan suara atau tidak.Kemudian jawab dengan klik " benar atau salah " ( nomer 3 ).

Untuk animasi ini,dalam suara ( headset ) akan berbunyi : Sebelum berbelok,pengendara harus memperlambat kendaraan dan menyalakan lampu sein sesuai arah kemana akan berbelok.Benarkah yang dilakukan pengendara tersebut?.

Perhatikan instruksi pada suara,dalam suara sudah jelas instruksinya harus memperlambat kendaraan dan menyalakan lampu sein bukan?perhatikan animasinya,APAKAH SESUAI PETUNJUK SUARA pada headset atau tidak.Jika sesuai dengan suara,pilih " benar " dan jika tidak sesuai dengan suara pilih " salah ".

Lalu apanya yang dikatakan " mengecoh atau jebakan "?

Perhatikan gambar yang saya lingkari dengan nomer 1 diatas.Disana akan tertulis seperti ini: Pengendara harus berhenti sejenak dan memastikan keadaan aman sebelum melanjutkan perjalanan.

Coba anda bandingkan dan fikirkan sejenak.Jika anda hanya " berpatokan " pada soal yang tertulis,pasti anda akan menjawab BENAR bukan?saya yakin seperti itu,tetapi jawaban yang benar bukan pada tulisan itu ( gambar no 1 ).

Jawaban yang benar adalah : Lihat animasinya apakah sesuai dengan instruksi atau tidak.Jika sesuai dengan suara instruksi,pilih " benar " jika tidak sesuai pilih " salah ".Kenapa?karena yang ditanyakan adalah pengendara yang ada dalam animasi BUKAN tulisan yang ada pada gambar yang saya beri nomer 1 diatas.

PERHATIKAN!

Inilah sebabnya saya katakan " Jangan terlalu terpancing dan terkecoh dengan yang tertulis ( gambar dengan nomer 1 ),tetapi fokus pada instruksi yang kalian dengar,dan animasi yang berjalan apakah sesuai atau tidak".

Gunakan langkah diatas untuk menyelesaikan semua soalnya.Dan setelah anda selesai mengerjakan,secara otomatis nilai akan muncul pada layar yang menyatakan anda lulus atau tidak lulus.Jika anda lulus,anda akan dipersilahkan melanjutkan ketahapan selanjutnya yaitu praktek ( menggunakan motor dengan jalur berliku-liku ).

Jika anda gagal,anda diperbolehkan untuk mengulanginya satu minggu kemudian,dan pelajari lagi yang saya jelaskan diatas dengan seksama.

Setelah anda mengerti dan faham,tentunya anda akan dengan mudah dalam mengerjakan test tersebut.Silahkan difahami dan bacalah dengan pelan-pelan.Jika ada yang ingin anda tanyakan silahkan tanyakan lewat form komentar dibawah.

Demikian Cara mengerjakan tes AVIS saat pembuatan SIM C yang benar supaya bisa lulus tahapan dalam proses ini dan bisa memperoleh surat ijin anda.Terimakasih sudah membaca,see uu.


2/23/2018 - tanpa komentar

0 komentar untuk Cara mengerjakan tes AVIS saat pembuatan SIM C.

Jika komentar tidak terlihat,klik - perlihatkan semua komentar - dibawah,tunggu beberapa saat kemudian kembali ke halaman ini.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar

Advertaismente