Cara memilih LPK yang bagus [ korea atau jepang ]

Cara memilih LPK yang bagus dan terjamin baik itu untuk bekerja di korea atau jepang mempunyai banyak kriteria yang harus kalian fahami.Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi banyaknya penipuan terhadap calon TKI,dan sebagai jaminan uang yang kita keluarkan tidak percumah tentunya.

Tata cara memilih Lembaga Pelatihan Khusus ( LPK ) yang resmi ada poin penting yang harus diperhatikan,baik dari segi kualitas ataupun kuantitas tempat tersebut.Sebelumnya saya harap kalian sudah mengerti bagaimana proses atau alur bekerja ke korea dan jepang terlebih dahulu sebelum melakukan langkah ini.

Cara memilih LPK yang terpercaya dan terakreditasi baik

Cara memilih LPK yang bagus


Lpk atau kepanjangan dari Lembaga Pelatihan Khusus ini adalah : suatu tempat yang bertujuan melatih ketrampilan kepada peserta atau murid didiknya agar memiliki kemampuan lebih untuk mencari lapangan pekerjaan dan harus memiliki ijin beroperasi.

Latar belakang pendidikan yang kurang atau mungkin keinginan untuk memiliki keytrampilan lain adalah salah satu sebab banyaknya orang mendaftarkan diri pada lembaga tersebut.Tetapi yang paling banyak adalah keinginan mereka untuk bekerja ke luar negeri,karena disinilah tempat mempelajari berbagai macam bahasa sesuai tujuan negara mana kalian ingin bekerja.

Lpk yang terakresitasi baik merupakan salah satu jaminan apakah nantinya kalian akan sukses bisa sampai terbang ke negera tujuan atau tidak.Jadi langkah yang akan saya berikan dibawah harus kalian perhatikan baik - baik,karena jika sampai salah langkah,kalian mungkin saja akan mengalami nasib buruk dimana banyak ribuan calon Tenaga Kerja Indonesia yang kena tipu oknum yang tidak bertanggung jawab.

Kita langsung ke pembahasan inti saja.

Ciri -ciri LPK yang baik dan terjamin dan langkah memilihnya :

1. Carilah yang dekat tempat tinggal

Cari apakah di sekitar tempat tinggal kalian ada,atau jika terpaksa dapat yang jauh,usahakan tidak terlampau jauh,karena ini bertujuan meminimalkan pengeluarkan dana transportasi kalian dan tentunya tidak perlu menyewa kost yang menambah pengeluaran saja.

Silahkan gali informasi sebanyak mungkin,bisa dari media sosial,bertanya ke teman,atau mencarinya di GOOGLE,atau kalian bisa menanyakanya pada depnaker sesuai dengan wilayah kalian tinggal.Tanyakan sedatail mungkin kepada petugas di sana.

2. Apakah memiliki riwayat yang bagus

Saya anggap kalian sudah menemukan satu atau beberapa tempat incaran kalian dengan menggunakan metode no 1.Kemudian langkah selanjutnya adalah kalian mencari informasi tentang riwayat tempat kursus incaran kalian.

yang saya maksud adalah : Apakah ada yang sudah pernah terbukti berangkat kerja dari tempat itu?dan semakin banyak yang sudah membuktikan,akan menambah keaslian tempat tersebut.

Jangan terburu - buru mendaftar,kalian harus benar - benar mendapatkan info yang valid dan bukan cuma sekedar kabar burung saja.Buktikan dengan bertanya ke keluarga atau orang yang di sebut pernah berangkat lewat tempat ini,dan semakin banyak bukti yang ada akan semakin mantap.



3. Tanyakan transparansi pembayaran

Jika sudahmenemukan data yang pas dengan 2 langkah diatas,datangilah dan tanyakan tentang " bagaimana proses pembayaranya " dengan detail dan jelas.Maksudnya sederhana saja : bayar sekian untuk apa,bayar sekian untuk biaya apa dll.

Kursusan yang bagus akan dengan senang hati menjelaskanya sedetail dan selengkap mugkin,dan utnuk kursusan yang jelek,pasti mereka akan " menutup - nutupi " sesuatu.Kalian bisa meminta label pembayaran atau kertas rincian biayanya dahulu,dan bawalah pulang untuk di teliti lebih lanjut.

Jika kalian memiliki daftar tempat incaran lebih dari satu tempat,silahkan minta kertas rincianya juga pada tempat lain yang kalian jadikan incaran,kumpulkan sebanyak mungkin ( bisa 3 atau 4 tempat ) dan bawalah pulang kertas tadi.

Setelah kalian membawa pulang kertas atau data rincian biayanya,saatnya mencari informasi lagi pada orang lain,bisa di group FB atau tetangga yang pernah menggunakan jasa kursusan tadi atau bisa kalian bandingkan dengan tempat lain.

Sekali lagi saya tekankan,jika les bahasa yang " abal - abal " akan langsung terlihat di data yang satu ini.Untuk besar biayanya tergantung kebijakan masing - masing,tetapi utnuk perbandingan saja,di wilayah saya ( jawa tengah ) besarnya untuk mendaftar sekitar 1.500.000 sampai 2.500.000.Itu hanya untuk mendapatkan fasilitas pelajaran bahasa saja,tetapi lama waktunya terserah kalian bisa sampai setahun atau lebih ( sampai kalian benar - benar bisa ).

Tentunya biaya diatas akan ditambah jika kalian menginginkan mengikuti program tes jika suatu saat ada tes.Tetapi lagi lagi jumlahnya tidak besar,hanya kisaran ratusan ribu saja.Jika kalian mendapati tempat dengan biaya lebih dari itu,silahkan di fikir ulang dan fikir masak - masak.

4. Ijin berdirinya usaha

Setelah semuanya dirasa meyakinkan,inilah tahapan terpenting dari semua tahapan,yaitu apakah tempat itu memiliki ijin yang resmi?karena jika itu hanya sebuah tempat penipuan,sudah pasti tidak akan memiliki ijin seperti ini.

Kalian bisa tanyakan pada disnakertrans dimana tempat itu berasal.Saya yakin petugas tidak akan berbohong dalam hal ini,jadi silahkan tanyakan sedetail mungkintentang prijinan kursus yang kalian incar.Jika memang memiliki ijin resmi,silahkan lanjut ke tahapan berikutnya.

5. Bagaimana sistem daftar dan pembelajaranya

Penjelasanya seperti ini : saat akan mulai mendaftarkan diri kalian,tanyakan apakah waktu mendaftarnya serempak atau bisa sewaktu - waktu?maksudnya adalah : Ada yang membuka pendaftaranya hanya sekali dalam setahun dan ada pula yang bebas,mau kapaunpun boleh.Kita akan bahas satu - satu.

Pendaftaran hanya sekali setiap tahun :
  • Kalian pernah mendaftar sekolah??hanya setahun sekali bukan??sama halnya dengan yang saya maksudkan disini.Jadi mereka hanya membuka waktu daftar setahun sekali.Kenapa?ini dilakukan dengan tujuan supaya pembelajaranya bisa bersama - sama tanpa ada yang tertinggal,jadi serempak.Dan ini akan memudahkan si pengajar nya dalam menyampaikan materinya.
Pendaftaran bebas kapanpun :
  • Ini yang paling banyak dilakukan oleh lembaga kursus di semua daerah,jadi nanti di dalam satu kelas akan terdapat banyak anak dengan materi yang berbeda - beda.Contoh si A materinya bab 1 dan si B materinya bab 20 dan si C materinya bab 40 begitu seterusnya ( campur aduk ).
  • tujuanya hanya satu : semakin banyak yang daftar akan semakin banyak penghasilan pengelola.Lalu apakah ini baik??Menurut saya sah - sah saja asalkan dengan satu CATATAN : Si guru pengajar bersedia " repot " dalam meyampaikan materinya,contoh : setelah mengajar di meja si A,gurunya pindah ke meja si B,setelah selesai kemudian pindah lagi ke meja si C.Jika memang tempatnya seperti itu TIDAK MASALAH.
Tetapi jika kalian mendapati tempat yang " ngawur " dalam memberikan materi dalam artian : anak baru langsung di perintahkan mengikuti anak yang lama,segeralah mencari tempat lain,karena belajar bahasa asing itu susah dan butuh ke tlatenan baik bagi pengajar maupun siswanya.

6. Selalu update informasi terbaru dan blak - blakan

Pengelolaan tempat yang baik harus di barengi dengan cepatnya pengelola mendapatkan informasi terbaru.Contohnya info kapan diadakanya tes,dimana,tes untuk perusahaan apa dll.

Semua diatas harus juga disampaikan kepada semua siswa secara gamblang dan blak - blakan tentunya dengan informasi yang sebenar - benarnya tanpa ada yang dilebihkan dan dikurangi.Disini biasanya tampat yang " nakal " mempermainkan para siswanya.

Mereka menyampaikan informasi yang tidak seperti aslinya,khususnya eret kaitanya dengan uang,contohnya : Informasi resmi hanya memberitahukan kapan diadakan tes,tetapi si oknum nakal ini akan membohongi kalian dengan mengatakan harus mengeluarkan uang sekian untuk mendapatkan informasi dan berbagai trik licik lainya.

Kalian harus membuka pikiran dan wawasan kalian semua untuk bisa terhindar dari orang jahat macam begitu.

7. Biaya sesuai dengan standart yang berlaku

Jika kalian fahami maksud no 3 di atas,disinilah fungsi utamanya,karena perlu kalian ketahui,memang dalam proses bekerja ke korea tidaklah gratis,selain itu ada banyak sekali tahapan tes yang harus dilakukan,dan setiap tes harus mengeluarkan sejumlah uang.

Tetapi jika di awal kalian sudah mempelajari bagaimana dan berapa rupiah yang harus di keluarkan,kalian tidak akan kaget lagi.Pastikan juga kalian membandingkan dengan biaya yang dikeluarkan di tempat lain,karena untuk biayanya seharusnya tidak selisih terlalu banyak,mungkin kalau selisih hanya seratus ribu atau dua ratus ribu masih wajar,tetapi jika sampai berjuta - juta,kalian harus waspada.

Saya rasa alur diatas sudah cukup untuk memastikan apakah tempat yang kalian akan jadikan rujukan merupakan lembaga kursus yang baik dan terjamin kelayakanya.Terlepas dari itu semua,kalian harus tetap waspada dan berhati - hati dalam segala hal.

Demikian sedikit tulisanku tentang bagaimana cara memilih LPK yang bagus dan baik entah itu untuk bahasa korea ataupun bahasa jepang.Semoga bisa menghindarkan kalian dari banyaknya penipuan yang ada sekarang,terimakasih sudah membaca,see uu.

2/03/2018 - tanpa komentar

0 komentar untuk Cara memilih LPK yang bagus [ korea atau jepang ].


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar

Advertaismente