Mengatasi Sinyal 4G Android Hilang atau Tidak Keluar Semua Provider

Mengatasi Sinyal 4G Android Hilang atau tidak keluar pada kartu telkomsel,kartu 3,kartu xl,kartu indosat ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi ketika koneksi internet di smartphone saya tidak muncul sama sekali alias no data conection,begitulah kira-kira notifikasinya.Untuk mengeluarkan signal yang lenyap entah kemana bisa kalian lakukan dengan cara yang sangat simpel dan praktis,hal ini sangat penting dilakukan supaya perangkat keras kalian itu bisa berfungsi dengan baik dan memuaskan.

Mengatasi kasus sinyal 4g hilang atau tidak keluar di hp android ( xiaomi,samsung,asus,lenovo ) ini bisa kalian terapkan untuk semua jenis provider dan hampir semua merk smartphone karena saat ini hampir semua jenis telepon pintar dan penyedia kartu perdana sudah mendukung signal tersebut.Kerana tanpa adanya koneksi internet,smartphone atau telepon pintar ini tidak akan berfungsi dengan maksimal.Ini meruapakan kelanjutan dari pembahasan mengembalikan performa smartphone yang lemot menjadi lancar kembali.

Cara Mengatasi Sinyal 4G Android Hilang


Sinyal 4G Android hilang tidak keluar

Telepon selular pada zaman sekarang seolah sudah menjadi kebutuhan " primer " untuk masyarakat.Bagaimana tidak,hampir setiap orang memiliki benda yang satu ini.Bahkan anak-anak yang belum cukup umur untuk menggunakanya,sekarang sudah dibekali alat canggih tersebut.

Selain untuk alat komunikasi,perangkat keras ini juga sekarang banyak di gunakan untuk berbagai tujuan.Ada yang menggunakanya asal untuk komunikasi dengan orang lain,untuk bisnis,untuk belajar,untuk hiburan dan masih banyak lagi yang lainya.

Saya sendiri tidak mau munafik,karena saya juga seorang pengguna gadget,jadi " benda " ini sudah menjadi teman dekat saya kemanapun saya pergi.Uniknya adalah : ada 2 hal sangat penting yang harus anda punyai selain gadget itu sendiri,apa itu :

  • - Kuota internet
  • - Signal

Sebagus apapun dan semahal apapun hp pintar yang kalian punyai,jika tidak memiliki 2 hal di atas,saya yakin benda itu hanya akan menjadi barang " usang " di tangan kita.

Mungkin untuk kuota tidak perlu saya bahas lebih mendalam lagi,karena saya yakin kalian semua sudah tahu dan mengerti apa itu kuota internet.Yang akan saya jabarkan adalah masalah " SIGNAL " yang terkadang atau mungkin sering menghilang pada smartphone kalian.

Yang paling menjengkelkan itu ketika kita sedang menggunakan atau akan menggunakan telepon,tiba tiba signal menghilang atau mungkin malah tidak ada sama sekali.Dan kali ini saya akan menjelaskanya untuk kalian.

Cara mengembalikan sinyal yang hilang ini bisa dilakukan untuk semua kartu perdana,baik itu telkomsel,3,xl maupun indosat.yang biasa saya lakukan adalah :

1. Restrat hp

2. Cari operator jaringan lain pada menu setelan,caranya :

- masuk menu setelan
- masuk menu lainya
- masuk menu jaringan seluler
- pilih lah " operator jaringan " di sini kalian bisa melakukan serching secara otomatis atau manual,saya sarankan gunakan yang manual saja,walaupun lebih lama prosesnya,tetapi hasilnya lebih bagus.

3. Jika cara kedua gagal,cobalah dengan mengembalikan pengaturan hp ke pengaturan pabrik :
  • masuk menu setelan
  • masuk " buat cadangan dan setel ulang "
  • pilih kembalikan ke setelan pabrik
  • tunggu proses selesai 
Untuk cara yang kedua,semua setingan dan data bahkan nomer telepon bisa ikut hilang terkena reset pabrik,jadi simpan dahulu semua file yang kalian anggap penting pada memori,dan lepas memori card saat akan melakukan reset ulang tersebut.
4. kalau cara ini juga gagal,cobalah ubah setingan internet pada hp kalian,caranya :
  • matikan data seluler
  • masuk menu setelan
  • pilih " lainya "
  • pilih jaringan seluler
  • jika kalian memakai 2 kartu,pilih kartu yang akan kalian ubah APN nya
  • pilih " jenis jaringan " ( pilihlah 2g/3g/4g )
  • kemudian pilihlah " nama titik akses " atau yang sering di sebut APN
  • dalam menu tersebut pasti sudah ada APN bawaan kartu perdana kalian,kalian coba satu persatu,apakah ada yang work
  • jika tidak ada yang work,buatlah APN sendiri,caranya :
- pilih tanda + atau tambah apn baru
- pada kolom NAMA di isi dengan " internet "
- pada kolom APN di sisi dengan " internet "
- pada kolom NAMA PENGGUNA di isi dengan " internet "
- sisanya biarkan saja seperti itu adanya
- gunakan setingan ini menjadi setingan utama
- nyalakan data seluler
- lihat apakah berhasil
- jika cara ini gagal,kalian bisa mencari APN lain di google dan mencobanya satu satu

5. jika ke empat cara diatas gagal semua,langkah terahir cobalah membeli kartu perdana baru,tanyakan ke penjual tentang masa berlaku dan apakah sudah suport 4g atau belum.Dan jika semua cara ini sudah kalian lakukan ternyata masih saja gagal,silahkan membaca 4 hal di bawah.

penyebab utama sinyal 4g hilang atau tidak keluar

Ada beberapa faktor penyebab kenapa signal internet tiba tiba hilang atau bahkan tidak keluar sama sekali,jangan dulu mengambil kesimpulan bahwa smartphone kalian rusak,tetapi pahami dahulu 4 hal yang akan saya bahas berikut ini :

1. Daerah belum mendukung


Sangat luasnya wilayah indonesia dengan bentuk negara yang terdiri dari banyak pulau mengakibatkan provider sedikit kesusahan untuk menjangkau semua wilayah.Jadi banyak daerah yang belum bisa di jangkau dan bahkan ada banyak daerah yang tidak ada signal sama sekali.
    
Untuk mengatasi nya :

- Pergilah dahulu ke luar daerah kalian,jika di sana terdapat signal yang di cari,berarti memang benar daerah kalian yang belum suportlah penyebabnya.Kalian tidak bisa berbuat banyak selain berpindah tempat tentunya.

- Jika sudah ke berbagai daerah tetapi signal masih belum keluar,berarti ada kemungkinan masalahnya di perangkat yang kalian miliki.

2. SIM card kartu tidak mendukung

Memang sekarang hampir semua provider sudah menyediakan fasilitas ini,tetapi tahukah kalian TIDAK SEMUA SIM CARD sudah mendukung.Maksudnya bagaimana?
       
Pernahkah kalian mendengar " UPGRADE SIM CARD " ?

Inilah yang saya maksud.Untuk kartu keluaran lama,ada beberapa  yang belum di program untuk menangkap signal terbaru.Jadi kalian harus meng UPGRADE nya terlebih dahulu.Tenag saja,proses ini tidak akan membuat nomer kalian berubah,jadi teman atau kolega kalian masih tetap bisa menghubungi kalian dengan nomer lama kalian yang sama.Pergilah ke gerai yang sesuai dengan provider kalian ( kalau XL ya ke gerai XL jika telkomsel ya ke gerai telkomsel ). 


Kalau kalian malas,kalian bisa membeli nomer yang baru,tetapi jangn lupa untuk menanyakan ke penjual " ini sudah suport apa belum ".Nomer keluaran terbaru setahu saya sudah di program untuk mendukung jenis ini,jadi tidak perlu repot-repot lagi.
3. Telepon belum mendukung

Untuk mengetahui apakah telepon kalian sudah suport apa belum,kalian bisa cek di GOOGLE dengan mengetik ( spek hp ....... ) isi dengan tipe hp kalian tentunya.Jika memang belum suport,ya berarti kalian mau tidak mau harus ganti dengan yang keluaran terbaru.

Tetapi hati-hati dalam membeli hp.Karena masih ada hp keluaran terbaru yang belum suport jenis signal terbaru loh.Tanyakan saja ke penjual,dan jangan lupa tanyakan " garansinya ".Saya pernah terjebak saat membeli modem laptop karena kesalahan saya sendiri yang kurang teliti. 

Berdoa saja masalah kalian ada di ke 3 hal yang saya sebutkan,jika ketiga hal di atas sudah " ok " tetapi signal masih belum muncul,masalahnya ada di " komponen dalam " hp kalian.
4. HP rusak 

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya,jika 3 hal di atas sudah benar tetapi signal masih belu muncul.masalahnya ada pada HP kalian.Tetapi jangan dulu di bawa ke tukang servis.Kalian bisa melakukan langkah kecil yaitu : 

- Lakukan HARD RISET atau kembalikan ke setingan pabrik ( ada pada setingan HP itu sendiri )

- Lakukan Flash ulang HP ( saya sarankan pergi ke ahlinya ) karena jika salah akan berakibat HP kalian bisa mati total.Tidaak perlu risau biaya,karena untuk Flash ulang,biayanya paling sekitar 50.000 di daerah saya,hehe.Proses ini hanya mencolokan kabel tanpa bongkar HP,jadi tidak perlu khawatir yang berlebihan jika yang menangani memang ahlinya

-  Jika semua cara di atas " tidak berhasil " kemungkinan besar masalahnya ada pada komponen yang ada di dalam telepon kalian.Untuk mengatasi hal ini kalian mau tidak mau harus melakukan " servis " yang otomatis akan membongkar secara keseluruhan.

Dan kalau memang jalur ini merupakan langkah terahir yang harus di tempuh,saran saya :

a. Pergilah ke PUSAT RESMINYA ( sesuai merk ) saja,jika memang ada di daerah kalian
b. Carilah tukang servis yang sudah ternama ( semakin terkenal biasanya semakin bagus )
c. Sebelum di servis,kelilinglah dulu ke beberapa tukang servis untuk membandingkan harganya
d. Jika sudah ketemu tukangnya,tanyakan apakah ada garansi setelah perbaikan

Saya yakin jika kalian melakukanya dengan benar semua langkah di atas,masalah pada telepon selular kalian akan terselesaikan dan kalian bisa berselancar lagi di dunia maya seperti semula.Dan bijaklah dalam bersosial media di internet.

Kelebihan dan kekurangan 

Selain sebagai pengguna,kita juga dituntut harus tahu apa saja kelebihan dan kekurangan dari jenis signal yang satu ini.
Kelebihanya adalah : Koneksi lebih cepat,sehingga berselancar di dunia mayapun sangat memuaskan
Kekuranganya adalah : Kuota cepat habis tentunya,dan penggunaan baterai menjadi lebih boros.

Tips memilih android yang mendukung dan suport

Sebelum membeli sebuag perangkat seluler,biasanya yang menjadi point utamanya dalah kompabilitasnya terhadap signal yang ada.Karena walaupun sekarang hampir semua HP memiliki sistem yang canggih,masih ada saja yang belum suport untuk signal ini.Lakukan cara ini sebelum membeli smartphone :
  • Cek di internet HP yang memiliki prosesor dan cpu bagus
  • Cek dan bandingkan harga berbagai produk tadi
  • Jika membeli online,pastikan penjual merupakan toko yang terpercaya
  • Jika membeli langsung,carilah toko besar yang sudah ternama
  • Tanyakan garansinya ( resmi atau bukan )
  • Lihat lagi spek yang tertulis di kemasan

Tips memilih kartu perdana yang mendukung dan suport

Tidak cuma HP,kartu pun jika salah dalam pemilihan,bisa menyebabkan susahnya koneksi internet di smartphone kalian.Jadi pilihlah dengan benar,silahkan ikuti langkah di bawah ini :
  • Pilih operator yang sudah ternama
  • Jangan tergiur harga murah,karena yang bagus pasti tidak murah
  • Cari penjual yang recomended,ada beberapa penjual nakal yang menjual produk jelek
  • Tanyakan ke penjual apakah kartu itu mendukung sinyal terbaru 
  • Tanyakan masa berlaku kartu perdana 
Ada beberapa artikel lain yang mungkin berguna untuk anda diantaranya :

- Mengubah sinyal 3g menjadi 4g dengan sangat mudah

- Menangani pulsa sering habis sendiri tanpa sebab

Menghilangkan iklan BBM yang menjengkelkan
Semoga Cara Mengatasi Sinyal 4G Android Hilang Tidak Keluar diatas bisa sedikit membantu kalian yang sedang bingung harus bagaimana menyelesaikan masalah signal yang tidak mau muncul.Terimakasih sudah membaca,see uu.


1/11/2018 - tanpa komentar

0 komentar untuk Mengatasi Sinyal 4G Android Hilang atau Tidak Keluar Semua Provider.

Jika komentar tidak terlihat,klik - perlihatkan semua komentar - dibawah,tunggu beberapa saat kemudian kembali ke halaman ini.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar

Advertaismente