Cara terbukti ampuh mengatasi laptop sering mati tiba tiba saat booting

Cara mengatasi laptop yang sering mati tiba tiba saat booting ini sudah saya praktekan dan terbukti ampuh mengembalikan performa laptop seperti baru lagi.Karena saya sendiri mengalami,dimana pc mati mendadak padahal baru sebentar di nyalakan.

Langkah langkah mengatasi komputer yang suka mati sendiri yang akan saya berikan berdasarkan pengalaman pribadi saya.Jadi silahkan di simak baik-baik supaya pc kalian bisa di gunakan seperti dalam kondisi baru beli.Ini merupakan artikel lanjutan tentang langkah instal ulang smartphone dengan baik dan benar.

Cara ampuh mengatasi laptop sering mati tiba tiba setelah beberapa menit karena panas


Cara terbukti ampuh mengatasi laptop sering mati tiba tiba

Solusi ini saya khusus kan untuk kalian kalian yang mengalami " gadget " kesayangan yang kalian miliki itu : baru dinyalakan sebentar langsung mati.Jadi tidak ada kesempatan untuk masuk ke mode REBOOT atau melakukan perintah via CMD.

Bisa juga untuk kalian yang memiliki kasus hampir sama,tetapi sudah melakukan berbagai cara,tetap tidak membuahkan hasil.Untuk anda yang sering mengalami masalah munculnya tanda seru kuning atau limited access,ada langkah tersendiri untuk menanganinya.

Mengatasi laptop mati sendiri setelah di hidupkan padahal baterai penuh

Sebelum membaca dan mengikuti langkah langkahnya,sekali lagi saya tekankan,ini pengalaman pribadi,tidak ada panduan buku atau rekomendasi atau bimbingan dari ahlinya.Terlepas dari sebuah kebetulan,saya yakin memang cara ini bisa mengatasi masalah di atas.

Untuk langkah langkahnya silahkan disimak baik-baik :

Ganti baterai

Sebenarnya langkah ini tidak harus,karena tanpa bateraipun masih bisa menyala dengan mengambil arus langsung dari charger.Sempat kepikiran baterai saya rusak,tetapi setelah saya pikir masak-masak kayaknya itu bukan letak permasalahanya.

Tidak masuk akal saja,hanya karena baterai rusak laptop jadi sering mati,tinggal di lepas batrenya dan colokan chargernya beres ( jika memang masalah di baterai ).Jadi jika baterai sudah kalian lepas dan masih sering turn off mendadak,berarti masalah BUKAN di baterai.

RAM rusak

Saat punya saya mengalami " permasalahan " seperti yang saya sebutkan di atas,hal pertama yang terlintas di fikiran saya adalah : wahhh ramnya jangan jangan rusak??

Tetapi saya tidak gegabah langsung ke tukang servis untuk di perbaiki.Saya iseng mampir ke tukang servis yang ada di kota,pura pura ingin membeli RAM.Karena saya yakin kalau saya langsung cerita permasalahan saya,si tukang servis pasti tidak akan menjawab solusi dan masalahnya dimana,tetapi pasti akan menyuruh saya membawa " unit " nya ke sana untuk di servis ( akal tukang servis ).

Ketika saya mulai bertanya tentang RAM,setelah beberapa pertanyaan ( harga,kualitas,bahan ) saya mengajukan pertanyaan mengenai " problem " saya.Seperti ini kira kira :

Saya      : Mas,komputer teman saya kok baru sebentar nyala,langsung mati ya,itu RAMnya rusak ya?
Tukang servis : Bukan mas,kalau RAM biasanya dan seringnya itu layar " blue screen "

Woowww,untung saja saya punya pikiran untuk pura pura mau beli dulu.Setelah tahu permasalahanya dimana,saya pura pura mau ambil uang,dan langsung pulang.Lega rasanya uang tidak jadi terbuang sia sia.

Instal ulang karena terkena virus

Setelah fix masalah bukan di RAMnya,saya kemudian berfikir apa mungkin karena virus?setelah saya browsing di GOOGLE ternyata memang banyak yang menjelaskan seperti itu.Sayapun sedikit percaya karena memang masuk akal kalau viruslah penyebabnya.

Langsung saya bawa ke tukang servis untuk di instal ulang.Dari pagi sampai menjelang sore akhirnya selesai juga istal ulangnya.Memang sempat nyala agak lama,tetapi kemudian mati lagi,dan kembali ke kondisi semula.

Tambah terkejut lagi karena tukang servisnya menyerah dan tidak sanggup mengatasi.Tetapi saya dapat kesimpulan bahwa ini semua bukan karena ulah virus yang bersarang.Untuk RAM dan VIRUS saya ambil kesimpulan TIDAK ADA MASALAH.

Ganti hard disk 

Beralihlah kecurigaan saya ke " hard disk ".Karena memang dari suaranya saja sudah agak berisik.Tetapi lagi lagi saya tidak mau gegabah membeli hard disk yang mahal.Saya coba dulu dengan hard disk murah yang kapasitasnya kecil ( untuk sekedar mengetes ).

Setelah saya ganti,ternyata bisa menyala agak lama,lebih lama daripada saat setelah di instal.Tetapi lagi lagi dan lagi,turn off sendiri.Tambah bingung,apa iya sudah waktunya di ganti.Berhubung saya orangnya gampang penasaran,saya coba langkah lain dan langkah terahir.


Membersihkan kipas dan mengoleskan TERMAL PASTA 

Setelah semua cara gagal,akhirnya dengan sangat terpaksa melakukan langkah terahir,dalam pikiran saya jika ini juga gagal,ya sudah di ganti saja dengan yang baru.

Saya coba BONGKAR TOTAL,ternyata kipas dalam kondisinya sangat kotor,bahkan debunya saja sudah keras seperti busa.Langsung terpikir " ini masalahnya ".Sebenarnya saya tidak tahu apa itu benar masalahnya apa bukan,tetapi melihat kondisi kipas,saya yakin itu masalahnya.

Setelah semua bersih dan mulus,saya bongkar bagian CPU.Tambah terkejut lagi,ternyata " termal pasta " atau pasta pendingin nya habis dan kering kerontang.Tanpa pikir panjang saya beli yang baru pastanya,waktu itu harganya 45.000 ( beli yang murah saja ).

 PC menyala dengan normal 

Setelah semua beres,kipas dan komponen sudah saya bersihkan,termal pastanya sudah saya ganti,hard disk juga sudah baru ( walaupun kapasitas kecil ),saya rakit kembali.Dan akhirnyaaaaa bisa menyala normal dalam waktu lama bahkan sampai 3 4 jam tanpa kendala.

Puas bercampur senang karena selain masalah terselesaikan,itu semua karena di kerjakan sendiri.Dan setelah saya hitung hitung total pengeluaran sekitar 100.000 an.Murah sekali di banding kalau di servis,saya yakin akan lebih dari itu.

Ringkasan

Jadi dari masalah di atas,hal yang saya lakukan adalah :

- Instal ulang ( kalau yakin ada virus saja )
- Mengganti hard disk baru
- Bersihkan total laptop dan ganti termal pasta

Sangat simpel kan?
Untuk kalian yang mengalami masalah serupa,ada baiknya mencoba apa yang saya lakukan.TETAPI!!! khusus untuk kalian yang siap dengan segala resiko!!jika kalian belum siap dengan segala resikonya,serahkan saja ke tukang servis ( lebih aman ).

Saya berani mengambil langkah tersebut karena selain biaya yang di keluarkan untuk servis pasti mahal,saya juga sudah siap dengan resiko " unit " saya mati total.Karena memang pc nya sudah lama dan memang sudah uzur.Jadi dalam pikiran saya ( biarin mati total,beli baru sekalian toh servis juga mahal,laptop sudah jadul pula ).

Tapi dalam kasus saya di atas,ada satu " pelajaran penting " yaitu : Apapun jika dilakukan dengan maksimal,hasilnya juga akan maksimal.Jangan lupa untuk merawat pc anda supaya bisa awet dipakai sampai bertahun-tahun.Dan berikut beberapa artikel penting yang mungkin bisa membantu permasalahan anda yang lainya :

- Aplikasi wajib PC setelah di instal ulang

- Memperbaiki hardisk bunyi krek-krek dan terasa panas


Demikian pengalamanku untuk cara mengatasi laptop yang mati sendiri dengan tiba tiba saat booting atau baru menyala sebentar.Semoga bisa membantu kalian yang memiliki masalah serupa,jika ada yang mau ditanyakan silahkan tanyakan di komentar.Terimakasih sudah membaca,see uuu.

 

1/09/2018 - 2 komentar

2 komentar untuk Cara terbukti ampuh mengatasi laptop sering mati tiba tiba saat booting.

Jika komentar tidak terlihat,klik - perlihatkan semua komentar - dibawah,tunggu beberapa saat kemudian kembali ke halaman ini.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar
.

Punya saya.. Samsung masih mati di awal booting. Pdlh sdh aku bongkar dan bersihkan dan ganti pasta. Tp masih aja mati mendadak saat booting.... Apanya ya kira2.

Balas Hapus
.

1. Pastikan pastanya terpasang dengan benar ( tepat di ataus prosesor nya )
2. Setelah semua bersih,kipas juga di cek,harus mutar dengan kencang,tidak cuma asal berputar
3. cek hardisk
4. instal ulang

kalau semua sudah,tetapi belum berhasil,waktunya berkunjung ke tukang servis ( harus dan wajib yang bagus di daerag agan )

Balas Hapus

Advertaismente