Mengatasi masalah/problem pada mobile nokia 9210/9210i lengkap

Beberapa masalah dan problem memang kerap terjadi pada mobile nokia 9210/9210i tetapi semua ada cara untuk mengatasinya.Hp yang sudah termasuk ke jajaran henpon klasik ini memang sering sekali mengalami kerusakan baik pada bagian luar ataupun pada bagian mesin.

Tetapi beberapa masalah atau trouble pada mobile nokia 9210 bisa di atasi jika kalian semua tahu bagian amana yang rusak dan apa yang harus di bongkar.Beberapa kerusakan yang pernah saya alami akan saya tulis di sini dan cara menanganinya.

Mengatasi masalah yang sering terjadi pada nokia 9210/9210i

Telephon keluaran pabrikan raksasa NOKIA ini memang sangat populer pada kali pertama di rilis.Tetapi karena harganya juga terbilang " mahal " pada waktu itu,hanya orang orang kalangan tertentu saja yang bisa memiliki hp unik nan elegan ini.

Sebenarnya saya sendiri baru beberapa tahun belakangan ini saja mulai suka dengan hp jadul tipe ini,dan tidak tahu kenapa,hanya tipe ini yang membuat saya sangat kesemsem,walaupun banyak yang lebih mahal dan lebih bagus ( menurut teman teman perjadulan ) tetap saja hanya tipe hp ini yang sangat saya sukai.

Dari beberapa tahun itulah saya menjumpai beberapa masalah yang sering terjadi,dan lambat laun saya mulai faham tentang hp ini.Tetapi saya masih belum mengerti tentang kerusakan yang terutama terjadi pada mesin.

Karena saya memang baru mengenal hp jadul,jadi hanya sebatas kerusakan kerusakan ringan saja yang saya tahu.

Masalah yang sering terjadi antara lain :

1. layar depan atau lcd nokia 9210/9210i tidak tampil

Mengatasi masalah/problem pada mobile nokia 9210/9210i lengkap




Untuk masalah layar,ada beberapa kemungkinan kerusakanya :

- Fleksibel rusak
- Lcd rusak ( pemasangan tidak benar )
- Mesin depan rusak ( ada 2 mesin pada hp ini ) satu bagian bawah satu bagian atas/depan

Untuk mengetahui kerusakan itu sumbernya dimana,kalian bisa lakukan cara :

- Cek semua fungsi hp,apakah semua berjalan lancar?jika semua baik baik saja,kemungkinan besar ada pada lcd dan fleksibel.Cobalah membeli lcd depan yang masih bagus,dan pasanglah.Jika ternyata lcd yang masih bagus tidak tampil,kemungkinan besar flesibel yang rusak.

- Jika fleksibel yang rusak,mau tidak mau kalian harus ganti fleksi dengan membongkar hp tersebut.Jika kalian baru,silahkan lihat panduanya di youtube,dan belajarlah memahami cara membongkarnya dulu,jika sudah faham,bongkarlah dan gantilah fleksinya

- Untuk kalian yang tidak mau ribet,bisa pakai jasa tukang servis,TETAPI saran saya,carilah tukang servis yang benar benar mengerti tentang hp ini,karena kebanyakan tukang servis sekarang hanya tahu " robot ijo " saja.


- Jika semua fungsi hp normal kecuali lcd,kalian sudah ganti fleksi dan lcd MASIH TETAP tidak tampil,kemungkinan terahir ada pada mesin bagian depan ( terutama soket penghubung lcdnya )

* Kalian bisa cari tukang servis di grup Facebook ( master jadul nusantara,hape jadoel indonesia,dsb ) carilah informasi tukang servis terpercaya dan yang bertanggung jawab!!

2. Sinyal di hp nokia 9210/9210i tidak keluar

Masalah lain yaitu bar sinyal tidak keluar,dalam masalah seperti ini,kompenen yang bermaslah biasanya :

-.Mesin
- Kabel antena
- Fleksibel

Kalau masalah ini,saya pernah sekali mengalaminya,tetapi waktu itu saya cek bongkar,ternyata kabenya antenanya putus,jadi saya ganti kabel itu,dan berhasil.

Mungkin kalau itu terjadi juga di hp kalian,silahakn periksa kira kira komponen mana yang rusak,saran saya jika kalian masih awam,silahkan cari jasa tukang servis seperti yang saya jelaskan di atas.

3. Layar atau lcd luar dan dalam nokia 9210/9210i bleng/blank 

Permasalahan yang umum terjadi adalah fleksibelnya rusak,satu satunya yang harus di lakukan adalah mengganti fleksibel tersebut.Bisa menggunakan tutorial yang banyak di YOUTUBE atau mencari jasa servis.

Jika kalian ingin menggantinya sendiri,belilah fleksibel entah itu di toko atau online,CARILAH fleksibel yang " SUDAH ADA SOKETNYA ".Jadi kalian jangan salah beli,karena ada 2 jenis fleksibel di sini,akan saya jelaskan di bawah nanti.

4. Tombol keyboard nokia 9210/9210i tidak bisa di pencet

Jika permasalahan ini yang kalian hadapi,ada beberapa kemungkinan :

- Fleksibel rusak
- Mesinya rusak
- Tombol keyboard kotor

Lakukan cara yang sederhana dahulu,bersihkan tombol dan kuningan yang ada di mesin menggunakan " penghapus " pensil.Jika tidak berhasil,berarti tinggal 2 kemungkinan,yaitu : mesin dan fleksi.Satu satunya cara ya di servis atau di ganti.

5. Memori hp nokia 9210/9210i tidak terbaca

Untuk kasus yang ini agak sedikit unik.Yang pernah saya alami adalah memori tidak terbaca tetapi jika memori saya pasang di laptop atau komputer bisa terbaca.JANGAN ANGGAP HPNYA RUSAK dahulu,karena memang bisa jadi hp nokia kalian tidak rusak.

Kenapa bisa begitu?percaya atau tidak,untuk jenis hp yang satu ini,ada beberapa atau mungkin bisa jadi semua hp nokia tipe ini " HARUS MEMAKAI MEMORI ORIGINAL ".

Dan benar saja,hp yang tedinya saya kira rusak,setelah mengganti memori original,sukses terbaca dan sekarang bisa memutar musik di hp jadoel ini.Jika kalian menemui masalah ini,cobalah ganti dengan memori yang BENAR BENAR original.

Kalian bisa mendapatkan memori oeiginal silahkan cari di bukalapak atau tokopedia,penjual yang terpercaya yaitu penjual yang memiliki feedback positif.

Jenis jenis fleksibel nokia 9210/9210i

Jenis fleksibel hp ini ada 2 macam,jadi kalian jangan sampai salah membelinya,jenisnya :

- Fleksibel tanpa soket ( fleksibelnya tidak bisa di pasang langsung,harus pasang soket dahulu )
- Fleksibel plus soket ( Langsung bisa di pasang )

Memang dalam segi harga,memang terpaut agak jauh,yang plus soket akan lebih mahal,tetapi dalam segi efisiensinya,lebih bagus yang plus soket.Karena kita tidak perlu memasang soket yang memiliki resiko tinggi,jika salah memasang soket,nanri fleksibelnya RUSAK.

Itu semua permasalahan yang sering saya jumpai pada nokia 9210/9210i dan cara mengatasinya.Semoga bisa sedikit mambantu kalian semua dalam merawat hp antik kalian.Terimakasih sudah membaca,see uuu.


12/31/2017 - tanpa komentar

0 komentar untuk Mengatasi masalah/problem pada mobile nokia 9210/9210i lengkap.

Jika komentar tidak terlihat,klik - perlihatkan semua komentar - dibawah,tunggu beberapa saat kemudian kembali ke halaman ini.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar

Advertaismente