ciri panggilan tes perusahaan yang menipu BERBAHAYA

Panggilan kerja yang ternyata adalah sebuah penipuan sebenarnya memiliki beberapa ciri atau tanda jika kalian perhatikan betul betul.Jadi pasti bentuk panggilan kerjanya aneh dan tidak masuk akal.

Tanda jika sebuah panggilan kerja sebenarnya merupakan sebuah penipuan bisa kalian fahami dibawah agar kalian terhindar dari kerugian yang pastinya besar nantinya.Supaya benar benar mengerti tentang panipuan yang berkedok panggilan pekerjaan ini,silahkan kalian simak baik baik.

Ciri dan jenis penipuan panggilan kerja BERBAHAYA

Dan kali ini saya akan membahas beberapa ciri penipuan lowongan kerja langsung ataupun online yang wajib kalian waspadai karena terindikasi sebuah penipuan,silahkan di simak baik baik.

Alamat lowongan kerja penipuan 

Ada begitu banyak tempat penipuan yang berkedok lowongan kerja di indonesia,tidak mungkin saya tuliskan satu satu,tetapi dari begitu banyak nya tempat penipuan,paling tidak kalian bisa melihat nya apakah itu lowongan asli atau palsu menggunakan cara di bawah ini :

1. Contoh panggilan kerja via email penipuan


jenis jenis penipuan berkedok panggilan kerja BERBAHAYA
 contoh panggilan kerja palsu

Saya dan team saya sebenarnya sedang mengawasi beberapa akun di fb yang sering mem post lowongan kerja perusahaan besar seperti chevron,pama,buma,garuda indonesia,pertamina dll,tetapi ada hal yang janggal di sana apa itu :

Jadi ketika saya cek untuk mendaftarkan diri saya di sana,tidak lama berselang ada email masuk yang mengharuskan saya transfer sejumlah uang untuk biaya travel,,dari situ saya sudah langsung curiga,apa iya perusahaan sebesar itu tidak mampu membiayai calon pekerja mereka walaupun masih dalam status pelamar kerja??

Akhir nya saya telfon dan email langsung kepada perusahaan yang bersangkutan,dan ternyata memang benar,,itu semua PENIPUAN!!!!!perusahaan perusahaan tersebut kalau membuka lowongan pekerjaan,pasti lewat jalur yang resmi entah itu depnaker,lpk,bkk,universitas,tidak ada satu kalipun mereka membuka lowongan kerja lewat media sosial yang sifat nya tidak jelas ( apalagi di suruh bayar ),itu jelas penipuan.

Jadi jika kalian mendaftar lowongan kerja yang bersumber terutama di fb,dan ternyata kalian di mintai uang untuk biaya travel,kalian jangan percaya,,itu bisa di indikasikan penipuan,untuk lebih yakin nya lagi kalian bisa kangsung kontak perusahaan yag bersangkutan untuk menanyakan perihal keaslian dari informasi tersebut.



2. Contoh undangan panggilan kerja via sms

Untuk jenis yang satu ini,baiasanya proses pendaftaran awal nya sangat mudah,,kalian hanya perlu mendaftar via sms dengan menyebutkan nama,ttl,pendidikan dan kalian akan langsung dapat sms balasan panggilan kerja atai wawancara,,yakin itu asli????

pakai logika kalian saja,apa iya badan usaha sekelas perusahaan,seperti itu proses perekrutan nya??TIDAK MUNGKIN!!!!!!!pasti ada tata cara atau alur yang benar,entah itu via BKK,LPK,selebaran resmi di kantor pos<via website resmi mereka dll

Tidak mungkin hanya bermodal sms seperti itu,kalian langsung lolos dan berhak mengikuti interview,,100% HOAX

Dan biasanya,sms penipuan nya berbunyi seperti ini :

Ciri panggilan interview penipuan


" Di harapkan kedatangan saudara JIDAT KOTAK pada hari senin 1-12-2020 pada jam 8 pagi bertemu dengan bapak JIDAT BAKPAO untuk mengikuti interview pada kantor kami dengan alamat jl dewi ........... naik angkot biru yang roda nya 2 setengah,,yang sopir nya tua berhenti di perempatan jalan sedikit gedung di sebelah tukang cendol berwarna biru

Pernah??di nalar saja,,masa panggilan kerja interview di ruko nggak jelas,,kenapa nggak di perusahaan nya langsung????karena setahu saya yang namanya panggilan kerja ya tujuan nya perusahaan nya langsung,ngapain harus ke ruko entah berantah begitu???dari sini bisa saya asumsikan ini PENIPUAN!!!!!

Dan kalau kalian penasaran sekali,,saran saya datanglah membawa polisi,saudara,tentara,preman,pokok nya datang membawa dekengan,jangan datang sendiri an,,kalau kalian ngeyel,,ya silahkan,,tanggung sendiri

3. Rayuan manis membayar uang di muka

Mungkin kalau memang dari awal mereka bilang sebagai calo,,untuk proses membayar uang di muka PASTI hukum nya dan wajib,tapi yang sering kena tipu adalah,,kalian ketemu sama seseorang di dalam ruko berpakaian rapih dan menjanjikan pekerjaan ke kalian dengan syarat membayar biaya akomodasi atau apapun itu iya kan????

biaya apa itu???TIDAK ADA perusahaan besar yang meminta kalian membayar untuk proses seleksi,,yang ada semua itu gratis,,jadi kalu kalian di minta membayar untuk biaya ini itu,,pikir lagi baik baik.

memang ada beberapa perusahaan yang mengharuskan kalian bayar sendiri ( pada saat medical ) tetapi pasti di kembalikan,,dan kalau kalian gagal,pasti di kembalikan juga,,itu saja besar nya paling kisaran 100 ribu,tidak sampai banyak,,dan itu pengumuman nya langsung di perusahaan masing masing,,bukan di ruko nggak jelas seperti yang saya jelasksan di atas tadi. 

Sedikit catatan dari saya :

a. Apapun lowongan nya,,usahakan pilih yang segala aktivitas nya berlangsung di dalam perusahaan mulai dari awal sampai akhir ( jangan di tempat nggak jelas )

b. Kalau memilih tempat mendaftar kerja,pilihlah tempat yang mempunyai kejelasan dan latar belakang yang bagus

c. Jangan pernah datang sendiri kalau mendapatkan panggilan kerja tetapi tempatnya tidak jelas alias bukan di perusahaan

d. Baca terus web saya ini ( www.pujiharono.id ) siapa tau ada informasi yang berguna,,hehe

Contoh sms panggilan kerja resmi 

Dan sedikit contoh sms atau telpon panggilan kerja resmi biasanya seperti ini :

- Di harap kedatangan nya saudara rian pada tanggal 1 januari 2020 pkl 08.00 pagi bertempat di perusahaan kami,membawa berkas lengkap.

Ada banyak sekali bentuk sms nya,tetapi sekali lagi saya tekan kan,biasanya panggilan kerja entah itu lewat sms atau telpon,kalau itu resmi,,biasanya tempat yang di tuju ya perusahaan tempat kalian mendaftar,kalau tempat yang di tuju kok aneh ( ruko kantor tidak jelas dll ) kalian wajib berhati hati.

Kalau ada yang kurang jelas,atau mau kalian tanyakan,silahkan tanyakan di kolom komentar di bawah,,sebisa mungkin akan saya jawab

Demikian sedikit ulasan tentang jenis jenis penipuan yang berkedok panggilan kerja,semoga bisa sedikit membantu kalian semua dalam mencari pekerjaan agar tidak terjerumus dalam lembah penipuan oknum oknum laknat itu.Terimakasih sudah membaca,,see uuu

12/12/2017 - 2 komentar

2 komentar untuk ciri panggilan tes perusahaan yang menipu BERBAHAYA.

Jika komentar tidak terlihat,klik - perlihatkan semua komentar - dibawah,tunggu beberapa saat kemudian kembali ke halaman ini.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar
.

Wajar ga sih kalau panggilan kerja jam 22.20 untuk interview bsk antara jam 08.00 s/d 13.00

Balas Hapus
.

Untuk waktu panggilan test saya rasa wajar saja,saya sendiri pernah dapat sms jam 1 malam.Mungkin karena sinyal atau masalah yang lainya.yang harus anda perhatikan adalah TEMPAT DIMANA BERLANGSUNGNYA TEST!

Jika tempatnya di perusahaan resminya,anda tidak perlu khawatir,tapi kalau tempatnya MENCURIGAKAN,saya sarankan datang bersama teman atau saudara ( lebih banyak teman lebih bagus ) kalau bisa bawa polisi juga untuk berjaga-jaga.Semoga membantu.

Balas Hapus

Advertaismente