Cara menjawab interview atau wawancara kerja untuk yang berpengalaman

Cara menjawab interview atau wawancara kerja untuk yang berpengalaman atau yang sebelumnya sudah pernah bekerja saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi dalam mengikuti proses seleksi pada beberapa perusahaan.Pertanyaan dan jawabanya juga berbeda dengan interview bagi mereka yang baru dalam mendaftar pekerjaan.

Menjawab pertanyaan wawancara kerja untuk mereka yang sudah mempunyai pengalaman kerja memang sedikit berbeda dan memerlukan persiapan khusus.Karena biasanya HRD akan lebih dalam menggali informasi bagi yang sudah memiliki pengalaman.

cara menjawab wawancara kerja atau interview perusahaan bagi yang punya pengalaman kerja



interview atau wawancara kerja untuk yang berpengalaman


Interview atau wawancara kerja adalah sebuah " test " yang dilakukan sebuah PT untuk mengetahui kepribadian dari pelamar kerja menggunakan perantara HRD dengan mengajukan beberapa pertanyaan yang harus dijawab pelamar kerja.

Dengan cara inilah kepribadian seseorang bisa terlihat,walaupun pelamar kerja tersebut tidak mengatakanya secara langsung.Di point penting inilah yang akan di ulas secara lengkap di sini.Krena memang ada beberapa tips untuk bisa lulus sebuah wawancara HRD dan bisa diterima kerja disana.

Seperti yang saya katakan diatas,pertanyaan yang diberikan HRD bertujuan untuk mengetahui karakteristik dari kalian semua apakah sesuai dengan kriteria yang di butuhkan atau tidak.

Apa saja yang dinilai dari sebuah interview atau wawancara kerja


1. Penampilan luar
2. Keperibadian ( di nilai dari jawaban atas pertanyaan yang di ajukan ) 
3. Sikap atau atitude atau tata krama dan sopan santun kalian
4. Kecocokan pribadi dengan pekerjaan yang sedang dibutuhkan

Ke 4 point diataslah yang menjadi point utama penilaian dalam proses ini.Kalian harus tahu caranya supaya ke empat poin di atas bisa kalian lalui dengan nilai yang memuaskan.Tentunya semakin besar penilaian HRD,kesempatan kalian untuk bisa diterima bekerja di sana juga lebih besar.

Tata cara interview atau wawancara yang baik dan benar

Sebagai sebuah langkah awal untuk bisa meraih pekerjaan yang kalian idamkan,pahami dengan benar tentang " attitude yang baik " saat melakukan sebuah tanya jawab dengan seorang HRD supaya kalian bisa berhasil mendapatkan tempat kerja yang bagus juga.

Beberapa point yang harus kalian perhatikan adalah :

1. Hal pertama yang harus kalian perhatikan adalah " instruksi awal " saat kalian di panggil untuk datang ke perusahaan untuk melakukan tes ini,yang saya maksud di sini adalah :

pernahkah kalian menerima sms panggilan kerja atau telfon seperti ini :
" di mohon kehadiran nya pada hari senin tanggal 1 bulan 1 tahun 2000 pada jam 7 pagi menggunakan pakaian selain hitam putih dan bertemu ibu apocalypto "

Jelas ada intruksi di sms itu bukan?itulah yang kalian harus ikuti dan JANGAN sekali kali melanggar,kalau tidak percaya silahkan di coba saja untuk di langgar,karena dengan kalian melanggarnya,secara tidak langsung kalian membuat citra kalian buruk dimata HRD.

Memang terlihat sepele,tapi seperti yang saya katakan di atas,itu sangat penting untuk kalian perhatikan dan ikuti lah semua dengan sebaik baik nya.

Jika di sms kurang begitu detail,ada baiknya kalian telfon balik untuk menanyakan secara terperinci,tidak usah takut salah,karena dengan kalian bertanya,justru kalian mendapatkan nilai plus sebagai calon pekerja yang benar benar antusias untuk mengikuti semua proses seleksi,dan percayalah bahwa HR sangat suka dengan calon pekerja yang sangat antusias terhadap perusahaan mereka.

2. Hal kedua yang harus kalian perhatikan adalah " penampilan " ini juga sering sekali di sepelekan oleh kalian para pencari kerja,percaya atau tidak pertama kali yang di lihat adalah penampilan kalian,dan penampilan sendiri terbagi menjadi banyak hal,berikut saya tulis detail nya :

a. Rambut

Potonglah rambut kalian serapih mungkin dan takaran rapih perusahaan biasanya adalah 1 cm,ayolahhh rambut itu paling 2 bulan tumbuh kok,jadi kalian nggak usah terlalu mikirin penampilan rambut,,camkan baik baik kata kata saya ini 

" perempuan cantik lebih milih kalian yang rambut nya keren atau kerja di perusahaan bagus " ????

Kalau untuk perempuan biasanya bisa di akali dengan mamakai pita atau kalau kalian mau potonglah seperti kakak kakak polwan itu,tetapi biasanya perempuan tidak terlalu di bebankan oleh penampilan rambut,karena memang kodrat nya perempuan kebanyakan berambut panjang,cukup di rapihkan saja.

b. kumis,jenggot,kuku

Potong semua nya,di rapihkan,kenapa??karena ini masuk penilaian kebersihan diri dimana kalau badan bersih di indikasikan seseorang itu akan bisa merawat tempat kerja dengan baik.Ini masuk ke dalam penilaian kepribadian.

c. pakaian

Selain kalian harus mengikuti intruksi seperti yang saya jelaskan di atas,pakailah pakaian yang rapih ( di setrika,ukuran nya pas,baju di masukan ) dan usahakan pakailah sepatu formal karena kalian kan ingin mendaftar kerja bukan jalan jalan di mall

3. Setelah semua nya ok,selanjut nya kalian harus mempersiapkan atitude kalian atau tata krama dan sopan santun ketika mulai memasuki ruang tes.Langkah-langkahya adalah :

a. ketuklah pintu saat akan memasuki ruangan
b. jangan duduk sebelum di persilahkan
c. duduklah dengan tegak dan jangan bersender pada kursi PERHATIKAN!!
d. letakan tangan di atas paha kalian,jangan sekali kali kalian meletakan tangan di atas meja seperti saat di bangku sekolahan dahulu.Karena ini masuk penilaian tidak sopan.
e. jawablah pertanyaan dengan tegas dan jangan berbelit belit.
f. saat selesai dan hendak keluar pintu,salam lah dan tutup pintu dengan pelan jangan lupa kembalikan kursi ke posisi semula.

Perhatikan baik baik langkah ini,memang ribet,tapi pelajari lah dengan baik,usaha tidak akan menghianati hasil.

Contoh pertanyaan interview kerja dan jawabanya bagi yang berpengalaman

Setelah semua persiapan di atas kalian pahami,selanjutnya adalah menjawab pertanyaan dengan baik dan benar atau paling tidak membuat mereka yakin bahwa kalian memang benar benar layak untuk di pekerjakan di perusahaan mereka.

Dan berikut beberapa pertanyaan yang biasanya di tanyakan oleh mereka :

1. Perkenalkan diri anda

Pada bagian ini kalian hanya perlu menjawab nya saja,mulai dari nama,umur,tahun lahir,pendidikan,hobi,pekerjaan orang tua,berapa bersaudara,alamat kalau ada yang masih kurang biasanya akan di tanyakan oleh mereka,tetapi berdasarkan apa yang saya alamai,itu semua sudah cukup untuk menjawab pertanyaan pertama di atas.

2. Jika anda mendapati suatu kesalahan dalam proses bekerja,apa yang anda lakukan?

Biasanya pertanyaan ini diajukan untuk mereka-mereka yang sudah pernah bekerja pada waktu sebelumnya.Tetapi tidak menutup kemungkinan,bagi kalian semua yang beru saja mengikuti sebuah tes perusahaan akan mendapatkan pertanyaan ini.

Lantas bagaimana jawaban yang baik?jawablah seperti ini :

Jika saya mendapati sebuah kesalahan dalam proses kerja,saya stop pekerjaanya,kemudian melaporkan kepada atasan ( leader bukan manager langsung ) dan menunggu instruksi selanjutnya.

3. Jika anda terlibat perselisihan dengan rekan kerja,apa yang akan anda lakukan?

Dalam sebuah lingkungan kerja apalagi jika ber interaksi dengan jumlah yang sangat banyak,tidak menutup kemungkinan jika terjadi sedikit kesalah pahaman disana.Dan jika kalian mendapati pertanyaan seperti ini,silahkan jawab dengan :

Saya akan selesaikan masalah itu dengan cara yang baik dan benar,di luar jam kerja saya.

Maksudnya adalah saat waktunya kerja ya profesional kerja,seperti tidak ada apa-apa.Setelah selesai bekerja,baru diselesaikan dengan cara yang baik dan benar.

4. kenapa anda ingin bekerja di perusahaan kami 

Untuk pertanyaan ini,saya sempat mendapatkan bocoran jawaban dari atasan perusahaan saya,jawaban yang bagus untuk pertanyaan ini adalah : saya ingin ikut serta memajukan perusahaan ini.
Memang terkesan klise tapi memang itu jawaban bagus nya,tetapi kalian harus siap dengan pertanyaan selanjut nya yang PASTI akan di tanyakan,yaitu : dengan cara apa anda memajukan perusahaan kami ?
Jawaban yang bagus adalah : saya akan bekerja dengan sungguh sungguh dalam mencapai target,mematuhi semua peraturan perusahaan dan selalu mementingkan kualitas produk perusahaan.

Kalau kalian ingin jawaban yang sederhana ( biasa ) dari pertanyaan poin 2 diatas dan tidak menimbulkan pertanyaan yang lain,jawabnya : karena saya lihat iklan lowongan perusahaan ini di media sosial.

5. apa motivasi mu bekerja

jawaban ini mempunyai jawaban yang sangat familier yaitu : ingin membantu orang tua,ingin hidup mandiri,ingin membangun masa depan yang lebih baik atau kalian mungkin punya jawaban sendiri.

khusus di sini saya tekan kan,JANGAN pernah menjawab : ingin mencari pengalaman karena kalian akan langsung mendapat nilai jelek,karena kalian akan di nilai hanya sekedar iseng saja melamar pekerjaan.

4. berapa gaji yang di inginkan

Jawaban yang bagus adalah : sesuai umk daerah yang di tetapkan pemerintah
atau kalian juga bisa menjawab nya dengan : Saya yang penting bekerja pak,soal gaji saya yakin perusahaan lebih faham dan saya akan ikuti semua keputusan perusahaan.

6. hobi nya apa

Untuk pertanyaan ini,jawaban kalian usahakan berhubungan dengan sesuatu yang melakukan suatu kegiatan entah itu olahraga,bongkar pasang motor atau apapun yang penting melakukan suatu kegiatan.

Supaya pihak perusahaan yakin kalau kalian memang layak diterima kerja,lakukan dengan sangat sungguh sungguh apa yang saya tulis di atas,karena memang tujuan utama dari wawancara adalah mengetahui apakah kalian benar benar layak diterima kerja atau tidak.

7. Berikan alasan kenapa kami harus menerima anda untuk bekerja 

Maksud dari pertanyaan itu adalah : kalian diperintahkan melakukan promosi diri kalian sendiri.Hampir sama dengan menyebutkan kelebihan kalian,tetapi lebih mengerucut ke arah " apakah perusahaan akan untung jika menerima kalian atau malah akan rugi ".

Jawaban untuk pertanyaan di atas adalah :
  • Saya akan mematuhi semua peraturan yang ada,jika melanggar saya siap menerima sangsinya
  • Saya akan bekerja dengan sungguh-sungguh dalam mencapai target
  • Saya akan menjaga nama baik perusahaan
Dari ketiga jawaban di atas,bisa kalian kembangkan sendiri,intinya adalah membuat pihak perusahaan yakin dan mantap untuk menerima kalian kerja ditempat mereka.

8. Program apa yang anda punya untuk memajukan perusahaan? 

Pertanyaan ini biasanya untuk mereka yang mendaftar pada posisi yang agak tinggi,entah itu supervisor,manager,kepala staf dan yang lainya.Untuk pertanyaan ini,hal yang harus kalian lakukan adalah : Menganalisa perusahaan tempat anda mendaftarkan diri,contohnya :
  • Lihat bergerak di bidang apakah PT tujuan anda
  • Carilah seorang pekerja PT tersebut untuk melakukan tanya jawab singkat
  • Gali sebanyak mungkin informasi yang bisa didapatkan ( ambil masalahnya saja )
  • Rumuskan sebuah ide yang mungkin bisa diterima 
Untuk apa semua itu?kan kita belum diterima?
kan tujuan ini untuk bisa menjawab pertanyaan HRD,memang kita tidak akan tahu mau bertanya apa mereka,tetapi jika dipersiapkan dengan matang,hasilkan juga akan memuaskan bukan?.

9. Kami memiliki masalah dengan sistem,bagaimana cara anda mengatasinya?

Pertanyaan ini biasanya diberikan untuk kalian yang melamar pada posisi khusus,contohnya ( IT ).Tidak harus itu,kita ambil sebagai contoh saja.IT itu kan biasanya berhubungan dengan pemrograman,pertanyaan yang diajukan juga sebenarnya hanya ingin mengetahui seberapa kompetenkah kalian untuk bisa diterima.
Contoh pertanyaanya :
Kami punya masalah dengan absen karyawan yang sering mengalami eror,bagaimana mengatasinya?

Jawaban yang benar adalah dengan memberikan solusi yang berbobot dan masuk akal,untuk yang satu ini,lakukan riset dan persiapan seperti contoh no 8 di atas.

Jawaban yang baik adalah :
  • Saya akan membuat sistem absen dengan sidik jari
  • Saya akan membuat ID CARD khusus untuk tiap-tiap pekerja
  • Saya akan membuat alat pendeteksi kecurangan absen
Silahkan dipikirkan sendiri jawaban yang berbobot dan yang pasti bisa memikat hati perekrut supaya tertarik untuk menerima anda bekerja disana.
Diatas hanya contoh atau ganbaran saja untuk kalian yang akan melakukan tatap muka dengan perekrut kerja.Persiapkanlah semua dengan baik,dan hasilnya akan baik juga.Setelah bekerja,hindari masalah yang bisa mengakibatkan menyesalnya kalian di kemudian hari.

Demikian Cara menjawab interview atau wawancara kerja untuk yang berpengalaman yang sudah saya praktekan sendiri dan selama 6 tahun saya sudah mencicipi dan berhasil bekerja pada 5 perusahaan yang ada di cikarang karawang dan sekitarnya.Semoga bisa sedikit membantu kalian semua dalam mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan kalian semua,see uuu.

12/11/2017 - tanpa komentar

0 komentar untuk Cara menjawab interview atau wawancara kerja untuk yang berpengalaman.

Jika komentar tidak terlihat,klik - perlihatkan semua komentar - dibawah,tunggu beberapa saat kemudian kembali ke halaman ini.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar

Advertaismente