Kisi Kisi Soal Psikotes PT Yamaha 2 YMMWJ TERBUKTI LOLOS!

Kisi kisi soal psikotes pt Yamaha 2 Manufactur West Java atau sering di singkat YMMWJ ini saya dapatkan langsung berdasarkan pada pengalamanku sendiri saat mengikuti seleksi recruitment di smk 1 karawang,dan alhamdulilah saya bisa lolos tanda tangan kontrak dan bekerja di sana.

Bentuk soal psikotest pt YMMWJ karawang ini secara garis besar tidak jauh berbeda dengan tes perusahaan pt pada umumnya.Tetapi ada beberapa yang berbeda,dan semua akan saya jelaskan di bawah,semoga bisa sedikit membantu anda semua yang sedang bingung,bagaimana cara mengerjakan soal psikotest PT YAMAHA karawang tersebut.



kisi kisi soal psikotes pt Yamaha Manufacturing West Java        ( YMMWJ )



PT yamaha WJ,seperti itulah nama familiernya,terletak di kawasan KIIC karawang,yang memang menjadi salah satu perusahaan tbk favoritnya para pencari kerja.Selain gaji nya yang lumayan,kesejahteraan perusahaan ini juga sangat baik.Inilah hal yang menjadi incaran para pencari kerja.

Untuk peenjelasan tentang bagaimana kesejahteraan nya,nanti saya bahas di artikel selanjutnya,sekarang kita bahas terlebih dahulu,bagaimana tes psikotes pt ini


Soal psikotes yamaha west java


TAHAPAN 1 di BKK


Proses pertama test psikotes saja jalani di BKK sekolah SMK 1 karawang,dengan ratusan pencari kerja lainya yang di bagi menjadi 5 gelombang dan berlangsung cuma satu hari ( sampai malam ).Kebetulan saya gelombang pertama karena memang mendaftar paling awal.

Saat di ruangan tes,ternyata soal yang di berikan cuma satu jenis soal perkalian saja,sepintas memang terlihat mudah,tetapi kenyatan nya tidak seperti itu.Bentuk soalnya seperti ini :



psikotes di pt yamaha wj






Saya berikan sekalian dengan isian nya,siapa tau anda mau menghafalnya,memang seperti itu tes pertama yang saya alami,jangan anggap gampang,karena di sini yang menjadi masalah besar adalah WAKTU yang di berikan hanya 2 menit kurang.Jadi sebisa mungkin anda mengisi semua jawaban dengan benar.

Faktor gugup atau gerogi lah yang menjadi masalah utama anda nanti,tetapi kalau anda sudah membaca artikel saya,saya harapkan nanti bisa lebih tenag saat mengerjakaan soal nya.Dan setelah mengerjakan test tersebut,kami semua di perbolehkan pulang dan menunggu pengumuman berikut nya via sms.

Beberapa hari kemudian saya mendapatkan sms bahwa saya LOLOS tes pertama,dan di harapkan datang untuk test lanjutan langsung di PT Yamaha west java di kawasan KIIC.Saya pikir test nya hanya seperti itu,ternyata belum,bahkan test yang sebenarnya baru akan di mulai.


TAHAPAN 2 DI PERUSAHAAN


Jika anda lulus ditahapan BKK,proses selanjutnya berlangsung di PTnya langsung.Alamatnya ada di kawasan KIIC kerawang.Ada beberapa tahapan ketika terst berlangsung di PTnya TAPI SEMUANYA BERLNGSUNG SELAMA SATU HARI SAJA.

Jadi semua tahapan berlangsung selama satu hari ( langsung diteskan semua sampai pulangnya agak sedikit sore waktu itu ).Untuk tahapanya adalahs ebagai berikut :


1. Tes Fisik ( Lari )

Test pertama yang akan anda ikuti adalah test fisik.Tes fisiknya adalah :

- Untuk Anda yang LAKI-LAKI : Lari 100 meter bolak balik 2 kali,jadi anda akan melakukan lari 400 meter dengan hanya di beri waktu maksimal 10 menit ( kalau saya tidak salah ingat ).

Untuk proses ini menggunakan " SISTEM GUGUR ".Jadi jika anda tidak sesuai waktunya,anda akan langsung DIPULANGKAN.

- Untuk anda yang perempuan : Lari Bolak balik 1 kali dengan panjang sekitar 100 meter,jadi total lari 200 meter.Untuk waktunya saya kurang tau,karena prosesnya dipisah saat itu,antara laki-laki dan perempuan.

Cewek juga sistemnya gugur,jadi bagi yang tidak sesuai waktunya akan dipulangkan.Sedikit TIPS untuk anda yang akan menjalani test ini supaya bisa lulus adalah :
  • Awali dengan lari STANDAR ( jangan langsung lari cepat karena anda akan lemas ditengah jalan )
  • Lakukan pemanasan ( khususnya bagian kaki dan perut ) karena banyak peserta yang KRAM kaki dan perut termasuk saya
  • Karena harus menggunakan sepatu ( gunakan sepatu yang enak untuk berlari,jangan gunakan sepatu yang sempit dan tidak enak untuk berlari )
  • Jangan makan terlalu kenyang sebelum berangkat ( isi perut seadanya saja,yang penting isi ) jika terlalu kenyang,anda bisa muntah
  • Pada lajur terahir,larilah sekancang mugkin ( ini kenapa saya katakan,awali dengan pelan saja )


2. Tes kreaplin/pauli/matematika berderet ke atas

Yapp,benar sekali,saat masih kelelahan karena efek dari berlari,kami langsung di berikan soal lanjutan.Tidak tanggung tanggung,soal nya adalah test kreaplin/pauli ( klenger nih ) seperti itu yang ada di otak saya waktu itu.

Seperti ini bentuk tesnya :


penjelasan tentang kisi kisi psikotes pt yamaha


Tapi mau gimana lagi,perjuangan harus di lanjutkan,untung saja saya tahu bagaimana harus mengerjakan tes kreaplin macam ini,saya punya trik jitu yang saya dapatkan dari beberapa pengalaman ku sendiri,jika kalian berminat,

BACA :


Percaya atau tidak,disini PALING BANYAK YANG GUGUR! Karena proses dari awal semuanya adalah sistem gugur.Jadi pelajari dengan baik bagaimana cara mengerjakan tes k pauli ini yaa.Jika anda pelajari dengan baik pada link diatas,kemungkinan lolos akan besar ( karena saya lolos menggunakan trik itu ).


3. Tes matematika dasar dan gambar

Belum selesai lohh,masih di timpa lagi dengan tes selanjutnya,tetapi test kali ini cukup mudah,yaitu test matematika dasar : isi nya soalnya antara lain :
  • jarak tempuh meter kilometer
  • uang belanja yang di tambah dan di kurangi
  • pecahan desimal
  • aljabar

Tips untuk mengerjakan bentuk soal seperti ini adalah dengan menghafal semua rumus matematika yang ada.Saya sudah berikan penjelasan lengkap untuk jenis soal matematika yang sering keluar saat sikotes di perusahaan.

BACA :



4. Tes gambar pohon

Jika anda lolos,selanjutnya adalah bentuk soal menggambar.Waktu itu soalnya adalah menggambar bentuk pohon.Saya kebetulan juga sudah mengerti bagaimana untuk mengerjakan bentuk soal seperti ini,antara lain :
  • Bagian harus lengkap
  • Gambar harus sesuai instruksi
  • Tidak boleh terlalu banyak hapusan
Dan masih banyak lagi point penting lainya.Saya berikan contoh yang sudah jadi untuk anda :



penjelasan tentang soal yang keluar saat sikotes pt yamaha


Untuk penjelasan detailnya,anda bisa pelajari di sini :

BACA :




5. Tes ketangkasan ketelitian

Dalam tes ini,ada 2 ketrampilan yang diteskan,yaitu :

- Anda akan di minta menata setumpuk kartu remi ke dalam 4 buah kotak kecil ( kotak atas,kiri,bawah dan kanan ).

Dalam masing masing kotak tersebut kalian akan di minta meletakan kartu dengan posisi yang sudah di tentukan ( sekop di sebelah atas,hati di sebelah kanan,kriting di sebelah bawah,wajik di sebelak kiri ) suka suka yang memberi instruksi saja,yang penting kalian konsentrasi saja dengan sebaik baik nya.

Contohnya seperti ini :



penjelasan kisi-kisi psikotes menata kartu di pt yamaha



- Anda akan diminta menata sebuah pin di kotak yang tersedia.

Ini adalah bentuk tes YANG ANGGOTA FB SAYA CERITAKAN ( enyah benar atau tidak ).Untuk saya pribadi,kala itu hanya menata kartu saja,tetapi tidak ada salahnya jika anda juga mempersiapkan dan belajar bentuk test yang satu ini.

Contohnya seperti ini :


penjelasan kisi-kisi sikotes pt yamaha wj


Perhatikan gambar diatas baik-baik.Tugas anda adalah :
  • Memasukan pin dengan ukuran yang sama dengan lubangnya
  • Warna pin harus sama PER BARISnya dengan warna di papan

Supaya anda bisa lolos,silahkan lakukan latihan atau paling tidak mengira-ngira saja juga tidak apa-apa.Karena saya yakin,untuk mencari alatnya agak sedikit susah ( yang penting anda sudah tau dan tidak akan kaget lagi nanti ).
Setelah semua selesai,kami semua di perbolehkan pulang,dan menunggu hasil lewat sms,dan alhamdulilah saya lolos dan bisa mengikuti test interview dan medical,selanjutnya tes training dan ahirnya resmi bekerja sebagai karyawan YMMWJ dengan seragam biru kotak kotak nya itu,hehe.

CATATAN PENTING!!!!

Tiap tahun soalnya akan berbeda,yang perlu anda lakukan BUKAN MENGHAFAL SOAL tapi fahami BAGAIMANA MENGERJAKANYA ( CATAT BAIK-BAIK SUPAYA ANDA TIDAK SALAH JALAN )


Demikian kisi kisi soal tes psikotes pt Yamaha Manufactur West Java ( YMMWJ ) yang bisa saya berikan berdasarkan apa yang saya alami sendiri.Semoga bisa sedikit membantu kalian semua dalam mengerjakan soal sikotes nanti.Terima kasih sudah membaca,see uuu.
28 komentar

28 komentar untuk Kisi Kisi Soal Psikotes PT Yamaha 2 YMMWJ TERBUKTI LOLOS!.


Perlihatkan Semua Komentar

Tutup Semua Komentar

.
Unknown

Thanks ka, sangat membantu
😊

Balas Hapus
.
Puji Hartono

sama-sama,semoga membantu anda

Balas Hapus
.
Unknown

Itu bnr gk mas d website resmi yamaha persyaratan cowo 160cm

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Benar,karena saya sendiri tingginya hanya 162 cm,tetapi bisa diterima bekerja disana.Ketentuan mungkin bisa berubah karena mutlak keputusan perusahaan,semoga membantu.

Balas Hapus
.
Unknown

TERIMAKASIH SANGAT BERMANFAAT

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Sama-sama,semoga sukses semuanya.

Balas Hapus
.
Tempat informasi terupdate

Makasih kang infonya 😁

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Sama-sama,semoga membantu.

Balas Hapus
.
Softlabkom

soal soalnya aga ga ya bang ?

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Kalau yang sama persis tidak ada,karena setiap tahun pasti ganti-ganti dan berubah ubah.Untuk membantu anda belajar,saya sudah siapkan kumpulan soal tes dalam format PDF,silahkan cari saja di artikel saya,dengan judul " kumpulan soal bank dan perusahaan PDF ".Semoga membantu.

Balas Hapus
.
Softlabkom

Mas bisa share contoh soal matematika ga buat dipelajarin sebelum tes waktunya tiba

Balas Hapus
.
Puji Hartono

saya sudah tuliskan dan jelaskan banyak di artikel yang lain mas,mulai dari penjelasan sampai file yang disa di dwnlod.Mas cari saja di kolom " search " pojok kanan atas,tuliskan apa yang mau dicari,nanti artikelnya muncul semua mas.Sangat banyak yang sudah saya tuliskan kok.

Balas Hapus
.
Unknown

Kak saya dapet SMS dari PT Yamaha saya lamar via pos terus disuruh ke ptnya hanya bawa alat tulis dan pakaian hitam putih tidak disuruh bawa pakaian olahraga untuk tes fisik itu bagaimana kak.

Balas Hapus
.
Unknown

Bang itu perkalian 1-10 hanya 2 menit Abang ini sampai perkalian berapa bang mohon pencerahannya.

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Untuk waktu pastinya berapa menit,saya sedikit lupa.Yang jelas,waktunya sangat mepet,dan banyak sekali yang gagal.Bukan karena tidak bisa mengerjakan,tetapi tidak keburu waktunya.

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Kalau panggilanya di PT langsung,ikuti saja perintahnya,karna itu panggilan resmi,bukan penipuan.

Balas Hapus
.
Unknown

mantap

Balas Hapus
.
Anonim

Bang kalo bukan domisili Karawang ada peluang lolos gk? Soalnya saya dari Cilacap

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Tesnya dimana? BKK atau di perusahaan langsung? Kalau di perusahaan langsung,masih besar kemungkinan lolos.

Balas Hapus
.
Muhammad risky berlimpah

Bang klo misal nya panggilan ke pt langsung apakah sama test nya?? Ada lari² jg??

Balas Hapus
.
Puji Hartono

Itu pengalamanku beberapa waktu yang lalu. Sekarang kurang tau, untuk persiapan saja kalau kalau masih pakai sistem lama.

Balas Hapus
.
Anonim

Bng klo udh lulus tes psikotes apkh bisa gagal lagi di interview nya?

Balas Hapus
.
Puji Hartono

bisa gagal. satu satunya yang PASTI itu ketika anda sudah tanda tangan kontrak, itu bisa dipastikan anda akan bekerja di perusahaan itu ( kalau sistemnya benar tidak lewat cara curang ).

Balas Hapus
.
Unknown

bang saya melamar di yamaha carrer dpt panggilan pt yimm wj
tes nya di gtc kira 2 itu real y bang

Balas Hapus
.
Puji Hartono

pengalamanku yamaha WJ itu tesnya di BKK smk pgri sama PT nya langsung. Kalau di GTC,saran saya jangan datang.

Balas Hapus
.
Unknown

Kak mau tanya, saya melamar di Yamaha Motor Manufacturing terus saya dapat WA dari Career Develovment center bekasi untuk mengikuti psikotes/interview, itu real ngga kak?

Balas Hapus
.
Puji Hartono

hati hati yaa, setau saya yamaha 2 itu langsung di pt atau di bkk sekolah smk pgri 2 karawang. Selain itu saya tidak tau. Hati hati apalagi mereka nanti minta uang.

Balas Hapus
.
Dika Alonso

Sebelumnya terima kasih bang ngebantu banget, dan kalo boleh tau abang tesnga tahun berapa ya?

Balas Hapus