Advertisement

7 Contoh Usaha Kecil-Kecilan yang Menjanjikan Modal Pas-Pasan

Ada banyak contoh usaha kecil-kecilan yang menjanjikan dengan modal yang pas-pasan yang bisa sukses menghasilkan untung besar.Anda hanya perlu tahu cara dan jenis bisnis apa ketika mulai mencari peluang untuk ber wiraswasta.

Untuk anda yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga atau mungkin masih remaja,ada banyak sekali bisnis rumahan dengan hanya modal yang kecil dan bisa dilakukan walaupun anda bertempat tinggal di desa.Berikut ini beberapa contohnya untuk anda.

7 Contoh dan Jenis Usaha atau Bisnis yang Menjanjikan Untung Besar

 



WIRAUSAHA

 

Jika anda ingin membicarakan sebuah bisnis,tentunya anda harus memikirkanya dengan baik dan matang sebelum terjun dan menekuninya.Karena jika anda hanya bermodal nekad saja,hasilnya juga akan " tergantung hoki " saja.
Bisnis tidak akan lepas dengan yang namanya wirausaha,karena memang inilah salah satu jalan yang paling populer jika anda ingin memiliki dan mendapatkan banyak uang.


Pengertian Wirausaha

Menurut hemat saya wirausaha adalah suatu bentuk usaha atau bisnis yang tidak bergantung ke pada orang lain,di mana kita sendiri yang berperan penuh dalam usaha tersebut.Walaupun bisnis ini sangat menjanjikan,tetapi seolah olah menjadi momok yang kurang menarik di karenakan beberapa orang yang mulai berfikir bahwa kalau membuka usaha,akan terbentur dengan yang namanya MODAL.

Selain itu,ada beberapa masalah atau kendala yang membuat seseorang mengurungkan niatanya untuk menjadi wirausahawan,yaitu :
  • Modal ( sudah saya katakan diatas )
  • Tidak punya tempat atau lahan usaha
  • Takut bangkrut duluan
  • Takut tidak laku
  • Bingung nanti mengelolanya bagaimana
  • Dan masih banyak lagi

Modal besar? benarkah?

Jika anda memang ingin membuat bisnis yang besar,mau tidak mau memang harus mengeluarkan biaya atau modalnya juga harus besar.Anda " JANGAN " terlalu memaksakan diri jika memang kemampuan anda belum memungkinkan.

Masih banyak usaha yang modalnya kecil tetapi bisa menghasilkan jumlah uang yang banyak.Ingat baik-baik " pebisnis itu orang yang bisa membuat peluang kecil menjadi keuntungan yang besar ",bukan orang yang ingin memulai semuanya dengan besar,tetapi hasil akhirnya malah kecil.


Tidak punya lahan?

Anda bisa mengakali permasalahan ini dengan memanfaatkan tempat tinggal anda sebagai lahan bisnis anda.

Saya belajar dari orang " TIONGHOA " yang ada di sekitar kota saya.Jika saya perhatikan,banyak sekali bahkan sebagian besar dari mereka membuat tempat usaha " yang menyatu " dengan tempat tinggal.Kenapa? Apa karena mereka tidak bisa membeli rumah? Jawabanya " BUKAN "!

Usahanya saja laris sekali dan bear pula,mana mungkin tidak bisa beli tempat tinggal.

Mereka melakukan itu bukan tanpa alasan dan sebab.Dan tahukah anda apa alasanya ?
  • Menghemat biaya pengeluaran
  • Menghemat biaya transportasi
  • Bisa lebih merasa aman ( tidak was-was kecurian )
  • Bisa menjaga barang dagangan mereka langsung
  • Menghemat biaya " akomodasi " ( listrik,air,dll )

Takut tidak laku? Takut bangkrut?

Fikiran seperti itu sangat wajar dan lumrah sekali.Tetapi itu hanya boleh sebatas " PEMIKIRAN " saja,tidak boleh sampai menghambat anda untuk berbisnis.Jika rasa takut itu membuat anda " menggagalkan " niat anda berbisnis,itu akan jadi masalah besar.

Siapa tahu memang sudah takdir anda menjadi pebisnis sukses bukan? Hanya karena takut hal-hal seperti itu,kesuksesan anda harus tertunda bertahun-tahun bahkan mungkin akhirnya anda tidak merasakan kesuksesan sama sekali.


Sebelum menjalankan sebuah bisnis,apa yang harus dilakukan atau dipersiapkan?

Jika anda sudah mendapatkan sedikit titik terang dan sedikit semangat untuk menjadi pebisnis maka,hal selanjutnya adalah memikirkan apa yang perlu dipersiapkan dengan matang sebelum memulainya.

Karena jika langsung memulai dengan " Bondo Nekat " saja,maka hal itu akan sangat beresiko besar terhadap kebangkrutan.Berikut beberapa hal yang perlu anda siapkan terlebih dahulu :

  • Cari peluang apa yang mungkin bisa menjanjikan,contohnya begini :
 
Jika anda hidup di daerah padat penduduk serta banyak pekerja yang tinggal,maka usaha seperti londri sangat cocok,kenapa? karena mereka yang para pekerja,kemungkinan besar tidak punya waktu untuk mencuci pakaian mereka. 
 
  • Kumpulkan semua kemungkinan bisnis yang bisa dilakukan

Silahkan anda cari semua kemungkinan yang bisa anda temukan untuk melakukan bisnisnya.Catat semuanya didalam buku untuk dilakukan evaluasi lebih lanjut.

  • Sesuaiakan dengan kemampuan finansial

Setelah anda mendapatkan berbagai macam bentuk usaha yang sekiranya bisa dilakukan,sekarang saatnya merinci " jumlah biaya " yang harus dikeluarkan jika ingin membuka ussaha itu.Carilah usaha yang paling " ramah untuk kantong anda ".

  • Jalankan dengan hati-hati
 
Setelah anda mendapatkan beberapa data,dan sudah menyeleksinya,sekarang saatnya memulainya.Lakukan semuanya dengan hati-hati,karena anda baru merintis bisnis tersebut.


Kesalahan yang harus anda hindari sebagai pebisnis

Ada beberapa kesalahan yang sering sekali dilakukan oleh mereka para pelaku bisnis,diantaranya :
  • Memulai bisnis dengan " HUTANG " ( ini sebisa mungkin anda hindari betul-betul )
  • Memaksakan diri ( finansial belum cukup,tetapi memaksa membuka usaha yang besar )
  • Tidak bisa melakukan " pengelolaan " dengan baik 
  • Besar pasak daripada tiang ( pengeluaran lebih banyak dari pendapatan anda )
  • Tidak mau belajar " jiwa bisnis "

Saya akan perjelas point terahir diatas.maksudnya tidak punya " jiwa bisnis " itu begini :

- Sudah tau bisnis tersebut untungnya belum bisa maksimal ( karena baru mulai ),tapi sudah merekrut anak buah,akhirnya keuntungan yang seharusnya bisa dinikmati,malah habis untuk gaji karyawan.

Setelah anda faham " panduan awalnya " berikut ini saya berikan beberapa contoh usaha skala kecil-kecilan atau menengah kebawah yang bisa menjanjikan dengan hanya modal yang pas-pasan saja,berikut daftarnya :


1. WARUNG KELONTONG


Saya sendiri sudah mempraktekan nya,itu sebab nya ini ada di daftar saya yang 1.Modal awal saya hanya 1,5 juta rupiah,waahhh besar mass!

Mahal mana dengan smartphone yang anda gunakan? Mahal mana dengan motor yang anda punya? :).Jumlah sebesar itu,saya kira masih bisa untuk sedikit " diusahakan ".Tapi tetap usahakan jangan berhutang yaa.

Dengan uang yang tidak banyak itu,awal buka warung,saya isi dengan rokok dan sayuran,tidak perlu banyak banyak.Sedikit saja yang penting rokok dan sayur nya sering di cari orang,anda bisa isi dengan minuman ringan kalau anda punya freezer.

Kenapa isi nya itu? karena menurut pengalaman saya,yang namanya warung kelontong,yang paling laris ya 3 itu : rokok,minuman,sayuran ( bahan dapur ).Bisa anda sesuaikan dengan kondisi di lingkungan anda.

Jika anda memilih bisnis ini,perhatikan 2 hal dibawah :

1. Kontrol para peng HUTANG di warung anda,tegaslah kepada mereka semua
2. Carilah tempat grosir yang murah tetapi terpercaya,,mainlah ke pasar induk atau pusat grosir dan carilah informasi di sana,,manakah tempat grosir murah dan terpercaya.


2. CATHERING MAKANAN  


Anda bisa coba dengan membuka usaha makanan,entah itu cuma untuk sarapan pagi,ataupun memang untuk sepanjang hari.Jika anda memilih bisnis ini,hanya 1 hal yang perlu anda garis bawahi : MAKANANYA HARUS ENAK ( murahan tak masalah,yang penting enak,jangan asal masak atau asal jadi ).

Masih teringat di kepala saya dulu waktu masih di kota perantauan,suatu pagi saya kebingungan mencari makanan untuk sarapan,bukan karena tidak ada,tetapi karena susah nya mencari makanan murah yang enak.Ketemu beberapa anak mungkin se umuran saya sedang berdiri di depan sebuah kontrakan,di depan nya ada sebuah meja dan di kerumuni banyak orang,saya lihat ternyata mereka jualan pecel,penasaran karena banyak nya yang antri,belilah saya pecel itu.

Ternyata memang enak sekali,alhasil hampir setiap pagi saya sarapan di situ,dan yang paling membekas di kepala saya,sewaktu saya iseng bertanya " mas,sehari untung berapa ? "

Dengan enteng nya penjual itu bilang : kecil kok mas,nggak kaya di PT,paling 100 ribu untung bersih.woowww,kecil dari mana nya itu? Gaji saya sebulan saja kalah waktu itu.


3. BERJUALAN KELILING    


Untuk yang satu ini,di butuhkan mental baja yang sangat kuat,tapi mereka mereka yang bermental bajalah yang punya kesempatan sukses lebih besar,kenapa? karena sukses adalah buah dari perjuangan keras,dan mereka mereka yang bermental baja lah yang biasanya kuat akan segala jenis keras nya perjuangan.

Ada banyak produk yang bisa di jual dengan sistem berjualan keliling,( bakso,mie ayam,dawet,es campur,dan masih sangat banyak lagi jenis nya).

Jika anda memilih makanan sebagai bahan yang anda jajakan keliling,perhatikan point ini :
  • Makanan anda harus enak
  • Perhatikan tanggal " kadaluarsa " 
  • Berkelilinglah di daerah ramai penduduk
  • Jangan jajakan makan yang di hindari penduduk sekitar ( anda menjual sosis babi di lingkungan orang muslim,tidak akan ada yang beli )

Untuk jenis jualan yang satu ini,sangat cocok apabila anda anda berada di kawasan industri dan daerah kos kosan,karena biasanya pada jam istirahat dan pada hari libur,banyak sekali orang orang yang keluar untuk mencari makanan.Dan pilihlah jenis makanan yang sering di cari,jangan asal berjualan,jangan lupakan faktor utama nya yaitu " RASA ".

4. LAUNDRY PAKAIAN  


Bisnis ini hanya mengandalkan tenaga,air,sabun,pewangi pakaian,dan setrika.Dengan peralatan utama yang mudah seperti itu,bisnis ini juga sangat menjanjikan loh,anda hanya perlu mempersiapkan peralatan utama di atas,dan tenaga yang extra jika anda belum mempunyai alat cuci pakaian tentunya.

Tetapi bisnis ini cuma cocok untuk daerah dengan kepadatan penduduk yang tinggi dan tingkat kesibukan yang tinggi pula,bisnis ini tidak cocok di terapkan di daerah pedesaan dan daerah yang tidak terlalu padat dengan kesibukan.


5. BISNIS PENITIPAN KENDARAAN BERMOTOR


Ini adalah bisnis yang hanya bermodal lahan kosong saja.Bahkan banyak sekali penitipan kendaraan bermotor yang sampai mengorbankan rumah si pemilik usaha di karenakan membludak nya kendaraan bermotor yang hendak di titipkan.Jangan sepelekan bisnis ini,di balik ruwet nya merapikan kendaraan bermotor yang hendak di titipkan,terselip rupiah yang sangat menjanjikan.

Kita ambil rata rata perhari untuk 1 kendaraan bermotor adalah 2.000 rupiah,kalau dalam sehari ada 50 kendaraan bermotor yang nitip di tempat anda,berarti anda sudah mendapatkan 100.000 rupiah dengan hanya duduk manis sambil minum kopi.

Tetapi anda harus extra hati hati dalam menjaga kendaraan itu,harus teliti juga,jangan sampai ada kejadian pencurian tentunya.


6. BUDIDAYA HEWAN " TRENDING TOPIK "  


Maksud dari hewan trending topik di atas adalah,dalam suatu waktu pasti ada saja hewan yang sedang banyak di gandrungi atau sedang banyak di senangi oleh orang orang,mulai dari burung merpati,burung kicau,burung hias,ikan,dan masih banyak lagi.
Anda harus peka untuk masalah ini,dan untuk bisnis yang satu ini,TIDAK saya sarankan untuk anda yang kurang memahami bagaimana tata cara merawat hewan,karena jika salah,bukan untung malah rugi yang anda dapatkan.Tetapi jika anda mempunyai jiwa memelihara hewan yang tinggi,ada baik nya mencoba bisnis yang satu ini.


7. Jualan Online


Bisnis ini sekarang sedang banyak sekali dilakoni terutama oleh ibu rumah tangga dan para remaja.Pernahkah anda mendengr istilah " RESSELER "?.

Itu adalah sebutan untuk mereka-mereka yang menjual suatu produk,tetapi mereka sendiri TIDAK memegang barang daganganya.

Jadi ketika ada yang memesan,mereka mencari barang tersebut di penjual atau pabriknya langsung,dan ketika mereka memberikan kepada si pemesan,mereka mengambil sedikit keuntungan lebih dari harga yang mereka keluarkan saat membelinya.

Tidak membuat barangnya,tidak menyimpan barangnya,tapi bisa jualan dan dapat untung pula.Sangat menggiurkan bukan?.


Sebenarnya tulisan saya di atas hanya bertujuan untuk membuka cara pandang anda saja,tidak mutlak dan harus sama seperti apa yang saya tuliskan.Dan kalau anda sudah sukses nanti dan menemui beberapa masalah,mungkin tulisan saya di bawah ini bisa membantu :

Baca :



Demikian pembahasan tentang contoh usaha kecil-kecilan yang sangat menjanjikan dengan hanya modal pas-pasan dan kecil saja,anda bisa mendapatkan untung besar.Semoga bisa membantu anda.Terimakasih telah membaca,see uu.


10/01/2017 - tanpa komentar

0 komentar untuk 7 Contoh Usaha Kecil-Kecilan yang Menjanjikan Modal Pas-Pasan.

Jika komentar anda tidak kunjung saya balas ( mohon maaf ) mungkin saya sedang ada keperluan.Silahkan tinggalkan email atau telepon di kolom komentar + pertanyaan anda.Saya akan balas ke alamat tersebut,terimakasih.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar

Kumpulan Soal Psikotes Kerja dan Jawabanya

Soal Tes Psikotes Kerja

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja