Advertisement

PENGALAMAN TEST PSIKOTES PT SHOWA INDONESIA MANUFACTUR CIKARANG

TEST PSIKOTES PT SHOWA INDONESIA MANUFACTUR CIKARANG

Selamat malam,,artikel kali ini saya akan menceritakan pengalaman pribadi saya mengikuti test psikotest PT Showa Indonesia Manufactur di cikarang,tepat nya di kawasan jababeka 1.Dan alahamdulilah dulu saya lulus dan diterima dan bekerja di sana bagian MACHINING.

Selain merupakan salah satu perusahaan dengan gaji besar di cikarang,,salah satu anak perusahaan Astra Group ini memang menjadi salah satu primadona untuk mereka mereka para pencari kerja khusus nya yang berlokasi di sekitaran kawasan jababeka 1.Bagaimana tidak,selain gaji nya yang tergolong lumayan,,fasilitas,tunjangan serta jam lembur nya yang banyak,,menjadi nilai tambah yang menjadikan perusahaan ini semakin populer di mata para pencari pekerjaan.

Memang dari sekian banyak tahap seleksi,,pada seleksi psikotes lah banyak kandidat kandidat yang gugur ( tidak lolos ) untuk lanjut ke tahap berikutnya,,inilah alasan saya menuliskan artikel ini,,semoga bisa membantu kalian dalam menghadapi test psikotes nanti.Kisi kisi atau test  ini saya alami dulu ketika masuk pada tahun 2011,,jadi tidak ada kepastian bentuk test nanti akan sama seperti ini,,tetapi paling tidak kalian sudah tahu bentuk test nya secara garis besar nya.



PSIKOTEST PT SHOWA

 

SOAL TEST PSIKOTEST PT SHOWA INDONESIA MANUFACTUR CIKARANG



1. TEST KREAPLIN

 Masih teringat di kepala saya,,awal mulai test langsung di suguhi soal angka berderet ini,,sedikit shock mengingat waktu itu badan saya dalam kondisi kurang fit,,melihat soal angka berderet seperti ini,,langsung berasa pusing,,tapi apa boleh buat,,yang namanya berjuang harus maju terus,,tidak boleh mundur bukan???

Beruntung nya saya tahu tentang bagaimnana harus mengerjakan soal yang seperti ini,,yahh dengan mengerjakan merujuk pada hasil dengan statistik atau grafik yang meningkat,,itu lah kunci untuk mengerjakan soal kreaplin seperti ini.

Kalau kalian tidak tahu dan ingin mengetahui cara untuk mengerjakan soal ini,,saya sudah tuliskan secara lengkap dan mendetail,,ada di artikel bawah :

Baca :




2. TEST MATEMATIKA DASAR  

Lanjut soal yang ke dua,,di soal yang ke dua saya di suguhi 20 soal matematika dasar berupa hitung hitungan standart,,memang terkesan gampang,,tetapi kami semua di suruh untuk mengerjakan nya dengan mencantumkan coret coretan cara mencari hasil nya,,di sinilah yang repot,,khusus nya untuk mereka mereka yang hobi mencontek,,pasal nya akan sangat susah mencontek coret coretan,iya kan??contoh soal nya seperti ini :

- pak heru mempunyai 14 orang siswa,,di mana pak heru akan membagikan 96 kertas kosong untuk mengerjakan soal,,di mana 2 orang siswa sudah membawa kertas sendiri dari rumah,,berpa kertas yang harus di bagi pak heru kepada masing masing siswanya ????


mudah bukan???memang tidak terlalu susah,,kalian hanya perlu konsentrasi penuh untuk mengerjakan nya,,dan perhatikan " waktu " yang di berikan,,jangan terlalu lama untuk menulis jawaban nya,,walaupun mengharuskan menggunakan coret coretan,,tetapi kalian harus cepat dalam menulis nya,,kalau tidak,,kalian akan termakan oleh waktu yang sangat singkat yang di berikan oleh HRD.

CATATAN!!!!
Dalam menulis coret coretan,,usahakan tulisan bisa terbaca,,kalau tulisan tidak jelas,,kalian bisa di kira asal menulis dan akan di kira mencontek nanti,,contoh pengerjaan coret coretan soal di atas seperti ini :

* 14 - 2 = 12
   96 : 12 = 8
Singkat,,jelas,,dan mudah di baca,,cara ini akan menguntungkan kalian nanti pada saat proses koreksi soal


3. TEST KONSENTRASI

Bentuk test ini kalau saya tidak salah ingat ada 10 atau 12 soal,,sedikit????jangan sembarangan dulu,,test ini bernilai paling tinggi,,dari mana saya tahu???karena saat saya sudah lulus dan bekerja beberapa bulan,,leader saya bercerita kalau bentuk test ini mempunyai nilai tertinggi,,karena mencangkup kecakapan kalian dalam menjalankan tugas yang di berikan apakah sesuai atau tidak.

Bentuk test nya kurang lebih seperti ini :






Lihat baik baik soal di gambar atas,,bentuk pengerjaan nya kurang lebih seperti ini :

soal no 1 :  si pemberi soal akan memberikan arahan seperti ini : BUATLAH ANGKA 1 PADA LINGKARAN PERTAMA,,ANGKA 2 PADA LINGKARAN KEDUA DAN LINGKARAN YANG LAIN DI KOSONGKAN.

Jadi kalian harus menuliskan angka 1 pada lingkaran pertama dan angka 2 di lingkarang ke dua pada soal nomer 1,,dan lingkaran sisanya di kosongkan,,jawaban kalian harus persis sama seperti instruksi yang di berikan,,kalau tidak kalian akan gagal.

Inilah kenapa soal ini mempunyai nilai tertinggi,,selain untuk mengetahui tingkat konsentrasi kalian,,test ini bertujuan untuk mengetahui apakah kalian tipe pekerja yang semaunya sendiri ataukah tipe yang sesuai prosedur dan arahan pimpinan,jadi fokuslah dengan sungguh sungguh.

CATATAN!!!       
1. bentuk instruksi akan berbeda tiap tiap soal,,jadi duduklah sedekat mungkin dengan si pemberi soal,,atau duduklah di tengah tengah di mana biasanya di tengahlah si pemberi soal akan berdiri sambil membacakan instruksi.


4. TEST GAMBAR          

Test terahir adalah test gambar,,di mana ada dua jenis gambar yang di berikan,,

- Test gambar ( warteg )
Cara nya adalah : gambarlah sebisa mungkin benda kerja,,kalian tahu kan benda kerja??benda yang di gunakan untuk bekerja ( cangkul,tang,kunci inggris )

- Test gambar kepribadian
Ini tidak ada rumus nya,,jadi kalian hanya tinggal mengikuti instruksi saja,,tidak perlu bagus,,yang penting gambar jelas dan sesuai dengan instruksi saja

Saya dapat sedikit bocoran,,di mana sekarang ada satu test lagi yang berbeda dari test terdahulu,,yaitu bentuk soal matematika pemahaman    
    
Bentuk soal nya seperti ini :

5  ...   5  =   10    titik titik itu isinya adalah ( + )
100   .....  2  =  50  titik titik itu isinya adlah ( : )

Sangat mudah bukan???ada 40 soal berbentuk seperti itu,,Kalian hanya tinggal KONSENTRASI penuh.

Tidak ada satupun yang menjamin,,soal soal yang saya berikan akan 100% sama dengan test test yang akan kalian hadapi nanti,,tapi ada baik nya kalian pelajari semua nya,,kenapa???karena dengan persiapan yang matang,,kalian akan labih percaya diri dalam menghadapi soal soal test nanti,,di bandingkan mereka mereka yang hanya bermodal nekad dan mengandalkan keberuntungan,,kalian akan punya nilai lebih.

Mungkin beberapa artikel berikut ini bisa sedikit membantu anda :

- Cara menulis surat lamaran kerja yang benar

- Jenis tes yang membuat para pelamar gagal ( matematika deret angka dan logika ) 

- DOWNLOAD SOAL-SOAL LATIHAN PSIKOTESTT LENGKAP FORMAT PDF


Saya juga tuliskan pengalaman saya ikut test di PT MUSASHI lohh,,silahkan di baca

Pengalaman test musashi

Ohh iya,,untuk informasi yang lain seputar dunia pekerjaan,,entah itu lowongan terbaru,,bentuk bentuk test,,dan masih banyak lagi kalian bisa visit web saya ini di alamat WWW.PUJIHARTONO.ID.

Sekian artikel saya semoga bisa sedikit membantu kalian nanti,,seee uuuuu.




9/28/2017 - 9 komentar

9 komentar untuk PENGALAMAN TEST PSIKOTES PT SHOWA INDONESIA MANUFACTUR CIKARANG.

Jika komentar anda tidak kunjung saya balas ( mohon maaf ) mungkin saya sedang ada keperluan.Silahkan tinggalkan email atau telepon di kolom komentar + pertanyaan anda.Saya akan balas ke alamat tersebut,terimakasih.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar
.

Masih hangat itu gan postingannya pt showa

Balas Hapus
.

Pt showa yg di kitic bukan tuh gan?

Balas Hapus
.

PT showa yang di jababeka mas,,depan pt unilever yang baru

Balas Hapus
.

mas, kalo di PT Showa ada tes apa aja biar sampe kerja?

Balas Hapus
.

Sesuai yang saya tuliskan diatas mas.

Balas Hapus
.

Thanks, bermanfaat bgt postingannya.
Oiya, kalo mau ngelamar disini boleh berkacamata gak ya? Apa ada antar-jemput?

Balas Hapus
.

Sama-sama.Kacamata diperbolehkan ( tergantung posisi yang anda lamar ),untuk jemputan tidak ada,hanya uang transportnya yang lumayan besar per harinya.Tapi itu semua dulu tahun 2012 saat saya masih bekerja disana,saya kurang tahu kalau sekarang sistemnya bagaimana.

Balas Hapus
.

Oh begitu, ya. Kalau waktu jamannya mas,jabatan operator produksi boleh mata minus?

Balas Hapus
.

100% nya saya tidak tahu mas,karena selain saya hanya di bagian machining saja kerjanya,gedungnya luas,jadi saya tidak bisa memastikan.Kalau dibagian saya ( machining sih tidak ada yang berkacamata ),tapi dibagian lain mungkin saja ada.

Balas Hapus

Kumpulan Soal Psikotes Kerja dan Jawabanya

Soal Tes Psikotes Kerja

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja