PENGALAMAN PRIBADI IKUT TEST CPNS 2017 ( CAT )

PENGALAMAN PRIBADI IKUT TEST CPNS 2017 ( CAT )

Selamat malam semua,,dalam artikel saya kali ini,saya akan menceritakan tentang pengalaman pribadi saya mengikuti TEST CPNS SEPTEMBER 2017 di lembaga KEMENHUKAM tepatnya sebagai penjaga rutan ( Rumah Tahanan ) atau bahasa familiar nya sipir penjara yang berlangsung di daerah JAWA TENGAH

Saya berani manulis ini di karenakan Alhamdulilah saya lulus tahap ke tiga yaitu pada tahap mengerjakan soal CAT,dengan perjuangan yang tidak mudah tentunya.

Setelah lulus tahap ke dua yaitu pemberkasan dan pengukuran tinggi badan,,saya sempat agak sedikit bimbang,,di karenakan setelah beberapa hari saya tidak kunjung mendapatkan pemberitahuan yang di katakan oleh mereka ( para selektor CPNS ) dimana akan ada pemberitahuan kepada peserta yang lulus melalui sms dan di website resmi mereka.

Tapi kemudian saya seakan mendapat durian runtuh,,sms yang saya tunggu tunggu pun akhir nya datang,yang memberitahukan bahwa saya lulus dan berhak mengikuti test selanjutnya yaitu test CAT...Berikut sms pemberitahuan tersebut :


TEMPAT TEST CAT CPNS 2017 JAWA TENGAH

Sesuai sms tersebut,tanpa pikir panjang,,saya langsung mencari letak UDINUS ( tempat berlangsung nya test ) menggunakan google map,,letak nya ada di dekat TUGU MUDA semarang ternyata,,ok tempat sudah ketemu,,kemudian saya mencari tempat menginap satu malam yang murah di semarang,,ternyata ada,,namanya sleep n sleep hostel,,kali ini saya menggunakan jasa aplikasi TRAVELOKA,,di mana untuk semalam,,biaya di sini hanya 40 ribu,,sudah mendapatkan fasilitas toilet dan air hangat,,lumayan dari pada harus tidur di pinggir jalan bukan.

Saya juga cek di website resmi dan situs KEMENHUKAM melalui twitter dan instagram,,ternyata pengumuman itu memang benar adanya.Ada point penting di mana peserta di harus kan memakai kemeja putih dan celana panjang hitam.

Setelah semua persiapan selesai,,saya berangkat satu hari sebelum test di mulai,,sesampainya di semarang,,langsung menuju UDINUS ( Universitas Dian Nuswantoro ),saya bertanya pada satpam di sana,dan beliau membenarkan bahwa besok akan di adakan test CPNS di tempat tersebut.

Kemudian saya menuju Hostel yang saya temukan di aplikasi TRAVELOKA,,check in,,mandi,,makan dan lain lain,,kalau semuanya di persiapkan dengan matang,,akan memudahkan kita juga dalam melakukan berbagai hal.Saya tinggal fokus belajar dan mempersiapkan mental untuk esok hari.

TEST CAT CPNS 2017 TANGGAL 25 SEPTEMBER

Pagi - pagi jam 5 saya sudah mandi dan sarapan,,langsung chek out mengantisipasi saya telat mengikuti test.Karena pada sms pemberitahuan tertulis saya test pada SESI 2 JAM 9.40 saya memang agak santai,bahkan saya sempat minum kopi dulu di warung dekat UDINUS,,inilah yang membuat saya HAMPIR GAGAL dalam mengikuti test.

lohh bagaimana bisa??hubungan nya apa???

Begini,,saat saya minum kopi,,saya iseng bertanya pada seorang satpam setempat yang kebetulan sedang minum kopi di warung yang sama dengan saya..

saya : Udah agak siang,tapi di sini masih sepi ya pak???
satpam : Ya sepi..wong absen nya bukan disini,,tapi di KODIM,,klo sudah absen,,baru ke sini..

Yaa TUHAN serasa di tempeleng pakai panah nya arjuna,,,jegeerrrrr!!!!!!!! langsung tanpa basi basi,,saya bayar kopi nya dan langsung tancap gas ke KODIM semarang.Di dalam hati marah besar,,kenapa tidak di cantumkan di sms,,kalau begini kan " ngawur ".

Sesampai nya di KODIM semarang,,benar saja,,,di sana sudah penuh sesak manusia manusia berseragam hitam putih,,langsung saya masuk dan ngomong dengan petugas nya

Saya : Maaf pak saya telat..
Petugas : Kamu sesi berapa??
Saya : sesi 2 pak
Petugas : nanti habis ini,,ini baru absen sesi 1

Setelah berasa kaya di tempeleng panah nya arjuna,,mendengar pernyataan petugas tadi,,kali ini nyeesssss legaaa luar biasa,,serasa di peluk srikandi pokok nya...keringat dingin dan gemetaran pun hilang seketika.Saya ceritakan kejadian tadi ke teman saya,,dengan santai nya teman saya bilang : " kalau baca pengumuman yang teliti,,sudah di jelaskan di TWITTER dan INSTAGRAM ".
WHATTTT?????
KADAL ALBINO
BUAYA BURIK
KADAL NUNGGING
KAMBING MOHAK
KAMPRET JANDA


Malu luar biasa,,ternyata letak kesalahan ada pada saya sendiri yang kurang teliti membaca pengumuman di twitter,,Tapiiiiiiiii mbok ya pengumuman seperti itu di cantumkan di sms gitu loooo,,tidak semua orang memakai TWITTER kan???tapi kalau sms,,saya berani pastikan semua memakai telephon seluler,,iya kan???semoga kejadian ini bisa menjadi pelajaran untuk kita semua,,,silahkan di ambil hikmah nya,,dan untuk pelajaran kalian,,semoga tidak mengalami hal seperti saya.

Akhirnya saya pun menunggu antrian absen untuk sesi 2,,tidak lama,,cuma sekitar 1/2 jam kemudian kami semua yang sesi 2 di panggil untuk absen.Untuk kalian semua,,pastikan membaca dengan teliti entah itu pengumuman di sms atau di semua situs pemerintahan ya.

Setelah selesai absen,,kami semua di antar menggunakan mobil yang sudah di sediakan menuju kampus UDINUS,,jadi kendaraan tetap di tinggal di KODIM dan pulang nya pun ke kodim nanti pakai kendaraan yang telah di sediakan tersebut.

TEST CAT CPNS 2017

Ini lah yang di tunggu tunggu,,sesampainya di tempat TEST CAT CPNS,,kami duduk di depan komputer yang sudah di sediakan,,kami di beri arahan sedikit mengenai nilai standart kelulusan yang harus di capai,,kalian bisa membaca :
nilai standart kelulusan

Dengan waktu yang hanya 40 menit,,mulailah kami semua mengerjakan soal soal itu,,sesuai prediksi saya,,soal nya susah susah dan banyak yang panjang panjang kalimat nya.Kalau untuk soal saya tidak ingat semua nya,,tetapi ada beberapa yang saya ingat dan mungkin bisa menjadi panduan kalian belajar,,beberapa soal yang saya ingat kuramg lebih seperti ini :

1. pengertian sila ke 4 pancasila
2. UUD yang mengatur badan pemerintahan
3. TAP MPR yang mengatur UUD
4. otonomi daerah
5. 2,4,6,8,0............
6. soal cerita yang panjang,,tetapi gampang

Kira kira seperti itu soal nya,,jadi kalian belajarlah tentang PANCASILA,UUD,TAP MPR,MATEMATIKA,DAN SOAL PEMAHAMAN.

CATATAN!!!!!!!saya tidak menjamin soal akan sama,,tapi setidak nya kalian punya gambaran bagaimana bentuk soal soal nanti,,belajar semua yang ada kaitanya dengan pemerintahan

Saran dari saya,,ketika kalian menemui soal yang sekiranya susah atau soal yang panjang,,langsung lewati saja untuk mengerjakan soal yang lain,,kenapa????

Angkatan saya test banyak sekali yang gagal gara gara WAKTU yang tidak cukup,,jadi mereka rata rata membaca semua soal,,padahal ujung ujung nya mereka tidak tahu harus mengisi apa,,waktu kalian akan terbuang sia sia,,bahkan ada soal yang untuk membaca nya saja membutuhkan waktu 1,5 menit,,dan itu ada banyuak soal nya,,jadi kalian harus pandai mengatur waktu di sini.

Setelah waktu habis,,komputer akan secara otomatis mengeluarkan nilai kalian,,di sini letak anti KKN nya berasa sekali,,di mana kita tidak perlu menunggu berhari hari untuk tahu lulus atau tidak nya,,LANGSUNG MUNCUL NILAI nya.Tinggal di lihat saja nilai kalian sesuai ambang batas nilai tidak,,kalau di atas nilai ambang batas,,ya kalian lulus,,kalau di bawah nilai ambang batas ya kalian gagal,,soal nilai ambang batas sudah saya berikan artikel nya di atas yang berwarna biru itu ya.

LANGKAH SELANJUTNYA SETELAH TAHAP TEST CAT

Saya sempat bertanya kepada petugas tentang langkah selanjutnya setelah test CAT ini..mereka hanya menjawab,,pantau terus situs resmi kami,,dan siapkan fisik nya,,jadi untuk kalian yang lulus test CAT,,agar terus memantau situs resmi nya,,jangan sampai ketinggalan berita atau pengumuman terbaru.

Setelah semua tahapan selesai,,sayapun pulang membawa kabar bahagia untuk semua keluarga saya,,dan semoga test selanjutnya saya di beri kemudahan dalam melalui nya,,aminnn.

Web saya ini berisi tentang seputar pekerjaan,,entah lowongan kerja,,wirausaha,,soal soal test,,perusahaan perusahaan yang bisa untuk rujukan kalian dalam mencari kerja dan masih banyak lagi,,ingat ingat saja alamat web saya ya    www . pujihartono . id   hehe

Dan kalau ada pertanyaan,,silahkan tulis di kolom komentar

Sekian artikel saya,,semoga bisa sedikit membantu kalian dalam menghadapi test nanti,,terimakasih sudah membaca,,selamat malam.seee uuuuuu



9/26/2017 - 2 komentar

2 komentar untuk PENGALAMAN PRIBADI IKUT TEST CPNS 2017 ( CAT ).

Jika komentar tidak terlihat,klik - perlihatkan semua komentar - dibawah,tunggu beberapa saat kemudian kembali ke halaman ini.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar
.

Terus, bagaimana kelanjutan ceritanya mas?

Balas Hapus
.

Dihasil terahir yaitu perengkingan,saya kalah rangking,jadi saya gagal.Karena kuota yang dibutuhkan sangat sedikit sedangkan yang daftar sangat banyak,diberlakukan sistem rangking,saya kurang beruntung disini.

Balas Hapus

Advertaismente