Advertisement

Kisi-Kisi Tes CAT CPNS Penjaga Tahanan atau Sipir Lapas

Materi dan kisi-kisi tes CAT cpns untuk penjaga tahanan atau sipir lapas seperti TWK,TIU,TKP yang tepat dan akurat ini berdasarkan pengalaman saya ketika mengikuti seleksi pada tahun 2017 lalu.Persiapan yang benar akan sangat membantu anda untuk menjawab soal ataupun melewati semua alur prosesnya dengan benar pula.

Kisi-kisi soal CAT tes cpns sipir lapas atau penjaga tahanan yang akan saya berikan ini sebenarnya lebih kearah point pokoknya saja,jadi bukan membahas bocoran soal,karena itu tidak mungkin dilakukan.Yang tahu soalnya akan keluar seperti apa,itu petugas dari kemenkumham sendiri.



Kisi-Kisi dan Soal Test CAT CPNS Sipir atau Penjaga Lapas





kisi-kisi-soal-tes-cpns


Sipir adalah orang yang bertugas dan bertanggung jawab terhadap semua narapidana atau tahanan yang menjalani proses hukuman di rutan tertentu.Selain menjaga supaya para narapidananya tidak kabur atau melarikan diri,masih banyak sekali tugas dan tanggung jawab yang harus dilakssanakanan.

Pada tahun 2018-2019 ini,pemerintah membuka lowongan pekerjaan di berbagai daerah untuk menjadi penjaga sel atau rutan.Jika anda mendaftarkan diri dan lolos tahapan verifikasi data,selanjutnya adalah mempersiapkan diri untuk mengikuti tahapan selanjutnya,yaitu : TES CAT CPNS Sipir Lapas.

Mungkin banyak dari anda yang beranggapan bahwa : tinggal menghafalkan contoh soalnya saja akan beres.Itu SALAH besar yaa.



Kenapa menghafalkan contoh soal salah?

Karena menurut pengalaman saya sendiri,untuk soal cpns,setiap tahun nya BERBEDA! darimana saya tahu?

Karena tahun kemarin ketika saya akan mengikuti seleksi ini,saya juga bertanya kepada mereka-mereka yang sudah berpengalaman.Dan tahukah anda,saya MELAKUKAN KESALAHAN ini.Saya menghafalkan semua contoh soal yang mereka berikan dan masih mereka ingat.

Alhasil,semua soalnya BERBEDA dengan apa yang saya hafalkan.Jadi jika anda ingin berhasil,mulai dengan persiapan yang benar.


Apa persiapan yang harus di lakukan???

Untuk memprsiapakan diri menghadapi ujian cpns,anda harus MEMPELAJARI MATERI SOAL.Karena dengan anda mempelajari materi nya,bentuk soal seperti apapun dapat dengan mudah anda kerjakan.

Materi test cpns terdiri dari tiga 3 materi pokok dan beberapa materi sub pokok,yaitu :

1. Test TWK ( test wawasan kebangsaan )


Dalam materi ini,anda diharuskan mengerti dan menguasai berbagai hal yang berhubungan dengan semua hal yang berkaitan erat dengan kebangsaan Indonesia.Secara garis besar atau rangkumanya kurang lebih seperti ini :
 
     - Pancasila
     - UUD 1945
     - Bhineka tunggal ika
     - NKRI


2. Test TIU ( Test intelegensi umum )


Untuk materi yang ini,anda juga harus mengerti tentang berbagai hal yang berkaitana dengan intelegensi atau kemampuan otak anda.Jadi ddidalam materi ini,mereka akan melihat sampai manakah kemampuan dan tingkat intelegensi anda semua.

Rangkumanya kurang lebih seperti ini :
 
     - Antonim
     - Sinonim
     - Bahasa istilah


3. Test TKP ( Test karakteristik kepribadian )


Untuk materi pembahasan ini,sedikit " berbeda " dengan 2 materi yang sebelumnya.Dalam pembahasan ini,tingkat kepribadian atau psikologis anda akan dinilai dengan bentuk-bentuk soal yang terbilang sangat mudah.

Contoh soalnya kurang lebih seperti ini :

- Jika sedang berada di perempatan jalan dan lampu hijau menyala,sedangkan ada seorang lansia sedang menyebrang,apa yang akan anda lakukan :

a. Menunggunya sampai
b. Membantunya menyebrang
c. Tetap melanjutkan perjalanan ( tanpa menabrak si lansia )

Jika dilihat sepintas memang sepertinya jawabanya benar semua dan tidak ada yang salah.Memang seperti itulah yang namanya test kepribadian,anda hanya harus menjawab sesuai dengan apa yang akan anda lakukan saja.

Pilihlah yang dirasa paling tepat!.

Jadi ketiga materi inilah yang harus anda pelajari selengkap lengkap nya dan se detail detail nya,karena soal cpns tidak jauh dari materi materi di atas.

100 soal yang akan keluar nanti adalah rangkuman dari 3 pokok pembahasan diatas,jadi silahkan mulai rangkum dan belajar untuk mempersiapkanya..Saya sudah sediakan kumpulan latihan soal-soal untuk bahan belajar anda mempersiapkan diri menghadapi test CAT sipir penjaga tahanan dibawah artikel ini.


TRIK BELAJAR yang BENAR

Setelah anda mengetahui bocoranya ( yang saya jumpai saat tahun 2017 lalu ),sekaranag saatnya untuk mempersiapkan diri anda.Seperti yang saya katakan sebelumnya,anda TIDAK BOLEH hanya menghafalkan contoh soal yang banyak beredar di internet.

Bukan menghafalkan,tetapi ambil point pentingnya saja.Inilah metode belajar yang efektif untuk mempersiapkan diri menghadapi tes seleksi CPNS.Saya akan perjelas untuk anda :

- Jika didalam soal latihan tertulis : Bunyi dari pasal 23 adalah : ........

Silahkan anda buat rangkuman tulisan yang menjelaskan tentang SEMUA pasal yang berkaitan dengan pasal 23.Jadi,bentuk soal latihan itu hanya sebagai " jembatan " anda saja dalam mengambil materi belajar.


TRIK MENGERJAKAN SOAL

Anda akan di hadapkan dengan 100 soal dengan di berikan tenggat waktu 90 menit,untuk mengatasi hal ini " KERJAKAN YANG MUDAH DAHULU ", kalau anda mendapati soal yang sulit,langsung lewati saja,carilah yang termudah,ini untuk menghindari waktu anda terbuang sia sia.

Mulailah dengan mengerjakan soal yang " pendek ".Jika anda menemui soal yang pertanyaanya panjang,lewati dulu saja,karena untuk membaca soalnya saja sudah memakan waktu ditambah lagi jika anda ternyata tidak tahu jawabanya,itu akan membuang-bunag waktu anda.


KESALAHAN SAAT MENGIKUTI TEST

Sebetulnya ini jarang sekali terjadi,tetapi pasti ada saja yang melakukan ini,beberapa kesalahan kecil yang harus kalian hindari :

1. Pergilah ke toilet sebelum terstnya berlangsung ( karena jika sudah mulai,anda TIDAK BOLEH keluar ruangan dengan alasan apapun!

2. mengerjakan soal secara berurutan ( ini boleh saja,tetapi usahakan ikuti instruksi saya diatas,dimana anda mengerjakan yang mudah dan bacaan yang pendek dahulu.

3. Salah menggunakan pakaian (karena pakaian sudah ditentukan harus bagaimana dan seperti apa)

4. Kelengkapan tertinggal ( banyak yang kartu bukti pendaftaran dan kelengkapan lainya ketinggalan,sehingga tidak bisa ikut seleksi )

Untuk mempermudah anda belajar,berikut saya berikan beberapa bahan untuk belajar khusus untuk anda.Anggap ini sebagai ucapan terimakasih anda sudah meluangkan waktu membaca artikel saya ini :

- Kumpulan latihan soal-soal TIU 5 ( antonim,sinonim,padan kata,dll )

- Materii latihan TWK

- Kumpulan latihan psikotes


Semoga dengan kisi-kisi CAT dan kumpulan latihan soal tes CPNS penjaga tahanan atau sipir lapas yang saya berikan tersebut,bisa membantu anda dalam mempersiapkan diri menghadapai seleksi calon pegawa negeri sipil.Terimakasih telah membaca,see uu.

9/13/2017 - 2 komentar

2 komentar untuk Kisi-Kisi Tes CAT CPNS Penjaga Tahanan atau Sipir Lapas.

Jika komentar anda tidak kunjung saya balas ( mohon maaf ) mungkin saya sedang ada keperluan.Silahkan tinggalkan email atau telepon di kolom komentar + pertanyaan anda.Saya akan balas ke alamat tersebut,terimakasih.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar
.

Sama-sama.Semoga membantu.

Balas Hapus

Kumpulan Soal Psikotes Kerja dan Jawabanya

Soal Tes Psikotes Kerja

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja