Advertisement

TIPS MENGHADAPI CALO PEKERJAAN

Tips menghadapi calo pekerjaan saat akan melamar kerja harus anda fahami jika ingin menggunakan jasa mereka setelah mendapatkan info lowongan kerja jalur khusus via orang dalam ini.Jika anda sampai salah langkah,bukan tidak mungkin anda akan tertipu oleh maraknya penipuan yang berkedok penyalur kerjaan.

Bagaimana cara menggunakan jasa calo kerja yang benar? Apakah terpercaya dan aman jika menggunakan jasa orang dalam dalam melamar pekrejaan? Supaya tidak tertipu penipuan bagaimana? Semuanya akan saya berikan tips dan triknya untuk anda dalam artikel kali ini.



Calo Kerja untuk Melamar Pekerjaan



Calo kerja adalah seseorang yang " BISA " menyalurkan atau memasukan seseorang kedalam sebuah perusahaan atau tempat kerja melalui jalan pintas ( tidak mengikuti prosedur resminya ).Bahasa sederhananya,anda bisa masuk ke sebuah perusahaan tanpa harus mengikuti test ataupun semacamnya ( jika mengikuti tes,itupun hanya formalitas atau pura-pura saja ).


Apakah praktek seperti itu LEGAL/Diperbolehkan?

Tentu saja TIDAK!.Praktek percaloan sangat dilarang,tetapi pada menyataanya banyak sekali para pencari kerjaan yang menggunakan jasa mereka.

Banyak kasus,ketika seseorang " ketahuan " masuk ke sebuah perusahaan menggunakan " CALO ",mereka langsung dikeluarkan dari kerjaan mereka.Bahkan jika menggunakan orang dalam,orang dalam tersebut juga akan kena imbasnya.

Perusahaan JEPANG adalah salah satu perusahaan yang sangat ketat dengan praktek percalon tenaga kerja seperti ini.


Apa penyebab orang menggunakan bantuan atau jasa calo kerja?

Banyak hal yang membuat seorang pencari kerja pada akhirnya memilih jalan pintas ini,atara lain :
  • Sempitnya lapangan atau lowongan kerja yang tersedia
  • Semakin banyaknya persaingan karena lulusan SMA atau perguruan tinggi semakin tahun juga semakin banyak
  • Tidak bisa atau enggan mengikuti serangkaian proses seleksi psikotes dan lainya
  • Karena kekurangan fisik yang menyebabkan sulit mendapatkan kesempatan bekerja
  • Umur yang sudah banyak sementara lowongan yang ada kebanyakan mencari yang berumur muda

Dan masih banyak lagi sebabnya.


Proses mendaftar menggunakan melalui atau via calo pekerjaan bagaimana?

Untuk alur prosesnya " BERMACAM-MACAM ",itu semua tergantung kesepakatan anda dengan mereka.Tetapi,saya hanya ingin memberikan " ALUR YANG BENAR " saja.Selain daripada alur yang saya berikan dibawah,silahkan anda pertimbangakan sendiri.

Alur yang benar ketika menggunakan jasa percaloan adalah seperti ini :

Datangi calonya--> Tanyakan untuk perusahaan mana--> Minta untuk sampai mendapatkan tanda tangan kontrak dulu--> Bayar --> Selesai

Ini alur proses yang benar dan profesional.Tetapi sekarang ini kebanyakan mereka " meminta uang dulu ",itu sangat beresiko.Saran saya gunakan yang lain saja.

Masuk kerja lewat jalur khusus

Untuk meyakinkan para pencari kerja,banyak cara di lakukan oleh para oknum nakal ini,dengan embel embel calo kerja terpercaya lah ini lah itu lah,apaun di lakukan agar mereka bisa meyakinkan para calon korban mereka.


TIPS MENGHADAPI CALO PEKERJAAN

 

Masuk pabrik bayar

Memang secara logika dan kalau di pikir tidak terlalu aneh kalau kita mau masuk ke sebuah perusahaan,kita di harus kan memberikan sejumlah uang,tetapi yang jadi masalah adalah,ketika kita sudah memberikan uang,apakah kita benar benar akan bekerja? atau malah uang kita lenyap dan kita pun tidak mendapatkan pekerjaan apapun 

Atas dasar itulah tulisan ini saya buat,mungkin dengan tulisan ini,anda yang tadinya hampir terkena tipu daya mereka mereka yang membuka lowongan kerja lewat jalur khusus,bisa sedikit berfikir jernih,dan kalau saya sarankan,praktek percaloan ini JANGAN anda gunakan,resikonya terlalu besar.


TIPS MENGHADAPI CALO PEKERJAAN




Jika dalam keadaan mendesak,bagaimana kalau terpaksa menggunakan pertolongan mereka?

Untuk pertanyaan ini,kembali lagi ke diri anda masing-masing.Karena setiap manusia memiliki prinsip dan pandangan hidup yang berbeda.

Jika anda terpaksa atau memang senagaja ingin menggunakan jalan pintas ini,ada beberapa hal penting yang harus anda perhatikan dan pertimbangkan terlebi dahulu,antara lain :


PERTAMA : CARILAH YANG BISA MEMBERIKAN GARANSI

 

Kalau anda ingin menggunakan jasa calo pekerjaan,carilah mereka mereka yang sanggup memberi garansi,maksudnya? anda bayar setelah tanda tangan kontrak,kenapa? karena ketika anda sudah tanda tangan kontrak,pihak perusahaan tidak boleh mengeluarkan anda secara sepihak,itu semua sudah di atur dalam undang undang kita.

Untuk point di atas saya tekan kan menjadi point WAJIB saat anda memilih jasa calo sebagai jalan pintas anda dalam mendaftar pekerjaan.


KEDUA : CARI YANG MEMANG BERKERJA DI PERUSAHAAN TERSEBUT


Carilah calo yang bekerja di perusahaan yang kalian tuju,kenapa? karena ketika anda sudah membayar dan ternyata anda di tipu,gampang mengatasi nya,anda tinggal laporkan saja ke pihak management soal praktek percaloan itu,dan anda pun akan gampang untuk melacak keberadaan calo tersebut.



KETIGA : CARILAH YANG RECOMENDED


Carilah calo yang mempunyai banyak referensi,maksudnya adalah anda cari siapa saja yang sudah pernah masuk kerja lewat calo tersebut,berapa banyak yang sudah berhasil.Semakin banyak yang sudah membuktikan ke " hebatan " calo tersebut,mungkin yaa bisa di bilang memang mereka calo yang benar benar menyalurkan kerja.


KEEMPAT : HATI-HATI DENGAN PENIPU


Hati hati terdahap embel embel loker via jalur khusus atau loker via adm,karena untuk yang seperti itu,kemungkinan besar mereka adalah calo,apalagi kalau panggilan test kerja nya tidak jelas tempat nya alias bukan di perusahaan,kalau itu memang penyalur kerja yang sudah terpercaya sih tidak masalah,tetapi kalau penyalur kerja yang tidak jelas asal usulnya,tidak jelas reputasinya,anda WAJIB berhati hati ya guysss.


Praktek percaloan biasanya terjadi di daerah daerah yang padat akan kawasan industri 

Cikarang,karawang,bekasi,jakarta,tempat tempat inilah yang biasanya terdapat banyak sekali praktek percaloan,tetapi anda tidak perlu takut,karena dari sekian banyak " calo nakal " pasti ada saja yang memang benar benar berniat untuk membantu anda.

Dan semoga sedikit tulisanku ini bisa sedikit menambah wawasan anda tentang dunia percaloan,khususnya anda sekalian yang baru saja terjun di dunia kerja,anda semua yang baru lulus sekolah dan sedang kebingungan mencari kerja,biasanya menjadi sasaran utama para oknum nakal ini.

Tertipu uang berjuta juta 

Anda percaya atau tidak,banyak yang sudah jadi korban nya,bahkan salah seorang teman saya,telah tertipu kurang lebih 5 juta rupiah demi mendapatkan pekerjaan di perusahaan ternama di cikarang.Karena menurut yang saya dengar,semakin besar perusahaan yang di tuju,maka semakin besar pula uang yang harus anda keluarkan.

Baca Juga :


Semoga sedikit tulisan ku ini bisa membantu menambah wawasan anda dari dunia percaloan ya guyss,tetapi saya tekan kan sekali lagi,JANGAN MEMAKAI JASA INI kalau anda tidak benar benar faham akan dunia percaloan ini,gunakan saja cara yang normal,kirim via pos,email atau yang lain,see uu.

8/30/2017 - tanpa komentar

0 komentar untuk TIPS MENGHADAPI CALO PEKERJAAN.

Jika komentar anda tidak kunjung saya balas ( mohon maaf ) mungkin saya sedang ada keperluan.Silahkan tinggalkan email atau telepon di kolom komentar + pertanyaan anda.Saya akan balas ke alamat tersebut,terimakasih.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar

Kumpulan Soal Psikotes Kerja dan Jawabanya

Soal Tes Psikotes Kerja

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja