Tips Mencari Pekerjaan di Perantauan Untuk Perantau


Bagaimana cara mencari pekerjaan untuk para perantau supaya bisa cepat mendapat kerja dan tidak lama menganggur.?bagi para perantauan,yang paling di inginkah adalah bagaimana untuk bisa mendapatkan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Merantau adalah suatu tindakan keluar dari daerah asal ke luar daerah untuk melakukan suatu kegiatan dan biasanya alasan untuk melakukan perantauan adalah mencari lapangan pekerjaan yang lebih baik dari daerah mereka sendiri.

TIPS MENCARI PEKERJAAN DI PERANTAUAN


TIPS MENCARI PEKERJAAN DI PERANTAUAN



Kalau menurut saya pribadi tidak salah memang jika seseorang memutuskan untuk hijrah dari daerahnya menuju daerah lain untuk mencari kehidupan yang lebih baik.Tetapi yang banyak terjadi adalah,mereka justru tidak mendapatkan hidup yang lebih baik melainkan menambah buruk keadaan diri mereka sendiri.

Jika kalian memutuskan untuk pergi ke luar daerah kalian,pastikan beberapa hal di bawah ini,supaya paling tidak kalian ada sedikit gambaran mengenai apa yang kalian lakukan.

Hal yang harus dipersiapkan sebelum merantau

Sebelum pergi hijrah ke tempat yang lain,persiapkan matang-matang segala sesuataunya,supaya hijrahnya kalian tidak menjadi hal yang sia-sia.Walaupun terlihat sepele,tetapi jika kalian sepelekan itu akan me,buat susah kalian nanti disana.

Hal perlu di siapkan antara lain:
  • Pastikan daerah tujuan memiliki prospek yang baik ( jangan merantau ke daerah yang buruk )
  • Pastikan setidaknya ada saudara atau teman atau paling tidak tempat tinggal
  • Pastikan tujuan kalian disana ( kalian pergi untuk apa dan akan melakukan apa )
  • Siapkan bekal yang cukup ( walaupun tidak banyak asal cukup )
  • Siapkan mental dan mintalah restu orang tua
Setelah semua siap,kalian bisa menuju tempat tujuan kalian,dan jangan lupakan doa.

Hal yang harus di hindari para perantau

Ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan jika kalian memutuskan untuk hijrah ke daerah orang lain,inilah hal kecil yang sering terlupakan yang membuat kahidupan yang seharusnya menjadi baik,tetapi malah bertambah buruk dan semakin buruk.

Hal yang perlu di hindari antara lain :

  • Hindari bersikap " buruk " terhadap orang lain ( jaga sopan santun )
  • Hindari teman atau kenalan yang membawa pengaruh negatif
  • Bergaulah dengan benar
  • Selalu tanamkan di pikiran kalian " masa depanku ada di tanganku sendiri "
Kenapa saya tuliskan hal di atas,karena banyak sekali teman-teman saya khususnya yang seharusnya sudah menjadi orang yang berkehidupan baik,malah masih berputar-putar saja di hidup yang seperti itu-itu saja.

Penyebabnya hal sepele,hal saya sebutkan di atas itu.

Dan jika kalian sudah berada di derah tujuan kalian,lantas bagaimana langkah selanjutnya?

Cara mencari dan mendapatkan kerja untuk perantau

Hal selanjutnya biasanya adalah masalah pekerjaan.Banyak yang megeluh kalau susah mendapatkan pekerjaan untuk perantauan.Sebelum kalian mengambil kesimpulan sepeti itu,apakah kalian sudah melakukan hal di bawah ini ?


Jika belum,lakukanlah dulu,tidak ada salahnya mencoba,setelah mencoba,barulah mengambil kesimpulan.

Langkah-langkah untuk mendapatkan pekerjaan antara lain :

1. pertama kalian buat lah surat lamaran kerja sebanyak kurang lebih 20 buah,bahkan semakin banyak semakin bagus.buset banyak amat masss?untuk apa?

  • Kita bagi menjadi 3 " kelompok "
- Kelompok pertama bisa kalian pisahkan 10 atau 15 lamaran,ini kalian kirim ke berbagai perusahaan yang sedang membuka lowongan pekerjaan.

- Kelompok kedua bisa kalian pisahkan sebanyak 5 lamaran atau lebih,ini kalian sebar dengan cara berkeliling ke berbagai perusahaan yang sedang membuka lowongan pekerjaan dan bisa menaruh langsung lamaranya di pos satpam atau kotak lamaran khusus ( biasanya ada di depan perusahaan tersebut.

- Kelompok ketiga bisa kalian pisahkan 5 lamaran atau lebih,ini di sebar dengan cara mendatangi berbagai yayasan penyalur kerja ataupun BKK ataupun tempat penyalur kerja yang lainya.

CATATAN!! : Jika kalian pergi ke penyalur kerja,pastiken bukan tempat PENIPUAN!!karena banyak sekali penipu berkedok tempat untuk melamar pekerjaan.Cara mengetahuinya adalah : bertanya ke semua orang apakah tempat itu aman.

2. Jika kebetulan kalian sedang berada di cikarang,berikut saya berikan BKK dan Yayasan yang pernah saya datangi di sana : TEMPAT PENYALUR KERJA CIKARANG.Jika kalian berada di daerah lain,lakukan hal yang sama seperti point di atas.

3. Kalian juga melakukan pendaftaran di media online,karena memang banyak juga perusahaan yang buka lowongan via online.

4. Atau kalian juga mengirimkan lamaran via email dengan memperhatikan panduan mengirimkan lamaran via e mail yang benar.Karena jika asal-asalan,usaha yang kalian lakukan akan sia-sia.

5. BELUM SELESAI SO,.kalau semua usaha di atas sudah kalian lakukan,cobalah untuk mencari kawan atau tetangga yang bisa di titipi lamaran pekerjaan,titip kan lah lamaran kerja kalian.

Pada point ini kalian tidak boleh sembarangan,kalian harus melihat,orang itu apakah memang benar ingin membantu dan bisa dimintai tolong.Jangan sampai kalian menemui orang yang berniat jahat,bukanya kalian mendapatkan pekerjaan,nanti malah kalian di manfaatkan. 

6. HATI HATI KEPADA CALO,KEBANYAKAN DARI MEREKA CUMA INGIN MEMANFAATKAN KALIAN SAJA!!.

7.  berdoalah dan mintalah restu orang tua kalian,saya rasa kalau dari semua yang saya tulis di atas sudah kalian lakukan,kemungkinan besar kalian dapat panggilan kerja.Yang penting usahanya harus bener bener,jangan males malesan.

Jika semua hal di atas sudah kalian lakukan dengan maksimal dan belum mendapatkan panggilan pekerjaan,ada baiknya kalian mencari alternatif lain.Bisa kalian coba dengan bekerja di tempat tempat yang " tidak " terlalu bonafide dalam bahasa saya " kerja apa saja yang penting halal ".

Lakukan ini sambil mencari informasi tentang perusahaan yang sedang membuka lowongan pekerjaan.Atau hal lainya yang bisa menghasilkan uang,gunakan pikiran kalian,dan jangan melakukan hal-hal yang negatif.

Demikian tulisan tentang Tips Mencari Pekerjaan di Perantauan Untuk Perantau yang semoga bisa sedikit membantu kalian semua yang akan atau bahkan sedang dalam daerah perantauan.Terimakasih sudah membaca,see uu.

8/23/2017 - tanpa komentar

0 komentar untuk Tips Mencari Pekerjaan di Perantauan Untuk Perantau.

komentar di usahakan sesuai topik ya gannn


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar

Advertaismente