Rencana Setelah Lulus SMA/SMK untuk Masa Depan Anda!

Rencana setalah lulus SMA atau SMK harus anda fikirkan dengan baik apakah ingin mencari pekerjaan yang cocok ataukah memilih sekolah lanjutan yang sesuai dengan keinginan hati anda.Anda memang harus membuat persiapan,karena jika tidak,mau ngapain lagi?.

Setelah lulus SMA SMK atau sekolah menengah atas harus bagaimana? Apa langkah selanjutnya? Apa yang harus saya lakukan? Itulah yang seharusnya adna fikirkan ketika anda telah menyandang gelar atau mendapatkan ijazah kelulusan.Saya akan memberikan beberapa pilihan yang mungkin bisa anda gunakan.


 Rencana yang Bisa Menjadi Pilihan Setelah Lulus SMA atau SMK Sederajat



Apa yang harus dilakukan setelah lulus SMS/SMK sederajat



Jika anda adalah seseorang yang telah mendapatkan ijasah kelulusan sekolah menengah atas atau mungkin belum lulus sekolah tapi sudah berfikir,apa yang harus dilakukan setelah lulus nanti? Anda selangkah lebih maju daripada orang lain yang hanya mengikuti alur hidup saja.

Hal ini sangat penting,karena dengan anda berfikiran seperti itu,paling tidak anda sudah mempersiapkan masa depan anda dengan lebih matang.Jadi setelah kelulusan nanti,anda sudah tidak bingung lagi harus bagaimana.

Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan setelah lulus SMA/SMK sederajat,antara lain :

1. BEKERJA


Pilihan paling umum dan paling banyak dilakukan adalah dengan bekerja,baik di perusahaan atau tempat yang lain.Kenapa hal ini sangat banyak dipilih seseorang? Alasanya sederhana saja :
  • Ingin mandiri
  • Sudah ingin mencari uang sendiri
  • Tidak terlalu suka berfikir mata pelajaran lagi
  • Tidak mampu dengan biaya kuliah yang tinggi
  • Tuntutan orang tua
Dan masih sangat banyak hal yang mendasari seseorang memilih jalan ini.Apakah ada,perusahaan ( yang gajinya besar ) yang mau menerima lulusan SMA saja?

Anda jangan salah,sangat banyak perusahaan yang membuka lowongan kerja untuk mereka yang hanya tamatan sekolah mengah atas saja.Beberapa perusahaan besar yang membuka lowongan pekerjaan itu antara lain :

a. pt PAMA ( tambang batu bara )

b. pt BUMA ( tambang batu bara )

c. pt Astra Honda ( pabrik kendaraan )

d. pt Yamaha motor ( pabrik kendaraan )



Selain daftar diatas,masih banyak dan sangat banyak perusahaan yang menyediakan kesempatan bekerja untuk tamatan ini.Hanya saja,anda harus tau bahwa : Persaingan dalam mencari pekerjaan bagi tamatan SMA/SMK SANGAT TINGGI.

Ada puluhan ribu orang di indonesia setiap tahunya yang lulus.Jadi mau tidak mau anda harus bersaing dengan mereka.


Apa yang harus dilakukan untuk bisa besaing dengan mereka?

Dalam sebuah perekruitan calon karyawan baru di sebuah perusahaan,PASTI akan diadakan yang namnya sebuah tes yang sering disebut dengan istilah " tes psikotes ".Tugas anda hanya belajar dan mempelajari,jenis-jenis soal tes yang sering keluar saat psikotes berlangsung.

Selain psikotes,masih ada wawancara kerja dan medical chek up ( tes kesehatan ).Semua tahapan inilah yang harus anda perdalam ilmunya jika ingin memilih " bekerja " sebagai langkah selanjutnya setelah anda lulus nanti.

BACA :




Selain 2 diatas,masih banyak pembahasan mengenai bentuk tes yang ada di sebuah perusahaan,silahkan anda cari saja pada artikel saya yang lain dengan mengetikan kalimat yang anda cari di kolom " search " pada bilah kanan atas website ini.


2. KULIAH


Jika anda memiliki dana yang cukup,saran saya adalah memilih opsi ini,kenapa? Karena sekarang,ijasah D3/S1 sangat tinggi nilainya dimata perusahaan.Terlebih lagi,posisi atau jabatan untuk seseorang yang memiliki ijasah ini akan lebih tinggi daripada tamatan SMK saja.

Gaji yang diberikanpun relatif lebih tinggi dari tamatan SMK.Jadi jika anda memiliki uang,silahkan pilih opsi ini.


Saya tidak memiliki uang,tapi ingin kuliah bagaimana?

Ada beberapa opsi yang bisa anda lakukan jika memang kondisinya seperti itu,antara lain :
  • Kuliah sambil bekerja
  • Mencari jalan untuk mendapatkan beasiswa
  • Melakukan usaha lain untuk membantu biaya perkuliahan anda
Yang menjadi masalah terkait masa depan anda adalah : BENAR SALAHnya memilih mata perkuliahan.Kenapa? Karena tujuan anda berkuliah adalah mencari kerja nantinya,maka anda harus mencari,jurusan kulian apa yang sekiranya banyak diminati perusahaan.

Anda tidak boleh asal-asalan dalam memilih mata perkuliahan jika memang tujuan anda adalah masa depan yang lebih bagus.Silahka anda pelajari :

Baca :



Apa yang harus dipilih,D3 atau S1 jika ingin kuliah?

Saran terbaik yang bisa saya berikan adalah : Silahkan ambil dulu D3,kenapa? apa alasanya?
  • D3 masih sangat diminati di beberapa perusahaan 
  • Jika anda ada waktu dan uang,anda bisa melanjutkanya ke S1 ( tapi kalau anda ambil S1,anda tidak bisa setengah jalan,alias harus sampai tahun terahir kuliahnya )


3. PENDIDIKAN DI SEKOLAH PEMERINTAHAN


Yang saya makksudkan adalah : Anda menempuh pendidikan lagi di sekolah-sekolah yang jika lulus nanti,anda akan diberikan kesempatan bekerja di lembaga miliki pemerintahan seperti : Bank Indonesia,POLRI,Dinas Daerah dan lain sebagainya.

Hanya saja,selain mungkin biaya yang cukup mahal dan proses masuknya bisa dibilang lebih rumit daripada melamar pekerjaan,ada banyak sekali persyaratanya jika anda ingin menempuh jalur ini.Adapun sekolah atau akademi yang bisa anda ambil,antara lain :

a. AKPOL  ( AKADEMI KEPOLISIAN )

b. STAN

c. STKIP


Dan masih banyak lagi lembaga lainya yang bisa anda pilih.Saya hanya " membuka cara pikir anda " saja.Selebihnya silahkan cari dan gali informasi yang lebih detail lagi.


4. KURSUS BAHASA ASING


Ini adalah opsi lain yang bisa anda pilih.Ada banyak sekali manfaat jika anda memilih langkah ini ( jadi anda jangan berfikiran negatif dulu ).Beberapa point penting yang bisa diambil antara lain :


1. Banyak perusahaan perusahaan besar salah satunya perusahaan jepang yang sangat menyukai kalian kalian yang bisa berbahasa dan mempunyai pengetahuan tentang adat istiadat mereka.

2. Bahasa adalah nilai utama ketika anda ingin mendaftar pekerjaan di luar negeri,contohnya korea dan jepang.Test pertama anda adalah " bahasa " jadi semakin banyak anda menguasai bahas asing,kesempatan bekerjanya pun semakin besar

dan untuk anda yang berminat untuk bekerja di jepang dan korea,pada artikel sebelumnya sudah saya tuliskan sedikit gambaran nya.

Baca Juga :



5. MEMULAI USAHA SENDIRI ( WARAUSAHA )


Jika pribadi anda adalah tipe pewirausaha,maka jalan terbaiknya dalah dengan membuka atau menjalankan usaha sendiri,kenapa? Selain anda akan terhindar dari rumit dan ribetnya proses mencari pekerjaan,proses menjalankan usahanya juga " sesuka hati anda saja " karena itu adalah usaha milik anda tanpa terikat peraturan apapun dengan siapapun.

Ada beberapa usaha yang bisa anda coba dengan modal yang tidak terlalu banyak :
  • Berjualan online ( anda cari produsen produk,anda tawarkan kerja sama dimana anda membantu memasarkan produknya dan jika laku,anda mendapatkan pembagian keuntungan )
  • Berjualan biasa ( bisa membuka warung dirumah atau berjualan keliling )
  • Budidaya hewan ( tentunya yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi )
  • Membuat kerajinan tangan
  • Membuat barang seni
Dan kegiatan lain yang bisa mendatangkan keuntungan untuk anda pribadi.
 

Demikian pembahasan tentang rencana setelah lullus SMA atau SMK yangsangat penting untuk masa depan anda sendiri.Semoga bisa membantu anda.Terimakasih telah membaca,see uu.

8/25/2017 - tanpa komentar

0 komentar untuk Rencana Setelah Lulus SMA/SMK untuk Masa Depan Anda!.

Website ini terkonfigurasi dengan GOOGLE PLUS,jika komentar anda ingin TERPUBLISH dan DIJAWAB,gunakan akun G+ anda sebelum berkomentar.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar