Advertisement

Pertanyaan dan Jawaban Interview Kerja Fresh Graduate LENGKAP!

Pertanyaan dan jawaban interview kerja fresh graduate yang baik merupakan problem yang wajar dialami mereka yang baru lulus SMA SMK atau belum punya pengalaman pekerjaan atau pemula ketika akan menghadapi sesi wawancara kerjaan.hal itu mungkin disebabkan minimnya informasi dan belum pernah mengalami sebelumnya.

Pertanyaan interview atau wawancara kerja yang sering ditanyakan atau keluar ketika seleksi calon karyawan berlangsung sebenarnya sederhana dan tidak terllalu sulit jika anda tau jawaban yang baik dan benar untuk setiap hal yang ditanyakan.Dalam artikel ini saya akan membahasnya lengkap untuk anda semua.

Pertanyaan Interview Kerja untuk Freah Graduate dengan Jawaban yang Baik dan Benar

 

Pada malam hari ini,saya mau membahas nya lebih mendalam,terutama di bagian INTERVIW,kalau untuk psikotest dan medical perusahaan,akan menyusul artikel nya.

Kalau menurut pengalaman saya dulu,test ini lah yang merupakan test tersusah dalam serangkaian test masuk perusahaan yang ada,kenapa saya bilang yang tersusah,karna di test ini jawaban salah benar nya tidak ada rumus atau hukum pasti,maksud nya apa sih masss??coba di fahami : kalau psikotest,kebanyakan merucut ke hitung-hitungan kan,dimana kalau 6x5 hasilnya 30,kalau jawaban nya bukan 30 ya salah,iya kan?

Jika interview atau wawancara kerja kan beda,tidak ada rumusan untuk itu.Pertanyaanya juga suka-suka HRD saja kan? Itulah kenapa anda harus mengerti beberapa kemungkinan petanyaan yang akan keluar dan memperlajari bagaimana menjawabnya dengan benar.

Terus jawab nya gimana mas? tulisan ini cuma berdasarkan pengalaman yang saya alami dulu,jadi kalau ada kurang atau salah,saya mohon maaf,cuma mau berbagi saja kok.




pertanyaan yang sering keluar saat interview bagi fresh graduate dengan jawaban yang baik



Sikap ketika menghadapi interview kerja bagi pemula atau fresh graduate


Hal pertama sebelum membahas ke inti pembicaraan adalah membahas SIKAP atau harus bagaimana sebelum melakukan wawancara/intervioew kerja.Anda bisa melakukan beberapa tips dan trik dibawah ini :


1.   Sebelum datang,berpenampilan lah se menarik mungkin,berpenampilan lah yang rapi ( baju resmi,celana bahan,ramput cepak,baju di masukan,sepatu resmi ).

    - mungkin di sini anda akan terlihat sedikit cupu atau apalah namanya,tapi perusahaan suka dengan orang rapi ketimbang modis,ingat baik baik.Berkorbanlah sebentar,demi pekerjaan,pokoknya berpenampilan lah se rapi mungkin,terutama di rambut ( jangan banyak pakai gaya rambut ) memang keren kalau kita ngikuti mode,tapi sekali lagi,perusahaan suka orang rapi,bukan modis!


2.   Saat masuk ke ruangan,ketuklah pintu,dan kalau anda muslim,salam lah,jangan masuk kalau belum di suruh masuk ( sering kita mau masuk tapi mereka asik main hp ) itu jebakan!! cuma mau nge test sopan santun anda saja,kalau sudah di persilahkan masuk,baru masuk.


3.   Jangan langsung duduk,berdirilah dahulu sampai mereka mempersilahkan duduk,lagi lagi ini untuk melihat sopan santun dan tata krama anda.


4.   Saat duduk,JANGAN BERSENDER di meja,sepele yaa?? tapi anda akan langsung di cap anak yang tidak sopan,bedirilah tegak,tangan di atas paha,fokus dan pasang muka siap jangan lesu.


5.    Jawablah per tanyaan mereka DENGAN SINGKAT PADAT JELAS!! jangan terlalu bertele tele apalagi jawaban dengan panjang lebar,kalau anda jawab terlalu panjang lebar,akan ada pertanyaan pertanyaan yang akan muncul dan ditanyakan HRD nanti.Jawab saja padat dan singkat tapi jelas.


6.    Saat sudah selesai dan anda mau keluar ruangan,jabatlah tangan mereka,ini cuma sebagai bentuk menghargai karna sudah di interview,kembalikan korsi ke posisi semula dengan pelan,salam lah kalau anda muslim,dan tutuplah pintu dengan sopan,jangan di banting.

Saya pernah di satu pt,namanya pt sanden,di daerah deltamas cikarang.Saya pakai cara di atas,,dan sewaktu mau keluar pintu,tau HRD nya bilang apa??ATITUDE ANDA BAGUS,wooww dan alhamdulilah di terima di sana,memang kelihatan ribet dan terlalu rumit tapi kalau anda semua sering gagal tes ini,nggak ada salahnya buat coba pakai caraku di atas.


OK,setelah anda mengerti SIKAP atau ATTITUDEnya,sekarang langsung menuju point utamanya.Ada beberapa yang akan ditanyakan kepada anda,dan anda harus menjawabnya dengan baik dan benar.Antara lain sebagai berikut :


Contoh pertanyaan interview/wawancara user dan jawaban yang benar untuk fresh graduate atau yang baru lulus SMA dan SMK

 

1. Contoh Jawaban interview " ceritakan tentang diri anda "


Hampir di semua perusahaan,untuk bagian awal,kata kata nya seperti di atas.Sangat wajar karena memang HRD atau pewawancara pasti ingin mengenal siapa yang sedang berbicara dihadapanya.

Untuk menjawabnya ini,mulailah dengan :
  • Nama dan tanggal lahir
  • Anda lulusan apa
  • Jurusan apa
  • Hobi anda apa
  • Anda berapa saudara
  • Pekerjaan orang tua apa

Point penting jika hal ini ditanyakan adalah :
  • Jawab singkat
  • Jelas
  • Tidak perlu panjang lebar
  • JANGAN MENYOMBONGKAN DIRI
Saya akan perjelas sedikit.Contohnya untuk menjawab HOBI : Cukup anda katakan saja " olahraga/basket/voli dan sejenisnya ".Anda tidak perlu menjawabnya dengan menjelaskan anda olehraga dimana,dengan siapa,posisi anda apa dan sebagainya.

Menjawab dengan singkat dan jelas berlaku untuk SEMUA pertanyaanya,kenapa? Jika anda menjawabnya terlalu panjang,ini akan memunculkan " pertanyaan tak terduga atau jebakan " dan hal tersebut bisa menyusahkan anda nantinya.

Cerita pengalaman buruk

Pada tahun 2014 lalu,saya mengikuti sebuah wawancara di sebuah perusahaan,dan tiba saat saya menjawab HOBI,saya katakan : " Hobi saya sepak bola pak,dan saya selalu menjadi capten untuk team saya,saya juga ndak tau kenapa saya yang selalu dipilih,mungkin karena gaya kepemimpinan saya "

Tahukah anda apa yang selanjutnya ditanayakan? HRD bertanya : Sepertinya anda faham betul apa itu ledership,coba jelaskan ke saya apa itu leadership?

JEGERRRR!!! hanya karena satu jawaban,PETAKA datang,saya sadar,jika saya jawab maka HRD akan bertanya hal lainya yang mungkin lebih sulit,jadi saya katakan saja : saya tidak tau dan tidak mengerti.Alhasil,saya GAGAL.

 

2. Contoh Jawaban interview " hobi anda apa "


Untuk penjelasanya sudah saya berikan sedikit diatas beserta dengan pengalaman saya yang kurang mengenakan.        

Sedikit tips untuk menjawab yang ini adalah :

jawablah hobi yang berhubungan dengan kegiatan fisik,jawab saja olahraga,basket,voli,atau apapun itu,kenapa mas? Dengan menjawab seperti itu,paling tidak HRD akan menilai anda sebagai anak yang biasa kerja atau terbiasa melakukan pekerjaan.

Jadi ketika anda mendapatkan tugas atau kerja nanti,HRD akan beranggapan bahwa anda akan kuat dan bisa diandalkan.

 

3. Contoh Jawaban interview " ingin gaji berapa "

           
Sebenernya jawaban sesuai UMK pemerintah itu bagus,TETAPI sudah terlalu pasaran yaa,bisa anda tambahkan sedikit,sebut saja nominal nya,tapi nominal nya harus sesuai UMK juga.

Jadi anda harus tahu berapa UMK atau UMR daerah tempat anda di interview,karna dulu saya pernah di marahi sewaktu test user di salah satu bkksaya jawab sesuai UMK,dan mereka bilang,sesuai UMK itu berapa? dengan nada agak tinggi,jadi itu alasan saya memberi saran sebutkan nominal nya.

Silahkan persiapakan diri anda dengan mencari informasi terbaru terkait barapa upah minimum yang dianjurkan pemerintah di tempat anda akan bekerja nantinya.

 

4.   Contoh menjawab interview " kelebihan dan kekurangan "


Banyak yang email saya dan menanyakan point ini,jadi saya berikan penjelasan lengkapnya untuk anda kali ini.Untuk menjawab ini,anda bisa gunakan opsi berikut :

          Kekurangan : boros
kalau di tanya lagi,bagaimana anda mengatasi sifat boros anda? jawab saja saya harus bekerja keras untuk mengatasi nya pak,dengan bekerja saya dapat uang untuk menutupi koborosan saya.

          Kelebihan : jawab saja tepat waktu,dan sebagainya
jangan terlalu banyak,nanti anda di cap sebagai orang yang tidak tau diri malah.

Khusus pada point " kekurangan anda ",anda harus berhati-hati menjawabnya,JANGAN SAMPAI menjawabnya dengan kalimat yang bertentangan dengan kriteria perusahaan dalam merekruit karyawan.Jika anda sampai salah,anda akan mendapatkan tinta merah nanti dan bisa GAGAL.

Maksudnya " jawaban yang bertentangan dengan kriteria perusahaan adalah sebagai berikut " :

Saya berikan contoh : Sebuah perusahaan sudah pasti menginginkan calon karyawan yang tekun,ulet dan pekerja keras bukan? Jangan sampai anda menjawab kekurangan anda dengan jawaban : Saya kurang kuat jika harus bekerja terlalu keras atau saya tidak suka dengan keringat yang banyak.

Jika anda menjawabnya seperti itu,saya bisa pastikan kalau anda akan tersisih dan kalah bersaing dengan pelamar lainya.Karena,jelas HRD akan menilai jika anda TIDAK BISA untuk bekerja dan TIDAK SIAP mendapatkan tugas kerja yang notabene " tidak ada kerjaan yang enak ".


6.   Contoh Jawaban interview " motivasi kerja "

        
Ada beberapa opsi umum untuk menjawab ini,yaitu :

Untuk membantu orang tua dan mau mandiri,itu sudah umum,tapi walaupun umum,itu yang paling tidak bisa di bantah,dengan satu jawaban di atas anda sudah dapat penilaian baik,tanggung jawab lah nilai utama di atas.Anda akan di nilai sebagai anak yang bertanggung jawab.

Jika anda ingin menjawab dengan bentuk yang lainya,silahkan anda pelajari :

BACA :



7.   Contoh Jawaban interview " kenapa melamar di perusahaan ini "

      
Jika anda perhatikan,hal ini sangat mudah untuk dijawab bukan? Sudah pasti karena sedang mencari dan butuh pekerjaan,iya kan?

Tapi kalau bisa jangan menjawabnya seperti itu? Karena itu sudah sangat umum dan kemungkinan besar pelamar lainya juga menjawabnya seperti itu.Anda tidak akan mendapatkan point plus jika jawabanya sama dengan pelamar lainya ( kurang bernilai ).

Jawab saja : saya sudah mendaftar di banyak tempat tapi baru di sini yang di proses.

Kalau HRD tanya lagi : lohhh nanti kalau anda sudah kerja di sini terus ada panggilan di pt yang lebih bagus gimana? 

Jawab saja : saya bakal tetap kerja di sini sampai ahir masa kontrak.

Walaupun jawabanya tidak " wahh " tapi kalimat diatas lebih terlihat rasional dan masuk akal.


8.   Contoh Jawaban interview " kenapa saya harus menerima anda bekerja "

       
Jika anda ditanya mengenai hal ini,menjawabnya harus difikirkan dengan baik dan matang.Jika HRD menanyakan ini,kemungkinan HRD sudah merasa bahwa anda adalah kandidat yang cocok untuk diterima,tetapi masih ingin memastikan dan memantapkan pilihan.

Jawabanya adalah : Saya akan bekerja dengan sangat sungguh sungguh dan mematuhi semua peraturan dan saya akan berikan yang terbaik untuk perusahaan.Simpel tidak terlalu panjang lebar,tetapi mempunyai penilaian yang bagus.

Dengan menjawab seperti itu,HRD akan mendapatkan sebuah keyakinan dan lebih mantap jika anda diterima nantinya ( walaupun mungkin nanti,kenyatanya tidak seperti yang anda katakan ).


9. Contoh Jawaban interview " posisi apa yang anda inginkan "

       
Jika ini ditanyakan,BERHATI-HATILAH,karena kemungkinan besar ini hanya " jebakan " saja.Coba anda fikirkan,apa ada sebuah perusahaan yang " menuruti " kemauan si pelamar kerja,kan tidak mungkin.Yang ada,pelamar yang harus patuh terhadap perusahaan.

Hal ini ditanyakan karena : Si HRD ingin melihat kesungguhan dan kepatuhan anda dengan perusahaan.Ada 2 tipe atau opsi jawaban untuk jenis pertanyaan seperti ini,yaitu :

  • menyebutkan posisi yang anda inginkan
  • mengatakan " saya akan bekerja dimanapun perusahaan perintahkan "
Kedua opsi diatas bisa anda gunakan,TETAPI biasanya akan ada hal lain yang ditanyakan untuk ke 2 opsi diatas.

- Untuk opsi 1 : Biasanya anda akan ditanyakan lagi " posisi yang anda inginkan sudah penuh atau sedang tidak buka lowongan,bagaimana?

Jawab saja : Saya siap ditempatkan untuk posisi apapun dan dimanapun pak.Padat,singkat dan berbobot.

- Untuk opsi ke 2 : Biasanya anda akan ditanya lagi " yakin mau dimana saja? jadi tukang cuci galon dan potong rumput mau?

Jawab saja : Saya siap dimanapun dan posisi apapun pak.

Lohh mas,jika nantinya jadi tukang potong rumput beneran bagaimana? Anda tinggal mencari tempat kerja yang lain,yang penting yang sekarang bisa diterima dulu,bukan begitu? :)


tips lolos interview


Di atas adalah langkah langkah agar anda bisa berhasil dalam menghadapi wawancara pekerjaan,lakukan dengan sungguh sungguh dan persiapkan dengan sebaik baik nya apa yang saya tulis di atas.

CATATAN PENTING!!

Sebenar nya ada banyak sekali yang di tanyakan dan diajukan HRD,beda orang beda pertanyaanya,tapi dari puluhan kemungkinan pertanyaan mereka,INTINYA SATU : MELIHAT APAKAH ANDA SIAP DAN MEMANG BENAR BENAR INGIN BEKERJA ATAU TIDAK,jadi jawablah dengan jawaban yang membuat mereka yakin kalau anda memang sungguh sungguh mau bekerja dan siap untuk bekerja.


Baca :



Itu sedikit pengalamanku tentang beberapa pertanyaan dan jawabanya ketika interview atau wawancara kerja untuk yang masih fresh graduate atau baru lulus SMA/SMK sederajat.Semoga bisa membantu anda semua.Terimakasih telah membaca,see uu.

8/22/2017 - tanpa komentar

0 komentar untuk Pertanyaan dan Jawaban Interview Kerja Fresh Graduate LENGKAP!.

Jika komentar anda tidak kunjung saya balas ( mohon maaf ) mungkin saya sedang ada keperluan.Silahkan tinggalkan email atau telepon di kolom komentar + pertanyaan anda.Saya akan balas ke alamat tersebut,terimakasih.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar

Kumpulan Soal Psikotes Kerja dan Jawabanya

Soal Tes Psikotes Kerja

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja