Advertisement

6 Jurusan Kuliah yang Gampang Cari Kerja di Tahun 2019-2020

Jurusan kuliah yang gampang cari kerja merupakan hal yang perlu dicermati ketika anda memutuskan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.Dengan begitu,setidaknya setelah lulus nanti,peluang mencari pekerjaan akan jauh lebih besar daripada mereka yang asal-asalan dalam memilih mata perkuliahan.

Jurusan kuliah yang mudah mencari pekerjaan menjadi modal awal anda untuk menentukan masa depan yang lebih menjajanjikan.Karena di tahun 2019 kedepan nanti,persaingan di dunia kerja akan semakin berat.


Jurusan Kuliah yang Gampang Mencari Pekerjaan


     
jurusan kuliah yang gampang cari kerja di tahun 2019-2010




Jurusan kuliah merupakan salah satu faktor yang dicari oleh sebuah perusahaan ketika sedang mencari calon kandidat untuk menjadi karyawan mereka.Kenapa hal ini terjadi?

Karena dengan memiliki keahlian yang sesuai dengan mata perkuliahan,setidaknya perusahaan akan jauh lebih mudah dalam menuntun karyawan tersebut dan tentunya si karyawan itu akan memiliki banyak sekali gagasan atau pemikiran yang berkaitan dengan jurusan mata kuliahnya itu.

Bandingkan dengan orang yang tidak memiliki pengetahuan seperti itu,selain akan sedikit sulit untuk menuntunya,ide-ide yang dibutuhkan perusahaan TIDAK akan secemerlang mereka yang faham dan menguasai sebuah bidang tertentu.


Jurusan kuliah yang paling diminati perusahaan antara lain :

1. JURUSAN EKONOMI/AKUTANSI

                    
Mata perkuliahan yang sehari-harinya sangat akrab dengan hitung-menghitung dan mengolah berbagai strategi ini sangat banyak diminati perusahaan baik swasta ataupun BUMN.Kenapa?

Karena didalam sebuah perusahaan,sudah sangat pasti terdapat pengelolaan sumber daya finansial didalamnya.Mereka yang faham tentang ilmu ekonomi atau akuntansi akan sangat pas dan ideal untuk mengisi posisi ini.

Saya sangat sanksi,jika ada sebuah perusahaan yang membutuhkan seorang akuntan,tapi malah merekrut ahli kimia ( tidak mungkin bukan? ).

2. JURUSAN PSIKOLOGI


Mata perkuliahan yang berpusat ke penelitian psikis atau sikologi dasar manusia ini jugsa sangat dicari oelh banyak perusahaan atau pabrik.Kenapa?

Pernahkan anda mendengar istilah HRD? Mereka adalah orang-orang yang bertugas untuk menyeleksi calon karyawan baru ( ini salah satu tugas dari beberapa tugas yang lainya ).Lalu apa hubunganya dengan orang yang fahan dengan psikologi manusia?

Dalam mencari karyawan baru,sebuah perusahaan akan sangat mementingkan tingkat intelegensi dan kondisi psikis seseorang.Hal ini hanya bisa dilakukan oleh mereka-mereka yang faham tentang ilmu psikologi.Jika tidak seperti itu,nantinya akan banyak orang " tidak waras " yang diterima bekerja di sebuah perusahaan.

Inilah kenapa,mungkin sebagian besar dari para HRD,adalah seorang dengan lulusan sarjana psikologi.

3.  JURUSAN MENEJEMEN ( MANAGEMENT )


Hampir sama dengan jurusan ekonomi/akuntasi,dimana seseorang dengan pengetahuan di bidang menegement sangat diperlukan dan dibutuhkan di sebuah perusahaan atautempat kerja.Kenapa?

Karena salah satu FAKTOR TERPENTING majunya sebuah perusahaan adalah : Pengelolaan menagement yang bagus.

Orang tanpa ppengetahuan dibidang ini sangat tidak cocok bahkan bisa beresiko fatal jika memgang posisi sebagai staf managemen.itulah kenapa lulusan ini sangat diminati perusahaan.

4.  JURUSAN KOMPUTER ( IT )


Jika anda pernah bekerja di sebuah perusahaan,pasti tidak akan asing lagi dengan yang namanya " ABSENSI " bukan? Baik menggunakan scan ID CARD,ataupun menggunakan fingerprint atau sidik jari.

Orang-orang dengan lulusan di bidang IT adalah pelaksana dari semua sistem tersebut.Bayangkan jika stafnya TIDAK MENGERTI tentang ilmu pengetahuan ini,akan sangat kacau kondisi sebuah perusahaan nantinya.

Yang sudah mahir saja,terkadang masih mendapati banyak kendala,apalagi kalau tidak mengerti.Itulah kenapa lulusan IT sangat dibutuhkan di sebuah perusahaan,apalagi perusahaan besar dengan gaji tinggi dan prospek yang sangat maju.

5.  JURUSAN KEDOKTERAN


Selain lulusan jurusan ini bisa menjadi dokter di rumah sakit atau pelayanan kesehatan lainya,lulusan ini juga sangat dibutuhkan di berbagai perusahaan dengan skala besar lohh.

Jika anda pernah bekerja di perusahaan besar seperti ASTRA HONDA GROUP,TOYOTA GROUP,PERUSAHAAN TAMBANG dan yang lainya,anda akan menjumpai baik satu atau beberapa dokter yang stand by didalam perusahaan.

Hal ini untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan terjadi kepada para karyawan.Juga bertujuan jika ada sebuah keluhan atau masalah kesehatan,seorang karyawan bisa cepat ditangani tanpa harus menunggu dan dibawa ke RS terlebih dahulu.

6.   JURUSAN TEHKNIK MESIN


Mata perkuliahan ini biasanya banyak dicari dan diminati oleh perusahaan manufactur.Perusahaan manufactur adalah sebuah perusahaan yang " merakit/merancang " sebuah produk atau mesin dengan bantuan mesin atau alat berat.

Kenapa seorang lulusan tehknik mesin sangat diminati sebuah perusahaan? Tentu saja untuk menjaga dan merawat serta mengatasi jika terjadi masalah dengan mesin yang notabene adalah alat yang paling penting dalam sebuah proses manufarturing.


Kenapa persoalan lulusan mata perkuliahan penting?

Pada tahun-tahun sekarang,selembar ijazah bisa menentukan dan memang hal yang menjadi " syarat " masuk di sebuah perusahaan ( anda boleh terima hal ini atau tidak,silahkan ) tapi itu kenyataanya.

Untuk bersaing dengan orang lain dengan ijasah yang sama adalah " mata perkuliahan " yang anda ambil.Bisa dipersingkat seperti ini : Dari 100 pelamar dengan ijasah S1,akan diambil beberapa saja dengan jurusan IT jika perusahaan sedang mencari seorang staf IT ".

Jadi selain persoalan ijazah,anda juga harus memperhitungkan mata perkuliahan jika memang tujuan anda berkuliah adalah untuk mencari masa depan yang lebih menjanjikan.


Semoga sedikit tulisanku tentang jurusan kuliah yang gampang cari kerja di atas bisa menjadi inspirasi untuk anda semua supaya tidak salah dalam mengambil mata pekuliahan.Jadi,jika anda mengambil sebuah keputusan untuk meneruskan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi,anda harus mempersiapkan semua nya dengan matang,agar tidak menyesal di kemudian hari.

8/24/2017 - 2 komentar

2 komentar untuk 6 Jurusan Kuliah yang Gampang Cari Kerja di Tahun 2019-2020.

Jika komentar anda tidak kunjung saya balas ( mohon maaf ) mungkin saya sedang ada keperluan.Silahkan tinggalkan email atau telepon di kolom komentar + pertanyaan anda.Saya akan balas ke alamat tersebut,terimakasih.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar
.

terima kasih sangat membantu.

Balas Hapus
.

Sama-sama,semoga membantu.

Balas Hapus

Kumpulan Soal Psikotes Kerja dan Jawabanya

Soal Tes Psikotes Kerja

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja