Jawaban Interview Yang Benar Untuk Fresh Graduate atau Belum Berpengalaman

Jawaban Interview Yang Benar Untuk Fresh Graduate atau Belum Berpengalaman kerja merupakan suatu masalah umum bagi mereka-mereka yang baru pertama kali atau yang baru lulus baik itu SMA atau SMK.Tapi tenag saja,biasanya tidak se susah pertanyaannya yang sudah memiliki pengalaman.

Cara menjawab pertanyaan wawancara kerja bagi yang baru lulus memang bisa dikatakan mudah jika tahu kisi-kisinya.Dan untuk mereka yang belum memiliki pengalaman kerja,bisa mengikuti panduan interview yang akan saya berikan dibawah..Artikel ini kelanjutan dari artikel tentang bagaimana bentuk tes di perusahaan yang pernah saya tulis.kalau kalian mau baca silahkan  CARA TEST DI PT.

MENGATASI TEST INTERIEW PERUASAHAAN BAGI YANG BELUM PUNYA PENGALAMAN KERJA atau FRESH GRADUATE

 

Pada malam hari ini,saya mau membahas nya lebih mendalam,terutama di bagian INTERVIW,kalau untuk psikotest dan medical perusahaan tbk,akan menyusul artikel nya,kalau menurut pengalaman saya dulu,test ini lah yang merupakan test tersusah dalam serangkaian test masuk perusahaan yang ada,kenapa saya bilang yang tersusah,karna di test ini jawaban salah benar nya tidak ada rumus atau hukum pasti,maksud nya apa sih masss??coba di fahami : kalau psikotest,kebanyakan merucut ke hitung-hitungan kan,dimana kalau 6x5 hasilnya 30,kalau jawaban nya bukan 30 ya salah,iya kan?

sekarang kalau wawancara kerja,nahh,apa rumus nya coba?? apa hitung-hitungan nya coba?? sesuka HRD anda aja kan?? terus jawab nya gimana mas?? tulisan ini cuma berdasarkan pengalaman yang saya alami dulu,jadi kalau ada kurang atau salah,saya mohon maaf,cuma mau berbagi saja kok.
MARI KITA BAHAS TUNTAS.



Sikap Yang Baik dan Jawaban Interview Yang Benar



Cara menghadapi pertanyaan interview kerja bagi pemula atau fresh graduate



1.   Sebelum datang,berpenampilan lah se menarik mungkin,berpenampilan lah yang rapi ( baju resmi,celana bahan,ramput cepak,baju di masukan,sepatu resmi ).

    - mungkin di sini anda akan terlihat sedikit cupu atau apalah namanya,tapi perusahaan suka dengan orang rapi ketimbang modis,ingat baik baik.Berkorbanlah sebentar,demi pekerjaan,pokoknya berpenampilan lah se rapi mungkin,terutama di rambut ( jangan banyak pakai gaya rambut ) memang keren kalau kita ngikuti mode,tapi sekali lagi,perusahaan suka orang rapi,bukan modis!

2.   Saat masuk ke ruangan,ketuklah pintu,dan kalau anda muslim,salam lah,jangan masuk kalau belum di suruh masuk ( sering kita mau masuk tapi mereka asik main hp ) itu jebakan!! cuma mau nge test sopan santun anda saja,kalau sudah di persilahkan masuk,baru masuk.

3.   Jangan langsung duduk,berdirilah dahulu sampai mereka mempersilahkan duduk,lagi lagi ini untuk melihat sopan santun dan tata krama anda.

4.   Saat duduk,JANGAN BERSENDER di meja,sepele yaa?? tapi anda akan langsung di cap anak yang tidak sopan,bedirilah tegak,tangan di atas paha,fokus dan pasang muka siap jangan lesu.

5.    Jawablah per tanyaan mereka DENGAN SINGKAT PADAT JELAS!! jangan terlalu bertele tele apalagi jawaban dengan panjang lebar,kalau anda jawab terlalu panjang lebar,akan ada pertanyaan pertanyaan yang akan muncul dan ditanyakan HRD nanti.Jawab saja padat dan singkat tapi jelas.

6.    Saat sudah selesai dan anda mau keluar ruangan,jabatlah tangan mereka,ini cuma sebagai bentuk menghargai karna sudah di interview,kembalikan korsi ke posisi semula dengan pelan,salam lah kalau anda muslim,dan tutuplah pintu dengan sopan,jangan di banting.

    Saya pernah di satu pt,namanya pt sanden,di daerah deltamas cikarang.Saya pakai cara di atas,,dan sewaktu mau keluar pintu,tau HRD nya bilang apa??ATITUDE ANDA BAGUS,wooww dan alhamdulilah di terima di sana,memang kelihatan ribet dan terlalu rumit tapi kalau anda semua sering gagal tes ini,nggak ada salahnya buat coba pakai caraku di atas.

    Selain cara di atas,yang bikin pusing adalah jawaban apa yang harus di berikan,iya kan.Contoh di bawah hanya sekedar garis besar,jangan di jadikan patokan ya sobb,karna semua yaa terserah mereka para HRD aja mau nanya apa.Saya beri garis besar nya saja ya.


Contoh pertanyaan interview user dan jawaban yang benar untuk yang baru lulus SMA dan SMK

 

1. Contoh Jawaban interview ceritakan tentang diri anda


            Hampir di semua perusahaan,untuk bagian awal,kata kata nya seperti di atas,untuk menjawabnya ini,mulailah dengan nama dan tanggal lahir,kalian lulusan apa,jurusan apa,hobi anda apa,anda berapa saudara,pekerjaan orang tua apa,yang simpel tapi jelas,jangan bertele tele,tapi jangan terlalu singkat juga.

 

2. Contoh Jawaban interview hobi anda

           Untuk menjawab yang ini,jawablah hobi yang berhubungan dengan kegiatan fisik,jawab saja olahraga,basket,voli,atau apapun itu,kenapa mas?? dengan menjawab seperti itu,paling tidak mereka akan menilai anda sebagai anak yang biasa kerja.

 

3. Contoh Jawaban interview ingin gaji berapa

            Sebenernya jawaban sesuai UMK pemerintah itu bagus,tapi sudah terlalu pasaran yaa,bisa anda tambahkan sedikit,sebut saja nominal nya,tapi nominal nya harus sesuai UMK juga,jadi anda harus tahu berapa umk daerah tempat anda di interview,karna dulu saya pernah di marahi sewaktu test user di salah satu bkksaya jawab sesuai UMK,dan mereka bilang,sesuai UMK itu berapa?? dengan nada agak tinggi,jadi itu alasan saya memberi saran sebutkan nominal nya.

 

4.   Contoh menjawab interview kelebihan dan kekurangan


          Kekurangan : boros
kalau di tanya lagi,,bagaimana anda mengatasi sifat boros anda? jawab saja saya harus bekerja keras untuk mengatasi nya pak,dengan bekerja saya dapat uang untuk menutupi koborosan saya.

          Kelebihan : jawab saja tepat waktu,dan sebagainya
jangan terlalu banyak,nanti anda di cap sebagai orang yang tidak tau diri malah.


6.   Contoh Jawaban interview motivasi kerja

         Untuk membantu orang tua dan mau mandiri,itu sudah umum,tapi walaupun umum,itu yang paling tidak bisa di bantah,dengan satu jawaban di atas anda sudah dapat penilaian baik,tanggung jawab lah nilai utama di atas.Anda akan di nilai sebagai anak yang bertanggung jawab.


7.   Contoh Jawaban interview kenapa melamar di perusahaan ini

        jawab saja : saya sudah mendaftar di banyak tempat tapi baru di sini yang di proses,kalau HRD tanya lagi : lohhh nanti kalau aanda sudah kerja di sini terus ada panggilan di pt yang lebih bagus gimana??  jawab saja lantang,saya bakal tetap kerja di sini sampai ahir masa kontrak.

   untuk jawaban ini ada banyak sekali si,tapi umumnya seperti itu,simple tapi terkesan mantap dan siap.

8.   Contoh Jawaban interview kenapa saya harus menerima anda bekerja

        Saya akan bekerja dengan sangat sungguh sungguh dan mematuhi semua peraturan dan saya akan berikan yang terbaik untuk perusahaan.Simpel tidak terlalu panjang lebar,tetapi mempunyai penilaian yang bagus.

9. Contoh Jawaban interview posisi apa yang anda inginkan

        Di sini yang sedang di butuhkan tukang cuci mas?? mau nggak kerja di lapangan?? mau nggak kerja nge pel?? di sini yang sering pada galau,jawab saja SIAP!! ini cuma jebakan kok,cuma ingin melihat kesungguhan anda saja,masa iya lulusan SMK atau bahkan lulusan perguruan tinggi di suruh kerja nge pel.Toh kalau nantinya memang benar benar di suruh nge pel,ya tinggal nyari pt lain,gampang to.

tips lolos interview


Di atas adalah langkah langkah agar anda bisa berhasil dalam menghadapi wawancara pekerjaan,lakukan dengan sungguh sungguh dan persiapkan dengan sebaik baik nya apa yang saya tulis di atas.

CATATAN PENTING!!!!!!

Sebenar nya ada banyak sekali yang di tanyakan dan diajukan HRD,beda orang beda pertanyaanya,tapi dari puluhan kemungkinan pertanyaan mereka,INTINYA SATU : MELIHAT APAKAH ANDA SIAP DAN MEMANG BENAR BENAR INGIN BEKERJA ATAU TIDAK,jadi jawablah dengan jawaban yang membuat mereka yakin kalau anda memang sungguh sungguh mau bekerja

blog saya juga terdapat informasi seputar pekerjaan,kalau mau tahu lebih,ingat ingat saja alamat web nya,WWW.PUJIHARTONO.ID atau jika anda memutuskan untuk melanjutkan untuk meneruskan sekolah ke jenjang perguruan tinggi,ada baiknya anda fahami jurusan kuliah yang gampang untuk mencari pekerjaan pada artikel tersebut,supaya anda tidak salah dalam memilih jurusan perkuliahan dan menyesal nantinya.Mungkin anda juga tertarik untuk membaca artikel saya yang lain yaitu :

- Jawabaan interviw yang benar untuk pertanyaan MOTIVASI KERJA


Itu sedikit pengalamanku tentang Jawaban Interview Yang Benar Untuk Fresh Graduate atau Yang Belum Berpengalaman kerja.Banyak nya iklan lowongan pekerjaan dan semakin sempit nya peluang kerja 2017 harus kalian manfaatkan dengan sebaik baik nya,semoga membantu,see uu.
    
   
 

8/22/2017 - 7 komentar

7 komentar untuk Jawaban Interview Yang Benar Untuk Fresh Graduate atau Belum Berpengalaman.

Jika komentar tidak terlihat,klik - perlihatkan semua komentar - dibawah,tunggu beberapa saat kemudian kembali ke halaman ini.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar
.

Bagus,suka sama jawaban nya

Balas Hapus
.

Terimakasih banyak,semoga membantu.

Balas Hapus
.

Terimakasih untuk artikel nya pak.semoga membantu saya dalam menghadapi interview.semoga saya bisa lolos dan bekerja di perusahaan yg saya interview.Aamiin

Balas Hapus
.

Terimakasih untuk artikel nya pak.semoga membantu saya dalam menghadapi interview.semoga saya bisa lolos dan bekerja di perusahaan yg saya interview.Aamiin

Balas Hapus
.

Sama-sama.Amin ya robbal 'alamiin.

Balas Hapus
.

Terima kasih kak artikelnya,
InsyaAllah bisa membantu saya untuk interview besok, bismillah semoga lolos, terima kasih🙏

Balas Hapus
.

Sama-sama.Aminn,ini hanya untuk bahan belajar saya yaa,tidak pasti akan sama persis,semoga membantu.

Balas Hapus

Advertaismente