Advertisement

Cara Kerja di Jepang ( Resmi/Legal dan ilegal )

Cara kerja di jepang baik secara resmi atau legal ataupun ilegal bisa anda tempuh jika ingin bekerja ke negri sakura tersebut.Ada 4 pilihan jalan baik yang gratis tanpa biaya ataupun yang membayar menggunakan uang dan ke empat opsi tersebut berlaku untuk semua lulusan baik SD SMP SMA ataupun S1.

Cara bekerja di jepang secara legal atau resmi adalah opsi terbaik yang bisa anda tempuh,karena selain aman,semua prosesnya juga terjamin.Tapi jika anda menggunakan langkah ilegal atau tidak resmi,silahkan saja ( dengan resiko besar yang harus siap anda terima ).

Cara Untuk Bekerja di Jepang



 
penjelasan tentang tatacara kerja di jepang secara legal dan ilegal


Jepang adalah sebuah negara maju dengan produk domestik bruto TERBESAR urutan nomor 2 di dunia.Inilah salah satu alasan,banyak sekali warga negara asing yang ingin bekerja disana,terutama warga negara indonesia.

Warga negara indonesia yang ingin menjadi TKI di negara tersebut sebenarnya hanya mengincar " nilai tukar mata uang dan perhitungan upah kerjanya saja ".Jadi,mata uang negara jepang jika ditukarkan dengan mata uang ruppiah,jumlahnya akan berkali-kali lipat.
 
 
Berapa nilau tukar mata uang jepang YEN terhadap Rupiah?
 
Untuk tahun ini,nilai tukar untuk  1 rupiah adalah sebesar : 128-130 yen.

Jadi bayangkan saja,jika anda mendapatkan gaji 1.000.000 juta YEN,itu sama artinya anda mendapatkan uang sebanyak 128 juta rupiah.Intinya " dikalikan 130 ".Sangat luar biasa bukan?
 
 
Ada tes nya atau tidak?
 
Jika anda ingin bekerja di negara ini,prosesnya mungkin akan berbeda dengan anda pergi ke saudi atau malaysia contohnya.Kenapa berbeda? Karena jika anda ingin bekerja disana,anda harus mengikuti serangkaian seleksi atau tes dan bersaing dengan yang lainya ( jika jalan yang anda tempuh adalah jalan resmi/legal ). 

Walaupun sedikit rumit dan ribet,tetapi langkah resmi ini sangat aman baik dari segi biaya dan keselamatan anda nantinya.Jadi saya sarankan untuk menggunakan langkah resmi saja.


Bayar atau tidak?

Jika anda menempuh jalur yang resmi,maka hampir 100% anda akan mengeluarkan biaya.Tetapi anda tidak perlu khawatir,ada beberapa tempat yang bisa membantu untuk itu,dimana anda bisa memberikan sebuah " jaminan " supaya anda bisa berangkat gratis.

Tapi,nantinya anda akan mendapatkan potongan gaji atau gaji anda akan dipotong setiap bulan untuk mengganti atau menebus surat barang jaminan yang anda berikan.


Syarat apa saja?

Ada beberapa persayaratan baik berkas dokumen dan kondisi fisik yang harus sesuai dengan kriteria,antara lain :
  • Umur ( untuk IM maksimal 25 tahun dan non IM maksimal 30 tahun )
  • Mata tidak boleh buta warna
  • Tidak boleh patah tulang
Dan beberapa persyarat lainya yang harus anda penuhi.

BACA :




Jika anda tertarik dan ingin menjadi TKI di jepang,ada beberapa jalan yang bisa anda gunakan,yaitu :


1. Menggunakan LPK ( Lembaga Pelatihan Khusus )


Ini adalah langkah yang paling familier terutama untuk anda yang sama sekali masih belum mengerti bagaimana prosedur dan prosesnya.Jika anda masih awam,inilah langkah yang paling saya rekomendasikan.

LPK itu apa?

LPK adalah sebuah lembaga atau pelatihan yang bertugas membantu anda untuk bisa bekerja di negara sakura sana.Biasanya,didalam sebuah LPK,pelatihan paling banyak adalah : PELATIHAN BAHASA,karena memang bahsa merupakan penilaian paling tinggi supaya anda bisa lolos bekerja disana.

Proses di LPK bagaimana?

Jika anda menempuh jalur ini,ada beberapa tahapan atau proses yang harus anda lalui ( jadi anda tidak bisa,bayar langsung berangkat ) harus melalui beberapa tahapan,yaitu :
  • Pendaftaran ( ada yang harus bayar kontan ada yang bisa mencicilnya ) cari saja yang sekiranya pas dengan hati anda,karena LPK itu ada banyak
  • Proses belajar ( belajar bahasa dengan menghafal buku dan beberapa tes kecil untuk mengetahui kemampuan anda sampai dimana )
  • Mendaftarkan diri ( jika dari pihak BNP2TKI membuka lowongan,anda bisa mendaftarkan diri ) silahkan ikuti alurnya,bisanya pihak LPK akan membimbing anda
  • Melakukan sesi TES seleksi ( anda akan bersaing dengan ratusan atau mungkin ribuan orang pendaftar lainya di BNP2TKI )
  • Proses TES lanjutan ( proses tesnya tidak hanya sekali,anda harus lolos semua tahapan sebelum bisa lanjut ke tahapan berikutnya )
  • Pengurusan Visa dan Pasport ( jika semua tahapan TES,anda dinyatakan lulus )
  • Proses Magang atau pengenalan budaya di kantor BNP2TKI selama kurang lebih 1 bulan
  • Berangkat

Bayar LPKnya berapa?

Untuk biaya LPK itu bervariasi ( beda tempat beda biaya ) dan juga beda sistemnya.Ada yang mahal dan ada yang murah,ada yang harus bayar kontan ada juga yang bisa mencicilnya.Silahkan cari saja LPK terbaik yang ada di kota anda atau kota lain yang dirasa cukup pas dengan kondisi anda.

Jumlah nominalnya bervariasi,untuk di daerah saya ( banjarnegara jawa tengan ) biayanya sekitar 3.000.000 sampai 4.000.000 rupiah ( untuk LPKnya saja yaa ).Untuk biaya lain-lain masih ada lagi.


Tahapan TESnya berapa tahapan?

Untuk tahapanya sendiri terdiri dari :
  • Tes fisik ( lari keliing lapangan ) tenang saja,tidak se extrim latihan militer kok,persipkan fisik seperti biasa saja
  • Tes bahasa ( biasanya berupa soal-soal yang harus anda jawab )
  • Tes skill ( tes menguji keahlian anda ) akan dijelaskan oleh pihak LPK
  • tes wawancara ( anda akan di wawancarai oleh HRD jepangnya langsung ) tapi tenang saja,biasanya ada penerjemahnya

Untuk menghindari hal-hal tidak diinginkan seperti : penipuan berkedok LPK,anda harus tahu bagaimana tatacara memilih LPK yang bagus.

BACA :



2. Menggunakan Jalur Mandiri ( Daftar Langsung ke BNP2TKI )


Jika anda rasa menggunakan LPK terlalu rumit,anda bisa langsung mendaftarkan diri anda ke BNP2TKI,tetapi dengan syarat :
  • BNP2TKI memang sedang membuka lowongan ( anda bisa memantaunya di website resmi mereka di alamat : www.BNP2TKI.com
  • Anda sudah fasih dan bisa berbahasa jepang ( kalau belum bisa,jangan daftar,karena saat tesnya nanti,anda akan kalah bersaing dengan ratusan orang lainya )
  • Anda harus sudah faham betul bagaimana prosesnya ( itulah kenapa saya katakan,jika anda belum faham,gunakan saja jalur LPK )
Hanya itu persyaratan yang harus anda penuhi jika memilih jalur ini.Lalu prosesnya bagaimana?
  • Pendaftaran diri ( mengupload berkas-berkas ke website resmi BNP2TKI )
  • Menunggu hasil seleksi pendaftaran ( jika anda lulus,nama anda akan tampil di daftar yang dikeluarkan pihak BNP2TKI di website mereka )
  • Menunggu jadwal TES
  • Mengikuti Tes
  • Jika semua tahapan lulus,lanjut ke pembuatan VISA dan PASPORT
  • Magang selama 1 bulan di BNP2TKI
  • Berangkat 

Kalau daftar langsung bayar tidak?

Walaupun anda terbebas dari biaya LPK,ketika anda mendaftar langsung,anda akan tetap dikenakan biaya daftar sekitar 300 ribu rupiah saja.Selanjutnya mengikuti instruksi dari pihak BNP2TKInya.Untuk pembuatan VISA dan PASPORTnya tetap bayar,sesuai dengan biaya yang ditentukan oleh pemerintah.


Kalau bayar,bedanya dengan menggunakan LPK apa?

Ya jelas,jika anda menggunakan jalur ini,anda akan TERBEBAS dari biaya LPK,karena anda tidak menggunakan jalur itu.Semuanya anda urus sendiri.Hanya itu saja.



Semua langkah diatas adalah langkah resmi atau LEGAL yang bisa anda gunakan.Dan kedua jalur itulah yang paling saya rekomendasikan untuk anda.Untuk apa menggunakan jalur ilegal ( dengan iming-iming biaya gratis atau murah ) sedangkan keselamatan anda menjadi taruhanya.

Percayalah,orang yang menyayangi anda,lebih memilih anda daripada harta yang banyak.Kalau mereka lebih memilih harta,berarti mereka TIDAK SAYANG,GANTI SAJA..:)


Baca Juga :



3. Menggunakan Langkah Ilegal/Tidak Resmi


Ada beberapa orang ( entah dengan tujuan dan pemikiran seperti apa ) menggunakan jalur ini.Selain TIDAK SAYA SARANKAN,jalur ini menyalahi hukum perundangan di negara indonesia.Akibatnya,jika terjadi apa-apa dengan anda ( nyawa anda hilang ) pihak pemerintah tidak membantu dan menanggapinya.

Lebih parahnya,pihak pemerintah akan menyangkal keberadaan anda.Dan jika anda mengadu ke pemerintah,anda yang akan disalahkan karena menggunakan jalan yang menyalahi hukum.

Ada banyak jalur curang yang biasanya ditempuh,antara lain :
  • Memalsukan VISA
  • Menggunakan jalur tikus ( menyusup dengan kapal )
Dan berbagai caralain yang sangat tidak saya rekomendasikan.

Dan perlu anda catat : Seseorang yang menjadi TKI secara ILEGAL,pulang dalam keadaan selamat apalagi membawa uang itu sangat kecil jumlahnya.Kalau uangnya tidak habis,ya merekalah yang tidak pernah kembali pulang lagi ( entah disana menjadi apa dan kenapa ).


Demikian pembahasan tentang bagaimana cara kerja di jepang baik secara legal atau resmi dan ilegal atau tidak resmi.Semoga bisa membantu anda semua.terimakasih telah membaca,see uu.

8/23/2017 - 2 komentar

2 komentar untuk Cara Kerja di Jepang ( Resmi/Legal dan ilegal ).

Jika komentar anda tidak kunjung saya balas ( mohon maaf ) mungkin saya sedang ada keperluan.Silahkan tinggalkan email atau telepon di kolom komentar + pertanyaan anda.Saya akan balas ke alamat tersebut,terimakasih.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar
.

Assalamu'alaikum mas. nama saya praka. kalo mau ke jepang harus bisa bahasa jepang atau bahasa inggris saja ? terimakasih

Balas Hapus
.

waalaikumsalam wm wb.Untuk jepang dan korea sangat selektif mas.Prosesnya harus melalui tes resmi yang diikuti oleh ribuan pelamar lain.HARUS dan WAJIB bisa bahasa jepang dan korea jika ingin kerja disana.Kecuali anda ILEGAL,mungkin bisa asal berangkat saja tapi sangat beresiko besar untuk keselamatan anda.Semoga membantu.

Untuk cara memilih LPK bahasa asing yang bagus,dan lainya sudah saya tulis pada artikel saya yang lain.Silahkan dicari sendiri mas.

Balas Hapus

Kumpulan Soal Psikotes Kerja dan Jawabanya

Soal Tes Psikotes Kerja

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja